Apa itu Google Drive dan Apa Fungsinya?

Laciusang.com – Istilah Google Drive sudah tidak asing lagi bagi kita semua. Sering kita mendengar istilah Google Drive di berbagai kalangan seperti sekolah, kampus, kantor, atau tempat umum. Boleh tahu apa itu Google Drive, apa saja manfaat Google Drive dan bagaimana cara menggunakannya?

Apa itu Google Drive?

Google Drive adalah layanan gratis dari perusahaan Google yang memungkinkan Anda menyimpan file Anda secara online (di cloud) dan mengaksesnya dari mana saja menggunakan koneksi internet. Google Drive memberi Anda akses ke program berbasis web gratis untuk membuat dokumen, spreadsheet, presentasi, dan lainnya.

Apa itu Google Drive

Selain menyimpan file dan membuat dokumen, spreadsheet, dan presentasi, Google Drive memungkinkan Anda berbagi file dengan kolega, kolega, guru, instruktur, karyawan, pimpinan, dan lainnya. Fitur berbagi file ini memudahkan untuk mengirim dan menerima file tanpa perlu menggunakan media penyimpanan eksternal seperti flash drive atau drive eksternal lainnya.

Layanan Google Drive memungkinkan Anda untuk menyesuaikan file dokumen, foto, dan item lainnya di semua perangkat Anda seperti perangkat seluler, tablet, dan PC. Layanan ini memungkinkan Anda bekerja di perangkat apa pun tanpa harus menyalin dan menempelkan file dokumen.

Haruskah Menggunakan Google Drive?

Google Drive adalah layanan penyimpanan cloud (online) paling populer saat ini. Penyimpanan file, berbagi file, dan kolaborasi dalam pembuatan dokumen adalah beberapa fitur paling menarik yang dapat mempermudah pekerjaan Anda. Muncul dengan banyak ruang untuk menyimpan file Anda, dan jika Anda mengaktifkan layanan Google Drive dengan membuat akun Google secara gratis, Anda mendapatkan ruang penyimpanan 15 GB. Fitur-fiturnya seharusnya disertakan cukup untuk menyimpan file pekerjaan Anda.

Untuk informasi lebih lanjut tentang fungsi di Google Drive, baca deskripsi Fungsi di Google Drive di bawah ini:

Apa Fungsi Google Drive?

Fungsi Google Drive tentunya bukan hanya untuk menyimpan file secara online saja, namun fitur-fitur Google Drive yang dirangkum dalam postingan ini antara lain:

Berbagi File

Google Drive memudahkan berbagi file kecil maupun file besar yang dapat dibagikan dengan orang lain. Undang orang menggunakan email Anda untuk melihat, mengomentari, dan membuat perubahan pada file atau folder yang Anda simpan di Google Drive. Fitur ini merupakan bentuk kerjasama online yang membuat segalanya menjadi lebih mudah. Berbagi file juga sangat mudah. Setelah mengunggah file ke Google Drive, Anda dapat membagikannya melalui tautan yang disediakan oleh Google Drive. Kita dapat mengatur hak akses masing-masing individu agar arah file sharing dapat terwujud dengan baik.

Backup File

Mengubah file juga penting untuk Google Drive. Anda dapat menggunakan Google Drive untuk mengonversi berbagai format file, seperti Word, Excel, atau PowerPoint. Setelah melakukan perubahan, hasil perubahan tersebut langsung disimpan ke Google Drive. Selain itu, Google Drive ini juga memungkinkan Anda untuk membuat file atau lembar kerja baru. Anda dapat menggunakan fungsi ini tidak hanya melalui PC (komputer), tetapi juga di ponsel dan tablet.

Berkas Cadangan

Saat menggunakan penyimpanan fisik seperti hard disk, SSD, flash drive, dll., kehilangan data sering terjadi saat perangkat rusak atau terjatuh. Selain itu, kesalahan dalam perbaikan perangkat, seperti menginstal ulang PC atau ponsel, sering mengakibatkan hilangnya data atau file.

Dengan Google Drive Anda dapat melindungi semua file di perangkat Anda, sehingga disimpan di Google Drive secara online (di cloud) tanpa perangkat fisik, sehingga data atau file Anda aman di Google Drive meskipun perangkat Anda rusak. Dan jika Anda memiliki perangkat baru, Anda dapat menyinkronkan file Anda kembali ke perangkat baru.

Cadangan obrolan WhatsApp

Kemudian, yang tidak kalah pentingnya, Anda dapat menggunakan Google Drive untuk meliput obrolan di Whatsapp. Timpa obrolan Whatsapp Anda dengan Google Drive sehingga Anda bisa mendapatkan kembali obrolan saat ponsel atau perangkat Anda diganti. Ini akan sangat membantu karena terkadang kita masih membutuhkan cerita obrolan di masa mendatang.

Simpan tautan

Ketika Anda menemukan alamat web yang Anda perlukan, Anda mungkin ingin menyimpannya sehingga Anda dapat mengaksesnya lain kali. Tidak mungkin untuk mengingat semuanya secara bersamaan dengan berlalunya waktu. Google Drive memungkinkan Anda menyimpan tautan (URL) situs Anda. Namun, Anda harus menginstal ekstensi Google Drive di browser Google Chrome Anda untuk menggunakannya.

Buat Catatan

Salah satu hal hebat tentang Google Drive adalah ia terintegrasi dengan banyak aplikasi lain dari Google. Salah satunya adalah Google Keep, sebuah program pencatatan. Google Keep memungkinkan Anda membuat catatan dan menyimpannya ke Google Drive.

Nah itulah tadi artikel tentang Apa itu Google Drive dan Fungsinya dari kami, Semoga fitur Google Drive yang terkumpul pada postingan kali ini menambah pengetahuan kita semua. Jika bermanfaat jangan lupa share ke sosmed kalian ya guys. Terimakasih!!

Leave a Comment

error: This content is protected by DMCA