Apa itu Reboot? Ketahuilah Perbedaannya Restart dan Reset

Di jaman sekarang ini pasti telinga kalian tidak asing dengan sebutan reboot, reset dan juga restart. Sebenarnya apa itu reboot? Perlukah kita menggunakan itu. Mari kita bahas tuntas di postingan kali ini.

Istilah-istilah tersebut merupakan istilah yang digunakan pada hp android, iphone, komputer bahkan juga wifi. Mungkin buat kalian yang sudah paham tentang istilah-istilah tersebut gak mungkin sampai dipostingan saya kali ini.
apa itu reboot di hp xiaomi

Apa Itu Reboot?

Reboot sering kita jumpai di smartphone dan komputer. Reboot adalah langkah dimana sebuah sistem akan menghentikan sementara sebuah sistem dan akan memulai ulang sistem tersebut.

Sebagai contoh, Ketika kalian menyalakan hp yang kalian miliki hp tersebut pastinya menjalankan sistem yang terdiri dari beberapa komponen, Aplikasi yang terinstall, Memory dan lain-lain.

Ketika kalian melakukkan Reboot di hp xiaomi yang kalian miliki. Maka seluruh sistem yang ada akan berhenti menjalankan fungsinya dan akan memulai ulang dalam beberapa detik kemudian.

Reboot merupakan istilah untuk Sebagian hp android seperti xiaomi dan yang lainnya. Re artinya “kembali”  dan boot artinya “Proses Memuat Sistem” jika diartikan yaitu “memuat ulang sistem”.

Perbedaan Reboot dan Reset

Nah mulai dari sini ada perbedaan tentang reboot, restart dan juga reset. Kalau reboot sama hal nya dengan restart namun reset lain dari reboot. Terus apa dong reset.

Mungkin kalian pernah mendengan istilah mengembalikan ke pengaturan pabrik. Ya itu yang dinamakan reset. Jadi reset adalah sebuah Langkah dimana sistem akan menghapus dan mengembalikan pengaturan ke pengaturan awal, biasa disebut dengan mengembalikan ke pengaturan pabrik.

Jadi kalian harus tau perbedaannya mengenai reboot dan restart karena jika kalian tidak tau akan fatal jadinya.

Jika HP di Restart Apakah Data Akan Hilang?

No, pertanyaan itu sangat tidak tepat. Ketika kalian hanya melakukkan reboot/restart pada hp android, data yang ada tidak akan hilang dikarenakan hanya memulai ulang sistem. Merestart hanya memulai ulang sistem dan tidak akan menghapus data.

Berbeda dengan reset. Jika kalian melakukkan reset, data, aplikasi dan pengaturan yang ada di sistem akan terhapus dan hilang apabila kalian tidak melakukkan backup sebelum melakukkan reset.

Baca Juga: Kartu Tidak Terdaftar di Jaringan

Fungsi Reboot, Restart dan Reset

Laptop atau pc, hp android atau iphone yang menjalankan sebuah sistem operasi memiliki reboot maupun reset. Fungsi melakukkan reboot pada sitem diantaranya sebagi berikut ini:

  1. Mengoptimalkan Sistem

Masalah yang sering terjadi yaitu Ketika sebuah sistem operasi baik itu windows, linux, android dan ios adalah mengalami patah-patah.

Di saat seperti itulah kita wajib melakukkan reboot atau restart sistem tersebut dikarenakan capek membawa beban yang berat seperti hidup kalian hehe.

Setelah kalian melakukkan reboot semua sistem yang berjalan akan memulai ulang yang awalnya banyak beban menjadi sedikit dan akan lancar kembali.

  1. Refresh Sistem

Melakukkan reboot sama halnya merefresh sistem. Refresh sistem juga akan mengurangi beban yang disebabkan oleh aplikasi yang berjalan terus-menerus, file sampah yang berlebihan dan lain-lain.

  1. Mengosongkan RAM

RAM juga sangat terpengaruh jika kalian melakukkan reboot. Memory ram yang sebelumnya berjalan di 80% Ketika kalian reboot akan berkurang karena aplikasi yang berjalan tidak banyak.

  1. Mengatasi Error

Kalau di komputer yang sering terjadi yaitu error pada driver. Misalnya wifi tidak muncul, biasnya saya melakukkan reboot dahulu sebelum merambah ke yang lain.

Untuk di hp android misalnya error saat membuka aplikasi. Kalian juga bisa mereboot hp supaya sistem berjalan dengan semestinya.

Cara Melakukkan Rebbot

Semua tipe dan jenis sebuah smartphone rata-rata sama untuk melakukkan proses reboot. Baik itu android seperti xiaomi, oppo, vivo, asus dan lain-lain.

Caranya cukup mudah, kalian hanya perlu tekan tahan tombol power nanti selang beberapa detik akan muncul pop up pilihan yaitu Mulai Ulang dan Daya Mati. Untuk reboot kalian pilih menu Mulai Ulang.

Disini jangan bingung biasaya nama dari menu tersebut berbeda-beda ada yang Mulai Ulang, Boot Ulang, Restart, dan lain-lain. Yang penting fungsinya sama yaitu restart atau reboot.

Akhir Kata

Sekian dan cukup sampai disini dulu pembahasan kali ini perihan apa itu reboot, perbedaaan reboot restart dan reset. Sampai disini kalian tidak perlu bingung lagi membedakan reboot, restart dan reset.

Mungkin jika ada pertanyaan seputar ini yang belum dipahami oleh rekan-rekan bisa langsung menanyakan di kolom komentar.

Tinggalkan komentar