15 Aplikasi Backup Terbaik di Android

Kalian tau gak ada hal penting yang harus dilakukan para pengguna smartphone, hal itu adalah pencadangan atau backup. Pencadangan adalah suatu kegiatan membuat data cadangan dengan cara menyalin atau membuat arsip, sehingga data tersebut dapat digunakan kembali jika terjadi kehilangan atau kerusakan. Apa yang terjadi jika file penting kalian hilang sedangkan kalian tidak melakukan backup pada file tersebut, pastinya kebingungan. Mengingat pentingnya backup, kalian perlu menginstall aplikasi backup untuk mencegah terjadinya kehilangan file. Apa saja aplikasinya? Kami sudah melakukan riset dan menemukan 15 aplikasi backup terbaik yang mempunyai fitur terlengkap.

15 Aplikasi Backup Data Android

Kami mengingatkan jangan mencadangkan file kalian pada sembarang tempat, karena bisa jadi hal itu digunakan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab untuk melakukan hal-hal buruk. Oleh karena itu kami menyajikan 15 aplikasi backup data terbaik yang pastinya terpercaya.

  1. App Backup Restore Transfer (Play Store)

App Backup Restore Transfer

Sesuai namanya aplikasi ini dapat mencadangkan, memulihkan, dan mentransfer. File backup dari aplikasi ini dapat ditaruh pada sd card atau cloud file seperti google drive, dropbox, atau lainnya. Selain file aplikasi ini juga dapat mencadangkan sms, telepon, dan kontak. Cara mencadangkan menggunakan app backup restore transfer juga sangat mudah cukup dengan sekali sentuhan dan pilih apa saja yang ingin kalian cadangkan.

  1. Super Backup & Restore (Play Store)

Super Backup & Restore

Aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi backup populer di play Store, dengan 10 juta kali unduhan. Fitur yang disajikan Super Backup & Restore juga sangat lengkap salah satunya melakukan backup secara otomatis dan berkala, sehingga file kita tetap terjaga meskipun ada kerusakan sistem mendadak. Selain itu aplikasi ini juga dapat mengarsipkan aplikasi menjadi file apk. Super Backup & Restore sangat bermanfaat untuk digunakan membackup file atau data-data kalian.

  1. Titanium Backup [Root] (Play Store)

Titanium Backup

Perlu diketahui bahwa aplikasi ini harus menggunakan akses root, jadi jika smartphone kalian tidak root maka tidak bisa menginstal aplikasi ini. Untuk fitur yang disajikan pastinya lebih lengkap dari aplikasi backup lainnya karena aplikasi ini diberi akses root. Apakah kalian bingung cara menggunakan titanium backup? Sebenarnya cara mengoperasikan cukup mudah dan hampir sama dengan aplikasi backup lainnya, cuman ada bagian yang sedikit rumit. Jika Smartphone kalian sudah root dan ingin melakukan backup, maka saya sangat merekomendasikan aplikasi ini.

  1. Aplikasi Pencadangan Pemulihan Transfer (Play Store)

Aplikasi Pencadangan Pemulihan Transfer

Tidak seperti aplikasi diatas, aplikasi ini dapat digunakan tanpa root. Aplikasi ini sangat recommended, karena ringan dan sangat mudah digunakan. Fitur yang tersedia juga sudah hampir sama dengan aplikasi backup lainnya. Tapi jika kalian menginginkan fitur yang lebih baik dari aplikasi ini, kalian dapat membeli versi berbayarnya. Buruan install aplikasi ini dan jangan sampai kehilangan file berharga kalian.

  1. Vault (Play Store)

Vault

Ini merupakan aplikasi yang cukup terkenal dikalangan pengguna android. Selain melakukan pencadangan atau backup, aplikasi ini juga mempunyai fitur menyembunyikan foto dan video, mengunci aplikasi yang telah ditentukan, dan masih banyak lagi. Untuk mengetahui fitur lainnya yang sangat menarik, segera install aplikasi vault. Aplikasi ini membatu untuk mengamankan file-file kalian dari tangan tangan nakal.

  1. G Cloud Backup (Play Store)

G Cloud Backup

Siapasih yang tidak kenal dengan Google? Sudah pasti banyak yang mengetahui. Tapi tahukah kalian tentang G Cloud Backup. G Cloud atau Google Cloud adalah aplikasi yang dibuat oleh Google untuk menyimpan berbagai file mulai dari foto, video, kontak, dan masih banyak lagi. Untuk fitur yang disajikan saya kira tidak perlu dijelaskan karena dikembangkan langsung oleh google maka performanya sudah pasti bagus. Cukup membuat akun gmail maka kalian akan diberikan penyimpanan virtual secara gratis. Tetapi untuk penyimpanan yang lebih besar kalian dapat berlangganan secara bulanan maupun tahunan.

  1. SMS Backup & Restore (Play Store)

Super Backup & Restore

Di era WhatsApp yang sekarang menjadi platform utama melakukan chatting, rasanya sms sudah ditinggalkan. Tapi jangan salah jika internet susah, maka sms kembali digunakan untuk melakukan chatting. Mungkin sms yang kalian punya adalah sesuatu yang penting dan kalian tidak ingin kehilangan pesan sms itu. Maka kalian perlu menginstall SMS Backup & Restore. Cadangan aplikasi ini tidak hanya berbentuk file yang disimpan di memori telepon, akan tetapi kalian dapat memilih opsi untuk mengunggahnya di google drive, dropbox, onedrive dan lainnya.

  1. Easy Backup (Play Store)

Easy Backup

Easy Backup adalah sebuah aplikasi yang dikembangkan oleh simpler, dimana simpler adalah pengembang aplikasi kontak terbaik. Easy Backup memfokuskan fungsi backupnya hanya pada kontak. Misalnya jika kalian ingin berganti hp dan banyak kontak yang tersimpan di hp yang lama, maka gunakan easy backup untuk melakukan backup dan restore kontak tersebut pada hp yang baru. Aplikasi ini sangat membantu kalian untuk mengamankan kontak agar jika sewaktu-waktu kalian kehilangan kontak, kalian masih mempunyai cadangannya untuk dipulihakan.

  1. Helium (Play Store)

Helium

Aplikasi ini dapat diakses tanpa root. Helium adalah sebuah aplikasi yang dapat melakukan backup pada aplikasi. Hampir semua aplikasi dapat diarsipkan oleh aplikasi ini. Kalian dapat melakukan backup otomatis dan memberikan jadwal kapan aplikasi akan membackup. Aplikasi ini cukup ringan dan sangat mudah digunakan. Dengan helium ini kalian dapat melakukan sinkronasi data aplikasi dari satu perangkat ke perangkat lainnya.

  1. MC Backup (Play Store)

MC Backup

MC Backup adalah sebuah aplikasi backup kontak. Kontak merupakan salah satu hal yang penting, maka dari itu kita membutuhkan cadangan atau backup untuk menjaga supaya tidak terjadi kehilangan. MC Backup hadir untuk menangani masalah tersebut. Aplikasi ini akan membuat file berkestensi .vcf untuk membackup kontak kalian. Untuk memulihkan cukup impor file .vcf tersebut dalam kontak.

  1. Google Drive (Play Store)

Google Drive

Drive adalah nama dari penyimpanan milik google. Dengan aplikasi ini kalian dapat menyimpan apapun misalnya aplikasi, kontak, chat whatsapp, data game, dan masih banyak lagi. Drive ini dapat terhubung dengan beberapa aplikasi lainnya dan rata rata aplikasi yang terdapat dalam artikel ini sudah terhubung dengan drive. Jadi cukup membuat akun gmail maka google akan memberikan ruang penyimpanan untuk kalian gunakan sebagai backup.

  1. SMS Backup + (Play Store)

SMS Backup +

Tidak hanya sms yang dapat dicadangkan menggunakan SMS Backup +. Aplikasi ini juga dapat mencadangkan MMS dan Log Panggilan. Aplikasi ini bekerja sama sengan Google Calender jadi setiap file backup baik sms, mms atau log panggilan akan mempunyai tanggal yang tepat dan sesuai dengan aslinya. Selain dari segi backup, aplikasi ini juga mempunyai opsi untuk mengganti tema biar tampilannya tidak membosankan. Ada 2 tema yaitu Light Theme dan Dark Theme.

  1. Backup Your Mobile (Play Store)

Backup Your Mobile

Bukan hanya sekedar mencadangkan aplikasi, tetapi aplikasi ini dapat mencadangkan telepon kalian. Hal yang dapat dicadangkan aplikasi ini antara lain Kontak, SMS, MMS, Panggilan telepon, Pengaturan sistem, Kata sandi WiFi, APN, Event kalender, Aplikasi yang digunakan, Markah dan riwayat browser. Wow sangat lengkap bukan. Aplikasi ini sangat bermanfaat saat kalian berganti hp.

  1. My Backup (Play Store)

My Backup

My Backup merupakan aplikasi android yang dapat kalian unduh secara gratis di Play Store. Fitur yang dimiliki adalah mampu membackup Aplikasi, Foto, Musik, Video, Kontak, Log Panggilan, Bookmarks Browser, dan masih banyak lagi. Kalian juga dapat membuat jadwal agar backup dapat dilakukan secara otomatis. File hasil backup biasanya terletak pada SD Card atau kalian juga dapat memilih opsi menggunakan cloud.

  1. Cadangan Aplikasi (Play Store)

Cadangan Aplikasi

Ini adalah aplikasi yang sangat mudah dan cepat untuk membuat cadangan aplikasi kalian. Aplikasi ini dapat membuat aplikasi menjadi file apk. Hanya berukuran kurang dari 5 MB menjadikan aplikasi ini sangat ringan untuk dijalankan. Segera install aplikasi ini untuk membuat cadangan aplikasi kalian.

Itulah 15 Aplikasi Backup terbaik saat ini. Jika kalian ingin melakukan backup cukup pilih satu dari beberapa aplikasi yang sudah kami review di atas. Jika kalian mempunyai rekomendasi aplikasi lainnya, beritahu kami melalui kolom komentar di bawah.

Tinggalkan komentar