14 Aplikasi Pembukuan Keuangan Usaha Kecil Maupun Besar Terbaik

Untuk mempermudah pembukuan suatu usaha, maka kalian dapat menggunakan aplikasi. Berikut rekomendasi aplikasi pembukuan keuangan usaha terbaik.

Di dalam dunia usaha pasti selalu ada pembukuan. Tidak dalam dunia usaha saja, bahkan dalam mengatur keuangan keluarga juga diperlukan pembukuan.

Pembukuan sendiri dilakukan untuk mencatatkan modal, beban, pendapatan, dan lain lain yang lebih dikenal juga sebagai laporan keuangan.

Dalam menuliskan pembukuan ada dua cara yaitu dengan cara manual menulis di buku khusus atau dengan memanfaatkan aplikasi pembukuan keuangan.

Jaman sekarang yang sudah lebih canggih seharusnya sudah banyak yang menggunakan aplikasi baik online maupun offline untuk mencatat pembukuan.

Tetapi sayangnya tidak semua orang melek teknologi, bukan karena tidak bisa mengikuti perkembangan teknologi tetapi juga karena faktor usia juga. Kebanyakan pengguna aplikasi yang bisa mengaksesnya dengan mudah adalah anak muda.

Jika mencatat pembukuan di buku besar, resiko jika terkena air atau terbakar dan tidak ada file cadangan bisa menjadikan masalah. Berbeda dengan aplikasi dimana kalian bisa menggunakannya dengan mudah tidak perlu garis menggaris hanya perlu menginput angka untuk dimasukkan pembukuan.

Dengan menggunakan aplikasi juga data bisa disimpan di file yang lebih praktis tidak perlu takut terkena air atau hal lainnya yang beresiko merusak berkas. Dan juga pengerjaaan pembukuan juga bisa dilakukan di smartphone yang lebih mudah lagi serta praktis bisa dibawa kemana-mana.

Bagi kalian yang ingin mengetahui apa saja rekomendasi aplikasi pembukuan keuangan usaha terbaik versi *Laci Usang, berikut daftar aplikasinya.

Aplikasi Pembukuan Keuangan Usaha Terbaik

Aplikasi pembukuan sangat banyak sekali jenisnya, jika kalian mencari di Play Store maupun AppStore akan muncul puluhan aplikasi pembukuan. Pilihlah aplikasi yang cocok dengan kriteria kalian agar lebih nyaman dalam penggunaanya.

Sudahkah kalian mencoba aplikasi pembukuan? Jika belum berikut beberapa aplikasi pembukuan keuangan usaha terbaik yang bisa kalian coba.

  1. Freshbooks

Aplikasi pembukuan ini sudah ada sejak tahun 2004, penggunanya kurang lebih 5 juta yang artinya aplikasi ini cukup banyak digunakan. Dengan pengalaman pembukuan hampir 17 tahun tentunya banyak perubahan dan pengembangan aplikasi.

Pembukuan yang terdapt di aplikasi ini mulai dari melacak pendapatan secara otomatis, pengingat untuk melakukan pembayaran, menyederhanakan proses penggajian, mengatasi masalah faktur pajak dan menawarkan alat kolaborasi yang berfungsi merampingkan proses akuntansi bagi para pengusaha mikro menengah.

Fitur yang terdapat di Freshbooks juga sangat beragam dan dirancang dengan sangat rapi. Berbagai jenis bahasa juga sudah tersedia di Freshbooks sehingga akan lebih memudahkan.

Kelebihan yang ditawarkan oleh Freshbooks diantaranya proses orientasi yang sangat baik, otomatisasi tingkat tinggi, sistemnya yang sangat sesuai, antarmuka yang sederhana, dan beberapa lainnya.

Freshbooks sendiri aplikasi berbasis online yang awalnya bisa diakses gratis, tetapi untuk beberapa bulan berikutnya ada biaya sekitar $15 perbulannya sampai dengan $50 perbulannya. Paket diskon bisa kalian dapatkan dengan memilih langganan tahunan.

  1. Quickbooks

Selanjutnya kalian bisa mencoba Quickbooks, aplikasi pembukuan yang dikeluarkan sejak tahun 2018 dan penggunanya sudah mencapai 6,8 juta. Aplikasi ini bisa diakses secara online.

Beberapa kelebihan yang bisa kalian nikamati dari aplikasi ini antara lain intregasi yang baik antar fitur yang tersedia mulai dari akunting, pembukuan dan pengiriman invoice kepada pelanggan.

Aplikasi ini sedikit lebih mahal, karena kalian harus berlangganan tiap bulannya mulai dari $17 sampai dengan $60. Harga yang ditawarkan juga sepadan dengan fitur yang ditawarkan serta dapat digunakan dalam berbagai jenis bisnis dari segala bentuk dan ukurannya

  1. Xero

Xero diluncurkan untuk mempermudah para akuntan muda dalam menggunakan aplikasi pembukuan. Xero diciptakan untuk merevolusi sistem perangkat akuntansi dimana penggunanya diharapkan nyaman menggunakannya.

Bagi kalian yang tidak memiliki pengalaman dalam pembukuan, Xero akan menawarkan Advisor bersertifikat untuk mengajarkan bagaimana mengelola pembukuan dengan baik sehingga pengguna bisa memaksimalkan kemampuannya.

Paket yang ditawarkan aplikasi Xero juga beragam, ada paket premium yang menawarkan fitur-fitur tambahan seperti faktur, penagihan, penawaran dan transaksi dengan mata uang yang berbeda. Harga paket termurah mulai dari $7, $25 sampai dengan $60 perbulannya.

Ada juga uji coba gratis yag bisa kalian nikmati selama 30 hari yang bisa kalian coba untuk mengetes apakah aplikasi ini cocok dengan kalian atau tidak.

Kelebihan yang bisa kalin nikmati dari Xero adalah fitur-fiturnya seperti penggunanya yang tidak terbatas, laporan beban serta tagihan dan 1099 fitur ekstra.

  1. Wave Apps

Wave apps salah satu aplikasi pembukuan usaha yang bisa kalian unduh di Play Store atau AppStore dan bisa digunakan secara hampir gratis. Aplikasi ini juga bisa kalian akses melalui website karena sudah terintregrasi melalui cloud.

Dengan menggunakan aplikasi Wave Apps, proses akunting dan invoicing menjadi mudah serta sederhana. Aplikasi ini juga menawarkan struktur antarmuka dengan bantuan navigasi. Layar transaksi dan pembayarannya menyediakan penggunaan yang jelas. Sehingga bisa membantu penggunanya untuk bisa mengecek tagihannya secara efisien.

Meskipun hampir gratis, pada saat menggunakannya akan muncul iklan sehingga mau tidak mau kalian harus terganggu. Dan juga keterbatasan bahasa yang tersedia di aplikasi ini mungkin akan sedikit menyulitkan pengguna di Indonesia.

  1. Zoho Books

Zoho Books hadir untuk mempermudah penggunanya yang menggunakan bisnis kecil seperti pekerja lepas, bisnis rumahan atau kosultan. Tampilan aplikasi pembukuan usaha ini cukup sederhana dan berbagai fitur lainnya yang sangat mendukung.

Fungsi dasar akuntansi mulai dari membuat laporan finansial, melacak beban, membuat dan mengirim tagihan, mengatur akuntansi perjalanan dan sinkronisasi dengan akun bank dapat kalian nikmati di Zohoo Books.

Aplikasi ini bisa diakses secara online dan tidak ada biaya langganan bulanan.

  1. Paper.id

Paper.id diluncurkan untuk memudahkan para pebisnis kecil dalam membuat laporan keuangan. Dengan aplikaai ini juga kalian bisa membuat dan memantau pembukuan keuangan kalian dengan gratis dan mudah.

Seluruh data transaksi kalian akan dibuatkan laporan keuangan yang ringkas serta profesional. Seluruh data akan tersinkronisasi sehingga tidak memerlukan banyak catatan terpisah.

Kelebihan Paper.id yaitu bisa diakses menggunakan bahasa indonesia karena memang basis aplikasi ini berada di Indonesia.

  1. Jurnal.id

Jurnal.id juga merupakan aplikasi pembukuan toko yang berasal dari Indonesia.  Aplikasi ini menjadi salah satu terobosan terbaru dalam sistem akuntansi di Indonesia.

Aplikasi ini memiliki fitur-fitur unggul dan sistem enkripsi yang sangat terjamin keamanan datanya. Aplikasi pembukuan ini dapat kalian gunakan juga untuk online shop.

  1. BukuKas

Aplikasi buku kas adalah aplikasi keuangan yang bisa diakses secara gratis serta sudah tersebar di 750 kota di Indonesia yang sangat membantu serta memudahkan para pelaku UMKM.

aplikasi akuntansi UKM ini mempunyai fitur yang lumayang banyak dan lengkap. Dengan aplikasi BukuKas kalian bisa dengan mudah mengatur dan memonitor laporan keuangan kalian hanya melalui smartphone.

Kelebihan yang bisa kalian nikmati dari BukuKas diantaranya laporan keuangan otomatis, kirim invoice melalui WA atau SMS dan catatan transaksi serta rekap secara otomatis.

  1. Akuntansi UKM: Money Manager

Aplikasi ini bisa diakses secara offline, gratis, tanpa ganguan iklan, tanpa ada batasan periode laporan keuangan, semua transaksi dapat dicatat dan tentunya dapat digunakan untuk pribadi maupun bisnis.

Sistem aplikasi pembukuan gratis ini interfacenya juga sangat sederhana, dan bisa digunakan juga untuk manajeman keuangan sehari-hari.

  1. Akuntansi Keuangan

Aplikasi pembukuan usaha kecil ini diluncurkan oleh AppIndoDev2 yang didalamnya terdapat fitur-fitur dasar akuntansi seperti jurnal, buku besar, neraca, neraca saldo, laba-rugi, dan masih banyak fitur lainnya.

Pencatatan keuangan dengan berdasarkan akuntasi yang lebih profesional. Kalian bisa mendownloadnya di Play Store atau AppStore.

  1. Catatan Keuangan Harian

Dengan aplikasi ini kalian bisa mencatat pemasukan dan pengeluaran. Walaupun terlihat sederhana tetapi fitur yang disediakan cukup lengkap bagi pengguna pemula.

Pembukuan yang bisa kalian lakukan menggunakan aplikasi ini antara lain laporan pendapatan, laporan pengeluaran, laporan pengeluaran bulanan, laporan pengeluaran sesuai kategori, dan export laporan serta menyimpannya dalam format excel.

Kalian bisa mengunduh aplikasi pembukuan gratis ini di Play Store dan ukurannya yang lumayan kecil yaitu 2,7 MB.

  1. Sepran by JMC IT Consultan

Hampir sama dengan aplikasi sebelumnya tetapi lebih dikenal dengan nama Sepran yang merupakan owner aplikasi tersebut. Ukuran aplikasinya 12 MB kalian sudah bisa menikmati fitur yang tersedia di aplikasi ini.

Aplikasi ini terdapat fitur yang bisa memunculkan notifikasi agar pengguna tidak lupa untuk mencatatkan laporan keuangan, selain itu laporan keuangan juga bisa di backup ke Google Drive.

Aplikasi ini juga bisa digunakan secara offline, sehingga kalian bisa tenang jika sedang tidak memiliki data.

  1. Expense Manager

Expense Manager lebih banyak digunakan untuk mengelola keuangan. Tetapi kalian tetap bisa menggunakannya untuk mecatat pembukuan seperti pengeluaran harian, bulanan bahkan juga bisa tahunan.

Kalian juga bisa membuat akun dengan menggunakan mata uang yang berbeda. Laporan keuangan atau pembukuan juga bisa di backup Dropbox ataupun iCloud.

Aplikasi pembukuan keuangan ini dapat kalian unduh melalui PlayStore maupun AppStore.

  1. Teman Bisnis

Dengan Teman Bisnis kalian bisa mencatatkan laporan keuangn bisnis kalian. Bagi yang belum mahir dalam pembukuan tenang saja aplikasi pembukuan usaha ini cukup mudah untuk digunakan.

Jadi kalian tidak perlu khawatir. Aplikasi pembukuan usaha kecil ini diluncurkan secara khusus bagi para pelaku UMKM di Indonesia agar memudahkan mereka dalam membuat laporan keuangan.

Itulah rekomendasi aplikasi pembukuan keuangan usaha terbaik versi kami. Aplikasi ini sangat memudahkan bagi kalian pelaku usaha mikro maupun makro.

Karena saat ini melakukan pembukuan dengan manual terlalu lama dan juga sudah tertinggal jaman. Jika sudah disediakan aplikasi yang bisa mempermudah pekerjaan kalian kenapa tidak dimanfaatkan. Silahkan kalian memilih mana aplikasi yang cocok untuk usaha bisnis kalian.

Sebenarnya masih banyak jenis-jenis yang lainnya, tetapi rekomendasi aplikasi pembukuan usaha, toko atau online shop di atas karena memang banyak penggunanya dan sangat mudah untuk di akses walaupun beberapa memang berbayar.

Mengapa Harus Memakai Aplikasi Pembukuan?

Memakai aplikasi pembukuan baik secara online maupun offline bisa sangat membantu para pelaku usaha yang setiap kali membutuhkan laporan pembukuan.

Dengan memakai aplikasi bisa juga menghemat waktu dan tentunya lebih praktis. Tidak perlu lagi mencatatkan di buku, cukup dengan smartphone bisa cepat selesai tanpa perlu takut akan rusak.

Ada beberapa kriteria yang perlu diperhatikan dalam menggunakan aplikasi pembukuan.

  • Fungsional Smartphone

Ketika akan mengunduh aplikasi, terlebih dahulu perhatikan smartphone kalian apakah nantinya bisa berfungsi dengan normal ketika digunakan. Hal ini karena memang terkadang aplikasi tidak bisa beroperasi dikarenakan versi smartphone yang belum terbaru.

  • Integrasi dengan pihak ketiga

Supaya data transaksi ataupun laporan keuangan aman maka dari itu diperlukan pihak ketiga untuk dilakukan backup ke pihak ketiga sehingga data bisa aman.

  • Dukungan pengguna aplikasi

Semakin banyak pengguna berarti bisa dikatakan aplikasi tersebut memang sangat rekomendasi untuk dipakai. Bagi yang sudah sering menggunakan, maka akan menyarankan orang lain untuk mencoba memakainya.

Sangat banyak sekali aplikasi pembukuan keuangan yang bisa kalian coba gunakan. Pilihlah yang memang benar-benar cocok dengan kalian.

Sampai disini pembahasan aplikasi pembukuan keuangan usaha terbaik kali ini, semoga bisa membantu dan bermanfaat untuk kalian.

Jika ada yang kurang kalian tahu atau pahami silahkan tinggalkan komentar atau pertanyaan di kolom yang telah disediakan.

This content is protected by DMCA