Aplikasi Pengganti Tombol Back, Home dan Recent di Android

Tombol navigasi merupakan tombol yang sangat penting bagi sebuah smarphone. Jika sebuah smartphone mempunyai tombol navigasi yang rusak, maka smartphone tidak akan dapat digunakan. Tapi tenang, para pengembang sudah membuat aplikasi tombol kembali yang dapat kalian gunakan untuk mengganti tombol navigasi yang rusak. Aplikasi pengganti tombol ini berlaku pada semua merek hp seperti Xiaomi, Asus, Samsung, dan lain-lain. Khusus pengguna Xiaomi terdapat fitur tersembunyi tombol navigasi yang harus kalian ketahui

Perlu diketahui saat menggunakan aplikasi tombol back ini, kalian harus mengizinkan atau memberikan aksebilitas. Kalian dapat memberikan aksebilitas dengan masuk pada pengaturan – aksebilitas – aktifkan aksebilitas aplikasinya.

Karena banyaknya kasus tombol navigasi yang rusak, Sekarang banyak hp yang sudah mengggunakan tombol navigasi virtual (tombol navigasi yang berada di layar). Hal itu dapat meminimalisir terjadinya kerusakan tombol navigasi. Tombol navigasi virtual hanya terdapat pada smartphone keluaran terbaru. Saat ini masih banyak pengguna yang menggunakan hp android lama yang masih mepunyai tombol navigasi tidak virtual. Oleh karena itu untuk mengatasi jika sewaktu waktu terjadi kerusakan, kalian perlu mengetahui cara mengatasi tombol kembali yang rusak.

10 Aplikasi Pengganti Tombol Back, Home, dan Recent

  1. Back Button No root (Play Store)

aplikasi tombol Back Button No root

Meskipun aplikasi ini mempunyai nama Back Button yang berarti tombol kembali, bukan berarti aplikasi ini hanya menyediakan tombol kembali. Akan tetapi pada aplikasi ini kalian dapat mengaktifkan tombol back, home dan recent juga. Aplikasi ini juga sangat ringan, jadi jangan khawatir bagi kalian yang mempunyai hp dengan ram sedikit.

Aplikasi ini juga menyediakan berbagai pengaturan yang sudah cukup lengkap diantaranya besar tombol, horizontal atau vertikal, lock position, dan masih banyak lagi. Selain itu Back button juga memfasilitasi penggunanya untuk mengatur tingkat transparan tombol. Jadi aplikasi ini tidak akan menggangu pada layar kalian.

  1. Simple Control (Play Store)

Simple Control

Aplikasi ini merupakan aplikasi tombol kembali yang paling popular. Sudah diunduh oleh 10 juta lebih pengguna android. Jadi masalah kualitas aplikasi ini tidak perlu ditanyakan lagi. Aplikasi ini mempunyai fitur yang sangat lengkap yang memungkinkan anda untuk mengedit sepuasnya mulai dari mengganti icon, mengatur panjang dan lebar sampai transparency. Selain posisi di bawah, anda juga dapat mengatur tombolnya untuk berada di kiri layar atau kanan layar. Aplikasi ini juga sangat responsive. Jadi saat kalian memiringkan hp, maka button juga akan mengikuti.

  1. Assistive Touch Android (Play Store)

Assistive Touch Android

Ini merupakan aplikasi tombol kembali seperti Iphone yang dapat kalian install di Android. Aplikasi ini saat digunakan berbentuk kotak hitam dengan lingkaran putih di tengahnya. Berbeda dengan aplikasi lainnya, Assistive Touch Android dapat memberikan banyak tombol. Terdapat 9 tombol yang dapat kalian kustomisasi sendiri. Juga pada slide kedua terdapat 9 aplikasi yang dapat kalian kustomisasi. Jika kalian mengalami kerusakan tombol navigasi, kalian dapat mengganti dengan aplikasi ini. Setting Assistive Touch Android untuk tombol kembali, beranda, dan latar belakang.

  1. Soft Keys – Home Back Button (Play Store)

Soft Keys - Home Back Button

Jangan khawatir jika tombol navigasi kalian rusak, karena Soft Keys – Home Back Button akan mengatasi ke khawatiran tersebut. Banyak review pada kolom komentar di Play Store yang mengatakan bahwa aplikasi ini sangat baik dan rekomendasi banget. Aplikasi ini sudah diunduh oleh lebih dari 10 juta pengguna android. Soft Keys – Home Back Button menyediakan pengaturan yang sangat mudah. Jadi bagi pemula, aplikasi ini sangat kami rekomendasikan. Kalian tidak perlu takut kebingungan saat mengatur pengaturannya.

  1. Soft Keys 2 – Home Back Button (Play Store)

Soft Keys 2

Ini adalah pengembangan aplikasi dari sebelumnya, aplikasi ini telah memperbaiki bug dan menambah berbagai fitur dari versi yang pertama. Berbeda dengan versi pertama, pada versi yang kedua ini kalian dapat mengkostumisasi tombol. Secara kualitas tentunya ini sudah sangat baik dan sangat saya rekomendasikan untuk mengganti tombol navigasi kalian. Tak lupa untuk membuat penggunanya tidak bosan dan nyaman, soft keys 2 memberikan berbagai tema tombol. Setidaknya terdapat 6 tombol yang dapat kalian pilih sendiri.

  1. Navigation Bar (Play Store)

Navigation Bar

Ini juga merupakan salah satu aplikasi yang mungkin cocok dengan anda. Aplikasi pengganti tombol kembali ini sangat simple dan ringan serta juga terdapat fitur tekan tombol lama untuk aksi yang lain. Fitur yang ada di aplikasi ini sudah termasuk dalam kategori yang sangat lengkap, tetapi jika anda menginginkan membuka semua fitur yang ada di aplikasi ini, anda harus membayar untuk menggunakan versi pro nya. Tetapi menurut saya versi gratisnya sudah lebih dari cukup. Dalam versi gratisnya kalian sudah dapat mengganti warna, mengganti icon, dan masih banyak lagi.

  1. Back Button Assistive (Play Store)

Back Button Assistive

Ini merupakan aplikasi yang cukup saya rekomendasikan. Back Button Assistive Touch telah dikembangkan mulai dari tahun 2016. Banyak fitur yang terus ditambah dan bug yang telah diperbaiki. Fitur unggulan yang kalian dapat saat menginstall Back Button Assistive ini adalah kalian dapat mengaktifkan tindakan saat tombol ditekan lama. Kalian dapat mengatur secara bebas tindakan apa yang dilakukan smartphone ketika tombol back assistive ditekan lama. Aplikasi ini juga dapat menjadi solusi ketika kalian tidak nyaman dengan posisi tombol kembali bawaan hp. Karena saat mengoperasikan dengan satu tangan, posisi tombol kembali sedikit sulit dijangkau.

  1. Tombol Kembali – Back Button (Play Store)

Tombol Kembali – Back Button

Aplikasi ini juga tidak kalah baik dengan aplikasi tombol kembali lainnya. Layaknya aplikasi lainnya, Tombol Kembali – Back Button juga menyediakan tombol home dan recent. Dalam pengaturannya, kalian dapat memilih apa saja tombol yang ingin kalian gunakan. Selain itu kalian dapat mengaktifkan fitur lainnya seperti lock position, vibrasi, mengganti tema, dan masih banyak lagi lainnya. Aplikasi ini tidak akan menggangu layar kalian, karena sudah mempunyai fitur transparency. Aplikasi ini sangat bermanfaat bagi kalian yang mempunyai tombol navigasi rusak. Segera install aplikasi Tombol Kembali – Back Button untuk mengganti tombol kalian yang sudah rusak.

  1. Soft Keys – Back Button (Play Store)

Soft Keys – Back Button

Rata – rata aplikasi yang terdapat di artikel ini meskipun mempunyai nama back button, akan tetapi fitur yang ada di dalamnya sudah terdapat tombol home dan recent juga. Tak terkecuali aplikasi ini. Saat kalian mengalami kerusakan pada tombol navigasi hp, kalian dapat mengginstall aplikasi ini sebagai pengganti tombol kembali. Terdapat fitur yang unik pada aplikasi ini yaitu terdapat lebih dari 900 custom Icon yang dapat kalian gunakan untuk mengganti icon tombol navigasi kalian. Ini sangat cocok bagi kalian yang cepat mudah bosan. Mari Install aplikasi ini.

  1. Handy Soft Keys – Navigation Bar (Play Store)

Handy Soft Keys

Berbeda dengan lainnya, aplikasi ini menampilkan tampilan tombol navigasi yang sedikit aneh tapi menarik. Tampilan yang disajikan dalam aplikasi ini adalah setengah lingkaran. Saat menggunakan ini, kalian dapat menaruh Handy Soft Keys – Navigation Bar pada sisi kiri layar atau kanan layar. Agar tidak menggangu layar kalian, aplikasi ini juga dapat disembunyikan. Selain itu fitur yang dimiliki aplikasi ini juga hampir sama dengan aplikasi tombol kembali lainnya seperti mengganti warna, transparency, ukuran, dan lainnya.

Itulah 10 aplikasi tombol kembali yang dapat kalian install untuk mengganti tombol navigasi kalian yang sudah rusak. Semoga artikel ini bermanfaat. Jika terdapat sesuatu yang belum dipahami, kalian dapat menanyakan pada kolom komentar.

Tinggalkan komentar