22 Daftar Aplikasi Scan Dokumen Terbaik 2022

laciusang.com – Aplikasi scan dokumen saat ini sudah menjadi salah satu kebutuhan banyak orang. Tidak hanya pekerja kantoran, baik mahasiswa dan wali murid setidaknya harus mengetahui daftar aplikasi untuk memindai dokumen ini. Berikut beberapa daftar beserta ulasannya yang sudah kami kumpulkan dari berbagai sumber.

Banyak perubahan yang terjadi saat ini dalam banyak aspek kehidupan, terutama yang berkaitan dengan teknologi. Khususnya di era digital saat ini, berbagai perubahan atau transformasi sudah mulai terjadi. Misalnya, dulu kertas digunakan dalam berbagai masalah yang berkaitan dengan pendidikan dan pekerjaan.

Namun, sekarang penggunaan kertas mulai berkurang. Selain faktor lingkungan, ada faktor lain sehingga banyak orang beralih ke platform digital. Salah satu alat penting yang mendukung perubahan ini adalah penggunaan smartphone. Smartphone dapat digunakan untuk berbagai aktivitas, mulai dari kantor, sekolah, hingga rapat online.

Kecanggihan dan teknologi smartphone dapat mendukung berbagai kebutuhan bisnis, termasuk mengubah dokumen cetak menjadi paperless. Hal ini didukung oleh berbagai pemindai atau aplikasi scan yang tersedia.

Aplikasi scan dokumen tanpa watermark ini memungkinkan pengguna untuk memindai dokumen tanpa harus membeli atau menggunakan pemindai asli, menghemat uang dan waktu. Pasalnya, kualitas yang dihasilkan pemindai melalui aplikasi tidak kalah kualitasnya yang dihasilkan pemindai pada umumnya.

Rekomendasi Aplikasi Scan Dokumen Terbaik

Pemindai adalah teknologi dengan fungsi yang mirip dengan mesin fotokopi yang digunakan untuk memindai dokumen ke dalam bentuk digital. Banyak perangkat lunak atau aplikasi pemindaian dokumen telah dikembangkan yang saat ini tersedia secara gratis. Berikut beberapa rekomendasi aplikasi scan dokumen yang mudah dan praktis.

  • Mobile Doc Scanner
  • Genius Scan
  • CamScanner
  • Handy Scanner
  • Adobe Scan
  • TurboScan
  • Fast Scanner
  • Microsoft Office Lens
  • Adobe Acrobat
  • Abby FineReader
  • Omnipage Standard
  • Readiris Pro 16
  • Soda PDF
  • PaperScan
  • Docufree
  • Icecream PDF Converter
  • PDF Scanner – Document Scanner
  • Scanner App to PDF -TapScanner
  • Clear Scan – PDF Scanner App
  • Simple Scan – PDF Scanner App
  • Tiny Scanner – PDF Scanner App
  • Notebloc Scanner App – Scan, save & share as PDF

Mobile Doc Scanner

aplikasi scan dokumen di hp

Mobile Doc Scanner adalah aplikasi scan dokumen di hp dengan fitur yang sangat istimewa. Aplikasi ini memiliki beberapa gerakan navigasi yang memudahkan untuk fokus pada dokumen.

Mobile Doc Scanner juga mendukung tata letak halaman yang berbeda termasuk tabloid, eksekutif, A5, A4, A3, B5, kartu nama, hukum, amplop, dan lainnya. MDScan tersedia dalam versi ringan dan versi lengkap untuk perangkat Android 2.3 dan lebih tinggi.

Genius Scan

aplikasi scan dokumen di hp android

Genius Scan adalah aplikasi scan dokumen di hp android yang mendukung format JPG dan PDF. Aplikasi ini juga mendukung beberapa pemindaian dokumen yang berbeda serta tata letak halaman yang berbeda seperti A5, A4, A3, kartu nama, dan korespondensi resmi.

Genius Scan juga dilengkapi beberapa koreksi, deteksi halaman, dan berbagai pemindaian lanjutan berkualitas tinggi. Selain itu, aplikasi juga dapat secara otomatis membuat cadangan dan memulihkan data yang dipindai. Genius Scan kompatibel dengan perangkat Android, iOS dan Windows.

CamScanner

aplikasi scan dokumen terbaik

CamScanner adalah salah satu aplikasi scan dokumen terbaik untuk Android dan iOS yang dapat dulur coba. Aplikasi ini memungkinkan untuk memindai file PDF, tanda terima, catatan papan tulis, kartu nama, kartu ID dan banyak lagi. Salah satu kelebihan dari aplikasi ini adalah dapat meningkatkan kualitas scan, mengekstrak teks dari gambar dan menambahkan beberapa keterangan.

Camscanner juga memiliki fitur “Search” untuk membantu menemukan dokumen sebelumnya. Aplikasi pemindaian dokumen ini juga mendukung berbagai layanan penyimpanan cloud seperti Box, Dropbox, Evernote, Google Drive, OneDrive. Camscanner kompatibel dengan perangkat Android dan iOS.

Handy Scan

Aplikasi scan dokumen di iPhone

Aplikasi Handy Scan menyediakan beberapa fitur canggih yang mendukung pemindaian PDF dengan kualitas yang cukup baik. Aplikasi scan dokumen di iPhone ini juga memiliki fungsi pemindaian batch yang memungkinkan dulur memindai banyak dokumen sekaligus.

Selain itu, Handy Scan memiliki kemampuan pencadangan dan pemulihan otomatis, memungkinkan mengunggah file yang dipindai ke Google Drive, Dropbox, dan layanan cloud lainnya. Handy Scan juga tersedia dalam versi Pro, yang menawarkan fitur tambahan seperti pemindaian berkualitas tinggi, pengambilan kamera tanpa batas, dan gambar pindaian yang disempurnakan.

Adobe Scan

Aplikasi scan dokumen ke PDF

Adobe Scan adalah aplikasi pemindaian dokumen Adobe yang memungkinkan dulur membuat file PDF. Aplikasi Adobe Scan dapat digunakan di perangkat Android atau iOS, dengan memanfaatkan kamera perangkat untuk memindai dokumen.

Aplikasi scan dokumen ke PDF ini juga mengoptimalkan ukuran file dan menyediakan pratinjau yang memungkinkan dulur memutar, memotong, dan mengedit warna sesuai kebutuhan.

Keunggulan Adobe Scan adalah integrasinya dengan aplikasi Adobe lainnya seperti Adobe Acrobat dan Adobe Fill & Sign. Fitur ini memungkinkan dulur tidak hanya memindai dokumen, tetapi juga mengedit, menandatangani, dan informasi lainnya.

TurboScan

Salah satu fitur hebat dari aplikasi scan dokumen gratis ini adalah fitur “SureScan3x”. Fungsi ini memungkinkan dulur untuk memindai tiga gambar pada halaman yang sama dengan kualitas yang lebih tinggi.

Aplikasi ini juga memiliki keunggulan bahwa file yang dipindai secara otomatis dikirim ke akun email dulur. Fitur lain termasuk menyimpan pindaian dalam format JPG, PDF dan PNG, koreksi otomatis, dan pencetakan awan. Turboscan kompatibel dengan perangkat Android 4.0+ dan iOS.

Fast Scanner

Aplikasi scan dokumen dari hp

Aplikasi Fast Scanner adalah aplikasi pemindai yang dikembangkan oleh CoolMobileSolution. Aplikasi ini memungkinkan dulur untuk memindai dokumen dengan cepat. Selain itu, Fast Scanner hanya membutuhkan ruang 8,40 MB, sedangkan aplikasi lain biasanya memerlukan 30 MB.

Aplikasi scan dokumen dari hp ini juga memiliki fitur tambahan seperti memindai berbagai jenis dokumen, mengekspor ke file PDF, mengirim email dokumen yang dipindai. Aplikasi ini juga sangat powerful karena tidak membatasi jumlah maksimum dokumen.

Microsoft Office Lens

aplikasi scan dokumen lewat hp

Microsoft Office Lens adalah aplikasi scan dokumen lewat hp yang dapat mengonversi gambar ke PDF, Word, dan PowerPoint. Dulur juga dapat menyimpan hasil pemindaian ke OneNote atau OneDrive karena Microsoft telah mengintegrasikan fitur ini.

Teks yang dipindai juga dikenali secara otomatis menggunakan teknologi OCR. Dengan begitu, dulur dapat mencari kata-kata dalam gambar dan kemudian mengedit atau menyalinnya. Karena keunggulan ini, Microsoft Lens dinobatkan sebagai Aplikasi Terbaik 2015 di Google Play di AS dan Puerto Riko.

Adobe Acrobat

Aplikasi scan dokumen PC

Aplikasi pemindaian yang direkomendasikan berikutnya adalah Adobe Acrobat. Perangkat yang satu ini sangat fleksibel karena bisa digunakan dengan sistem operasi PC seperti Windows atau Mac. Kemampuan Adobe Acrobat sebagai aplikasi pemindaian populer tidak perlu dipertanyakan lagi.

Adobe Acrobat sering digunakan sebagai patokan untuk mengidentifikasi perbedaan antara berbagai versi dokumen dan mengonversi file dari PDF ke Word dan dari Excel ke PowerPoint.

Fitur utama yang menarik bagi banyak pekerja adalah pembuatan kata sandi untuk keamanan tambahan dan template menarik untuk menyimpan dokumen berharga. Aplikasi scan dokumen PC ini juga dapat digunakan untuk mengedit dan membubuhi keterangan teks.

Abby FineReader

Seperti dilansir dari TechRadar.id, Abbyy FineReader adalah aplikasi scan dokumen untuk PC yang sangat sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Kemampuan perangkat ini dinilai sangat relevan dengan kebutuhan perusahaan di segala era digital.

FineReader memungkinkan pengguna untuk mengedit, meninjau, membandingkan, dan mengonversi file sesuai dengan minat mereka. Fitur pengeditan PDF dari aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk memberikan komentar yang sangat berguna untuk tujuan kolaborasi.

Omnipage Standard

Rekomendasi aplikasi scan dokumen di pc selanjutnya adalah OmniPage Standard. Teknologi OCR dari aplikasi ini dapat memindai semua jenis dokumen kertas dengan cepat dan efisien.

Hasil scan disimpan dalam digital library dalam bentuk file PDF yang dapat digunakan software untuk proses editing. Platform ini menjamin konversi file berkualitas tinggi yang dapat mempertahankan fungsionalitas asli dokumen, seperti kolom, tabel, poin, grafik, dll.

Readiris Pro 16

Aplikasi Readiris Pro 16 PC Scanner adalah salah satu perangkat lunak terbaik untuk pemindaian OCR, kompatibel dengan sistem operasi Windows 10, 8 dan 7. Aplikasi yang satu ini kompatibel dengan semua pemindai tipe TWAIN dan dapat mengonversi dokumen dan gambar ke berbagai format.

Dilaporkan oleh Windowsreport, aplikasi scan dokumen di laptop ini dapat memindai dokumen ke dalam format file PDF, ePub, RTF, TXT, ODT, HTML, GIF, BMP JPEG, PNG dan TIFF.

Satu hal yang perlu diingat adalah bahwa pemindaian OCR tidak terbatas pada dokumen dan perangkat lunak juga dapat mengekstrak teks dari format gambar. Program Readiris Pro 16 memungkinkan pengguna untuk mengkonversi file dokumen MS Office ke format file audio, ePub atau JPG.

Soda PDF

Aplikasi scanner PC dan laptop yang juga bisa dulur coba adalah Soda PDF. Dulur dapat mengonversi dokumen dan gambar yang dipindai menjadi file berformat PDF di aplikasi ini.

Aplikasi ini juga dapat mendeteksi teks dan gambar dengan fungsi OCR. Dulur juga dapat memilih bagian dari file PDF untuk dipindai. Uniknya, dulur juga dapat mengedit, melindungi, dan membuat tanda tangan dalam dokumen PDF.

PaperScan

Aplikasi scan PDF lain yang bisa membantu saat bekerja adalah PaperScan. Menentukan posisi yang benar saat memindai dokumen bisa jadi sulit dan seringkali harus dilakukan berulang kali.

Nah, dulur hanya perlu memindai dokumen satu kali, karena aplikasi ini memiliki fungsi putar untuk membantu mengatur tata letak dokumen yang dipindai. Dulur juga dapat membuat sorotan dalam dokumen, membuat tanda tangan, membaca PDF terenkripsi, dan menghasilkan enkripsi dari file PDF.

Docufree

Jika dulur ingin memindai banyak dokumen dengan praktis dan cepat, cobalah aplikasi pemindai Docufree yang tersedia di PC dan laptop.

Dalam aplikasi scan dokumen ke word ini, dokumen disimpan di ScanCloud, sehingga dulur dapat melacak proses pemindaian dokumen. Dokumen yang dipindai juga terintegrasi dengan program atau aplikasi lain. Ini memudahkan pengiriman dokumen ke rekan kerja atau atasan.

Icecream PDF Converter

Icecream PDF Converter adalah aplikasi pemindai yang dapat digunakan baik di PC maupun laptop. Aplikasi ini berfokus pada konversi dokumen PDF, namun berkat teknologi OCR, dulur dapat memindai berbagai dokumen yang dapat diedit nantinya.

Selain itu, aplikasi ini dapat digunakan di berbagai versi Windows, bahkan di versi lama seperti XP dan Vista, seperti yang dikutip dalam laporan Windows. Aplikasi scan dokumen online ini juga memiliki editor bawaan untuk file PDF yang memungkinkan dulur menggabungkan, membagi, dan mengonversi dokumen PDF.

PDF Scanner – Document Scanner

PDF Scanner adalah aplikasi yang layak untuk dicoba. Aplikasi scan dokumen di android ini memungkinkan dulur untuk memindai segala sesuatu mulai dari dokumen, kartu dan buku hingga foto.

Pemindai PDF bekerja dengan mengoptimalkan hasil pemindaian. Aplikasi ini memungkinkan dulur membuat pdf multi-halaman, yang membuatnya lebih praktis. Pemindaian tersedia dalam format pdf dalam berbagai ukuran dari A1 hingga A-6.

Scanner App to PDF -TapScanner

TapScanner dapat membantu dulur memindai dokumen dan hasilnya dapat disimpan dalam bentuk dokumen. Fitur lain dari aplikasi scan dokumen IOS ini adalah dapat mendeteksi tepi dokumen untuk membuat hasil lebih bersih. Selain itu, TapScanner dapat mengompresi ukuran file dan melindungi file pdf yang dihasilkan.

Clear Scan – PDF Scanner App

Clear Scan memungkinkan dulur untuk memindai dokumen dalam waktu yang lebih singkat. Setelah menyimpan file yang dipindai, dulur masih dapat melanjutkan dengan proses pengeditan. Dulur juga dapat mengekstrak teks dari dokumen atau foto yang dipindai. Aplikasi ini juga mudah digunakan karena tidak memakan banyak memori.

Simple Scan

Simple Scan, sebuah aplikasi pemindai, memiliki sejumlah fitur menarik. Aplikasi ini memungkinkan dulur untuk memindai berbagai dokumen dalam format pdf dan jpg.

Aplikasi ini juga dapat terhubung ke komputer atau laptop melalui koneksi Wi-Fi. Dulur juga bisa mengatur warna atau mengatur kontras hasil scan untuk mendapatkan kualitas yang lebih tajam.

Tiny Scanner

Tiny Scanner adalah aplikasi scan dokumen android yang mudah digunakan dan ringan. Hasil scan dokumen nantinya dapat diberikan dalam format pdf dalam berbagai ukuran (letter, legal, A4, dll).

Selain itu, aplikasi ini dapat membantu memindahkan dokumen karena dulur dapat terhubung ke komputer melalui koneksi Wi-Fi. Dulur juga dapat menyesuaikan warna dan kecerahan sesuai keinginan.

Notebloc Scanner App

Notebloc Scanner adalah alternatif lain bagi mereka yang ingin memindai dokumen tanpa kerumitan. Dikembangkan oleh perusahaan laptop di Barcelona, ​​​​aplikasi scan dokumen iphone ini memungkinkan dulur memindai banyak halaman sekaligus.

Dulur juga dapat menyimpan hasil scan dalam format pdf dan jpg. Aplikasi ini juga dapat menghilangkan bayangan, dll, sehingga hasil scan lebih jelas.

Pentingnya Scan Dokumen

Di era sekarang ini, dokumen fisik sudah jarang digunakan, terutama untuk transfer dokumen jarak jauh, seperti untuk keperluan pencarian kerja. Banyak dokumen fisik yang diubah menjadi dokumen digital atau online karena berbagai alasan, salah satunya adalah kemudahan.

Namun, memindai dokumen masih cukup sulit jika menggunakan perangkat keras OCR. Selain harus membeli perangkat, dulur perlu memahami dengan cermat langkah-langkah pemindaian untuk mencapai hasil pemindaian yang optimal.

Oleh karena itu, dengan download aplikasi scan dokumen, bisa memudahkan untuk memindai dokumen menjadi file digital. Bahkan, file dapat diedit sesuai kebutuhan terlebih dahulu untuk menyertakan informasi yang lebih lengkap.

Leave a Comment

error: This content is protected by DMCA