4 Cara Mengatasi Autentikasi Akun Google

Permasalahan ini sangat sering dialami oleh pengguna android saat ingin menginstall aplikasi. Sangat banyak yang mengeluhkan perihal autentikasi akun google ini. Banyak yang mengira bahwa aplikasi google play storenya rusak. Tapi yang sebenarnya terjadi, autentikasi tersebut adalah proses pembuktian atau validasi terhadap pengguna saat mengakses sistem. Permasalahan autentikasi google ini dapat kalian selesaikan dengan mengetahui cara mengatasi autentikasi akun google.

Biasanya kasus autentikasi google ini ditandai dengan sebuah pesan peringatan yang berisi “Authentication is required. You need to sign into your Google Account. Try again” atau dalam bahasa Indonesia “Diperlukan autentikasi. Anda perlu masuk ke akun Google. Coba lagi”. Banyak yang kebingungan dengan peringatan seperti ini. Padahal ini merupakan hal sepele yang dapat diselesaikan, jika mengetahui cara autentikasi akun google.

Mengatasi Autentikasi Akun Google

Apa itu Autentikasi?

Sebelum pada cara mengatasi autentikasi akun google, terlebih dahulu kalian harus memahami tentang autentikasi. Apa itu Autentikasi? Autentikasi berasal dari kata autentik yang berarti asli. Jadi Autentikasi adalah suatu langkah atau proses untuk menentukan atau mengonfirmasi bahwa seseorang (atau sesuatu) tersebut telah terverfikasi atau tervalidasi. Jadi pada kasus autentikasi akun google tersebut, google menanyakan apakah pengguna (kalian) adalah user yang valid (bukan legal).

3 Cara Mengatasi Autentikasi Akun Google di Play Store

Mengautentikasi akun google sebenarnya sangat mudah jika kalian mengetahui caranya. Untuk itu kali ini kita akan memberikan beberapa cara yang dapat kalian terapkan. Jika cara pertama tidak berhasil membuka autentikasi google, maka lanjutkan dengan cara kedua. Begitu seterusnya.

Hapus Data dan Cache Play Store

Yang patut dicurigai ketika terjadi masalah autentikasi pada aplikasi Play Store, ya Play Store itu sendiri. Tidak dipungkiri bahwa cache yang terlalu menumpuk pada Aplikasi Google Play Store bisa menyebabkan error. Tidak hanya cache saja, data juga dapat menyebabkan error. Untuk itu diperlukan penghapusan data dan cache pada aplikasi Google Play Store. Berikut adalah cara menghapus data dan cache Play Store:

  1. Buka Pengaturan (Settings)
  2. Masuk pada Bagian Manajemen Aplikasi.
  3. Pada tab semua, cari dan pilih aplikasi Google Play Store.
  4. Setelah masuk pada bagian aplikasi Google Play Store, Pilih Hapus Data dan Cache.
  5. Setelah itu jangan lupa, lakukan Restart agar Play store kembali normal.

Hapus Data dan Cache Play Store

Setelah hp ter-restart, buka aplikasi google play store. Coba unduh salah satu aplikasi dan lihat apakah masih terdapat pesan autentikasi. Jika masih terdapat pesan tersebut, lanjut cara yang kedua.

Hapus Data dan Cache Layanan Google Play

Selain aplikasi google play store, ada juga yang perlu diperhatika yaitu layanan google play. Ini merupakan sebuah sistem yang membantu proses kinerja aplikasi Google Play Store. Layanan ini terhubung langsung dengan Play Store, jadi jika terjadi masalah autentikasi akun google. Layanan ini juga patut dicurigai sebagai masalahnya. Untuk itu kalian dapat melakukan hapus data dan cache pada layanan google play untuk menghilangkan autentikasi tersebut. Berikut adalah caranya:

  1. Buka Pengaturan (Settings)
  2. Masuk pada Bagian Manajemen Aplikasi.
  3. Pada tab semua, cari dan pilih aplikasi Layanan Google Play (Google Play Services).
  4. Setelah masuk pada bagian Layanan Google Play, Pilih Hapus Data dan Cache.
  5. Setelah itu lakukan restart.

Hapus Data dan Cache Layanan Google Play

Jika pesan autentikasi akun google masih muncul di Play Store, maka kalian perlu lanjut menerapkan cara yang ketiga ini.

Sinkrokan Akun Google

Bisa jadi masalah autentikasi akun google pada hp kalian terjadi karena Play Store tidak tersinkron dengan baik. Data yang tidak diperbaharui atau disinkronkan juga dapat menyebabkan Play Store mencurigai bahwa pengguna belum tervalidasi. Oleh karena itu menyinkronkan akun google mungkin dapat menghilangkan autentikasi tersebut. Untuk cara menyinkronkan akun google sebagai berikut:

  1. Buka Pengaturan (Settings)
  2. Masuk pada bagian Akun (Account)
  3. Pilih aplikasi google, lanjutkan dengan memilih email yang kalian gunakan untuk Play Store.
  4. Pilih Sinkrokan sekarang.
  5. Tunggu beberapa saat, hingga proses sinkron selesai.

Sinkrokan Akun Google

Setelah itu kalian dapat mengecek pada Play Store apakah pesan autentikasi tersebut masih ada. Jika masih ada, kalian dapat melakukan restart.

Relogin Akun Google

Ini merupakan cara yang terakhir dan rata-rata setelah melakukan cara ini, masalah autentikasi akun google akan hilang. Karena autentikasi merupakan masalah yang terjadi pada akun google, maka kalian harus membenahi akun kalian terlebih dahulu. Cara ini adalah melakukan hapus akun kemudian login kembali. Ini akan merefresh akun kalian, sehingga memungkinkan tidak terdapat pesan autentikasi lagi. Berikut adalah cara relogin akun google:

  1. Buka Pengaturan (Settings)
  2. Masuk pada bagian Akun (Account)
  3. Pilih aplikasi google, lanjutkan dengan memilih email yang kalian gunakan untuk Play Store.
  4. Pilih Hapus Akun (Delete Account)
  5. Jika terdapat dialog box, pilih Hapus Akun (Delete Account)

Hapus Akun (Delete Account)

  1. Setelah itu tambahkan lagi akun google yang kalian hapus tadi.
  2. Buka Pengaturan (Settings)
  3. Masuk pada bagian Akun (Account)
  4. Pilih Tambahkan Akun (Add Account)
  5. Pilih jenis akun yaitu Google
  6. Setelah itu login seperti biasa, masukkan email dan pasword kalian.

Login Akun Google

Setelah kalian mencoba keempat cara diatas dan masih gagal, tidak ada salahnya kalian mencoba market aplikasi lainnya. Yang terpenting jangan mengunduh aplikasi dari pihak yang tidak bertanggung jawab (aplikasi bajakan)

Itulah 4 cara mengatasi autentikasi akun google yang dapat kami sampaikan. Semoga masalah autentikasi akun google kalian dapat terselesaikan dengan beberapa cara diatas. Jika terdapat hal yang belum dipahami, kalian dapat menanyakan pada kolom komentar dibawah.

Tinggalkan komentar