Cara Bayar Tagihan PDAM Lewat ATM BRI Terbaru

Apakah pembayaran PDAM dapat dilakukan melalui ATM BRI? Tentu saja membayar PDAM dapat dilakukan lewat ATM BRI. Berikut penjelasan cara bayar PDAM lewat ATM BRI.

PDAM merupakan perusahaan daerah yang mengelola dan mendistribusikan air bersih bagi masyarakat daerah. Pendistribusian air bersih bertujuan agar digunakan masyarakat untuk kebutuhan sehari-hari seperti mencuci, mandi, minum dan lain sebagainya.

PDAM sendiri dalam mendistribusikan air bersih diawasi dan dimonitori oleh pihak dari badan legislatif dan eksekutif daerah. Jadi dalam menyalurkan air bersih ke masyarakat umum tidaklah sembarangan.

Dalam setiap pengguna PDAM memiliki tagihan yang berbeda-beda tergantung dari golongan pemakai serta ukuran dari pipa yang dipakai. Untuk tarif pembayaran dihitung berapa meter kubik air yang dipakai perbulan.

Tarif tagihan pemakaian PDAM ditentukan oleh kepala daerah masing-masing, tetapi untuk biaya administrasi perbulan pengguna sama yaitu sebesar Rp.10.000.

Tagihan PDAM perbulan tersebut dapat kalian bayarkan dengan beberapa metode. Lalu bagaiama cara membayar PDAM lewat ATM BRI? Berikut akan kami berikan penjelasannya.

Baca Juga: Cara Ganti PIN ATM BRI

Cara Bayar PDAM Lewat ATM BRI

Ada banyak cara membayar tagihan dari air PDAM, mulai dari membayar langsung di agen pembayaran, transfer via bank , tranfer via atm, ataupun menggunakan dompet digital dan beberapa aplikasi yang mendukung. Dan salah satu yang bisa kalian coba yaitu dengan membayar tagihan melalui ATM BRI.

Berikut cara bayar PDAM lewat ATM BRI:

  1. Datangi ATM BRI terdekat
  2. Masukkan kartu ATM BRI kalian.
  3. Pilih Bahasa Indonesia.
  4. Masukkan PIN ATM BRI kalian
  5. Pilih Transaksi Lainnya
  6. Pilih pada bagian Pembayaran lalu pilih Lainnya lanjutkan dengan pilih PDAM / PAM.
  7. Masukkan Kode PDAM/PAM. Pilih Daftar Kode jika kalian belum hafal kode PDAM daerah kalian.
  8. Pilih Lanjutkan jika sudah mengetahui kode PDAM daerah kalian.
  9. Masukkan Kode PDAM + Nomor Pelanggan. Contoh 10033 adalah kode PDAM dan 123456789 adalah nomor pelanggan. Jadi ketikkan 10033123456789.
  10. Kemudian tekan Benar dan akan muncul pemberitahuan apakah Nomor dan Nama Pelanggan sesuai. Jika sudah sesuai silahkan pilih Ya
  11. Muncul pemberitahuan Transaksi sedang Diproses, silahkan tunggu sebentar kemudian ambil struk bukti pembayaran.

Saat melakukan cara bayar PDAM lewat ATM di atas, pastikan terlebih dahulu jumlah saldo ATM kalian mencukupi untuk membayar tagihan PDAM.

Cara membayar tagihan PDAM lewat ATM BRI ini sangat mudah untuk dilakukan. Karena selain banyaknya tempat-tempat yang menyediakan ATM BRI, juga memudahkan pembayaran jika sewaktu-waktu posisi sedang jauh dari rumah.

Terlebih juga jika waktu pembayaran pada saat merah atau hari libur, kalian tetap dapat membayar tagihan PDAM melalui ATM BRI.

Baca Juga: Cara Menabung di Bank BRI

Nama Wilayah dan Kode PDAM/PAM

Selain cara bayar PDAM lewat ATM BRI, ini adalah hal penting yang harus kalian ketahui yaitu kode PDAM setiap daerah di Indonesia. Berikut kode PDAM/PAM sesuai daerah di Indonesia.

WILAYAH KODE PDAM
Kota Banjarmasin 10010
Kab Malang 10011
Kab Bogor 10012
Kota Makassar 10013
Kab Bandung 10014
Kab Banjar 10015
Kab Klaten 10023
Kab Sragen 10024
Kota Denpasar 10027
Kab Bojonegoro 10029
Kota Bekasi 10033
Kab Bantul 10035
Kab Wonogiri 10042
Kota Yogyakarta 10045
Kota Surakarta 10047
Kab Pasaman 10050
Kota Medan 10060
Kab Bekasi 10063

Baca Juga: Cara Mengecek Transferan Masuk BRI lewat HP

Kode diatas adalah kode wilayah yang sudah tersedia di ATM BRI, dan setiap waktu akan terjadi perubahan. Jadi pastikan jika kalian tidak hafal kode PDAM, cek terlebih dahulu di daftar kode untuk menghindari kesalahan.

Cukup disini pembahasan tentang cara bayar PDAM lewat ATM BRI. Semoga bisa bermanfaat bagi kalian dan dapat menambah wawasan kalian.

Apabila dirasa artikel ini membantu, kalian dapat membagikannya melalui tombol share yang sudah kami sediakan.

Atau apabila ada yang kurang dipahami, kalian dapat bertanya melalui kolom komentar di bawah.

Leave a Comment