Cara Cancel atau Membatalkan Pesanan Grabfood

Bagi kalian pengguna aplikasi Grab baik pengguna atau pengemudi pasti pernah igin membatalkan pesanan GrabFood. Untuk itu kami akan memberikan cara cancel Grab Food.

Grab merupakan aplikasi online yang memiliki banyak fitur seperti GrabBike, GrabCar, GrabExpress, GrabFood dan masih banyak lainnya. Salah satu fitur yang sering di pakai saat ini adalah GrabFood.

GrabFood adalah layanan pesan antar makanan . GrabFood ini dijalankan oleh driver yang telah berafiliasi dengan layanan GrabBike. Selain itu banyaknya driver membuat pelayanan GrabFood menjadi sangat cepat.

GrabFood juga menyediakan informasi yang cukup lengkap yakni, mulai dari kuliner atau restoran terdekat, harga makanan, jarak tempuh hingga promo-promo menarik.
Dengan begitu, pemesanan dan delivery makanan bisa diproses dengan cepat. Banyaknya merchant yang bekerja sama dengan GrabFood menjadikannya menjadi aplikasi online favorit saat ini.

Tetapi terkadang karena suatu hal, pesanan makanan yang sudah kita order tiba-tiba harus kita batalkan karena suatu hal.

Pastinya dengan alasan yang jelas, tidak hanya membatalkan seenaknya saja. Maka dari itu disini saya akan menjelaskan bagaimana cara cancel Grab Food.

Fitur Layanan Pemesanan di GrabFood

Sebelum kepada cara membatalkan pesanan di Grab Food, kalian perlu mengetahui fitur pemesanan di GrabFood. Dan kalian nantinya bisa memilih salah satu fitur sesuai dengan keinginan serta keadaan kalian.

  1. GrabFood Ambil Sendiri

Fitur ini dirancang untuk menghemat waktu, fitur GrabFood Ambil Sendiri memungkinkan kalian untuk memesan santapan untuk dibawa pulang atau take away tanpa harus antri panjang di restoran favorit kalian.

Selain menghindari antrean, kalian juga akan memperoleh poin GrabRewards untuk setiap transaksi menggunakan fitur GrabFood Ambil Sendiri ini. Fitur Ambil Sendiri saat ini hanya tersedia di area-area tertentu di Jakarta, Bandung, Bali, dan Yogyakarta. Mungkin pihak Grab akan melakukan perluasan pada area-area lainnya.

  1. GrabFood Pesanan Terjadwal

Kalian juga dapat melakukan pemesanan terjadwal pada GrabFood. Hal ini digunakan apabila kalian mempunyai sebuah acara mendatang. Dengan fitur GrabFood Pesanan Terjadwal ini kalian dapat melakukan pemesanan GrabFood mulai dari dua jam bahkan dua hari sebelumnya, serta dapat mengirimkannya ke lokasi kamu pada jadwal pengiriman yang kamu pilih.

Sangat memudahkan sekali karena kalian tidak perlu repot-repot lagi untuk menyiapkan makanan sendiri saat mengadakan acara pesta.

  1. GrabFood Multi Order

Untuk menambahkan variasi hidangan agar tidak bosan, kalian juga bisa memesan makanan dari dua hingga empat restoran yang berbeda secara bersamaan dengan fitur GrabFood Multi Order.

  1. GrabFood Pesan Bareng Teman

GrabFood menghadirkan fitur Pesan Bareng Teman. Dengan fitur ini, tujuh orang bisa memesan makanan bersamaan dengan sekali order lewat satu tautan digital.

Kalian cukup mengirimkannya ke enam orang lainnya dan mereka dapat menambahkan menu favorit di aplikasi Grab mereka sendiri. Jadi kalian tak perlu lagi berkeliling untuk mencatat pesanan teman-temanmu.

Baca Juga : Cara Mengganti Akun OVO di Grab

Cara Cancel Grab Food

Karena suatu alasan seperti salah memasukkan alamat, salah memesan atau yang lainnya, kita terpaksa harus membatalkan pesanan. Tetapi dalam GrabFood tidak semua pesanan bisa dibatalkan. Fitur membatalkan pesanan di GrabFood tidak berlaku untuk GrabFood Ambil Sendiri dan GrabFood Pesanan Terjadwal.

Pembatalan di GrabFood sendiri juga dibatasi hanya beberapa kuota saja, jika kuota habis maka kalian tidak bisa membatalkan pesanan.

Cara membatalkan pesanan di Grab yang akan kami berikan ada 3 yaitu untuk merchant, pembeli atau pelanggan dan driver. Untuk lebih lengkapnya perhatikan cara cancel grab food berikut ini.

Cara Membatalkan Pesanan di GrabFood Merchant

Kalian dapat membatalkan pesanan dengan kuota dan memilih alasan tertentu dari aplikasi Grab Merchant. Hal ini memudahkan kalian ketika barang tertentu yang dipesan tidak tersedia, pesanan sedang terlalu banyak atau restoran akan segera tutup.

Untuk mengetahui cara membatalkan pesanan di Grab Food Merchant, kalian dapat membaca langkah-langkah berikut ini:

  1. Buka aplikasi Grab kalian
  2. Pilih Edit Order dan Wajib segera menghubungi pelanggan tentang pembatalan pesanan.
  3. Kemudian centang jika sudah menghubungi pelanggan
  4. Lalu pilih Start Editing Order
  5. Pilih alasan yang sesuai untuk pembatalan order.
  6. Akan muncul notifikasi jika pembatalan berhasil. Dan jika kuota sudah habis maka pembatalan pesanan tidak bisa di proses.

Apabila pembatalan tersebut dilakukan karena driver tidak mengambil pesanan, maka pengembalian dana pun akan dilakukan. Namun pengembalian dana juga akan dilihat dari alasan pembatalan.

Seluruh pembatalan atau cancel orderan dapat dilakukan apabila belum disetujui oleh restoran. Apabila pembatalan atau cancel order sudah mendapatkan persetujuan dari pihak resto, maka tidak ada pengantian uang jika harga hidangan yang tertara berubah atau menu tidak lagi tersedia dan atau resto terkait tutup.

Baca Juga : Cara Menghapus History Grab

Cara Membatalkan Pesanan di GrabFood Pelanggan

Sebagai pelanggan kalian juga harus membatalkan pesanan dengan cara yang baik karena hal tersebut akan berpengaruh kepada pengemudi atau driver. Untuk cara cancel pesanan grab food yang baik dan benar, kalian dapat memperhatikan di bawah ini.

  1. Setelah kalian melakukan pemesanan/order,kalian harus segera menghubungi pengemudi/driver dengan menekan tombol chat untuk memberitahukan bahwa akan membatalkan pesanan, berikan alasan secara jelas seperti salah memasukkan alamat, salah melakukan pemesanan atau yang lainnya
  2. Pilih bagian Lihat Rincian
  3. Lalu pilih Pembatalan pesanan
  4. Konfirmasi pembatalan atau cancel pesanan dengan memilih Batalkan Saja.
  5. Pilihlah salah satu alasannya mengapa kalian melakukan pembatalan Tekan tombol Kirim.
  6. Tunggu Notifikasi muncul. Pesanan sudah berhasil dibatalkan.

Sebaiknya kalian jangan terlalu sering membatalkan pesanan di grab food, karena hal tersebut akan berdampak bagi driver. Maka dari itu sebelum memesan, pikirkan matang-matang tentang pesanan kalian agar tidak merugikan driver.

Baca Juga : Cara Menghapus Akun Grab Permanen

Cara Membatalkan Orderan di GrabFood Pengemudi atau Driver

Mungkin kalian sibuk dan lupa untuk mematikan aplikasi Grab dan kalian ternyata mendapatkan orderan. Maka dari itu bagi driver Grab, kalian harus mengetahui cara cancel orderan grab food berikut ini:

  1. Sebelum membatalkan pesanan, kalian diharuskan untuk chat terlebih dahulu ke pembeli. Silahkan tekan tombol Chat.
  2. Beritahukan mengenai orderan GrabFood dan buat alasan yang masuk akal. Jangan lupa untuk menyampaikannya secara sopan
  3. Jika sudah mendapatkan alasan pembatalan pesanan, silahkan pilih Lainnya
  4. Kemudian akan tampil detail pemesanan, geser ke bawah hingga menemukan tombol Batalkan.
  5. Setelah itu pilih salah satu alasan pembatalan atau cancel yang sesuai dengan kondisi asli kalian
  6. Lalu akan muncul notifikasi bahwa pembatalan GrabFood berhasil dilakukan.

Pembatalan dengan alasan seperti restoran tutup, makanan/minuman tidak tersedia dan juga harga pesanan berubah tidak akan mempengaruhi akun dari pihak pengemudi/driver. GrabFood sendiri sangat memantau alasan dari pembatalan pesanan.

Itulah cara cancel pesanan di grab food. Yang perlu kalian ingat adalah bagi kalian yang akan membatalkan pesanan pikirkan dengan baik sehingga pembatalan atau cancel pesanan tidak merugikan pihak lain.

Jika menurut kalian artikel ini bermanfaat, kalian dapat berbagi melalui tombol share yang sudah kami sediakan.

Atau terdapat sesuatu yang kurang dipahami tentang cara cancel grab food ini, kalian dapat bertanya melalui kolom komentar di bawah.

Tinggalkan komentar