Cara Cek Garansi Hp Asus Untuk Semua Tipe

Cek mengecek garansi pada hp khususnya asus sangat perlu ketika kalian baru membeli hp baru. Mengetahui masa berlaku garansi akan mempermudah kalian apabila terdapat kerusakaan di hp asus kalian. Maka dari itu, kali ini kami akan memberikan cara cek garansi hp Asus agar kalian bisa mengetahui sisa masa garansi, dan masa berlaku hp Asus kalian.

Garansi atau biasa disebut warranty sangat erat kaitannya jika kita sedang melakukan pembelian suatu produk terutama jenis elektronik. Dimana pihak produsen memberikan layanan penjaminan kualitas produk yang telah dijual kepada konsumen. Hal tersebut juga dilakukan oleh pihak perusahaan Asus.

Pengguna Asus khususnya hp smartphone sudah sangat banyak tersebar di Indonesia. Asus Indonesia mengungkap bahwa 92% pengguna setia ponsel pintar asal China tersebut adalah laki-laki. Bagaimana tidak, Pada 2019 ini Asus menyatakan akan fokus untuk mengembangkan dan membawa smartphone untuk gaming seperti Asus zenfone max pro m2 , zenfone 5, rog phone 2 dan lain-lain.

Dengan banyaknya permintaan pengguna Asus smartphone, perusahaan Asus telah menghadirkan kemudahan dalam mengecek garansi melalui situs resmi mereka. Cara ini akan sangat membantu ketika akan melakukan perbaikan produk di Service Center.

Akan tetapi saat ini banyak para konsumen asus yang tidak memperhatikan tentang garansi produk yang dibelinya. Bagaimana cara mengecek status garansi hp Asus? Ada beberapa langkah mudah salah satunya dengan mengakses website resmi dari Asus. Untuk lebih lengkapnya, simak terus ulasan berikut tentang cara cek garansi hp asus

Cara Cek Garansi Hp Asus

Ketentuan dan masa aktif garansi setiap hp atau smartphone Asus pasti berbeda-beda , ada 1 tahun adapula yang 2 tahun. Penting sekali bagi kalian untuk mengetahui sisa masa garansi hp Asus masih dalam status bergaransi atau tidak. Hal tersebut dibutuhkan untuk melakukan klaim garansi apabila terdapat kerusakan pada hp Asus kalian.

Namun sebelum lanjut ke dalam topic utama pembahasan ini. Kalian perlu mengetahui beberapa contoh kerusakan yang tidak diterima saat klaim garansi. Kurusakan-kerusakaan itu sendiri diantarnya yaitu :

  • Terkena air, terendam, kehujanan dan lain-lain
  • Hp rusak karena terjatuh
  • Sudah di service oleh pihak ketiga atau service umum
  • Segel cacat atau rusak
  • Tidak atau belum di root
  • Kerusakan atas kelalaian pengguna

Sebelum melakukan cek masa garansi hp Asus, pastikan kalian sudah mengantongi Serial Number hp kalian masing-masing. Serial Number merupakan identitas utama yang bisa di pakai untuk mengetahui sisa masa warranty produk khususnya Asus.

Cara Cek Serial Number Hp Asus

Ada beberapa cara untuk dapat melihat serial number, Serial Number umumnya terdapat pada dusbook, kartu garansi dan juga sticker dibelakang hp. Serial Number inilah yang nantinya akan digunakan untuk mengecek garansi Asus di situs resmi milik Asus.

  1. Belakang Case Hp

Jika hp kaian masih ada stiker bawaan tepatnya di belakang hp, pada label tersebut terdapat serial number. Disana akan ada informasi mengenai SN dari produk hp asus yang kalian miliki. Catat SN tersebut untuk melihat garansi hp asus kalian masih berlaku apa sudah hangus.

  1. Via Kartu Garansi Hp

Pada umumnya setiap pembelian hp baru, selalu diberi kartu garansi. Biasanya, kartu garansi ini berbentuk kertas dan juga berupa stiker. Silahkan cek dus book kalian, biasnaya terdapat di dalam dosbuk dan terdapat tulisan SN.

  1. Via Dusbook

Dalam sebuah paket penjualan tentunya lengkap dengan kit standar, salah satunya package yang terdapat informaasi tipe ,spesifikasi singkat dan nomor seri. Cara ini juga terbilang sangat mudah, karena untuk melihat serial number bisa di cek dari dusbook yang di tempel pada bagian luar dus.

  1. Melalui Setting

Cek SN melalui pengaturan perangkat, juga sangat umum dilakukan. Selain cepat, ini juga sangat mudah dan hampir semua pengguna bisa melakukannya. Untuk mengecek sn kalian bisa langsung menuju pengaturan Settings -> System-> About phone-> status. Scrool ke bawah dan temukan Serial Number hp asus kalian.

Cara Cek Garansi HP Asus Online

Nah, setelah kalian sudah mengetahui serial number hp/smartphone. Langkah berikutnya adalah mengetahui tanggal berakhir garansi produk asus kalian. Silahkan kalian kunjungi situs resmi dari Asus disini.

Simak langkah-langkah cek status garansi hp asus berikut ini :

  1. Kunjungi situs resmi dari Asus, kalian bisa mengunjunginya disini
  2. Masukkan Serial Number yang sudah kalian cek tadi di kolom tersebut

cara cek garansi hp asus

  1. Kemudian Klik centang pada “Saya setuju untuk memberikan nomor seri produk saya kepada Asus”
  2. Selanjunya klik Kirim, nanti akan terdapat informasi mengenai status garansi kalian masih tersedia atau sudah hangus.

cara mengecek status garansi hp asus

Dari informasi diatas kalian dapat melihat beberapa informasi mengenai deskripsi, garansi mulai, lama garansi, dan garansi akan berakhir.

Cek Garansi Asus Lewat Nomor IMEI

IMEI sendiri merupakan 15 digit nomor identitas internasional yang diambil dari delapan digit Type Allocation Code dari Global System for Mobile Association (GSMA). 15 nomor yang unik yang dimana  setiap perangkat pasti memiliki IMEI yang berbeda.

Nomor identitas tersebut dikatakan resmi jika pengguna punya kartu garansi dari produsen. Bagaimana cek nomor imei asus? Ada beberapa langkah cepat untuk melihat nomor imei hp.

Cek Nomor IMEI Hp Asus

Nomor imei juga dapat digunakan untuk pengecekan statut garansi. Kalian dapat melakukan cek nomor imei hp asus zenfone atau semua jenis merk lainnya dengan salah satu cara berikut ini. Setelah itu masuk ke situs resmi Asus untuk cek garansi hp Asus kalian.

  1. Kode dial

Menggunakan kode dial ini kalian cukup membuka menu ponsel atau panggilan lalu tekan *#06# kemudian panggil atau Dial, cara ini sangat umum digunakan disemua merk ponsel

  1. Via Setting

Cara mudah selanjutnya adalah melalui pengaturan perangkat. Kalian bisa melihat nomor IMEI hp dengan mencari menu Setelan Ponsel (setting) -> About Ponsel -> lalu Status. Sudah akan terlihat nomor IMEI hp kalian.

  1. Cek Bagian Belakang Dusbook

Disitu kalian akan menemukan informasi IMEI serta Serial Number(SN). Setelah kalian mendapatkan nomor IMEI pada ponsel kamu, selanjutnya kamu dapat melakukan pengecekan seperti yang sudah kami jelaskan diatas. Yaitu cukup masuk ke halaman situs resmi asus.

Dari ke 3 cara diatas, kalian pastikan nomor IMEI nya sama dan juga pada Serial Number (SN)/ Nomor Seri yang ada di Setelan – Status dengan yang ada di dusbook. Kalau keduannya itu sama, bisa dipastikan ASUS Smartphone kalian itu ASLI.

Cara Klaim Garansi Asus

  1. Hal pertama yang wajib kalian harus tau, yaitu memastikan kerusakan sesuai syarat. Asus tidak menerima kerusakan yang disebabkan oleh pemiliki hp itu sendiri. Misalnya jatuh, masuk ke dalam air dan sejenisnya. Untuk mendapatkan klaim garansi dari asus, pastikan dahulu kerusakan yang terjadi di hp kalian
  2. Pastikan kalian telah cek sisa atau masa garansi masih aktif atau tidak. Tidak Cuma kerusakan, garansi juga memiliki masa berlaku yang harus di mengerti. Garani ada yang 1 tahun dan juga ada yang 2 tahun
  3. Siapkan segala hal untuk syarat klaim seperti, kartu garansi asus, dus book, serta nota pembelian dan perlengkapan lain-lain jika dibutuhkan
  4. Setelah kalian mengetahui kerusakan apa yang menyebabkan kalian ingin mengklaim garansi asus ini, dan juga masa garansi hp asus kalian masih ada atau sudah hangus, selanjutnya silahkan kalian langsung menuju ke tempat service senter asus resmi di kota kalian masing-masing.

Nah cukup itu saja informasi yang dapat kami berikan perihal cara cek garansi hp asus. Dan untuk cara klaim garansi asus, silahkan kalian perhatikan syarat dan ketentuan yang diterima asus saat kalian ingin mengklaim garansi tersebut.

Sangat sederhana bukan, kita sebagai pengguna smartphone wajib memperhatikan garansi hp masing-masing. Cara-cara dia atas bisa banget kalian praktekan untuk mengetahui sisa masa berlaku dan juga status garansi hp asus kalian.

Cara diatas diperuntukkan untuk semua jenis hp asus, misalnya hp kalian asus max pro m2, max pro m1, asus tuf, asus zefone 5, asus rog phone 3 dan juga smartphone asus lainnya. Kalian bisa menggunakan cara tersebut dengan syarat kalian sudah mengetahui Serial Number hp asus yang kalian miliki.

Sekian dan cukup sampai disini, semoga informasi ini dapat bermanfaat dan dapat membantu kalian dalam pengecekan status garansi hp asus. Jika terdapat masalah, kalian bisa berkomentar di kolom komentar.

Tinggalkan komentar