Cara Cek Garansi Xiaomi Resmi Atau Distributor Terlengkap

Garansi Xiaomi menjadi permasalahan besar, karena pada nyatanya banyak sekali hp Xiaomi yang beredar di pasar yang tidak menggunakan garansi resmi. Untuk itu kalian perlu mengetahui cara cek garansi Xiaomi agar dapat mengetahui hp kalian bergaransi resmi atau distributor.

Di Indonesia pengguna smartphone Xiaomi memang cukup banyak, dan pada dasarnya smartphone Xiaomi tidak sepenuhnya bergaransi resmi. Banyak sekali penjual yang mengimport langsung dari China, sehingga pembelinya tidak akan mendapatkan garansi resmi Xiaomi Indonesia.

Selain itu, ada juga smartphone Xiaomi garansi distributor yang notabennya bukan produk resmi. Kita harus tahu dengan benar apakah handphone yang kita beli merupakan garansi resmi atau tidak. Pasalnya smartphone garansi non-resmi atau distributor nantinya tidak akan bisa digunakan di Indonesia dikarenakan pemblokiran IMEI yang berlaku untuk smartphone ilegal atau black market. Dan terlebihnya lagi, masih banyak juga masyarakat yang belum tahu bagaimana cara cek garansi Xiaomi.

Sebagian besar pengguna smartphone Xiaomi tidak mengetahui garansi smartphone yang mereka miliki, apakah garansi resmi atau garansi distrubutor. Yang pasti, smartphone Xiaomi garansi distributor IMEI-nya tidak terdaftar di database Kemenperin, jadi kalian harus waspada saat peraturan pemblokiran IMEI berlaku.

Tetapi bukan hanya masalah IMEI saja, smartphone Xiaomi garansi non-resmi juga akan kesusahan dalam melakukan perbaikan. Meski ada garansi dari distrubutor, namun biasanya akan dipersulit saat klaim garansi.

Oleh karena itulah kami menyarankan kalian untuk membeli smartphone Xiaomi garansi resmi dibandingkan garansi distributor. Dan demi kenyamanan kalian dalam menggunakan smartphone Xiaomi, kami akan memberikan cara beserta tutorial untuk cek garansi Xiaomi.

Cara Cek Garansi Xiaomi

Sebelum membeli smartphone Xiaomi ada baiknya jika kalian memeriksanya terlebih dahulu, yaitu dengan cek garansi Xiaomi. Jika kalian belum mengerti bagaimana caranya. Jangan khawatir karena kalian bisa melakukannya dengan mudah dan cepat.

Pada artikel ini kami akan memberikan berbagai cara untuk cek garansi Xiaomi, jadi silahkan simak informasinya di bawah ini.

Cek Garansi Xiaomi Melalui Dusbook

Cara pertama sekaligus cara paling sederhana untuk cek garansi Xiaomi yaitu dengan melihat dusbook. Caranya apabila pada bagian dusbook tersebut terdapat logo TAM maka smartphone tersebut bisa dikatakan resmi. Jadi, TAM sendiri merupakan  singkatan dari PT Telematika Artha Mandiri selaku distributor resmi Xiaomi di Indonesia.

Selain logo yang bertuliskan TAM, pada kotak kemasan smartphone Xiaomi garansi resmi juga tertulis PT Sat Nusapersada Tbk yang berlokasi di Batam, Kepulauan Riau. Lokasi tersebut menandakan bahwa handphone yang dibeli merupakan produk resmi yang dirakit di Indonesia. Sedangkan untuk smartphone Xiaomi garansi distributor biasanya tertulis Made In China.

Dan apabila kalian membeli smartphone Xiaomi bekas, tidak heran jika dusbook yang kalian dapatkan adalah palsu. Untuk mengetahui palsu atau tidak, bisa diatasi dengan mudah karena kalian tinggal mengecek nomor IMEI yang tertera pada dusbook dengan yang tertera di smartphone.

Untuk mengetahui nomor IMEI smartphone Xiaomi sangatlah mudah. Kalian cukup membuka menu panggilan telepon, lalu ketikan kode rahasia xiaomi yaitu *#06#. Kemudian secara otomatis nomor IMEI akan muncul. Setelah itu kalian tinggal mencocokan IMEI yang muncul dengan IMEI yang tertera pada dusbook. Apabila sama, berati merupakan dusbook yang kalian dapatkan adalah asli.

Cek Garansi Xiaomi Dengan Nomor IMEI

Cara cek garansi smartphone Xiaomi selanjutnya adalah dengan menggunakan nomor IMEI. Untuk mengeceknya kalian bisa masuk melalui halaman website di  https://imei.kemenperin.go.id. Pada situs tersebut tersedia kolom Cek IMEI yang bisa kita gunakan untuk mengecek IMEI smartphone, apakah terdaftar atau tidak di database Kemenperin.

Cek Garansi Xiaomi

Apabila handphone yang kalian miliki merupakan  smartphone Xiaomi garansi resmi, maka akan muncuk informasi bahwa nomor IMEI telah terdaftar pada database Kemenperin. Namun apabila tidak muncul, maka bisa dipastikan smartphone Xiaomi kalian merupakan garansi interasional atau distributor.

Baca Juga : Fungsi Tersembunyi Tombol Navigasi Xiaomi

Cek Garansi Xiaomi Melalui Website Xiaomi

Cara cek garansi Xiaomi online ini caranya hampir sama dengan cara yang kedua, karena kalian juga harus masuk pada halaman website di  http://buy.mi.com/id/registration. Kemudian kalian tinggal memasukkan nomor IMEI pada kolom yang sudah tersedia, lalu pilih Langkah Selanjutnya untuk memulai pengecekan.

Cara Cek Garansi Xiaomi

Apabila smartphone Xiaomi yang dicek merupakan produk resmi, maka akan muncul informasi negara pembelian yang bertuliskan Indonesia. Selain itu, tersedia pula informasi waktu produksi dan waktu aktivasi yang bisa menandakan apakah garansi masih berlaku atau tidak. Xiaomi sendiri memberikan garansi selama 1 tahun untuk setiap tipe smartphone yang dipasarkan secara resmi. Dan selama masa garansi masih berlaku, maka kalian bisa klaim garansi ke Service Center Xiaomi yang tersebar di berbagai kota di Indonesia.

Cek Garansi Xiaomi Online Melalui Website Imei.info

Cara cek garansi Xiaomi ini mampu memberikan informasi detail tentang hp kalian, disini kalian juga dapat melihat informasi masa berlaku garansi kalian. Berikut adalah langkah-langkahnya :

  1. Pertama buka menu telepon kalian kemudian masukkan kode dial up *#06#
  2. Setelah itu akan muncul nomor IMEI hp kalian, catat nomor nomor IMEI yang tertulis tersebut
  3. Selanjutnya masuk pada alamat website https://www.imei.info/news/xiaomi-warranty-activation-status-checker/
  4. Masukkan nomor imei yang sudah kalian catat sebelumnya, setelah itu pilih Check
  5. Setelah itu lakukanlah verifikasi dengan klik centang pada Saya Bukan Robot, kemudian pilihlah Check
  6. Maka secara otomatis akan tampil semua informasi perangkat yang kalian gunakan
  7. Untuk mengecek masa garansi pilih Warranty & Country & Mi Account Status.
  8. Setelah itu pilih Check Xiaomi Warranty & Mi Account Status.
  9. Tunggu beberapa detik maka akan ditampilkan detail tentang masa garansi hp Xiaomi kalian

Jadi itulah cara untuk cek masa berlaku garansi Xiaomi yang kalian lakukan melalui online. Sebelum menggunakan cara di atas, pastikan kalian memiliki koneksi internet atau sambungan wifi agar bisa masuk ke halaman website, kemudian kalian bisa melakukan pengecekan garansi smartphone Xiaomi yang kalian miliki.

Cek Garansi Xiaomi Melalui Jenis Charger

Apabila kalian membeli smartphone Xiaomi dengan garansi distributor, biasanya charger yang di dapatkan akan berbentuk pipih atau memiliki tiga kaki. Dan apabila Xiaomi dengan garansi resmi maka yang kalian dapatkan adalah charger Xiaomi standar dua kaki yang bisa langsung dicolokan ke listrik, tanpa perlu alat adapter khusus.

Nah jadi itulah artikel kami hari ini dengan judul cek garansi Xiaomi dengan berbagai cara yang mudah dan sederhana. Seperti yang sudah kami katakan tadi, bahwasannya sebelum membeli smartphone Xiaomi kalian wajib mengecek garansinya terlebih dahulu, agar kalian mengetahui smartphone yang kalian beli merupakan garansi remsi atau tidak.

Jangan lupa untuk share artikel ini agar yang lain juga bisa melakukan cek garansi Xiaomi, cek juga artikel kami yang lainnya agar tidak ketinggalan tentang informasi seputar smartphone atau informasi menarik lainnya. Kalian juga bisa memberikan komentar yang sudah kami sediakan di bawah ini apabila ada yang kurang jelas.

Tinggalkan komentar