Cara Mudah Mengecek HP Realme Semua Tipe [Lengkap]

Saat kalian membeli HP Realme entah itu bekas atau baru, kalian perlu mengeceknya terlebih dahulu untuk memastikan apakah Realme yang kalian beli dapat berfungsi dengan baik. Untuk itu kalian perlu mengetahui cara cek HP Realme.

Realme merupakan perusahaan yang berasal dari China yang berpusat di Shenzen. Perusahaan ini terbilang baru, karena didirikan pada 4 Mei 2018. Meskipun Realme merupakan perusahaan baru, marketing mereka terbilang sangat handal. Karena hanya dalam kurun waktu yang singkat, ponsel Realme mampu bersaing dengan perusahaan smartphone lainnya.

Pembelian smartphone Realme semakin hari semakin meningkat. Hal tersebut diiringi dengan penjualan smartphone replika yang berlabel Realme yang dilakukan oleh oknum-oknum yang tidak bertangung jawab.

Hal tersebut sangatlah mengkhawatirkan bagi pembeli Realme. Oleh karena itu kalian harus menjadi pembeli yang smart. Dengan mengetahui cara mengecek HP Realme kalian akan dapat mengecek apakah HP yang kalian beli tersebut HP Realme asli atau palsu. Serta jika kalian membeli HP Realme bekas, kalian dapat mengetahui apakah HP Realme bekas yang kalian beli masih normal atau tidak.

Untuk lebih lengkapnya, kalian baca artikel cara mengecek HP Realme ini sampai selesai agar kalian tidak salah dalam membeli HP Realme. Dan pastikan kalian membeli HP Realme yang berkualitas baik agar tidak mudah rusak.

Cara Cek HP Realme

Meskipun kalian membeli HP Realme dalam keadaan baru, kalian juga perlu melakukan cara cek HP Realme berikut ini. Karena tidak menutup kemungkinan HP Realme yang baru juga mempunyai kerusakan.

Untuk melakukan pengecekan Realme, kami rasanya caranya cukup mudah. Yang kalian butuhkan hanyalah pengetahuan bagaiamana cara cek HP Realme. Pengecekan yang dapat kalian lakukan saat membeli HP Realme meliputi Layar, Garansi, IMEI, dan masih banyak lagi.

Untuk memastikan HP Realme yang kalian beli berkualitas baik, maka kalian perlu mengecek secara keseluruhan agar dapat memastikan bahwa HP Realme tersebut masih dalam keadaan normal dan asli.

Berikut akan kami berikan cara cek HP Realme secara lengkap sehingga kalian dapat secara detail mengecek HP Realme yang akan kalian beli.

Cara Cek Layar Realme (Touchscreen dan LCD)

Layar merupakan sesuatu yang sangat penting bagi sebuah smartphone, maka dari itu layar haruslah dicek saat akan membeli Realme baru maupun bekas. Untuk cara mengecek layar Realme perhatikan langkah-langkah berikut ini:

  1. Pertama buka menu Telepon lalu ketik kode dial *#808#
  2. Maka secara otomatis akan muncul menu untuk melakukan pegetesan HP Realme yang kalian gunakan.
  3. Apabila kalian ingin mengecek touchscreen Realme maka geser ke kanan lalu pilih Device Debuging dan pilih Maka akan muncul tiga menu yaitu Handwriting, Touchscreen Auto Test, dan Verification. Tiga menu tersebut adalah metode yang dapat kalian pilih untuk melakukan cara cek layer Realme. Pilih metode sesuka kalian.
  4. Setelah kalian selesai melakukan cara cek touchscreen Realme, kalian juga dapat melanjutkan untuk mengecek LCD Realme. Silahkan geser ke kanan pada bagian Media debuging kemudian pilih LCD Test.
  5. Ikuti pengetesan LCD tersebut hingga akhir.

Setelah kalian melakukan cara cek layar Realme di atas, maka kalian akan dapat menyimpulkan apakah smartphone Realme yang akan kalian beli mempunyai layar dalam kondisi bagus atau tidak.

Cara Cek IMEI Realme

IMEI merupakan sebuah identitas yang sangat penting bagi sebuah smartphone. Cara cek IMEI Realme ini perlu kalian ketahui untuk mengetahui apakah Realme yang kalian beli asli atau palsu. Karena jika Realme yang kalian gunakan palsu maka IMEI tidak akan terdaftar di Kemenperin.

Untuk cara cek IMEI Realme mempunyai 3 metode yaitu :

  1. Cara yang pertama kalian dapat mengecek menggunakan kode dial. Pertama buka menu telepon kalian kemudian ketik *#06#. Maka akan muncul nomor IMEI Realme pada ponsel kalian

Cara Cek IMEI Realme

  1. Cara yang kedua kalian dapat menggunakan menu Settings atau Pengaturan pada ponsel Realme. Kemudian pilih About Phone atau Tentang Ponsel. Setelah itu pilih Status maka akan muncul IMEI Realme.

Cara Mengecek IMEI Realme

  1. Cara yang ketiga adalah dengan mengecek pada dusbook Realme kalian. Biasanya pada dusbook akan tertera IMEI Realme kalian.

Setelah kalian mengetahui cara cek IMEI Realme, yang harus kalian lakukan adalah mengecek melalui website resmi Kemenperin di https://imei.kemenperin.go.id/ kalian cukup mengisi IMEI Realme kalian pada kolom yang disediakan kemudian klik tombol pencarian. Jika Realme kalian asli, maka akan muncul tulisan IMEI terdaftar di database Kemeperin.

Cara Cek Garansi Realme

Garansi merupakan hal yang sangat penting terlebih kalian saat membeli HP bekas. Karena jika HP masih dalam masa garansi, jika terjadi kerusakan kalian masih dapat melakukan klaim garansi dan Hp kalian akan disservice secara gratis.

Jadi sebelum kalian membeli HP Realme, pastikan terlebih dahulu garansinya. Untuk cara mengeceknya perhatikan Langkah-langkah berikut ini:

  1. Cara cek garansi Realme ini membutuhkan nomor IMEI, jadi pastikan kalian mengetahui cara cek garansi IMEI di atas terlebih dahulu (link internal lewat table of content)
  2. Setelah kalian mendapatkan nomor IMEI, selanjutnya kalian masuk ke website https://www.realme.com/id/support/phonecheck
  3. Kemudian masukkan nomor IMEI HP Realme kalian pada kolom Mohon masukan IMEI ponsel anda.
  4. Selanjutnya pilih Cek Sekarang

Cara Cek Garansi Realme

  1. Setelah itu lakukan proses validasi dengan menggeser gambar ke kolom yang disediakan.

Verifikasi Cek Garansi Realme

  1. Kemudian akan muncul informasi secara lengkap mengenai Nomor IMEI, Warna HP, dan Waktu Registrasi. Pada bagian waktu registrasi akan terlihat kapan pertama kali ponsel diaktifkan. Jika kalian mempunyai masa garansi satu tahun, maka kalian dapat melihat apakah waktu regsitrasi sudah melewati satu tahun atau belum.

Cara Cek Status Garansi Realme

Bagi kalian yang membeli HP Realme bekas, dengan melakukan cara cek garansi Realme di atas, maka kalian dapat memastikan apakah HP Realme bekas yang kalian masih dalam masa garansi atau tidak.

Dan bagi kalian yang membeli HP Realme baru, cara cek garansi Realme tersebut dapat memastikan apakah Realme yang kalian beli asli atau palsu.

Cara Cek Kamera Realme

Untuk melakukan pengecekan terhadap kamera Realme kalian cukup mengakses Enginer Mode dengan *#808# maka akan terbuka menu yang dapat kalian gunakan untuk mengecek apakah kamera masih dalam keadaan bagus atau tidak.

Cara Cek Bluetooth Realme

Sangat mudah sekali cara untuk mengecek Bluetooth Realme, kalian hanya perlu membuka Enginer Mode dengan cara mengetikkan kode dial *#805# pada menu telepon yang ada di ponsel Realme kalian. Setelah terbuka Enginer Mode kalian dapat memastikan Bluetooth Realme tersebut masih dapat bekerja dengan baik atau tidak.

Cara Cek Jaringan Realme (Wi-Fi, Data Seluler, Hotspot Seluler)

Dengan Mengetikkan kode dial *#*#232338#*#* pada aplikasi telepon bawaan HP Realme kalian, maka kalian sudah dapat mengecek kondisi jaringan Realme mulai dari Wi-Fi, Data Seluler, Hotspot Seluler. Dengan mengecek tersebut kalian dapat menyimpulkan apakah jaringan pada Realme tersebut masih dapat beroperasi dengan bagus atau tidak.

Itu saja cara cek HP Realme yang perlu kalian lakukan sebelum membeli HP Realme. Pastikan kalian mengecek HP terlebih dahulu sebelum kalian membelinya untuk memastikan HP tersebut masih normal atau tidak.

Demikianlah artikel cara cek HP Realme. Semoga artikel ini dapat membantu kalian. Jangan lupa untuk share jika menurut kalian artikel ini bermanfaat. Apabila terdapat sesuatu yang kurang dipahami, kalian dapat langsung bertanya melalui kolom komentar yang sudah kami sediakan.

Tinggalkan komentar