Cara Mudah Cek Nomor IMEI HP Realme

IMEI merupakan hal yang sangat penting bagi sebuah ponsel, tak terkecuali pada ponsel Realme. IMEI dapat digunakan untuk mengetahui identitas sebuah ponsel. Untuk itu kalian perlu mengetahui cara cek IMEI Realme.

Realme merupakan salah satu smartphone berkualitas yang memiliki harga jual terbilang cukup murah. Smartphone asal China ini memiliki spesifikasi yang tinggi dengan harga yang lebih terjangkau dibandingkan dengan kompetitornya. Oleh karena itu, saat ini smartphone Realme kian hari semakin populer dan menjadi pilihan banyak orang.

Tidak bisa dipungkiri, seiring dengan kepopuleran smartphone Realme, ternyata hal tersebut disalah gunakan oleh beberapa oknum. Salah satunya banyak beredar Realme palsu atau Realme supercopy. Untuk mengetahui asli atau palsunya sebuah smartphone Realme, kalian bisa melakukan cara cek nomor IMEI Realme.

Rata-rata semua perangkat seluler yang dijual secara tidak resmi lebih murah dari yang resmi karena selain tidak dikenakan pajak, banyak juga ponsel yang merupakan refurbish atau rekondisi. Dimana handphone tersebut bekas diperbaiki kemudian dipoles kembali sehingga tampak baru. Untuk mengatasinya maka kalian harus cek IMEI Realme agar dapat mengetahui smartphone yang kalian beli itu resmi atau palsu.

Meskipun cara ini bisa dilakukan dengan sangat mudah, namun tidak semua orang bisa melakukan cara melihat IMEI Realme. Untuk itu, bagi kalian yang penasaran dengan cara cek nomor IMEI Realme, maka kalian dapat melihat tutorialnya sebagai berikut ini.

IMEI Realme

International Mobile Equipment Identity atau IMEI adalah nomor khusus pada sebuah smartphone. Selain digunakan untuk mengecek keaslian sebuah smartphone Realme, cara cek IMEI HP Realme juga dapat digunakan untuk melakukan cek garansi Realme dan memungkinkan melacak hp apabila terjadi kehilangan.

Sama – sama seperti yang kita ketahui bahwa salah satu fungsi dari kode IMEI adalah untuk mengecek keaslian sebuah perangkat. Oleh karena itu, penting bagi kalian pengguna smartphone Realme untuk mengetahui cara cek IMEI Realme. Ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk cek IMEI hp Realme. Salah satunya seperti yang kami rangkum di bawah ini.

Manfaat Cek IMEI Realme

Apakah kalian sudah pernah cek IMEI Realme? Jika belum, maka segera untuk mengeceknya. Karena dengan mengetahui cara cek IMEI realme kalian bisa mendapatkan manfaat – manfaat seperti di bawah ini:

  1. Mengetahui informasi dasar perangkat seluler tersebut seperti tahun pembuatan dan negara pembuat smartphone hingga seri smartphone yang dipakai.
  2. Melalui nomor IMEI, kalian juga bisa melacak dan mengetahui smartphone yang kalian miliki apabila terjadi kehilangan baik terjatuh maupun dicuri orang.
  3. Menggunakan IMEI kalian juga dapat melakukan cara cek garansi lewat IMEI
  4. Kode IMEI adalah identitas, artinya hanya ada satu nomor IMEI untuk satu smartphone, hal ini untuk meminimalisir terjadinya pembajakan.

Selain manfaat yang sudah tertulis di atas, masih ada banyak lagi manfaat dari nomor IMEI. Untuk selanjutnya, masuk pada tahap cek IMEI Realme yang kami tulis di bawah ini.

Cara Cek IMEI Realme

Terdapat beberapa metode untuk cara mengecek IMEI Realme. Yaitu bisa dengan menggunakan kode rahasia, mengecek dusbook, dan juga melalui pengaturan ponsel. Untuk selengkapnya silahkan baca tutorial cek IMEI Realme berikut ini:

Menggunakan Kode Rahasia

Cara pertama untuk cek IMEI Realme adalah dengan menggunakan kode rahasia. Bisa jadi kebanyakan orang masih banyak yang belum mengetahui kode rahasia ini. Caranya juga cukup singkat dan mudah untuk dilakukan. Berikut ini adalah tutorialnya:

  1. Buka menu Telepon pada smartphone Realme kalian
  2. Setelah itu ketikkan kode rahasia *#06#
  3. Kemudian akan muncul nomor IMEI Realme kalian.

Cara Cek IMEI Realme

Sebagai tambahan, apabila samrtphone Realme kalian telah mendukung Dual SIM-Card, maka kode IMEI yang akan muncul juga berjumlah dua (SIM 1 dan SIM 2).

Menggunakan Pengaturan

Cek IMEI Realme juga dapat dilakukan menggunakan pengaturan. Untuk lebih lengkapnya perhatikan langkah-langkah berikut ini:

  1. Buka menu Setting atau Pengaturan
  2. Kemudian cari About Phone atau Tentang Ponsel
  3. Selanjutnya silahkan pilih Status
  4. Setelah itu akan muncul informasi tentang smartphone Realme yang sedang kalian gunakan saat ini termasuk kode IMEI nya

Cara Mengecek IMEI Realme

Sangat mudah bukan? Tidak cukup sampai disini saja, karena kami masih memiliki satu cara lagi untuk cek IMEI Realme. Langsung saja ikuti tutorial selanjutnya.

Menggunakan Dusbook

Cara mengecek nomor IMEI HP Realme terakhir ini adalah cara yang paling umum digunakan untuk sebagian besar orang. Yapp, dengan menggunakan dusbook. Inilah alasan mengapa kalian harus menyimpan dusbook ketika saat membeli samrtphone baru.

Cek IMEI Realme Indonesia menggunakan dusbook ini dilakukan dengan sangat mudah, karena kalian tinggal melihat dusbook pada bagian belakang. Setelah itu kalian akan menemukan kode IMEI smartphone Realme.

Baca Juga : Cara Mengunci Jaringan 4G Realme

Cara Cek Keaslian Realme Menggunakan IMEI

Nahh, setelah kalian mengetahui kode IMEI dari smartphone milikmu, kini saatnya untuk mengetahui keaslian Realme yang kalian gunakan menggunakan kode IMEI.

Untuk cek keaslian Realme sendiri bisa dilakukan secara online dengan menggunakan dua cara seperti di bawah ini:

Melalui Website Kemenperin

Yang kalian butuhkan hanyalah jaringan internet yang lancar kemudian kalian bisa masuk pada halaman website Kementerian Perindustrian:

  1. Buka browser pada smartphone Realme kalian
  2. Lalu kunjungi situs resmi ini  https://imei.kemenperin.go.id
  3. Setelah terbuka, masukkan Kode IMEI pada kolom yang tersedia
  4. Lalu klik tanda Search

Setelah menunggu beberapa saat, maka akan muncul tulisan “IMEI terdaftar di database Kemenperin”, jika kalian mendapati IMEI kalian terdaftar di Kemenperin maka dapat dipastikan smartphone Realme kalian 100% asli.

Melalui Website IMEI.INFO

Hampir sama dengan cara sebelumnya, karena untuk cara kedua ini juga dilakukan secara online. Jadi, pastikan jaringan internet kalian lancar yaa.

  1. Buka browser pada smartphone Realme kalian
  2. Lalu kunjungi situs https://www.imei.info/
  3. Setelah terbuka, akan muncul sebuah kolom. Pada kolom tersebut, isikan Kode IMEI yang akan kalian cek
  4. Kemudian selanjutnya klik Check

Jika sudah selesai, maka kalian bisa melihat rincian dari smartphone Realme mulai dari tanggal rilis, perusahaan, tipe dan spesifikasi smartphone, hingga komentar para pengguna.

Itulah beberapa cara cek IMEI Realme serta manfaatnya. Semoga dapat membantu bagi kalian yang sedang membutuhkan tutorial ini untuk mengecek keaslian dari sebuh smartphone Realme.

Tinggalkan komentar