Cara Mudah Cek LCD Layar Realme Semua Tipe

Jika kalian pengguna smartphone Realme dan merasa janggal dengan layar dan touchscreen kalian, maka kalian perlu mengetahui cara cek layar dan touchscreen Realme berikut ini.

Siapa sih yang tidak mengenal Realme? Smartphone keluaran 2018 ini sudah menjadi perhatian publik saat pertama kali perilisannya. Ada hal perlu yang kalian perhatikan sebelum membeli sebuah smartphone, entah baru maupun bekas yaitu display layar.

Ada dua komponen yang ada pada display atau layar HP Realme, yakni touchscreen dan LCD (Penyebutan umum). Dari dua hal tersebut mempunyai cara pengecekan yang berbeda, sehingga dari sana kita bisa mengetahui kerusakan layar (apakah layar sentuhnya atau screen nya).

Namun ternyata tidak semua orang mengetahui cara mengecek layar Realme. Seringnya jika layar atau touchscreen mengalami error langsung disebut rusak. Padahal belum tentu juga, bisa saj disebabkan oleh virus, sistem error atau faktor lain yang di sebabkan oleh software.

Rata rata Realme mempunyai layar IPS LCD, layar tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Ada banyak hal yang harus diperhatikan saat membeli smartphone salah satunya penggecekan pada bagian layar.

Layar sentuh sendiri merupakan bagian dari Smartphone yang sangat penting, bayangkan sata jika layar sentuh smartphone mati dan tidak berguna lagi. Oleh karena itu kalian harus tahu cara cek layar HP Realme seperti yang kami tuliskan di bawah ini.

Mengecek touchsreen maupun layar diperlukan bukan hanya saat kalian membeli smartphone bekas saja, namun pada saat membeli smartphone baru-pun juga wajib untuk melakukan beberapa metode penggecekan salah satunya pada bagian layar smartphone.

Dengan mengetahui kondisi layar smartphone pastinya kalian nantinya tidak akan merasa rugi karena mengetahui kondisi layar sentuh smartphone milikmu. Agar lebih jelasnya silahkan cermati artikel cara mengecek layar HP Realme ini sampai selesai.

Cara Mengecek Layar Realme

Cek layar Realme di bedakan menjadi dua yakni layar sentuh dan screen display. Keduanya merupakan 2 komponen berbeda menjadi satu kesatuan dan mempunyai fungsi utama menampilkan visualisasi. Sebelumnya, kami berikan penjelasan tentang screen display dan touchscreen. Di bawah ini adalah penjelasannya:

Screen Display

Screen display merupakan layar smartphone yang berfungsi menampilkan visual atau grafis yang dapat terlihat oleh pengguna. Bisanya komponen ini memiliki satuan lebar “inci”.

Fungsi utama layar adalah sebagai hardware atau media menampilkan visualisasi dari aktifitas pengguna yang telah di dukung dengan grafis. Layar tidak mempunyai kemampuan menerima respon atau perintah berdasarkan sentuhan. Sehingga hal touchscreen atau layar sentuh untuk melengkapinya.

Touchscreen

Touchscreen merupakan  layar sentuh yang merespon sentuhan pengguna. Mempunyai karakteristik transparan dan mampu menerima respon dari jari atau sentuhan. Sehingga apapun perintah yang dilakukan oleh pengguna akan di eksekusi oleh komponen lain lalu di visualisasi kan ke screen display. Dari sana kita telah mengenal perbedaan keduanya. Dan menjadi satu kesatuan menjadi sebuah tampilan grafis.

Cara Cek LCD Realme

Seperti yang sudah tertulis di atas, kalian pasti sudah paham tentang fungsi dari LCD atau screen display ini. jadi langsung saja kami masuk pada tutorial cara cek LCD Realme:

Menggunakan Visual

Dengan menggunakan mata telanjang kita dapat melihat secara jelas apakah LCD layar masih dalam kondisi bagus atau tidak. Jika terdapat garis-garis, spot putih atau hitam pada layar, maka bisa dipastikan LCD kalian sudah dalam kondisi tidak baik meskipun fungsi layar sentuh masih berfungsi dengan normal.

Mengecek secara visual yang paling mudah adalah apabila terjadi retak. Contoh ciri layar retak yaitu, terdapat garis hitam memotong gambar, atau terdapat garis membentuk mirip dengan tarikan benang.

Menggunakan Kode Rahasia

Cara kedua cek layar LCD Layar Realme adalah dengan menggunakan kode rahasia. Kode rahasia ini memiliki banyak sekali manfaat untuk smartphone, dan untuk setiap smartphone sendiri memiliki kode rahasia yang berbeda – beda. Berikut ini adalah kode rahasia untuk smartphone Realme:

  1. Buka menu Telepon kemudian ketik kode dial *#808# maka secara otomatis akan muncul beberapa menu.

Cara Cek Layar Realme

  1. Cek layar Realme pada tahapan ini kalian akan menguji tingkat sensitif layar sentuh Realme. Caranya kalian geser ke kanan dan pilih Device Debuging kemudian gulir kebawah lalu pilih Touchscreen. Setelah itu kalian bisa menemukan beberapa menu pengujian layar sentuh seperti :
  • Handwriting, silahkan lakukan pengujian dengan cara mencoret atau menyentuh pada semua bagian layar ponsel Realme. Apabila ada bagian yang tidak bisa tercoret, maka hal itu indikasi bahwa touchscreen bagian tersebut sudah tidak sensitif.
  • Touchscreen Auto Test, maka sistem secara otomatis akan menguji kerusakan. Tunggu hingga selesai dan mendapatkan report hasil. Apabila hasilnya Pass maka layar sentuh masih normal. Namun jika hasilnya Filed berarti mengalami error atau kerusakan.
  • Verification, disana kalian juga bisa menguji mengetahui kerusakan layar secara manual
  1. Kemudian silahkan geser ke kanan, pada bagian Media debuging, pilih LCD Test.

Selanjutnya kalian akan di hadapkan pada test kepekatan warna mulai dari merah ,biru hitam dan lain sebagainya. Warna akan secara penuh pada LCD , sehingga jika terdapat spot atau bercak putih, bisa di pastikan layar sudah tidak dalam kondisi baik. Ikuti langkah mengetes LCD menggunakan warna pekat hingga selesai, jika sudah selesai akan diakhiri dengan tampilan paduan warna gradasi.

Baca Juga : Cara Cek IMEI Realme

Cara Cek Touchsreen Realme Menggunakan Aplikasi

Ada beberapa aplikasi yang bisa kalian gunakan untuk cara cek layar Realme. Aplikasi tersebut juga sangat mudah didapatkan, kalian tinggal membuka Google Play Store lalu mengunduhnya. Berikut adalah beberapa aplikasi tersebut:

Touchsreen Test

Aplikasi pertama yang digunakan untuk cek layar Realme adalah touchsreen test. Aplikasi ini bisa kalian unduh secara gratis di Play Store ini memiliki banyak metode penggecekan kondisi layar. Bahkan beberapa menu juga akan menggetahui beberapa kondisi warna yang dihasilkan.

Multi Touch Test

Berikutnya adalah multi touch test, yaitu aplikasi yang bisa digunakan untuk mendeteksi sentuhan mutli yang dapat melacak hingga 10 sentuhan simultan. Meliputi tes cat sederhana dan tes warna layar.

Display Tester

Jika layar smartphone Realme kalian yang meredup atau memiliki warna yang seolah hilang, kalian bisa menggunakan aplikasi display tester yang satu ini. Dengan menggunakan aplikasi display tester, smartphone kalian akan diuji dengan menampilkan beberapa gambar dengan warna terntenu saja. Selain itu ada juga beberapa menu test layar lainnya.

Fix Dead Pixels

Dan yang terakhir untuk aplikasi cek layar Realme yaitu ada fix dead pixels. Dalam aplikasi ini kalian dapat menguji layar LCD kalian apakah ada piksel mati atau rusak dan memperbaikinya. Kalian dapat mendeteksi piksel yang macet atau mati di layar LCD kalian.

Sekian informasi untuk cek layar Realme, semoga bisa membantu kalian untuk melakukan pengecekkan layar pada smartphone realme yang kalian punya. Terimakasih sudah membaca artikel ini sampai akhir dan jangan lupa untuk share juga agar bisa membantu yang lainya.

Tinggalkan komentar