9 Cara Cek Token Listrik Yang Sudah Dibeli

Token listrik yang sudah dibeli memang bisa di cek? Kali ini kami akan membahas seputar kelistrik lagi tepatnya di cara cek token listrik yang sudah dibeli.

Listrik prabayar saat ini sudah banyak dipakai baik di rumah tangga, kantor, sekolah dan lain sebagianya. Jadi kalian harus membeli saldo pulsa dalam bentuk token yang nantinya di input ke sekring listrik. Sebagai salah satu kebutuhan pokok, listrik selalu di butuhkan setiap hari dalam menunjang kelancaran aktivitas.

Karena kebutuhan masing-masing pengguna tidak sama serta karena sangat tingginya penggunaan listrik menjadikan PLN mengeluarkan program Listrik Pintar agar pengguna tidak terlalu konsumtif listrik hingga jadi boros tidak mampu membayar akhirnya menunggak. Jadi program Listrik Pintar ini menjadi solusi agar pengguna membeli pulsa atau isi ulang pulsa sesuai dengan kemampuan dan kebutuhannya sehingga bisa terhindar dari pemborosan.

Ada dua pilihan dalam membeli token listrik yaitu secara online atau offline. Tetapi setiap pengguna pasti memiliki kebutuhan pembelian sendiri-sendiri meskipun lebih mudah membeli secara online masih banyak juga yang membeli secara offline seperti di minimarket atau merchant yang bekerjasama dengan PLN. Pembelian pulsa listik secara offline biasanya menggunakan struk yang didalamnya terdapat token yang nantinya di input ke sekring.

Namun terkadang ada juga yang lalai lupa belum menginput token struk pembelian pulsa listrik hilang entah kemana. Karen rentan hilang ini, akhirnya kalian tidak jadi isi pulsa listrik atau terpaksa harus membeli lagi kan rugi jadinya.

Tetapi tenang saja, sekarang kalian bisa cek token listrik yang sudah kalian beli meskipun hilang. Jika kalian lebih suka membeli token listrik di minimarket atau merchant tidak perlu khawatir lagi ya.

5 Cara Mudah Cek Token Listrik Sudah dibeli

Ada beberapa pilihan cara yang bisa kalian lakukan untuk cek token listrik yang sudah dibeli. Tetapi terlebih dahulu bawa dan persiapkan ID Pelanggan atau Nomor Meteran Listrik serta waktu pas pembelian token listrik. Berikut ini cara-cara yang bisa kalian coba:

  1. Minta Cetak Ulang Struk Pembelian Token Listrik

Jika tempat kalian tidak terlalu jauh dengan mininarket atau merchant tempat kalian membeki token listrik, kakin bisa kembali ke tempat tersebut dan meminta petugas untuk mencetak ulang struk pembelian token. Biasanya petugas bisa melihat riwayat sebelumnya dengan berbekal ID Pelanggan kalian serta waktu pembelian. Jika petugas bersedia mencetak ulang kalian bisa menunggunya sebentar.

Namun jika lokasi pembelian token listrik dan rumah kalian jauh, masih ada beberapa cara alternatif dibawah ini.

  1. Hubungi Call Center 123

Kalian juga bisa menanyakan token yang sudah kalian beli ke Call Center 123. Kalian tetap harus menyiapkan ID Pelanggan atau Meteran Listrik serta waktu pembelian. Jangan lupa juga pulsa kalian harus cukup ketika akan menghubungi Call Center.

Setelah itu kalian bisa menguhubungi Call Center 123. Berikut langkah-langkahnya:

  • Hubungi Call Center 123 dengan diawali 3 digit kode area tempat tinggalmu. Contoh : 021-123.
  • Setelah terhubung, jelaskan permasalahan kalian kepada petugas Call Center berikutnya sebutkan ID Pelanggan atau Nomor Meteran Listrik kalian.
  • Petugas Call Center akan menjelaskan dan memberikan informasi kode token kalian yang hilang.
  • Catat kode token tersebut dengan jelas dan benar. Jangan ada kesalahan, jika kalian merasa kurang jelas minta petugas untuk mengulang lagi.
  1. Kunjungi Website PLN

Cara berikutnya kalian bisa juga mengunjungi atau akses website PLN. Kalian disini bisa mendapstkan informasi dengan lengkap dan akurat. Jangan lupa persiapkan ID Pelanggan atau Meteran Listrik.

Oh iya pastikan kalian sudah memiliki akun dahulu dengan mendaftarkan data diri lengkap beserta email. Dilanjutkan proses verifikasi lalu masuk dengan menggunakan email dan password yang terdaftar.

Berikut ini langkah-langkah mudahnya :

  • Kunjungi laman atau buka website PLN di https://web.pln.co.id/.
  • Pada bagian Identitas Pelanggan pilih ID Pelanggan lalu masukkan ID Pelanggan kalian.
  • Klik Cari dan tunggu beberapa detik.
  • Akan ditampilkan informasi lengkap mengenai transaksi pembelian token yang kalian lakukan, lalu akan ada juga 20 digit token yang kalian beli sebelumnya.
  • Segera screenshoot informasi tersebut. Atau bisa kalian tulis tangan tokennya.
  1. Cek pakai Aplikasi PLN Mobile

Pakai Aplikasi PLN Mobile kalian juga bisa untuk cel token listrik yang sudah dibeli. Kalian juga bisa mendapatkan informasi yang lengkap di PLN Mobile. Jika belum punya aplikasinya kalian bisa mengunduhnya terlebih dahulu di toko aplikasi Playstore atau Appstore.

Setelah kalian mengunduhnya kalian tinggal masuk ke aplikasi lalu buat akun terlebih dahulu dan ikuti langkah-langkah selanjutnya berikut ini :

  • Pilih menu Informasi lalu tab atau klik Informasi Tagihan dan Token Listrik.
  • Masukkan ID Pelanggan atau Nomor Meteran Listrik kalian.
  • Akan di tampilkan kotak dialog yang di dalamnya berisi informasi pembelian terakhir token kalian. Token yang paling terakhir adalah token kalian yang hilang, ada 20 digit token.
  • Salin token tersebut atau screenshot untuk menyimpannya kemudian input ke sekring listrik.
  1. Cek Token Listrik dengan Kirim Email PLN

Opsi cara terakhir jika kalian hanya memiliki email dan kesusahan untuk akses website serta tidak ounya aplikasi PLN Mobile kalin masih bisa cek token listrik yang sudah dibeli dengan menghubungi PLN via email.

Caranya kalian hanya perlu membuka email kalian lalu buat pesan baru dengan tujuan PLN di alamat pln123@pln.co.id dengan subjek Cek History Pembelian Token Listrik lalu tuliskan permasalahan bahwa kalian kehilangan struk pembelian token listrik, jangan lupa masukkan ID Pelanggan atau Nomor Meteran listrik kalian. Kemudian tinggal kirim dan tunggu respon dari pihak PLN.

PLN akan membalas email kalian dan nantinya informasi mengenai token akan dimasukkan ke balasan email tersebut.

Cara Cek Token Listrik Yang Sudah Dibeli di Mobile Banking (BNI, BSI, BRI Mobile, BRImo)

Nah banyak juga yang menggunakan aplikasi mobile banking untuk membeli token listrik. Namun tidak sedikit juga yang tidak tau cara melihat nota token yang sudah dibeli tersebut. Berikut ini kami akan membahas tuntas dari beberapa aplikasi mobile banking.

Baca juga: Cara Beli Token Listrik di Indomaret dan Alfamart

Cara Melihat Nota Token Listrik Hilang di BNI Mobile Banking

BNI Mobile selain untuk bertransaksi bisa juga untuk pembelian token listrik. Berikut ini langkah-langkah untuk cek token listrik yang sudah dibeli di bni mobile:

  1. Buka aplikasi mobile banking di hp kalian
  2. Pada tampilan utama pilih menu Produk & Jasa Lainnya
  3. Pada halaman lainnya pilih menu Bukti Transaksi
  4. Kemudian pilih jenis transaksi Pembelian jangan lupa rentang waktunya di sesuaikan juga
  5. Nanti akan muncul struk / nota atas pembelian token listrik yang sudah kalian beli tadi

Cara Cek Token Listrik Yang Sudah Dibeli di BSI Mobile

Dari banyak pengguna aplikasi BSI Mobile juga terdapat Sebagian orang yang belum tau untuk cara cek nya. Berikut adalah langkah-langkah untuk mengecek pembelian token listirik di bsi mobile:

  1. Pertama pasti buka dulu aplikasi BSI Mobile di hp kalian
  2. Jika sudah masuk silahkan klik pada Kotak Masuk yang ada pada pojok kanan atas
  3. Jika sudah terbuka klik pada menu Resi
  4. Setelah masuk ke menu resi Masukkan Pin kalian
  5. Nanti akan muncul semua pembayaran silahkan cari aja yang PLN Prabayar

Cara Cek Token Listrik Yang Sudah Dibeli di BRI Mobile

Aplikasi BRI Mobile pasti banyak sekali penggunanya namun beberapa belum tau gimana cara cek token listrik yang sudah dibeli di bri mobile. Berikut langkah-langkahnya.

  1. Buka aplikasi BRI Mobile milik kalian
  2. Jika sudah masuk langsung saja pilih Internet Banking
  3. Masukkan username dan password
  4. Nanti akan ada banyak menu pilih Pembelian
  5. Selanjutnya pilih Daftar Pembelian
  6. Nanti akan muncul transaksi pembelian token listrik yang sudah kalian lakukkan

Cara Cek Token Listrik Yang Sudah Dibeli di BRImo

  1. Buka aplikasi BRImo
  2. Terdapat banyak menu pilih menu Beli & Bayar
  3. Selanjutnya masukkan ID Pelanggan dan juga Nomor Referensi. No referensi bisa dicek di email dari hasil pembelian token listrik.
  4. Pilih lanjut untuk melihat stroom atau token listiknya.
  5. Masukkan ke speedo meter listik yang kalian isi.

Kenapa Token Listrik Tidak Masuk?

Token yang kalian beli tidak masuk pasti ada kesalahan. Namun yang harus kalian pastikan dulu yaitu apakah kalia sudah menginputkan kode stroom ke speedometer? Nah untuk pembelian token listrik ini kalian harus memasukkan secara manual pada speedometernya.

Jika kalian lupa mencatat silahkan cek lagi struk dari pembelian kalian dan cari kode stroomnya lalu masukkan ke speedo meter. Dan juga pastikan kodenya benar saat diinput.

Apakah Token Listrik Bisa Hangus?

Token listrik tidak akan hangus berarti tidak mempunyai masa tenggang yang pasti. Misalnya kalian membeli token 7 hari sebelumnya dan belum kalian input. Kalian tetap bisa menginputkan lagi nanti tokennya akan masuk sesuai yang kalian sudah beli.

Nah itu tadi beberapa cara yang bisa kalian lakukan, tidak membutuhkan waktu yang lama kok. Satu lagi kalian tidak perlu khawatir token tersebut dicuri orang lain karena token tersebut hanya bisa dimasukkan di ID Pelanggan yang tertera di struk. Masa berlakunya juga selamanya alias tidak ada masa kadaluwarsa jadi masih ada waktu jika kalian akan mengecek atau melacaknya.

Selamat mencoba semoga bisa membantu. Apabila ada pertanyaan tentang cara  cek token listrik yang sudah dibeli tuliskan saja komentar di kolom yang sudah tersedia. Terima kasih dan Jangan lupa share ya.

Leave a Comment

error: This content is protected by DMCA