cara daftar dan aktivasi bjb sms banking

[Mudah] Cara Daftar dan Aktivasi BJB SMS Banking

SMS Banking adalah suatu fitur layanan dalam perbankan untuk mempermudah nasabah dalam mengecek saldo, transaksi,  mengisi pulsa dan lain-lain. Termasuk deretan bank di Indonesia yaitu Bank BJB. Bank BJB (Bank Jawa Barat dan Banten) menyediakan layanan SMS Banking untuk memberikan layanan yang memuaskan bagi nasabah Bank BJB. Bagaimana cara daftar BJB SMS Banking? berikut cara mudahnya.

Sebelumnya kami sudah membahas tentang cara cek saldo bank bjb lewat hp, untuk kali ini kami akan membahas bagaimana cara daftar sms banking bank bjb. Sebenarnya untuk daftar dan aktivasi BJB sms Banking ini paling mudah yaitu langsung berkunjung ke kantor Bank BJB.

Tapi sebenarnya ada cara yang bisa kalian coba untuk registrasi BJB sms tanpa perlu datang langsung ke kantor. Dengan menggunakan mesin atm BJB kalian bisa melakukkan pendaftaran dan aktivasi BJB sms Banking. Apa saja yang bisa dilakukkan dengan layanan BJB sms banking ini. Berikut fitur yang disediakan sms BJB :

  1. Transfer

Transaksi menjadi lebih mudah dengan menggunakan BJB sms banking ini. Transfer antar rekening Bank BJB, dan juga ke rekening bank lain bisa dilakukkan dengan menggunakan sms. Dengan menggunakan BJB sms Bangking kalian bisa bertransaksi dimanapun dan kapanpun. 

  1. Pembayaran dan Pembelian

Pembelian pulsa, tagihan pascabayar, pembayaran cicilan, pembayaran tv berlangganan, pembayaran tiket, pembayaran pam, pembayaran kartu kredit, pembayaran internet, pembayaran multipayment / e-Commerce dan pembayaran pendidikan bisa menggunakan layanan sms banking dari Bank BJB. 

  1. Administrasi

Melakukkan sesuatu yang berhubungan dengan administrasi seperti ganti pin BJB sms, aktivasi bjb sms, pendaftaran dan penonaktifan bjb sms bisa di layanan sms bjb.

Cara Daftar BJB SMS Banking

Untuk cara daftar BJB sms ini sebenarnya tidak sulit. Untuk mudahnya kalian bisa langsung datang ke kantor dan temui customer service bank bjb. Tapi jika kalian tidak ingin datang ke kantor kalian bisa menggunakan ATM BJB untuk proses pendaftaran dan aktivasi BJB sms.

Tapi yang perlu kalian ketahui adalah nomor hp yang akan digunakan untuk daftar BJB sms ini, sebaiknya nomor yang kalian gunakan yaitu nomor yang sudah terdaftar dengan Bank BJB. Jika belum atau kalian ingin menggunakan nomor lain alangkah baiknya kalian menghubungi cs Bank BJB.

Cara Daftar BJB SMS di ATM

  1. Pertama sebaiknya kalian kunjungi ATM BJB terdekat di daerah kalian
  2. Jika sudah, masukkan kartu ATM pada mesin ATM dan pilih Bahasa INDONESIA / ENGLISH
  3. Masukkan PIN ATM BJB kalian dan pilih menu TRANSAKSI LAINNYA pada layar mesin ATM Bank BJBdaftar bjb sms
  4. Nanti ada 3 pilihan kalian pilih menu DAFTAR E-BANKING

cara pendaftaran bjb sms

  1. Jika sudah nanti muncul 2 pilhan sms banking dan internet banking. Karena kalian ingin daftar BJB sms banking silahkan pilih SMS BANKING cara registrasi bjb sms banking
  2. Selanjutnya kalian pilih rekening yang digunakan untuk registrasi BJB sms cara aktivasi bjb sms banking
  3. Jika sudah, pilih SETUJU untuk melanjutkan registrasi layanan BJB sms

cara aktivasi bjb sms banking

  1. Selanjutnya kalian masukkan nomor yang akan di daftarkan BJB sms banking ini. Baiknya kalian gunakan nomor yang sudah terdaftar dengan Bank BJB. Jika nomor kalian berbeda kalian hubungi dahulu cs Bank BJB untuk pengkinian data cara daftar bjb sms banking
  2. Lalu pilih BENAR untuk melanjutkan langkah selanjutnya cara daftar bjb sms banking
  3. Masukkan kembali nomor yang kalian masukkan sebelumnya dan pilih BENAR

cara registrasi bjb sms banking

  1. Nanti terdapat notif TRANSAKSI ANDA SEDANG DIPROSES KODE AKTIVASI AKAN DIKIRIM KE NO PONSEL TERDAFTAR LAKUKKAN PENGAKTIFAN BJB SMS SEGERA” cara registrasi bjb sms bankingsource gambar : https://ib.bankbjb.co.id/app/asset/petunjuk_bjb_SMS.pdf
  2. Proses pendaftaran sudah kalian lewati, Kemudian pilih SELESAI. Langkah selanjutnya yaitu proses aktivasi agar BJB sms banking kalian bisa digunakan kalian harus aktivasi dahulu.

Cara Aktivasi BJB SMS Banking 

Setelah melakukkan registrasi BJB sms di atm Bank BJB, apabila berhasil kalian akan mendapatkan sms dari 3373 yang berisikan kode aktivasi.

  1. Masuk pada aplikasi pesan di ponsel kalian
  2. Kemudian kirim pesan aktivasi ke nomor 3373 dengan format “AKT spasi (KODE AKTIVASI) spasi (PIN) spasi (PIN VERIFIKASI) contoh : AKT 123456 270398 270398 kirim ke 3373
  3. Kode aktivasi sesuai dengan pesan yang kalian terima tadi
  4. PIN BJB SMS ini beda dengan pin atm ya sob
  5. Apabila proses aktivasi berhasil maka kalian akan menerima pesan ”Aktivasi telah BERHASIL Selamat menggunakan BJB SMS”.

Setelah berhasil melakukkan pendaftaran dan juga aktivasi, tidak lengkap jika artikel kali ini tidak kami camtumkan format apa saja yang bisa digunakan bjb sms banking ini.

Aktivasi BJB SMS Gagal

Kegagalan merupakan hal yang umum jika itu terjadi. Kegagalan dalam melakukkan aktivasi BJB sms banking ini mungkin disebabkan kesalahan dalam penginputan data. Atau mungkin sistem yang berjalan masih terdapat bug yang belum diperbaiki oleh tim Bank BJB. Jadi jika kalian mengalami kegagalan dalam registrasi maupun aktivasi alangkah baiknya kalian langsung datang saja ke kantor BJB terdekat untuk info lebih lanjut dari CS Bank BJB.

Berapa Tarif Biaya BJB SMS Banking?

Untuk tarif sms banking mengirim pesan Rp 350 dan menerima pesan Rp 550. Untuk pengecekan mitasi beberapa bulan kebelakang hanya dapat dilakukan melalui rekening koran dengan mengunjungi kantor cabang bank bjb. Seperti yang disebutkan di twitter Bank BJB bahwa tarif sms banking di Rp 350 untuk mengirim sms dan Rp 550 untuk menerima sms.

Cara Menggunakan BJB SMS Bangking

  1. Ganti PIN BJB SMS

Kirim pesan ke 3373 dengan format PIN [PIN LAMA] [PIN BARU] [VERIFIKASI PIN BARU] contoh : PIN 123456 229900 229900 ini digunakan untuk mengganti PIN BJB SMS

  1. Mengecek SALDO

Kirim pesan ke 33733 dengan format SAL untuk mengecek saldo bank bjb

  1. Pembayaran PAM
  • Tirta Raharja “BYR AIRTR [ID PELANGGAN]”
  • Tirta Wening “BYR AIRTW [ID PELANGGAN]”
  • Aetra ”BYR AETRA [ID PELANGGAN]”
  • Palyja “BYR PALYJA [ID PELANGGAN]”
  1. Transfer
  • Antar Rekening Bank BJB “TRF [NO REKENING TUJUAN] [JUMLAH TRANSFER] Contoh : TRF 0012344327100 200000
  • Ke Rekening Bank Lain “TRF [KODE BANK TUJUAN] [NO REKENING TUJUAN] [JUMLAH TRANSFER] Contoh : TRF 203 0012344327100 200000
  1. Isi Pulsa

          PRABAYAR

  • Telkomsel “ISI TSEL [NO TUJUAN] [NOMINAL]”
  • Indosat “ISI ISAT [NO TUJUAN] [NOMINAL]”
  • Xl / Axis “ISI XL [NO TUJUAN] [NOMINAL]”
  • Three / 3 “ISI 3 [NO TUJUAN] [NOMINAL]”
  • Smartfren “ISI SFREN [NO TUJUAN] [NOMINAL]”
  • Esia “ISI ESIA [NO TUJUAN] [NOMINAL]”

        PASCABAYAR

  • Telkomsel “BYR TSEL [NO TUJUAN] [NOMINAL]”
  • Indosat “BYR ISAT [NO TUJUAN] [NOMINAL]”
  • Xl “BYR XL [NO TUJUAN] [NOMINAL]”
  • Smartfren “BYR SFREN [NO TUJUAN] [NOMINAL]”
  • Esia “BYR ESIA [NO TUJUAN] [NOMINAL]”
  1. Kartu Kredit
  • Bank BJB “BYR KKBJB NO KARTU] [NOMINAL]”
  • BANK LAIN “BYR KK [NO KARU] [NOMINAL]”
  1. Tiket
  • Kereta Api Indonesia “BYR KAI [KODE BAYAR]”
  • CITILINK “BYR CITILINK [KODE BAYAR]”
  • Garuda Indonesia “BYR GARUDA [KODE BAYAR]”
  1. Tv Berlangganan
  • TelkomVision/TransVision “BYR TLKM [ID PELANGGAN]”
  • IndoVision “BYR IDV [ID PELANGGAN]”
  • Aora TV “BYR IDV [ID PELANGGAN]”
  1. Speedy “BYR TLKM [ID PELANGGAN]”
  2. Pendidikan
  • UNPAD “BYR UNPAD [BILL ID]”
  • UNPAS “BYR UNPAS [BILL ID] [NOMINAL]”

Mahasiswa baru “BYR UNPAS BR [BILL ID] [NOMINAL]”

  • UNSWAGATI “BYR UNSWAGATI [BILL ID]”

Dengan DPP “BYR UNSWAGATI DPP [BILL ID]

  • UNTIRA “BYR UNTIRA [BILL ID]”
  1. Multipayment / e-Comerce
  • Finpay “BYR FINPAY [KODE BAYAR]
  • Virtual Account “BYR VA [CIN] [NOMINAL]”

Segera daftarkan bjb sms banking ini agar mudah untuk bertransaksi cek saldo dan lain-lain. Semoga informasi yang kami berikan membantu kalian yang ingin daftar bjb sms banking.  Semoga artikel tentang cara registrasi dan aktivasi bjb sms banking ini berguna dan bermanfaat bagi kalian.

Perlu kami ingatkan lagi, bahwa PIN bjb sms dengan pin bjb rekening atm kalian beda ya sob. Dan juga jangan menggunakan PIN yang mudah seperti 111111 atau tanggal lahir. Pastikan menggunakan PIN yang aman, agar aman dari pihak bjb menyarankan yang menggunakan bjb sms banking agar rutin mengganti PIN.

Tinggalkan komentar