Cara Daftar dan Login Lightroom dengan Mudah Terbaru 2022

Saat kalian pertama kali menggunakan Lightroom, maka kalian diharuskan untuk mendaftar. Untuk itu kami akan memberikan cara daftar Lightroom beserta cara login Lightroom.

Lightroom merupakan salah satu aplikasi di Android yang sangat recommended untuk mengedit foto. Edit foto merupakan hal yang menarik dan juga bisa menghasilkan uang. Selain itu edit foto juga bisa menjadi passion yang menguntungkan.

Tetapi dalam mengedit foto pasti membutuhkan aplikasi yang mendukung agar foto yang sebelumnya tampak biasa saja menjadi lebih menarik.

Sebenarnya ada banyak jenis aplikasi edit foto yang bisa kalian pakai untuk mengedit foto, akan tetapi yang paling banyak dipakai adalah Lightroom.

Lightroom sendiri sudah lama berkontribusi dalam dunia editing foto. Didirikan sejak tahun 2007 yang tentunya sudah banyak perubahan dan fitur yang tersedia. Pastinya sudah mengalami penambahan atau bahkan dibuat lebih mudah dan sederhana dari sebelumnya.

Lightroom sendiri tersedia dalam dua versi yaitu berbayar dan gratis. Untuk versi berbayar sendiri fitur yang disediakan lebih banyak daripada yang gratis dan juga untuk yang berbayar menyediakan Cloud Storage 100 GB.

Untuk Lighroom versi gratis dapat kalian mengunduh di Play Store ataupun AppStore. Tetapi fitur yang tersedia tidak sebanyak dan selengkap dengan versi berbayar.

Meskipun fitur tidak sebanyak versi berbayar tetapi banyak editor foto yang tetap menggunakan Lightroom versi gratis.

Dan untuk menggunakan Lightroom, terlebih dahulu kalian harus mendaftar. Lalu bagaimana cara daftar Lightroom. Berikut akan kami berikan cara yang paling mudah.

Akan tetapi jika kalian sudah mendaftar sebelumnya dan ingin login Lightroom. Kami juga akan memberikan cara login Lightroom.

Cara Daftar Lightroom

Hampir semua aplikasi biasanya mengharuskan penggunanya untuk melakukan pendaftaran terlebih dahulu agar bisa mengakses aplikasi tersebut. Salah satunya adalah Lightroom. Berikut cara mendaftar Lightroom dengan mudah:

Melalui Smartphone

  1. Unduh aplikasi Lightroom
  2. Masuk aplikasi dan pilih Daftar
  3. Pada halaman Create an account, isi Email, Nama Depan dan Belakang, Password, Tanggal Lahir dan Negara
  4. Centang Please don’t contact me via email jika tidak ingin tetap mendapatkan email dari Lightroom
  5. Klik Create Account

Cara Daftar Lightroom

  1. Periksa Email yang kalian gunakan untuk mendaftar
  2. Buka email yang berasal dari Adobe
  3. Klik link yang dikirimkan untuk melakukan verifikasi

Perlu diketahui, cara daftar Lightroom ini dapat kalian lakukan apabila kalian terhubung ke internet. Jika kalian tidak mempunyai koneksi internet, maka kalian tidak dapat mendaftar Lightroom.

Melalui PC atau Laptop

  1. Unduh dan Install Software Adobe Lightroom untuk PC atau Laptop.
  2. Buka Adobe Lightroom
  3. Klik Get an Adobe ID
  4. Isi form yang diberikan
  5. Beri tanda centang pada persyaratan yang ditampilkan.
  6. Pastikan mengisi form dengan sebenar-benarnya dan jangan ada kesalahan.
  7. Masukkan Email dan Password lalu klik Sign in.
  8. Pada sign in kalian akan diberi pilihan untuk sign in menggunakan Google atau Facebook silahkan pilih salah satu.
  9. Dan akun kalian selesai dibuat.

Cara mendaftar Lightroom sudah selesai dan kalian sudah bisa menggunakan akun Lightroom kalian untuk mengedit foto.

 Baca Juga: Rumus Edit Lightroom

Cara Login Lightroom

Setelah mengetahui car daftar Lightroom. Maka kalian harus mengetahui cara login Lightroom. Cara ini dapat kalian gunakan ketikan kalian ingin masuk ke aplikasi Lightroom pada perangkat baru.

Berikut untuk cara untuk Login atau Sign in Lightroom.

  1. Buka Lightroom
  2. Pilih Login
  3. Masukkan Email dan pilih Continue
  4. Masukkan Password dan pilih Continue

Cara Login Lightroom

Cara login Lightroom di atas dapat dilakukan apabila kalian menerapkan cara daftar Lightroom di atas. Karena kalian diharuskan untuk mempunyai akun Adobe terlebih dahulu.

Lalu bagaimana jika kalian tidak mempunyai akun Adobe? Berikut cara login Lightroom tanpa menggunakan akun Adobe:

  1. Buka Lightroom
  2. Pilih login menggunakan Facebook atau Google atau AppleID
  3. Masukkan email dan password (Facebook, Google atau AppleID)

Cara Masuk Lightroom Menggunakan Facebook Google Apple ID

Jika kalian masuk menggunakan Google, maka kalian akan mendapatkan email untuk melakukan verfikasi. Silahkan buka email kalian dan masukkan kode yang telah dikirimkan Adobe.

Baca Juga: Tutorial Cara Edit Lightroom

Keunggulan Lightroom

Sebelum itu saya akan menambahkan kenapa banyak yang merekomendasikan Lightroom untuk mengedit foto. Ada beberapa alasan mengapa Lightroom harus kalian coba untuk mengedit foto kalian agar tampilannya menjadi lebih menarik dan keren.

Berikut beberapa kelebihan Adobe Lightroom dari aplikasi edit foto yang lain.

  1. Sinkrosisasi Cloud

Dengan adanya sinkronisasi cloud, kalian bisa mengedit foto di smartphone lalu melanjutkannya di PC secara fleksibel dimanapun dan kapanpun.

  1. Editing Tool Komplit

Editing tool yang disediakan oleh Lightroom sangat komplit sekali mulai dari editing kontras, highlight, vibrance dan saturasi juga tool untuk menambah tekstur pada foto agar menjadi lebih menarik.

  1. Menyimpan Preset

Mengedit foto juga membutuhkan waktu yang tidak sedikit. Terkadang membutuhkan waktu beberapa hari untuk hasil foto sesuai yang diinginkan.

Pada Lightroom sendiri kalian bisa menyimpan sebuah pengaturan, sehingga tidak perlu lagi untuk mengedit ulang secara manual. File preset akan disimpan dengn format DNG.

Selain itu kalian juga bisa menyimpan preset orang lain untuk kalian terapkan di editing foto kalian.

  1. Support Format RAW

Format RAW dinilai lebih baik daripada format JPG atau JPEG. Dimana format RAW menangkap semua data gambar yang direkam oleh sensor kamera. Format RAW sendiri baru tersedia pada tahun 2016.

  1. WebSharing

Fitur ini berbayar kalian bisa menggunakan fitur ini dengan berlangganan setiap bulannya Rp.67.000 dan tentunya kalian bisa berbagi hasil editing foto kalian pada orang lain dengan fitur ini.

Fitur yang ditawarkan sangat unik dan menarik, tentu saja akan banyak menarik para editor foto. Mengedit menggunakan Lightroom akan memberikan tampilan yang berbeda dengan foto yang sebelum diedit.

Sampai disini pembahasan kali ini tentang cara daftar dan login Lightroom. Semoga bermanfaat dan bisa membantu kalian.

Jika ada yang kurang kalian pahami tentang cara membuat akun Lightroom, silahkan tinggalkan komentar atau pertanyaan di kolom yang sudah kami sediakan. Jangan lupa share kepada teman kalian.

 

Leave a Comment