7 Cara Enable Kartu ATM BRI 100% Terbukti

Jika kalian mengalami kartu ATM BRI disable, pasti kalian disuruh untuk enable kartu ATM BRI tersebut. Akan tetapi tidak banyak orang mengetahui bagaimana cara enable kartu ATM BRI yang disable. Untuk itu kami membuat tutorialnya di bawah ini.

Kartu ATM BRI yang disable disebabkan oleh berbagai macam hal. Penyebab kartu ATM BRI disable adalah terjadi transaksi yang mencurigakan atau bisa juga disebabkan oleh kalian yang salah memasukkan PIN ATM BRI sebanyak tiga kali secara berturut-turut.

Pada umumnya penonaktifan kartu ATM BRI dilakukan oleh pihak Bank BRI secara langsung. Hal itu dilakukan untuk mengamankan rekening kalian dari oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab.

Lalu bagaimana cara membuka disable ATM BRI? Maka dari itu kami memberikan tutorial cara enable kartu ATM BRI ini untuk kalian yang sedang mengalami kartu ATM BRI disable.

Sebenarnya untuk cara mengenablekan kartu ATM BRI ini dapat dilakukan melalui berbagai cara seperti melalui BRImo, BRI Mobile, Call Center BRI, dan masih banyak lagi.

Untuk lebih detail tentang cara enable kartu ATM BRI yang disable kalian dapat membaca artikel ini sampai bawah, karena kami akan memberikan tutorial yang dapat kalian lakukan dengan mudah.

Cara Enable Kartu ATM BRI

Kartu ATM disable adalah kondisi dimana kartu kalian dalam keadaan nonaktif. Jadi kalian tidak dapat menggunakan kartu ATM tersebut hingga kalian meminta untuk mengaktifkan kartu ATM kembali.

Apabila kalian mengalami kartu ATM BRI disable, maka kalian tidak perlu panik. Karena hal ini umum terjadi pada kartu ATM BRI. Dan kalian tidak perlu khawatir saldo kalian akan hilang. Karena dapat dipastikan saldo kalian tidak akan berkurang.

Jika kalian mengalami kartu ATM BRI disable, kalian masih dapat melakukan transfer atau cek saldo pada platform BRI lainnya seperti BRI Mobile, BRImo, dan Internet Banking BRI.

Meskipun dapat digunakan pada platform BRI lainnya, kartu ATM BRI adalah hal yang sangat penting. Maka dari itu jika kalian mengalami kartu ATM BRI disable, segeralah enable kartu ATM BRI tersebut. Untuk cara enable kartu ATM BRI, kalian dapat melihat tutorial berikut ini.

Kami akan memberikan 7 cara enable kartu ATM BRI yang disable. Kalian dapat memilih salah satu yang menurut kalian mudah dan dapat kalian lakukan.

Cara Enable Kartu ATM BRI melalui BRI Mobile

BRI Mobile merupakan aplikasi dari Bank BRI yang dapat kalian gunakan secara mudah untuk melakukan berbagai transaksi seperti transfer, cek saldo dan masih banyak lagi.

Cara enable kartu ATM BRI melalui BRI Mobile ini adalah salah satu cara yang mungkin termudah. Karena caranya cukup simpel. Untuk caranya, perhatikan langkah-langkah di bawah ini

  1. Buka aplikasi BRI Mobile
  2. Pastikan kalian sudah melakukan aktivasi BRI Mobile sebelumnya
  3. Setelah aplikasi BRI Mobile terbuka, login menggunakan akun BRI Mobile kalian
  4. Kemudian pada tampilan utama, pilih Mobile Banking BRI
  5. Lalu pilih Pelayanan Nasabah
  6. Setelah itu pilih Enable Kartu ATM

Cara Enable Kartu ATM via BRI Mobile

  1. Kemudian masukkan PIN kalian dan pilih Send
  2. Lalu akan terdapat pemberitahuan dari BRI Mobile, pilih Ok
  3. Setelah itu kalian akan dibawa pada aplikasi perpesanan. Lanjut dengan mengirimkan format SMS yang sudah diberikan dari BRI Mobile
  4. Tunggu prosesnya dan cara mengatasi kartu ATM BRI disable melalui BRI Mobile berhasil dilakukan

Enable Kartu ATM BRI

Cara Enable Kartu ATM BRI melalui BRImo (Versi Lama)

BRImo juga dapat digunakan untuk enable kartu ATM BRI yang disable. Yang terpenting adalah kalian sudah mengaktifkan Internet Banking BRI. Jika kalian belum mengaktifkan Internet Banking BRI maka kalian tidak dapat menggunakan cara enable kartu ATM BRI melalui BRImo ini.

Cara yang kami berikan di bawah ini adalah untuk tampilan BRImo versi lama. Untuk caranya, perhatikan langkah-langkah berikut:

  1. Buka aplikasi BRImo
  2. Pastikan kalian sudah melakukan aktivasi BRImo sebelumnya
  3. Setelah aplikasi BRImo terbuka, login menggunakan username dan password kalian
  4. Buka pada bagian menu rekening
  5. Setelah itu pilih titik tiga untuk membuka pilihan opsi
  6. Kemudian pilih Non Aktifkan Kartu
  7. Lalu pilih menu toggle switch untuk mengaktifkannya. Setelah kalian aktifkan maka cara mengaktifkan kartu ATM BRI yang Disable ini berhasil dilakukan

Cara Mengatasi Kartu ATM BRI Disable di Aplikasi

Cara Enable Kartu ATM BRI melalui BRImo (Versi Baru)

BRImo hadir dengan tampilan baru. Bagi kalian yang sedang mengalami kartu ATM BRI disable dan mempunyai BRImo versi terbaru, maka kalian dapat membuka disablenya dengan aplikasi tersebut. Untuk caranya, perhatikan langkah-langkah berikut:

  1. Buka aplikasi BRImo
  2. Pastikan kalian sudah melakukan aktivasi BRImo sebelumnya
  3. Setelah aplikasi BRImo terbuka, login menggunakan username dan password kalian
  4. Kemudian pada tampilan awa pilih menu Akun
  5. Setelah itu pilih Rekening
  6. Lalu pilih rekening yang akan kalian enable

Cara Enable Kartu ATM BRI Lewat Brimo

  1. Kemudian akan terbuka detail kartu kalian, pilih pada bagian Status Kartu
  2. Lalu pilih Enable
  3. Kemudian kalian akan disuruh untuk memasukkan PIN
  4. Kemudian tunggu hingga kartu ATM kalian berhasil di-enable

Cara Enable ATM BRI

Cara Enable Kartu ATM BRI melalui Web Internet Banking BRI

Apabila untuk mengakses Internet Banking BRI, kalian tidak mempunyai aplikasinya maka kalian dapat menggunakan Internet Banking pada website BRI. Untuk caranya, perhatikan langkah-langkah berikut:

  1. Buka Internet Banking BRI melalui https://ib.bri.co.id/ib-bri/
  2. Pastikan kalian sudah mengaktifkan Internet Banking BRI sebelumnya
  3. Setelah terbuka, login menggunakan username dan password kalian

Internet Banking BRI

  1. Setelah berhasil login, pilih menu layanan

Cara Mengatasi Kartu ATM BRI Berstatus Disabled

  1. Kemudian buka layanan lain
  2. Pilih Disable/Enable Kartu

Cara Enable KARTU ATM BRI

  1. Selanjutnya pilih kartu yang akan diaktifkan (enable)

Cara Membuka Disable ATM BRI

  1. Setelah itu masukkan password Internet Banking BRI
  2. Nah cara membuka disable kartu ATM BRI sudah terselesaikan

Cara Enable Kartu ATM BRI melalui Mesin ATM

Jika sebelumnya cara enable kartu ATM BRI melalui mesin ATM tidak dapat dilakukan, setelah selang beberapa waktu pihak Bank BRI memberikan fasilitas untuk dapat membuka disable kartu ATM BRI pada mesin ATM. Untuk caranya, perhatikan langkah-langkah berikut:

  1. Datangi mesin ATM BRI terdekat kalian
  2. Setelah itu masukkan kartu ATM ke mesin
  3. Kemudian akan muncul pemberitahuan yang bertuliskan “Untuk Keamanan Sementara Kartu Non/Aktif”. Lanjut Transaksi?
  4. Apabila muncul tulisan seperti itu, pilih Ya
  5. Kemudian kalian akan diminta untuk memasukkan tanggal lahir sebanyak 8 digit. Misal tanggal lahir kalian 03 Januari 1999, maka tuliskan 03011999
  6. Setelah itu masukkan PIN kartu ATM BRI kalian
  7. Selanjutnya kalian diminta untuk mengganti PIN yang baru
  8. Masukkan PIN yang baru sebanyak 2 kali
  9. Tunggu prosesnya. Apabila proses aktivasi kartu ATM berhasil akan terdapat pemberitahuan “Aktivasi Kartu Berhasil, Silahkan Melanjutkan Transaksi Anda”
  10. Nah cara enable kartu ATM BRI melalui mesin ATM berhasil dilakukan.

Cara Enable Kartu ATM BRI melalui Call Center

Bank BRI memberikan fasilitas berupa call center yang dapat digunakan 24 jam untuk melayani para nasabahnya yang sedang mengalami kesulitan. Apabila kalian mengalami kartu ATM BRI berstatus disable, maka kalian juga dapat menggunakan call center ini.

Untuk menghubungi call center BRI kalian dapat menghubungi pada nomor 14017. Kalian dapat menelpon pada nomor tersebut untuk cara membuka disable kartu ATM BRI.

Apabila kalian mematuhi perintah dari call center BRI, maka proses pengaktifkan kartu BRI dapat dilakukan hanya melalui telepon saja.

Cara Enable Kartu ATM BRI melalui Kantor Cabang

Jika kalian tidak bisa melakukan cara di atas dikarenakan kalian tidak mempunyai aplikasinya atau belum mengaktifkan Internet Banking BRI maupun M Banking BRI. Maka apabila kalian mengalami kartu ATM BRI disable, maka kalian harus mengunjungi kantor cabang BRI. Untuk caranya, perhatikan langkah-langkah berikut:

  1. Datang ke kantor Bank BRI terdekat dari tempat tinggal kalian
  2. Setelah itu ambil nomor antrian untuk layanan customer service
  3. Tunggu hingga giliran kalian tiba
  4. Setelah sampai pada giliran kalian, datangi Customer Service dan sampaikan maksud kedatangan kalian yaitu untuk mengaktifkan kartu ATM BRI yang Disable.
  5. Ikuti petunjuk dari customer service BRI, apabila kalian disuruh untuk menyerahkan berkas maka serahkan berkas yang diminta
  6. Setelah semua perintah dari customer service kalian lakukan, maka kartu ATM sudah dapat digunakan kembali

Sebenarnya kalian dapat melakukan disable pada kartu ATM sendiri. Hal tersebut dapat kalian gunakan saat mengalami kehilangan kartu ATM BRI. Ini sangatlah berguna karena jika kalian melakukan disable saat kartu ATM BRI hilang, maka kartu ATM yang hilang tersebut sudah tidak dapat digunakan lagi dan orang yang menemukan kartu ATM BRI kalian yang hilang tersebut tidak dapat menggunakan kartu tersebut untuk menguras rekening kalian.

Jadi tak perlu khawatir jika kartu ATM BRI kalian hilang. Karena fitur disable ini dapat meminimalisir terjadi pembobolan rekening kalian. Fitur disable kartu ATM BRI ini memang diciptakan untuk mengamankan rekening kalian dan agar terhindar dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Itulah 7 cara enable kartu ATM BRI yang disable. Jika kalian mengikuti langkah demi langkah sesuai petunjuk yang kami berikan, maka dapat dipastikan kartu ATM BRI akan dapat aktif kembali.

Demikianlah cara enable kartu ATM BRI yang dapat saya sampaikan. Apabila dirasa artikel ini bermanfaat, kalian dapat berbagi melalui tombol share yang sudah kami sediakan. Atau jika terdapat sesuatu yang kurang dipahami kalian dapat bertanya melalui kolom komentar yang sudah kami sediakan.

Tinggalkan komentar