Cara Mudah Ganti PIN ATM BCA

PIN ATM merupakan hal yang sangat privasi, karena PIN ATM adalah sebuah sandi ketika kalian akan bertransaksi menggunakan mesin ATM. Jika PIN ATM kalian telah diketahui oleh orang lain maka kalian harus segera menggantinya. Untuk itu kalian perlu mengetahui tentang cara ganti PIN ATM BCA berikut ini.

Setiap nasabah BCA akan diberikan fasilitas kartu kredit yang bisa digunakan untuk segala jenis transaksi, seperti cek saldo, transfer uang, penarikan uang, bayar tagihan, membayar belanjaan di swalayan dan masih banyak transaksi yang dapat dilakukan dengan menggunakan kartu ATM.

Tetapi kalian juga harus melakukan penggantin PIN ATM secara berkala, hal tersebut dilakukan agar PIN ATM kalian tetap aman dan tidak mudah di bobol orang lain. Karena di luar sana banyak sekali kejahatan – kejahatan yang dilakukan dengan berbagai cara. Oleh karena itu, kami akan memberikan tutorial cara ganti PIN ATM BCA.

Pada kartu ATM dilengkapi dengan yang namanya Personal Identification Number (PIN), yang merupakan angka sandi yang menjadi kode rahasia pengguna atau nasabahnya. Tetapi tetap saja, PIN ATM harus di ganti secara rutin, bahkan dari pihak bank sendiri menyarankan untuk mengganti PIN sekitar 3 bulan sekali.

Kartu ATM keluaran BCA tidak hanya warna silver/blue, gold, dan platinum. Perlu diketahui produk BCA setidaknya ada sepuluh. Beberapa di antaranya mendapatkan kartu ATM khusus. Jadi, selain tiga jenis di atas, masih ada kartu ATM Xpresi, kartu ATM TabunganKu, kartu ATM SimPel, kartu ATM LAKU BCA, dan kartu ATM BCA Dollar.

Bagaimana Cara Ganti PIN ATM BCA?

Di zaman sekarang ini kita hidup pada dunia yang penuh dengan teknologi, dimana hal tersebut sangat memudahkan bagi manusia. Sebagai contoh adalah Bank, dimana saat ini kita sudah dapat mengambil uang cash di ATM tanpa harus mengantri di teller Bank. Terlebih lagi saat ini mesin – mesin ATM juga sudah tersebar luas di seluruh Indonesia hingga ke pelosok-pelosok desa bahkan hingga ke mancanegara.

Demi keamanannya, para pengguna ATM juga bukan hanya diberi kartu ATM saja melainkan masing-masing debit tersebut dilengkapi dengan PIN (Personal Identification Number) atau password. Hal ini juga bertujuan jika ATM tersebut hilang atau jatuh ke tangan orang lain, maka orang tersebut tidak dapat mengaksesnya dikarenakan dia tidak mengetahui PIN tersebut.

Untuk cara ganti PIN ATM BCA, kalian dapat mengikuti tutorial lengkapnya dibawah ini.

Cara Ganti PIN ATM BCA

Cara Ganti PIN ATM BCA Lewat Mesin ATM

Cara mengganti PIN ATM BCA sebenarnya dapat dilakukan dengan cukup mudah dan cepat, dan perlu kalian ketahui bahwa ketika kalian membuat nomer rekening dan juga ATM, biasanya pihak Bank menyarankan dan mengharuskan nasabah  BCA untuk membuat PIN yang mudah diingat dan tidak mudah ditebak.

Berikut ini adalah tutorial secara lengkap cara ganti PIN ATM BCA:

  1. Pergi ke ATM terdekat di kotamu
  2. Seteah sampai, masukkan kartu ATM kalian ke dalam mesin
  3. Kemudian masukkan nomor PIN 6 digit kalian
  4. Pada layar tersebut akan menampilkan berbagai macam menu. Kemudian pilih menu Transaksi Lain
  5. Karena akan mengganti PIN, maka Pilih menu Ganti PIN, dan setelah itu masukkan PIN Lama kalian
  6. Setelah itu masukan PIN Baru berupa 6 digit nomor.
  7. Ulangi lagi dengan memasukkan PIN Baru kalian untuk melakukan konfirmasi
  8. Jika sudah benar maka pada layar tampilan akan muncul pemberitahuan. Selamat Penggantian PIN Berhasil

Dengan cara mengganti PIN ATM BCA kalian juga memberikan satu langkah supaya tidak terjadinya kejahatan yang dilakukan oleh orang yang tidak bertanggung jawab dan memberikan kenyamanan saat kalian bertransaksi atau memasukan nomor di mesin ATM.

Sebagai catatan, kalian bisa mengganti PIN ATM dengan tidak menggunakan nomor yang mudah ditebak seperti tanggal lahir. Contoh angka lain yang mudah ditebak misalnya angka 777777, 123456, dan yang lainnya. Dan juga, jangan lupa untuk terus rutin mengganti nomor PIN BNI kalian agar tetap aman dan terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Baca Juga : Cara Mengecek Tagihan Kartu Kredit BCA

Cara Ganti PIN ATM BCA Lewat Customer Service

Cara ganti PIN ATM BCA selanjutnya adalah melalui customer service, kalian dapat mengubah PIN ATM BCA dengan mendatangi langsung kantor cabang atau pusat bank BCA. Saat ketemu dengan customer service BCA tersebut kalian hanya perlu meminta untuk melakukan pergantian PIN ATM Mandiri. Kemudian customer service BCA akan membantu kalian untuk melakukan pergantian PIN ATM tersebut.

Cara ini sangat mudah untuk dilakukan, karena kalian akan dibantu oleh customer service tersebut. Akan tetapi cara ini membutuhkan waktu yang cukup lama, karena kalian harus mendatangi cabang atau kantor pusat bank BCA terlebih dahulu. Selain itu jika pada saat ramai, kalian harus mengantri terlebih dahulu.

Cara Agar PIN ATM Tetap Aman

Nomor PIN ATM merupakan hal yang sangat penting dan rahasia. Apabila PIN bocor atau diketahui oleh berbagai pihak, dapat dipastikan kartu ATM kalian dapat disalahgunakan oleh pelaku yang tidak bertanggung jawab.

Dan demi menjaga keamanan PIN ATM BCA kalian selain menerapkan cara ganti PIN ATM BCA, kami akan memberikan tips untuk mengamankan PIN kartu ATM. Berikut ini adalah tips-nya:

  1. Yang pertama adalah tidak memberitahukan nomor PIN kartu ATM BCA kalian kepada siapapun, termasuk saudara atau teman dekat kalian sendiri.
  2. Kemudian, sebisa mungkin hindari mencatat nomor PIN dimanapun kalian berada, apalagi menyimpannya di dalam dompet. Pastikan saja kalian menyimpannya pada tempat yang aman, yang tidak bisa di jangkau oleh orang lain.
  3. Jika saat kalian memasukkan PIN, usahakan orang lain tidak dapat melihat PIN kalian. Dan juga gunakan tangan satunya untuk menutupi gerakan jari pada saat kalian menekan tombol pinpad.
  4. Gantilah PIN kartu ATM kalian secara berkala dengan menggunakan kombinasi angka yang unik dan sulit ditebak oleh orang lain.
  5. Dan yang terakhir adalah selalu waspada terhadap upaya penipuan dari oknum yang mengatas-namakan sebagai petugas bank BCA melalui telepon, faks atau email. Yang mana meminta data pribadi, termasuk nomor PIN. Karena petugas BCA tidak akan meminta atau menanyakan nomor PIN kalian.

Intinya kalian harus berhati – hati dalam menggunakan PIN ATM, dan juga jangan mudah tertipu oleh oknum di luar sana yang mengatas-namakan sebagai petugas Bank.

Itulah beberapa langkah atau metode cara ubah PIN ATM BCA kalian, semoga dapat bermanfaat dan dapat menjadi gambaran bagi kalian yang ingin mengganti PIN ATM BCA.

Silahkan ikuti tutorial di atas dengan menggunakan mesin ATM terdekat di daerahmu. Share juga ke semua orang aga mereka juga bisa melakukan cara mengubah PIN ATM BCA dengan baik dan benar. Tuliskan komentar juga apabila ada yang masih belum jelas.

Pada artikel hari ini kami telah memberikan cara ganti PIN ATM BCA secara lengkap dan mudah, selain itu ada juga tips agar PIN ATM tetap aman. Dan jika kalian ingin mendapatkan informasi yang menarik dan bermanfaat, maka kalian bisa membaca artikel kami yang lainnya.

Tinggalkan komentar