Cara Mudah Ganti PIN ATM BNI Terbaru

PIN ATM merupakan sesuatu yang sangat pribadi, oleh karena itu jangan sampai orang lain mengetahui PIN ATM BNI kalian. Jika PIN ATM BNI kalian sudah diketahui orang lain, maka kalian harus menggantinya tentunya kalian harus mengetahui tentang cara ganti PIN ATM BNI.

Untuk kalian yang memiliki rekening tabungan di bank pasti sudah sangat familiar dengan yang namanya PIN ATM. Personal identification number atau yang sering di singkat PIN, merupakan deretan angka yang digunakan untuk mengakses rekening melalui automatic teller machine (ATM).

Namun taukah kalian bahwa PIN ATM harus diganti secara rutin? Alasannya, dengan mengganti nomor PIN ATM yang secara rutin dapat membantu menjaga uang yang ada di rekening kalian tetap aman. Bukan hanya itu, kalian pun juga tidak perlu khawatir, karena kartu tidak akan mudah dibobol oleh orang lain. Dan untuk cara ganti PIN ATM BNI sendiri bisa dilakukan dengan sangat mudah.

Tetapi sepertinya memang banyak masyarakat di luar sana yang masih belum mengetahui bagaimana cara mengganti PIN ATM BNI. Oleh karena itu, kalian harus membaca artikel ini sampai akhir sehingga kalian bisa mengubah PIN ATM BNI dengan baik dan benar.

Cara Ganti PIN ATM BNI

Seperti yang kalian ketahui, PIN ATM terdiri dari enam digit angka dan hanya kalian yang bisa mengetahuinya. Jadi, sebenarnya mengganti PIN ATM sangat penting untuk dilakukan dan memang sudah dianjurkan oleh pihak Bank sendiri. Seperti yang sudah tertulis di atas tadi, yaitu dengan alasan demi menjaga keamanan kartu ATM kalian. Untuk penggantian Setidaknya PIN rutin dilakukan minimal 3 sampai 4 bulan sekali.

Lalu bagaimana cara untuk ganti PIN ATM BNI? Berikut Laci Usang akan memberikan tutorial mudahnya.

Cara Ganti PIN ATM BNI

Cara Ganti PIN ATM BNI Lewat Mesin ATM

Cara ganti PIN ATM BNI bisa kalian lakukan dengan mudah yaitu menggunakan mesin ATM. Cara mengganti atau mengubah PIN ATM BNI ini bisa dibilang sangat mudah, karena hanya beberapa langkah – langkah saja yang harus kalian ikuti. Dan berikut langkah-langkah lengkapnya :

  1. Pergi ke ATM terdekat di kotamu
  2. Setelah sampai, masukkan kartu ATM kalian ke dalam mesin
  3. Untuk lebih memudahkan kalian pilih menu Bahasa Indonesia
  4. Kemudian masukkan nomor PIN 6 digit kalian, dan dilanjutkan dengan pilih menu Lainnya
  5. Pilih menu Ganti PIN, dan setelah itu masukkan PIN Lama kalian
  6. Kemudian masukkan PIN Baru kalian
  7. Masukkan PIN baru kalian lagi untuk melakukan konfirmasi
  8. Dan setelah itu kalian akan menerima notifikasi bahwa kalain telah melakukan pergantian PIN ATM BNI

Setelah melakukan beberapa langkah di atas, kalian sudah bisa mengganti PIN ATM BNI di mesin ATM. Untuk melakukan pengecekan PIN ATM kalian apakah sudah berganti ke PIN yang baru, kalian dapat mencoba memasukkan kartu ATM ke mesin ATM dan coba masukkan PIN ATM yang baru saja kalian ubah.

Sebagai catatan, lebih baik untuk mengganti PIN ATM yang tidak mudah ditebak. Misalnya angka 1234567. Dan juga, jangan lupa untuk terus rutin mengganti nomor PIN BNI kalian agar tetap aman dan terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Baca Juga : Cara Transfer BNI ke BRI

Cara Antisipasi Pembobolan Kartu ATM BNI

Alasan mengapa PIN ATM mudah di bobol karena kebanyakan kartu ATM masih menggunakan pita magnetic atau magnetic stripe. Pita magnetik ini digunakan sebagai penyimpan data yang akan merekam seluruh transaksi dan PIN. Keamanan pita magnetik ini sangat rendah dibandingkan chip. Itulah mengapa kalian harus memahami cara ganti pin ATM BNI dengan baik dan benar.

Untuk menghindari kejadian tersebut, sebenarnya ada beberapa cara yang bisa kalian lakukan. Selain cara ganti pin ATM BNI yang sudah kami jelaskan di atas, kalian bisa melakukan langkah-langkah berikut:

  1. Ganti Pin ATM Secara Berkala

Bagi nasabah yang memiliki kartu ATM, wajib mengganti PIN minimal tiga sampai empat bulan sekali. Hal ini bertujuan untuk menjaga keamanan dan kenyamanan saat melakukan transaksi. Juga kalian tidak akan merasa was-was, dan khawatir jika ada orang lain yang hendak berniat jahat. Semua data transaksi dan perbankan pun tetap aman sampai kapanpun. Selama kalian tidak memberikan PIN ATM BNI yang baru kepada orang lain, maka keamanan akan tetap terjaga.

  1. Menutup Tombol Angka

Pada saat mengambil uang di mesin ATM, sebaiknya kalian harus berhati-hati dan tetap waspada, terlebih lagi jika terdapat banyak orang. Dan demi menjaga keamanan, pada saat memasukkan nomor PIN lebih baik kalian menutupinya dengan tangan. Hal ini bertujuan untuk menjaga keamanan dari nomor PIN ATM kalian, karena sedikit saja ada celah, maka akan di manfaatkan oleh orang-orang jahat di luar sana.

  1. Selektif Memilih Mesin ATM

Untuk memilih mesin ATM, pastikan kalian mencari tempat yang ramai dan hindari tempat mesin ATM yang sepi dan jauh dari jangkauan masyarakat. Mengapa demikian? Karena di luar sana banyak sekali kejahatan yang memanfaatkan mesin ATM tersebut. Bahkan beberapa penjahat justru melakukan tindak kejahatan secara terang-terangan. Mereka tidak segan-segan menodong di mesin ATM secara langsung. Jadi kalian harus tetap berhati-hati dalam memilih mesin ATM yang akan digunakan.

  1. Merahasiakan Nomor PIN

Selanjutnya adalah dengan merahasiakan nomor PIN kalian, hal ini memang sangat wajib untuk dilakukan. Pihak Bank BNI sekalipun tidak akan meminta pin ATM secara langsung. Karena mereka tidak berhak menanyakan PIN ATM kepada para nasabah.

Jadi itulah untuk cara mengganti PIN ATM BNI yang bisa kalian ikuti. baca langkah-langkahnya dengan baik agar kalian bisa melakukannya dengan lancar. Dan perhatikan juga cara – cara serta tips untuk menjaga PIN ATM kalian agar tetap aman dan terjaga. Tetap waspada dan berhati – hati, dan semoga kita semua di hindarkan dari orang – orang  yang jahat.

Setelah membaca artikel kami, jangan lupa untuk share kepada keluarga, saudara, dan teman yang lainnya agar mereka bisa mengetahui cara ganti PIN ATM BNI. Kalian juga bisa memberikan komentar atau pertanyaan melalui kolom yang sudah kami sediakan apabila ada yang kurang jelas.

Tinggalkan komentar