Cara Ganti PIN ATM BRI, BNI, BCA, dan Mandiri

Halo semuanya, kami kembali lagi dengan memberikan informasi menarik selanjutnya, yaitu tutorial untuk cara ganti PIN ATM untuk BRI, BNI, BCA, dan Mandiri.

Tahukah kalian jika mengganti PIN  (Personal Identification Number) untuk kartu debit maupun kartu kredit secara berkala itu sangat penting untuk dilakukan? Sebagai nasabah, kalian harus memahami pentingnya mengganti PIN kartu debit atau kredit guna keamanan dana yang kalian tempatkan di bank.

PIN memiliki fungsi penting sebagai kata kunci data keamanan dana dan informasi keuangan kalian di Bank. Pihak perbankan juga aktif menghimbau agar PIN akses ke ATM / rekening / kartu kredit / kartu debit nasabah rutin diganti secara berkala agar keamanan tetap terjaga. Untuk penggantian PIN ATM sendiri, bisa dilakukan paling tidak 3 sampai 4 bulan sekali.

PIN ATM yang berupa 6 digit angka, harus dijaga kerahasiaannya, jangan sampai ada orang lain yang mengetahui nya. Karena jika kartu ATM jatuh ketangan orang lain yang tidak bertanggung jawab maka rekening kalian bisa saja akan dikuras habis. Dan demi keamanan rekening tabungan, kalian perlu mengetahui cara ganti PIN ATM BRI, BNI, BCA, dan Mandiri. Kalian dapat mengganti PIN ATM BRI melalui mesin ATM, caranya sangat mudah dan silahkan simak tutorial yang kami sudah buat ini.

Mengganti PIN ATM

Kartu debit atau biasa juga disebut dengan kartu ATM merupakan fasilitas yang diberikan Bank kepada para pemilik kartu rekening Bank untuk memudahkan transaksi ambil uang / transfer / tarik tunai uang secara real time 24 jam di mesin ATM dengan syarat dan ketentuan berlaku.

Demi keamanannya, nasabah tidak hanya dikasih kartu ATM untuk satu rekening saja, tapi masing-masing kartu debit itu dilengkapi PIN (Personal Identification Number) sendiri-sendiri juga. Hal tersebut digunakan sebagai kode rahasia, yang walaupun kartu ATM jatuh ke tangan orang lain, mereka tidak bisa mengaksesnya karena tidak mengetahui PIN dari kartu kredit tersebut.

Jadi seharusnya yang mengetahui PIN tersebut adalah kalian sendiri. Sekalipun petugas Bank pun mereka tidak diperbolehkan untuk mengetahui PIN milik nasabah lain.

Ketika pertama kali membuat Kartu ATM biasanya anda diberikan PIN default dan disarankan untuk mengubahnya dengan nomor PIN yang baru demi keamanan. PIN hanya anda sendiri yang boleh tahu, bahwa bila pihak bank bertanya sekalipun jangan beri tahu. Mengganti pin ATM sangat dianjurkan untuk dilakukan dalam kurun waktu 3 bulan sekali.

Sebenarnya untuk cara ganti PIN ATM BRI, BNI, BCA, maupun Mandiri bisa di lakukan dengan sangat mudah, dan tutorialnya-pun juga hampir mirip satu dengan yang lainnya. Seperti yang sudah tertulis di atas, kami akan memberikan tutorialnya secara rinci, jelas, dan lengkap. Jadi bagi kalian nasabah Bank BRI, BNI, BCA, dan Mandiri bisa mengikuti tutorial yang sudah kami tulis di bawah ini.

Cara Ganti PIN ATM BRI, BNI, BCA, dan Mandiri

Dengan berbagai alasan yang ada, cara mengganti PIN ATM BRI, BNI, BCA, dan Mandiri memang sangat perlu untuk diketahui. Mengapa harus mengubah PIN kartu ATM secara berkala? Bagi sebagian orang hal ini akan terasa merepotkan, padahal mengganti PIN kartu ATM sangat berguna untuk keamanan nasabah sendiri.

Berikut ini akan kami berikan cara mengganti PIN ATM BRI, BNI, BCA, dan Mandiri. Caranya sangatlah mudah, kalian hanya perlu mendatangi mesin ATM terdekat. Untuk lebih detailnya perhatikan langkah – langkah berikut.

  1. Pergi ke ATM terdekat di daerah kalian
  2. Seteah sampai, masukkan kartu ATM kalian ke dalam mesin

Memasukkan Kartu ATM

  1. Untuk lebih memudahkan kalian pilih menu Bahasa Indonesia

Pilih Bahasa di ATM

  1. Kemudian masukkan nomor PIN 6 digit kalian
  2. Pada layar tersebut akan menampilkan berbagai macam menu. Dari beberapa menu tersebut, pilihlah menu Menu Lainnya atau Transaksi Lain

Pilih Menu Lainnya

  1. Karena pada tutorial kali ini akan mengganti PIN, maka pilih menu Ubah PIN

Cara Ganti PIN ATM BRI BNI BCA Mandiri

  1. Setelah itu masukkan PIN Baru kalian

Cara Mengganti PIN ATM

  1. Ulangi lagi dengan memasukkan PIN Baru kalian

Cara Merubah PIN ATM

  1. Ubah PIN Berhasil

Kalian harus wajib mengganti PIN ATM secara berkala untuk menjaga kartu ATM agar tetap aman, dan bahkan dari pihak Bank sendiri memang sudah mengharuskan para nasabah untuk menggantinya secara rutin paling tidak 3 bulan sekali.

Dalam pemilihan angka atau nomor untuk penggantian PIN juga harus di perhatikan, jangan memilih angka yang mudah di tebak, nomor yang berurutan, dan tanggal lahir. Contoh 123456, 111111, 333333, dll.

Dengan mengganti PIN kalian juga memberikan satu langkah supaya tidak terjadinya kejahatan yang dilakukan oleh orang yang tidak bertanggung jawab dan memberikan kenyamanan saat kalian bertransaksi atau memasukan nomor di mesin ATM. Dan juga, jangan lupa untuk terus rutin mengganti nomor PIN ATM kalian agar tetap aman dan terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Pada saat kita akan melakukan transaksi di ATM banyak sekali orang dibelakang kita yang sedang mengantri. Maka ada kemungkinan mereka mengetahui berapa nomor atau angka yang kita gunakan sebagai PIN.

Atau juga apabila pada saat melakukan transaksi kalian mengajak teman untuk masuk bersama ke dalam mesin pastinya mereka juga akan mengetahui nomor PIN ATM kalian. Sebab itulah kalian harus rutin untuk mengganti PIN ATM kalia agar tetap aman dan tidak mudah di bobol.

Tips Agar PIN ATM Tetap Aman

Alasan mengapa PIN ATM mudah di bobol karena kebanyakan kartu ATM masih menggunakan pita magnetic atau magnetic stripe. Pita magnetik digunakan sebagai penyimpan data yang akan merekam seluruh transaksi dan pin. Keamanan pita magnetik sangat rendah dibandingkan chip. Itulah mengapa kalian harus memahami cara ganti PIN ATM BRI, BNI, BCA dan Mandiri dengan baik dan benar.

Untuk menghindari kejadian tersebut, sebenarnya ada beberapa cara yang bisa kalian dilakukan. Selain cara ganti PIN ATM BRI, BNI, BCA dan Mandiri yang sudah kami jelaskan di atas, kalian bisa melakukan cara antisipasi pembobolan kartu ATM. Berikut adalah langkah-langkahnya :

  1. Ganti Pin ATM Secara Berkala

Bagi nasabah yang memiliki kartu ATM, wajib mengganti PIN minimal tiga sampai empat bulan sekali. Hal ini bertujuan untuk menjaga keamanan dan kenyamanan kalian saat melakukan transaksi. Kalian tidak akan merasa was-was, dan khawatir jika ada orang lain yang hendak berniat jahat. Semua data transaksi dan perbankan pun tetap aman sampai kapanpun. Selama kalian tidak memberikan PIN ATM yang baru kepada orang lain, maka keamanan akan tetap terjaga.

  1. Menutup Tombol Angka

Pada saat mengambil uang di mesin ATM, sebaiknya kalian harus berhati-hati dan tetap waspada, terlebih lagi jika terdapat banyak orang. Dan demi menjaga keamanan, pada saat memasukkan nomor PIN lebih baik kalian menutupinya dengan tangan. Hal ini bertujuan untuk menjaga keamanan dari nomor PIN ATM kalian, karena sedikit saja ada celah, maka akan di manfaatkan oleh orang-orang jahat di luar sana.

  1. Selektif Memilih Mesin ATM

Untuk memilih mesin ATM, pastikan kalian mencari tempat yang ramai dan hindari tempat mesin ATM yang sepi dan jauh dari jangkauan masyarakat. Mengapa demikian? Karena di luar sana banyak sekali kejahatan yang memanfaatkan mesin ATM tersebut. Bahkan beberapa penjahat justru melakukan tindak kejahatan secara terang-terangan. Mereka tidak segan-segan menodong di mesin ATM secara langsung. Jadi kalian harus tetap berhati-hati dalam memilih mesin ATM yang akan digunakan.

  1. Merahasiakan Nomor PIN

Selanjutnya adalah dengan merahasiakan nomor PIN kalian, hal ini memang sangat wajib untuk dilakukan. Pihak Bank sekalipun tidak akan meminta pin ATM secara langsung. Karena mereka tidak berhak menanyakan PIN ATM kepada para nasabah.

Semua risiko kejahatan perbankan bisa dihindari. Salah satunya yaitu menyadari pentingnya melakukan pergantian PIN ATM untuk kartu debit atau kredit kalian. Tidak ada alasan untuk tidak melakukan pergantian PIN secara berkala, semua demi keamanan dan kenyamanan kalian dalam melakukan transaksi. Dan juga kalian harus berhati – hati dalam menggunakan PIN ATM, jangan mudah tertipu oleh oknum di luar sana yang mengatas-namakan sebagai petugas Bank.

Pada artikel hari ini kami telah memberikan cara mengubah PIN ATM BRI, BNI, BCA dan Mandiri secara lengkap dan mudah, selain itu ada juga tips agar PIN ATM tetap aman. Dan jika kalian ingin mendapatkan informasi yang menarik dan bermanfaat, maka kalian bisa membaca artikel kami yang lainnya.

Silahkan ikuti tutorial di atas dengan menggunakan mesin ATM terdekat di daerahmu. Share juga ke semua orang aga merea juga bisa melakukan cara ganti PIN ATM BRI, BNI, BCA, dan Mandiri dengan baik dan benar. Tuliskan komentar juga apabila ada yang masih belum jelas.

Tinggalkan komentar