Cara Mudah Ganti PIN ATM BRI 100% Work

Untuk melakukan pengamanan agar rekening kalian tetap aman, kalian perlu mengganti PIN ATM BRI secara berkala, untuk itu kali ini kami akan memberikan cara mudah ganti PIN ATM BRI.

Setiap nasabah seperti BRI setelah menabung pada Bank pasti mendapatkan kartu ATM. Dimana kartu ATM tersebut dapat memudahkan kita dalam mengambil uang, transfer uang, dan yang lainnya. Dengan menggunakan kartu ATM kita lebih mudah dalam bertransaksi karena tidak perlu pergi ke kantor cabang Bank BRI, melainkan hanya pergi ke mesin ATM terdekat yang ada di daerah kalian.

Tetapi wajib kalian ketahui juga, bahwa kalian harus secara rutin mengganti nomor PIN agar tidak mudah di bobol oleh orang jahat. Seperti yang kalian ketahui, kali ini Laci Usang akan memberikan tutorial cara ganti PIN ATM BRI. Untuk kalian nasabah BRI, bisa menerapkan tutorial di bawah ini untuk mengganti PIN agar lebih aman.

PIN ATM BRI berupa 6 digit angka yang harus dijaga kerahasiaannya, jangan sampai ada orang lain yang mengetahui nya. Karena jika kartu ATM jatuh ketangan orang lain yang tidak bertanggung jawab maka rekening kalian bisa saja akan dikuras habis.

Dan demi keamanan rekening tabungan, kalian perlu mengganti PIN ATM BRI jika diperlukan. Kalian dapat mengganti PIN ATM BRI melalui mesin ATM, caranya sangat mudah dan silahkan simak tutorial cara mengubah PIN ATM BRI berikut ini.

Cara Ganti PIN ATM BRI

Kartu ATM berfungsi untuk melakukan transaksi di mesin ATM, mulai dari penarikan tunai, transfer uang dan berbagai jenis transaksi lainnya. Kartu ATM dilindungi dengan PIN rahasia untuk menjaga keamanan akses ke rekening tabungan. Nasabah bisa mengambil uang lewat ATM dengan batas yang telah ditetapkan sesuai dengan jenis kartu ATM yang digunakan, begitu juga dengan jumlah transfer uang.

Kartu ATM sudah dilindungi dengan nomor PIN rahasia yang akan tetap aman dan terjaga, kecuali  kartu ATM tidak pindah tangan ke orang lain dan tidak mengetahui PIN yang digunakan. Tetap berhati-hati terhadap segala jenis penipuan yang ada di segala jenis bank termasuk BRI.

Untuk melakukan pengamanan ATM BRI, kalian perlu melakukan pergantian PIN secara berkala. Berikut akan kami berikan cara ubah PIN ATM BRI.

Baca Juga : Apa itu Nomor Referensi Nasabah BRI

Cara Ganti PIN ATM BRI

Cara Ganti PIN ATM BRI Lewat Mesin ATM

Bagaimana cara ganti PIN kartu ATM BRI? Salah satu cara mengganti PIN kartu ATM BRI adalah melalui mesin ATM BRI. Mengapa harus mengubah PIN kartu ATM secara berkala? Bagi sebagian orang hal ini akan terasa merepotkan, padahal mengganti PIN kartu ATM sangat berguna untuk keamanan nasabah sendiri. Jadi, bagi nasabah BRI yang belum mengetahui cara mengubah PIN ATM BRI, silahkan cek tutorial yang kami tulis di bawah ini:

  1. Pergi ke ATM terdekat di kotamu
  2. Seteah sampai, masukkan kartu ATM kalian ke dalam mesin
  3. Untuk lebih memudahkan kalian pilih menu Bahasa Indonesia
  4. Kemudian masukkan nomor PIN 6 digit kalian
  5. Pada layar tersebut akan menampilkan berbagai macam menu. Kemudian pilih menu Transaksi Lain
  6. Karena akan mengganti PIN, maka Pilih menu Ubah PIN, dan setelah itu masukkan PIN Baru kalian
  7. Ulangi lagi dengan memasukkan PIN Baru kalian
  8. Ubah PIN Berhasil

Ikutilah tutorial di atas agar kalian bisa melakukan cara ganti PIN ATM BRI. Dan pastikan untuk memilih mesin ATM yang aman dan normal. Hindari juga pemilihan PIN yang sama atau terlalu mudah. Contoh 123456, 111111, 333333, dll.

Contoh PIN kartu ATM yang tidak mudah ditebak orang lain yaitu terdiri dari nomor acak. Hindari angka urut, kembar, sesuai tanggal dan tahun lahir, serta sama dengan nomor telepon. Apabila ingin mencatat di kertas dan disimpan, usahakan menempatkan secara terpisah dengan dokumen yang lainnya. Yang paling penting jaga kerahasiaannya dengan benar, agar orang lain tidak mengetahuinya.

Dan perlu kalian ketahui, kartu PIN ATM akan otomatis terblokir apabila saat digunakan menggunakan nomor PIN asal dan salah melebihi batas hingga tiga kali. Kalau sudah begini, cara menanganinya kalian bisa membaca tipsnya yang sudah kami tulis di bawah ini.

Baca Juga : Cara Transfer BRI ke BCA

Syarat Dan Cara Mengganti PIN Kartu ATM BRI Yang Lupa Dan Terblokir

Kalian tidak bisa mengubah PIN kartu ATM yang telah lupa dengan cara ganti PIN ATM BRI seperti tutorial yang kami tulis di atas. Bagaimanapun, mengganti menjadi PIN baru diperlukan PIN lama. Sekalipun sudah ingat lagi, tetap tidak bisa jika kartu ATM terlanjur terblokir. Agar bisa digunakan kembali mau tidak mau harus di-reset atau unblock.

Proses reset PIN kartu ATM BRI bisa lakukan oleh customer service yang berada di kantor cabang Bank. Datangilah ke kantor cabang Bank dengan membawa persyaratan yang telah ditetapkan. Antara lain yaitu:

  1. Kartu identitas berupa KTP, SIM, atau paspor
  2. Buku tabungan BRI
  3. Kartu ATM yang terblokir

Selain kelengkapan dan syarat – syarat tersebut, kalian juga harus datang sendiri atau tidak bisa diwakilkan oleh orang lain. Tidak harus ke cabang Bank atau unit BRI tempat dulu kalian membuka rekening, dimana saja kalian bisa melakukannya. Jadi, pilihlah yang terdekat yang ada di daerah kalian.

Seandainya kartu ATM sedang digunakan dan tiba-tiba di layar muncul pesan menyuruh ganti PIN, saat itu juga harus kalian lakukan. Jika tidak, kartu tidak bisa digunakan untuk transaksi. Jadi pastikan kartu kalian jangan sampai terblokir, karena jika terblokir, layanan e-channel seperti SMS banking, mobile banking, dan internet banking juga akan tidak bisa digunakan.

Proses penggantian PIN kartu ATM di cabang BRI tidak membutuhkan waktu lama. Cukup 10–20 menit. Khusus masalah terblokir yang membutuhkan re-issue PIN baru dikenakan biaya Rp5.000,00. Sedangkan ganti PIN biasa yang dilakukan sendiri di ATM, gratis, meskipun kalian melakukannya berkali-kali dan secara berkala.

Cara mengganti PIN ATM BRI yang mudah sudah kami sampaikan pada tutorial di atas. Cukup pergi ke mesin ATM BRI, dan lakukan langkah – langkah penggantian PIN kartu ATM BRI kalian tersebut.

Sebagai catatan, jika tidak ingin lupa nomer PIN ATM BRI. Lebih baik kalian catat pada kertas kecil yang selalu dibawa di dompet atau bisa juga dengan menyimpan pada smartphone kalian. Dan agar lebih aman lagi, simpanlah kertas tersebut pada tempat yang menurut kalian paling aman, yang tidak mudah diketahui oleh orang lain.

Sekian untuk artikel tentang cara ganti PIN ATM BRI serta tips dan cara untuk mengatasi ATM yang terblokir. Jangan lupa share artikel kami ke semua teman, keluarga, atau yang lainnya agar mereka bisa menggunakan cara tersebut. Jangan sungkan untuk memberikan komentar atau pertanyaan yang berkaitan dengan artikel hari ini. baca juga tulisan kami yang lain agar mendapatkan informasi lebih banyak dan menarik.

Tinggalkan komentar