Cara Mudah Ganti PIN ATM Mandiri Terbaru

Mungkin beberapa dari kalian ingin mengganti PIN ATM dengan alasan PIN tersebut sudah diketahui oleh orang lain atau alasan yang lainnya. Khususnya bank Mandiri, kali ini kami akan memberikan tutorial tentang cara ganti PIN ATM Mandiri.

Bank Mandiri adalah Bank yang berkantor pusat di Jakarta, dan merupakan Bank terbesar di Indonesia dalam hal aset, pinjaman, dan deposit. Dan untuk kalian nasabah Bank Mandiri, pasti mereka menyediakan fasilitas seperti kartu ATM untuk mempermudah segala urusan dalam melakukan transaksi.

Namun perlu diketahui, nomor PIN ATM harus diganti secara berkala setiap 1 sampai 3 bulan sekali agar rekening kalian aman dari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Bagi kalian yang memiliki kartu ATM Mandiri, silahkan cek tutorial cara ganti PIN ATM Mandiri yang sudah kami tuliskan di bawah ini.

PIN berfungsi penting sebagai kata kunci data keamanan dana dan informasi keuangan kalian di Bank. Pihak perbankan juga aktif menghimbau agar PIN akses ke ATM / rekening / kartu kredit / kartu debit nasabah rutin diganti secara berkala agar keamanan tetap terjaga. Sayangnya, di zaman sekarang ini masih banyak juga orang yang malas mengganti PIN ATM maupun mereka yang tidak mengetahui cara ganti PIN ATM Mandiri.

Pada artikel kali ini kami Laci Usang akan memberikan tutorial tentang cara mengganti atau mengubah PIN ATM Mandiri agar rekening kalian tetap aman.

Cara Ganti PIN ATM Mandiri 2020

Kartu ATM nasabah terdapat 6 digit nomor sebagai PIN keamanan, sehingga ketika kartu ATM Mandiri kalian hilang tidak bisa digunakan oleh orang lain karena ketika akan digunakan mesin ATM akan meminta untuk memasukkan PIN yang benar, dan apabila kalian salah memasukan PIN maka kartu ATM akan terblokir.

Cara ganti PIN ATM Mandiri ini sangat nudah dilakukan. Mungkin sebagian dari kita masih belum tahu bagaimana cara menggantinya. Dan untuk itu maka kami akan membagikan caranya. Karena bagi pemegang kartu sebaiknya melakukan pergantian  wajib dilakukan 3 bulan sekali supaya kartu kita tetap aman dari tindak pencurian atau penyalahgunaan kartu.

Pada artikel kami ada dua cara untuk mengganti PIN ATM Mandiri, pertama dengan menggunakan cara umum yaitu melalui mesin ATM, dan yang kedua dengan menggunakan kode dial up di *141# pada ponsel kalian masing – masing.

Cara Ganti PIN ATM Mandiri

Cara Ganti PIN ATM Mandiri Lewat Mesin ATM

Pada saat kita akan melakukan transaksi di ATM banyak sekali orang dibelakang kita yang sedang mengantri. Maka ada kemungkinan mereka mengetahui berapa nomor atau angka yang kita gunakan. Atau juga apabila pada saat melakukan transaksi kalian mengajak teman untuk masuk bersama ke dalam mesin pastinya mereka juga mengetahui nomor yang kalian tulis.

PIN ATM disarankan untuk diganti secara berkala, mungkin setiap 1  sampai 3 bulan sekali, dengan tujuan untuk menghindari hal yang tidak diinginkan. Untuk cara ganti PIN ATM  Mandiri, pertama kalian harus pergi ke mesin ATM Mandiri. Adapun caranya sudah kami berikan tutorialnya kepada kalian di bawah ini:

  1. Pergi ke mesin ATM terdekat di kotamu
  2. Seteah sampai, masukkan kartu ATM kalian ke dalam mesin
  3. Pada layar tersebut akan menampilkan berbagai macam menu. Kemudian pilih menu Transaksi Lainnya
  4. Karena akan mengganti PIN, maka Pilih menu Ganti PIN, dan setelah itu masukkan PIN Lama kalian
  5. Tinggu sampai ada perintah untuk memasukkan PIN Baru yang akan kalian gunakan
  6. Kalian akan diminta memasukkan PIN Baru sebagai proses konfirmasi
  7. PIN ATM baru kalian sudah berhasil di proses

Proses ganti PIN ATM Mandiri telah selesai dilakukan, jika kalian ingin melanjutkan transaksi maka pilih Ya, dan jika tidak ingin menyelesaikan transaksi maka pilih Tidak. Ingat PIN baru kalian agar tidak lupa ketika akan melakukan transaksi dengan menggunakan PIN baru. Dan apabila kalian ingin menyimpannya, simpanlah pada tempat yang menurut kalian paling aman, yang tidak bisa dijangkau oleh orang lain.

Baca Juga : Cara Transfer Mandiri ke BCA

Cara Ganti PIN ATM Mandiri Lewat HP

Cara ganti PIN ATM Mandiri kali ini dapat kalian lakukan lewat hp. Kalian bisa melakukannya di mana saja dan kapan saja asalkan ada smartphone. Cara ini cukup menggunakan Dial Up. Untuk lebih lengkapnya kalian perhatikan langkah-langkah berikut :

  1. Pertama pastikan dahulu jika kartu seluler yang terkait dengan akun SMS banking Mandiri ada di slot SIM 1.
  2. Kami akan mencontohkan dengan menggunakan kartu Telkomsel.
  3. Buka menu Telepon pada smartphone kalian.
  4. Kemudian tekan kode *141# dan Panggil atau Call.
  5. Setelah muncul menu utama, kalian pilih Bank Mandiri.
  6. Kemudian pilih Admin.
  7. Untuk proses selanjutnya kalian akan disuruh untuk memasukan PIN Lama.
  8. Informasi berikutnya, dilanjutkan dengan menginput PIN Baru yang kalian inginkan.
  9. Jika sudah berhasil, kalian akan mendapatkan pemberitahuan melalui SMS bahwa ada aktifitas penggantian PIN.

Sebagian orang mungkin beranggapan cara mengganti PIN ATM Mandiri ini lebih mudah dan simpel karena tidak perlu keluar rumah. Dan tentunya akan lebih aman, karena tidak khawatir orang lain akan mengetahui PIN baru kalian.

Selain cara mengganti PIN ATM Mandiri secara berkala, ada tips – tips lain agar PIN ATM Mandiri tidak mudah di bobol orang lain. untuk informasi selanjutnya, silahkan kalian baca di bawah ini.

Cara Ganti PIN ATM Mandiri Melalui Customer Service

Cara mengganti PIN ATM Mandiri ini dapat kalian lakukan melalui customer service Mandiri. Kalian dapat menemui customer service Mandiri tersebut dengan mendatangi cabang atau kantor pusat bank Mandiri terdekat kalian. Saat ketemu dengan customer service Mandiri tersebut kalian hanya perlu meminta untuk melakukan pergantian PIN ATM Mandiri. Kemudian customer service Mandiri akan membantu kalian untuk melakukan pergantian PIN ATM tersebut.

Cara ini sangat mudah untuk dilakukan, karena kalian akan dibantu oleh customer service tersebut. Akan tetapi cara ini membutuhkan waktu yang cukup lama, karena kalian harus mendatangi cabang atau kantor pusat bank Mandiri terlebih dahulu. Selain itu jika pada saat ramai, kalian harus mengantri terlebih dahulu.

Cara Agar PIN ATM Mandiri Tetap Aman

Kartu ATM atau debit, dan kartu kredit ini umumnya menggunakan chip sebagai alat penyimpan data. Hal ini jauh lebih aman dari modus kejahatan perbankan. Sebab, sistem pengamanan data yang diterapkan di dalamnya akan berubah secara otomatis dalam kurun waktu tertentu. Namun tetap saja kalian harus mengganti PIN secara berkala, karena hal itu sangat penting, dan jangan pernah meminjamkan kartu debit atau ATM, dan berbagi nomor PIN ATM dengan orang lain.

Berikut tips aman bertransaksi di ATM agar kalian terhindar dari kejahatan pembobolan uang:

  1. Rajin-rajinlah untuk mengganti PIN ATM kartu debit maupun kartu kredit kalian secara teratur, misalnya sebulan sekali atau setiap tiga bulan, guna keamanan dana kalian.
  2. Lindungi PIN ATM kalian pada saat bertransaksi di mesin ATM. Selalu tutup tombol PIN dengan tangan, ketika kalian akan memasukkan sejumlah PIN di mesin ATM.
  3. Hindari menggunakan mesin ATM di tempat yang sepi. Lebih baik cari mesin ATM yang lebih ramai agar jauh dari target kejahatan.
  4. Jangan pernah memberikan PIN kepada orang lain. Perlu diingat dengan baik jika pihak bank tidak pernah meminta nomor PIN kalian secara langsung.

Semua risiko kejahatan perbankan bisa dihindari. Salah satunya yaitu menyadari pentingnya melakukan pergantian PIN ATM untuk kartu debit atau kredit kalian. Tidak ada alasan untuk tidak melakukan pergantian PIN secara berkala, semua demi keamanan dan kenyamanan kalian dalam melakukan transaksi.

Share artikel ini agar mereka nasabah Mandiri mengerti cara ganti PIN ATM Mandiri serta tips – tips agar PIN ATM tetap aman. Semoga bisa membantu dan bermanfaat untuk kalian semua. Jangan lupa baca juga artikel kami yang lain, karena di sana ada banyak sekali informasi menarik dan bermanfaat lainnya.

Tinggalkan komentar