3 Cara Melihat Hasil Google Form Yang Telah Dikirim

Setelah membuat Google Form, pasti kalian inign mengetahui hasil dari Google Form yang telah kalian buat tersebut. Untuk itu kami akan memberikan cara melihat Google Form yang telah dikirim.

Data yang kalian dapatkan melalui Google Form adalah data yang telah dimasukkan oleh responden yang telah mengisi Google Form yang kalian buat.

Data tersebut dapat berupa file, text, angka atau yang lainnya sesuai dengan pertanyaan yang kalian buat saat membuat Google Form.

Lalu bagaimana cara melihat hasil Google Form yang telah dikirim oleh responden? Pada artikel ini, kami akan memberikan cara yang sangat mudah bagi pemula sekalipun.

Sebenarnya ada beberapa cara yang bisa kalian coba untuk melihat hasil jawaban atau respon di Google Form yaitu dengan menggunakan Google Form, Google Drive atau dengan menggunakan Aplikasi di Smartphone.

Perlu diketahui, untuk cara melihat riwayat Google Form yang telah dikirim ini diharuskan untuk menggunakan akun Google atau email pembuat Google Form. Karena hanya pembuat Google Form yang dapat mengakses hasil dari Google Form yang telah dibuat dan sudah diisi oleh responden.

Cara Melihat Google Form Yang Telah Dikirim

Cara pertama yang dapat kalian coba adalah melalui Google Form, berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka Google form di https://docs.google.com/forms/
  2. Login menggunakan akun Google kalian. Setelah itu akan terbuka tampilan Google Form (Bagi yang menggunakan HP, gunakan tampilan situs desktop)
  3. Pilih Google Form yang ingin kalian lihat hasilnya.
  4. Setelah terbuka klik pada bagian Jawaban (Responses), lalu akan muncul jawaban atau respon yang telah dikirim oleh responden.
  5. Di sana akan ada pilihan Ringkasan (Summary), Pertanyaan (Question) dan Individual, yang masing – masing memiliki fungsi tersendiri. Untuk Ringkasan (Summary) kalian akan melihat jawaban/respon secara keseluruhan (ringkas) dari responden, pada Pertanyaan (Question) kalian akan melihat pertanyaan dari masing – masing soal, sedangkan pada Individual kalian akan melihat jawaban dari masing – masing peserta yang menjawab Google form kalian.

Cara Melihat Google Form Yang Telah Dikirim

  1. Jika kalian ingin melihat jawaban di Google Spreadsheet maka kalian harus mengklik logo Google Spreadsheet, lalu akan muncul pop up Pilih Tujuan Tanggapan, silahkan isi sesuai keinginan kalian. Jika sudah memilih silahkan klik Buat atau Create.
  2. Otomatis membuka tab baru google spreadsheets yang berisi jawaban, tanggapan atau respon berupa tabel yang telah dikirimkan oleh responden.
  3. Atau jika kalian ingin mengunduh hasil Google Form yang telah dikirim tersebut, pilih icon titik tiga, setelah itu pilih Download Responses (.csv) file akan berbentuk rar yang dapat kalian extract untuk mendapatkan excelnya.

Itulah cara melihat hasil Google Form yang telah dikirim berserta bagaimana cara mengekspornya. Kami menyarankan untuk melihatya di Spreadsheet atau di file excel, dikarenakan hasil dari Google Form tersebut akan ditampilkan dalam bentuk tabel yang mempermudah kalian.

Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan Google Form

Cara Melihat Google Form Yang Telah Dikirim via Google Drive

Google Drive merupakan rangkaian aplikasi yang terhubung dengan Google Form. Hasil dari Google Form akan otomatis tersimpan di Google Drive. Untuk lebih lengkapnya, perhatikan langkah-langkah di bawah ini:

  1. Buka Google Drive kalian.
  2. Buka Google Form yang ingin kalian lihat hasilnya.
  3. Kalian akan di alihkan ke halaman Editing Formulir Google Form.
  4. Pilih Jawaban (Responses)
  5. Semua jawaban/respon audiens akan terlihat pada halaman tersebut.

Sebenarnya cara ini hampir sama dengan cara yang pertama, yang membedakan adalah cara masuknya yaitu menggunakan Google Drive.

Untuk langkah selanjutnya pada cara melihat hasil Google Form ini kalian dapat melihat pada cara pertama yang sudah kami berikan di atas.

Cara Melihat Google Form Yang Telah Dikirim di HP Android

Kalian juga bisa melihat respon jawaban dari audiens menggunakan smartphone. Untuk melihat itu, kalian dapat menggunkan aplikasi FormApp. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Unduh FormApp yang ada di Play Store secara gratis
  2. Kemudian buka aplikasinya. Pilih Google Form dan login terlebih dahulu menggunakan akun Google yang sebelumnya kalian gunakan untuk membuat Google Form
  3. Kemudian pilih Google Form yang sebelumnya telah dibuat dan ingin kalian lihat hasilnya.
  4. Pilih Lihat Tanggapan (View Responses). Setelah itu kalian dapat meliahat hasil dari Google Form yang telah dikirim.
  5. Pada bagian tab Summary (Ringkasan) kalian dapat melihat semua hasil dari pertanyaan-pertanyaan yang kalian buat dalam bentuk ringkasan. Terdapat pengelompokan sepert Result, Bar Chart, dan Pie Chart.

Cara Melihat Hasil Google Form Yang Telah Dikirim

  1. Untuk melihat pertanyaan lainnya, klik pada bagian pertanyaan.
  2. Pada tab Individual, kalian dapat melihat satu per satu responden yang mengisi Google Form yang disajikan dalam bentuk tabel.
  3. Pada tab Export, kalian dapat mengekspor hasil Google Form tersebut dalam Google Spreadsheets dan mengubah dalam bentuk file excel. Untuk memudahkan kalian mengekspor ke Google Sheets, pastikan sebelumnya kalian sudah menginstall Google Spreadsheet.

Itulah cara melihat hasil google form yang telah dikirim oleh responden. Cara yang kami berikan terbilang cukup mudah dan dapat dilakukan oleh orang awam.

Untuk melihat respon atau jawaban melalui PC atau Laptop caranya tidak jauh beda dari Android, sedikit yang membedakan adalah kalian tidak perlu repot mengunduh aplikasi tambahan. Dan juga tampilan yang lebih leluasa.

Sangat mudah sekali cara melihat nilai di Google Form yang telah dikirim dan Semoga membantu kalian.

Jika menurut kalian artikel ini bermanfaat, kalian bisa membagikan ke teman-teman kalian melalui tombol share yang sudah kami sediakan.

Dan jika ada yang kurang kalian pahami, kalian bisa meninggalkan komentar atau pertanyaan di kolom yang sudah kami sediakan. Terima kasih.

Tinggalkan komentar