Cara Melihat Password Wifi Yang Sudah Terhubung 100% Terbukti

Pasti kalian sering mengalami saat dimana kalian berada di suatu tempat, kemudian ingin menyambung Wifi akan tetapi tidak mengetahui sandinya, tapi temen kalian ada yang sudah menyambung Wifi tersebut dengan sandi yang tersimpan dan dia lupa sandi Wifinya. Karena hal itu kalian perlu mengetahui cara melihat password Wifi yang sudah terhubung di Android.

Wifi merupakan singkatan dari Wireless Fidelity dimana untuk menyambung Wifi tersebut biasanya kalaian diaharuskan untuk memasukkan sandi, meskipun terdapat Wifi yang tidak diberikan sandi.

Saat kalian menyambung Wifi, sandi yang kalian masukkan, biasanya akan otomatis tersimpan dalam sebuah smartphone. Selama pemilik Wifi tidak mengubah passwordnya, kalain dapat otomatis tersambung dengan jaringan Wifi tersebut.

Lalu bagaimana cara melihat password Wifi yang sudah terhubung di HP? Sebenarnya sandi yang tersimpan di HP tidak dapat dengan mudah dilihat, karena sandi tersebut merupakan sebuah privasi. Akan tetapi ternyata terdapat cara mengetahui password Wifi yang sudah terhubung di HP.

Cara melihat password Wifi yang sudah terhubung ini memang sedikit rumit, jadi kalian diharuskan untuk mengeluarkan sedikit tenaga agar dapat mengetahui apa password Wifi yang sudah terhubung.

Cara Melihat Password Wifi Yang Sudah Terhubung

Perlu diketahui cara melihat password Wifi yang sudah tersambung yang akan saya sampaikan kali ini adalah khusus untuk HP yang tidak di-root. Karena kami sangat tidak merekomendasikan kalian untuk melakukan root pada HP.

Meskipun HP dalam keadaan non-root, bukan berarti kalian tidak dapat melakukan cara mengetahui password Wifi yang sudah terhubung ini. Cara ini sudah kami coba dan terbukti berhasil.

Menggunakan Aplikasi Wifi Router Settings

Aplikasi yang bernama Wifi Router Settings adalah aplikasi yang dapat melihat sandi yang tersimpan pada HP kalian. Untuk cara melihat sandi Wifi yang terhubung, perhatikan langkah-langkah berikut ini:

Cara Melihat Password Wifi di HP

  1. Unduh dan install aplikasi Wifi Router Settings
  2. Setelah berhasil diinstall, buka aplikasi tersebut.
  3. Pastikan kalian sudah menyambung pada Wifi yang ingin kalian lihat sandinya.
  4. Setelah membuka aplikasi tersebut, buka pada bagian password Wifi maka akan otomatis tampil passwordnya.

Aplikasi Wifi Router Settings ini mendukung banyak router, jadi kalian tidak perlu khawatir router kalian tidak support dengan aplikasi ini. Akan tetapi jika ternyata kalian tidak bisa melihat password Wifi menggunakan aplikasi ini, maka kalian dapat mencoba cara lainnya.

Melalui Admin Router

Cara pertama ini sangat mudah untuk dilakukan karena kalian cukup mengakses halaman admin pada router, kemudian melihat passwordnya. Untuk lebih jelasnya perhatikan langkah-langkah di bawah ini:

  1. Pastikan HP sudah menyambung ke Wifi yang sudah akan dilihat passwordnya
  2. Setelah itu buka setelan, kemudian masuk ke menu Wifi
  3. Pilih info untuk Wifi yang sudah tersambung
  4. Kemudian akan terdapat alamat gatewaynya, catat alamat gateway tersebut
  5. Buka aplikasi browser kalian
  6. Kemudian ketikan gateway yang sudah kalian dapatkan tadi
  7. Setelah itu kalian akan membuka halaman admin router
  8. Masukkan username dan passwordnya. Biasanya username yang digunakan adalah

Username: user

Password: user

Atau

Username: admin

Password: admin

  1. Setelah kalian dapat login, maka kalian akan disuguhkan dengan tampilan pengaturan Wifi, pilih pada bagian untuk menampilkan password Wifi. Setelah ketemu, kalian dapat mengetahui password Wifi yang digunakan.

Cara tersebut cukuplah mudah untuk dilakukan. Akan tetapi jika kalian mengalami kendala pada saat memasukkan username dan passwordnya, kalian dapat mencoba cara melihat password Wifi yang sudah terhubung lainnya di bawah ini.

Baca Juga: Cara Mengatasi Tidak Terdaftar di Jaringan

Menggunakan Aplikasi ES File Explorer

Semua sandi Wifi yang pernah terhubung akan tersimpan dalam HP. Untuk melihat datanya, kalian dapat menggunakan aplikasi ES File Explorer. Untuk lebih lengkapnya, perhatikan tutorial di bawah ini:

  1. Unduh dan install aplikasi ES File Explorer
  2. Setelah berhasil buka aplikasi tersebut dan masuk ke direkotri Data\Misc\Wifi
  3. Lalu cari file yang bernama wpa_supplicant.conf
  4. Apbila kalian sulit untuk mencarinya, kalian juga dapat melakukan searching wpa_supplicant.conf
  5. Setelah kalian menemukan, buka file tersebut dengan aplikasi penampil text
  6. Setelah terbuka filenya, maka akan tertampil semua password Wifi yang pernah tersambung di HP kalian.

Sebenarnya kalian tidak hanya dapat menggunakan aplikasi ES File Explorer, akan tetapi kalian juga dapat menggunakan aplikasi lainnya yang mempunya fungsi serupa.

Sedikit catatan dari kami apabila kalian tidak dapat membuka direktorinya, maka kalian harus melakukan root terlebih dahulu atau kalian dapat menggunakan cara melihat password Wifi di hp sendiri lainnya.

Menggunakan Barcode

Cara melihat password Wifi yang sudah terhubung ini mungkin hanya dapat dilakukan pada beberapa merek smartphone android, karena sepengetahuan saya tidak semua merek smartphone dapat membagikan sandi Wifi dalam bentuk Barcode.

Jika HP kalian terdapat fitur untuk membagikan sandi Wifi melalui barcode, maka kalian dapat melakukan cara ini. Untuk lebih lengkpanya, perhatikan langkah-langkah di bawah ini:

  1. Siapkan 2 HP, HP yang pertama digunakan untuk melakukan scan. Sedangkan HP kedua adalah HP yang tersambung dengan Wifi dan dapat menampilkan barcode password Wifi
  2. Kemudian pada HP yang kedua, masuk ke menu Wifi, kemudian buka menu barcode untuk menampilkan barcode password Wifi.

Cara Mengetahui Password Wifi Yang Sudah Terhubung

  1. Setelah itu unduh dan install aplikasi QR & Barcode Scanner pada HP pertama
  2. Lalu buka aplikasi barcode scanner pada HP pertama, dan scan barcode yang sudah tampil pada HP kedua.
  3. Setelah itu akan tertampil sandi yang digunakan pada Wifi.

Cara Melihat Password Wifi Yang Sudah Terhubung

Cara ini merupakan cara yang paling simpel, karena kalian tidak perlu repot-repot melakukan root pada HP. Apabila kalian masih bingung untuk cara scannya, kalian dapat membaca artikel kami lainnya tentang cara scan barcode.

Apabila ternyata kalian tidak dapat melakukan cara di atas, maka kalian masih dapat mencoba cara melihat password Wifi yang sudah terhubung lainnya.

Melalui Aplikasi Wifi Pasword Viewer

Jika kalian membuka Google Play Store dan mengetikkan Wifi password viewer, maka akan terdapat banyak aplikasi yang dapat kalian gunakan untuk melihat sandi yang tersimpan.

Pada prinsipnya aplikasi tersebut akan membaca semua data Wifi dan password yang pernah tehubung dengan HP kalian. Aplikasi tersebut akan menampilkan detail nama dan password Wifi yang sudah tersambung dengan HP kalian.

Lalu apa aplikasi yang recommended untuk melihat password Wifi yang sudah terhubung? Berikut akan kami berikan daftar aplikasi terpercaya yang dapat menampilkan password Wifi yang sudah tersambung:

  • Wifi Password Recovery
  • Wifi Password Viewer Free
  • Wifi Password
  • Lihat Wifi Password

Cara Melihat Password Wifi Yang Sudah Tersambung

Aplikasi yang kami rekomendasikan di atas adalah aplikasi yang menurut kami dapat menampilkan password Wifi yang tersambung. Tentunya aplikasi tersebut sudah kami tes dan terbukti berhasil menampilkan password Wifi yang terhubung.

Kalian dapat menginstall salah satu aplikasi di atas, apabila ternyata aplikasi yang kalian install tidak dapat menampilkan password Wifi, maka kalian dapat mencoba menggunakan aplikasi lainnya hingga menemukan aplikasi yang dapat menampilkan password Wifi yang sudah terhubung.

Itulah artikel tentang cara melihat sandi atau password Wifi yang sudah terhubung di Android. Dengan melakukan cara di atas, kami berharap kalian sudah dapat melihat password Wifi yang tersambung.

Sebenarnya masih banyak cara yang dapat digunakan untuk mengetahui password Wifi yang tersambung. Hanya saja kami hanya menampilkan cara khusus bagi HP yang tidak di-root. Karena sebagian besar pengguna smartphone tidak melakukan root pada HPnya.

Artikel cara melihat password Wifi yang terhubung ini dapat kalian gunakan pada semua merek smartohone seperti Xiaomi, Samsung, OPPO, Vivo, Asus, Realme, Lenovo, dan masih banyak lagi.

Demikianlah yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat. Apabila menurut kalian artikel ini bermanfaat, kalian dapat membagikannya melalui tombol share yang sudah kami sediakan.

Dan juga apabila terdapat sesuatu yang belum kalian pahami, kalian dapat bertanya melalui kolom komentar yang sudah kami sediakan.

Tinggalkan komentar