Cara Melihat RAM Hp Android Semua Merek

Setiap smartphone mempunyai satu komponen penting ini, dia adalah RAM. RAM merupakan Random Access Memory, yang berarti tipe penyimpanan yang isinya dapat diakses dalam waktu yang tetap tidak memperdulikan letak data tersebut dalam memori. Jadi simpelnya RAM ini adalah sebuah penyimpanan sementara saat kalian menggunakan aplikasi. Banyaknya aplikasi yang berjalan mempengaruhi banyaknya RAM yang kalian gunakan. Semakin besar RAM yang terdapat pada smartphone kalian, semakin banyak aplikasi yang dapat kalian jalankan bersamaan. Oleh karena itu kalian perlu mengetahui besarnya RAM yang terdapat dalam smartphone kalian. Untuk itu kalian harus mengetahui cara melihat RAM HP di semua merek Android.

Fungsi RAM

Sudah kalian ketahui bahwa RAM sangat penting bagi berjalannya smartphone, jika terjadi kerusakan pada RAM maka smartphone pasti tidak dapat digunakan. Tapi, apa saja fungsi RAM bagi hp kalian? Berikut adalah beberapa fungsi RAM pada smartphone:

  1. Membantu kinerja penyimpanan dengan RAM sebagai penyimpanan sementara.
  2. Membantu dan Mendukung kegiatan Multitasking.
  3. Membantu kalian untuk kegiatan Design dan Gaming.

Bagaimana Cara Melihat Ram Hp di Android?

Mengetahui RAM pada smartphone kalian sendiri sangat bermanfaat bagi kalian. Jadi kalian dapat memilih apakah game atau aplikasi ini dapat berjalan lancar dengan kapasitas RAM yang saya punya. Maka dari itu kalian perlu mengetahui Cara melihat ram hp android di bawah ini.

Cara Melihat RAM HP Tanpa Aplikasi

Asal kalian tahu melihat RAM hp dapat dilakukan tanpa aplikasi loh. Caranya juga sangat simpel hanya dengan memanfaatkan aplikasi bawaan dari smartphone, kalian dapat melihat kapasitas RAM yang terdapat dalam sebuah ponsel. Untuk lebih jelasnya kami memberikan metode berdasarkan merek smartphone-nya. Sesuaikan dengan smartphone yang ingin kalian lihat ram hpnya.

Cara Melihat RAM HP Samsung

Melihat RAM tanpa aplikasi dapat dilakukan pada smartphone merek Samsung hanya memanfaatkan aplikasi bawaan Samsung yaitu Settings. Untuk caranya dapat kalian perhatikan cara melihat ram di bawah ini.

  1. Masuk pada aplikasi Settings.
  2. Akan disajikan banyak pilihan. Pilih Device Maintenance.
  3. Pada bagian Device Maintenance, pilih bagian Memory.
  4. Akan muncul grafik informasi tentang memory. Kalian dapat melihat informasi RAM yang terpakai dan RAM yang tersisa.

Cara Melihat RAM HP Oppo

Cara melihat RAM HP Oppo sangatlah mudah. kalian tidak membutuhkan aplikasi pihak ketiga. Cukup mengakses bagian Settings. Untuk caranya adalah sebagai berikut:

  1. Masuk pada aplikasi Settings.
  2. Setelah kalian masuk, pilih bagian Tentang Ponsel.
  3. Bagian tentang ponsel inilah berisi tentang informasi RAM, Versi Kernel, dan masih banyak lagi yang dapat kalian lihat.

Cara Melihat RAM HP Vivo

Vivo merupakan smarphone merek keluaran baru di Indonesi tetapi mampu menyaingi merek lainnya. Untuk mengecek RAM pada Vivo juga dapat dilakukan tanpa aplikasi. Cukup menggunakan aplikasi bawaan Settings  kalian dapat melihatnya. Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Masuk pada aplikasi Settings.
  2. Cari dan pilih Pengaturan Lainnya.
  3. Setelah masuk ke pengaturan lainnya, pilih pada bagian Tentang Ponsel.
  4. Akan ditampilkan berbagai macam informasi seputar smartphone kalian, dan disitu juga terdapat informasi RAM hp vivo kalian.

Cara Melihat RAM HP Xiaomi

Hampir sama pada kebanyakan Smartphone untuk mengecek informasi RAM dapat dilakukan dengan masuk pada Settings. Tapi mungkin kalian bingung pada bagian mana informasi RAM nya. Maka dari itu kami akan memberi informasi cara mengecek RAM hp Xiaomi. Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Masuk pada aplikasi Settings.
  2. Cari pada pilihan Tentang Ponsel.
  3. Disitulah kalian akan melihat informasi seputar smarphone yang kalian gunakan, salah satunya RAM.

Xiaomi mempunyai keunikan sendiri, untuk mengecek sisa RAM dan RAM yang terpakai cukup menekan tombol Recent. Maka dibagian bawah akan dimunculkan informasi RAM yang tersedia dan RAM yang digunakan serta jumlah RAM pada smartphone kalian.

Cara Melihat RAM HP Asus

Asus juga menyediakan informasi RAM nya pada aplikasi Settings. Kalian dapat melihatnya langsung dari hp kalian sendiri dengan mengikuti langkah-langkah sebagai berikut:

  1. Masuk pada aplikasi Settings.
  2. Pilih pilihan Tentang (About).
  3. Setelah masuk pada bagian About, pilih Hardware Information.
  4. Pada bagian hardware information akan disajikan informasi mulai dari Wifi, Bluetooth, dan salah satunya RAM.

Jika merek smartphone kalian tidak tertera pada metode di atas maka kalian memerlukan cara dibawah ini. Karena cara dibawah ini dapat digunakan untuk semua merek smartphone android.

Cara Melihat RAM HP Menggunakan Aplikasi

Ternyata aplikasi untuk melihat RAM juga terdapat di Play Store dan dapat kalian install secara gratis. Tidak hanya RAM yang terlihat jika kalian menginstall aplikasi dibawah ini, akan tetapi hampir seluruh detail hardware yang terdapat dalam sebuah ponsel dapat terdeteksi. Jadi kami sangat merekomendasikan aplikasi ini untuk dipasang pada smartphone kalian.

Cara Melihat RAM HP Menggunakan Aplikasi CPU-Z

CPU-Z adalah sebuah aplikasi yang dikembangkan oleh CPUID dan merupakan aplikasi canggih karena mampu menganalisa smarphone dengan cepat. Saat kalian memasang CPU-Z, aplikasi akan otomatis mendeteksi hardware yang terdapat pada smartphone kalian. Aplikasi ini cukup detail dan sangat kami rekomendasikan bagi kalian yang ingin mengetahui banyak informasi tentang hp yang kalian gunakan. Untuk cara menggunakannya cukup gampang, ikuti langkah langkah berikut ini:

  1. Cari pada Play Store, kemudian Install CPU-Z.
  2. Untuk pertama kali, biarkan terlebih dahulu aplikasi menganalisa smartphone kalian.
  3. Masuk pada bagian
  4. Lihat pada bagian Total RAM.
  5. Disitu terdapat jumlah ram yang terpasang pada smartphone kalian. Selain itu juga terdapat Available RAM yang menunjukkan informasi tentang ram yang masih tersisa pada smartphone kalian.

Cara Melihat RAM HP Menggunakan Aplikasi CPU-Z

Selain RAM dalam CPU-Z juga dapat melihat informasi Processor, GPU, Batrei, Memori Intrenal dan masih banyak lagi. Aplikasi ini wajib kalian Install agar kalian mengerti tentang hp yang kalian gunakan.

Cara Melihat RAM HP Menggunakan Aplikasi AIDA64

Selain CPU-Z terdapat aplikasi yang juga dapat melihat RAM kalian yaitu AIDA64. Aplikasi ini mempunyai yang hampir sama, tetapi menurut saya AIDA64 menyajikan informasi yang lebih lengkap mulai dari System, CPU, Display, Network, dan masih banyak lagi. Tak lupa aplikasi AIDA64 juga dapat digunakan untuk melihat RAM baik jumlah RAM maupun RAM yang tersisa. Untuk mengetahui cara menggunakannya ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Cari pada Play Store, kemudian Install
  2. Untuk pertama kali, biarkan terlebih dahulu aplikasi menganalisa smartphone kalian.
  3. Masuk pada bagian
  4. Lihat pada bagian Total Memory.
  5. Disitu terdapat jumlah ram yang terpasang pada smartphone kalian. Selain itu juga terdapat Available Memory yang menunjukkan informasi tentang ram yang masih tersisa pada smartphone kalian.

Cara Melihat RAM HP Menggunakan Aplikasi AIDA64

Itulah ulasan tentang cara melihat RAM hp dari berbagai merek. Sebenarnya kalian dapat mengecek dengan mudah RAM hp kalian dengan searching di google tentang informasi samrphone kalian. Atau juga dapat melihat pada box hp kalian, disitu pasti terdapat informasi detail tentang hp yang kalian gunakan.

Tinggalkan komentar