7 Cara Mematikan Timer AC Panasonic Dengan Mudah

Timer AC adalah salah satu fitur yang sangat penting dan berguna bagi pengguna untuk menentukan hidup dan matinya AC secara otomatis. Untuk itu kami akan memberikan cara mematikan timer AC Panasonic.

Saat ini AC menjadi barang yang sangat sering sekali digunakan baik di rumah, kantor, dan banyak tempat lainnya.

Tetapi sebenarnya ada banyak fitur di AC yang dapat kalian gunakan sesuai kebutuhan kalian. Salah satunya adalah fitur dari AC Panasonic yang terkadang belum diketahui banyak orang yaitu Self Timer.

Self Timer merupakan fitur yang mengatur hidup dan matinya AC tanpa harus menekan tombol off pada remote.

Fitur ini sangat menguntungkan apabila kalian sering lupa mematikan AC. Hal itu juga akan membuat kalian hemat listrik dan AC tidak akan cepat rusak karena terus menerus digunakan.

Tetapi ada beberapa cara mematikan timer AC Panasonic yang dapat kalian coba. Berikut akan kami berikan cara setting timer AC Panasonic dengan remote dan tanpa remote.

Sedikit informasi bagi kalian, AC Panasonic juga dapat kalian atur menjadi sangat dingin. Untuk caranya baca cara setting AC Panasonic biar dingin yang sudah kami tulis sebelumnya.

Cara Mematikan Timer AC Panasonic

Sangat banyak cara mematikan timer AC Panasonic, kalian dapat memilih sesuai keinginan dan kondisi kalian saat itu. Cara yang akan kami berikan ini tergolong mudah dan kalian dapat mengikutinya.

Cara Mematikan Timer AC Panasonic

Tanpa berlama-lama lagi, berikut cara menonaktifkan timer AC Panasonic di rumah atau kantor kalian.

  1. Mencabut Sementara Stop Kontak Yang Terhubung Dengan AC

Cara ini adalah cara yang paling mudah untuk dilakukan, dengan mencabut sementara stopkontak ini juga bisa mengatasi kerusakan kecil pada AC.

Caranya yaitu dengan mencabut stop kontak yang terhubung ke AC. Setelah stop kontak AC tercabut, biarkan selama 2 hingga 5 menit. Tunggu sebentar dan biarkan AC tidak dialiri listrik.

Saat aliran listrik dihentikan, biasanya kinerja AC akan kembali normal. Setelah beberapa menit, AC bisa kembali dinyalakan dengan menghubungkan stop kontak ke aliran listrik.

Dengan mencabut sementara stop kontak tersebut, maka timer AC akan otomatis mati. Akan tetapi cara ini hanya dapat dilakukan apabila stop kontak AC berada di bawah atau masih dalam jangkauan, beda cerita jika stop kontak AC berada di atas yang susah untuk dijangkau.

  1. Mematikan Timer AC Menggunakan Remote AC Panasonic

Kalian pasti mengetahui bagaimana cara mematikan timer di AC Panasonic dengan menggunakan remote yaitu kalian hanya perlu menekan tombol off pada bagian TIMER. Maka Timer otomatis akan mati.

Cara setting timer AC Panasonic ini dapat mudah dilakukan apabila remote AC kalian masih dalam kondisi normal, apabila remote AC Panasonic kalian mengalami error, maka kalian dapat mencoba cara yang lainnya.

  1. Mematikan AC Menggunakan Remote Universal

Untuk cara ini dilakukan apabila remote bawaan AC Panasonic sudah rusak dan tidak bisa digunakan lagi, maka cara satu-satunya dengan menggunakan Remote Universal. Berikut langkah-langkahnya.

  • Nyalakan AC terlebih dahulu.
  • Tekan tombol remot selama kurang lebih 5 detik.
  • Setelah itu tekan tombol
  • Masukkan kode AC Panasonic.
  • Jika sudah selesai memasukkan kode AC Panasonic, maka kalian sudah bisa menggunakan remote universal untuk mengatur Timer sesuai yang kalian butuhkan.

Bagi kalian yang kurang memahami penjelasan di atas, kalian dapat melihat cara setting remote AC universal untuk AC Panasonic yang sudah kami tuliskan sebelumnya.

  1. Pasang Ulang Baterai Remote AC

Apabila remote AC tidak bisa untuk mematikan timer karena rusak atau sebab yang lain, kalian bisa mencoba untuk melepas batu baterai pada remote kemudian diamkan selama kurang lebih selama 2 menit. Kemudian pasang lagi baterainya dan coba apakah remote bisa digunakan kembali dan mematikan Timer AC.

  1. Mereset AC Panasonic

Cara mematikan timer berkedip AC Panasonic ini dapat kalian lakukan dengan cara mereset AC. Tombol untuk reset AC Panasonic ukurannya sangat kecil sekali jadi kalian harus menggunakan alat kecil seperti tusuk gigi atau jarum untuk menekan tombol tersebut.

Setelah menekan tombol tersebut, maka timer yang berkedip akan mati dan kalian bisa menyalakan AC kembali dan Self Timer bisa kalian matikan.

  1. Lampu Timer Berkedip

Cara mematikan timer berkedip AC Panasonic ini cukup mudah untuk dilakukan, jadi kalian tidak perlu khawatir AC Panasonic kalian rusak. berikut langkah-langkah mematikan timer berkedip AC Panasonic.

  • Cabut stop kontak AC, diamkan dengan rentang waktu 2 sampai 5 menit.
  • Setelah itu colokan kabel kembali.
  • Lanjut dengan lepas baterai remote AC.
  • Lalu pasang kembali baterai.
  • Jika sudah hubungkan kembali stop kontak AC dan lanjutkan dengan menyalakan AC.
  • Setelah itu kalian bisa mematikan Timer AC.

Dengan melakukan cara di atas, biasanya lampu timer akan berhenti berkedip dan AC dapat digunakan dengan normal kembali.

  1. Therisme Otomatis

Jika cara mematikan timer pada AC Panasonic dengan remote tidak berhasil, hal tersebut bisa saja disebabkan oleh adanya kerusakan pada therisme otomatisnya.

Untuk mengatasinya kalian hanya perlu menjauhkan mata kucing therisme tersebut dari evaporator indoor.

Itulah informasi bagaimana cara mematikan timer AC di Panasonic terbaru yang dapat kami sampaikan, semoga dapat membantu kalian.

Apabila artikel cara setting timer AC Panasonic ini dirasa bermanfaat, kalian dapat berbagi melalui tombol share yang sudah kami sediakan.

Atau jika terdapat yang kurang dipahami, kalian dapat bertanya melalui kolom komentar yang sudah kami sediakan di bawah.

Tinggalkan komentar