Cara Membatalkan Pesanan di Shopee Belum dan Sudah Dibayar

Sering kali kalian setelah melakukan pemesanan di Shopee, kalian ingin membatalkan pesanan tersebut. Akan tetapi tidak banyak orang yang mengetahui cara membatalkan pesanan di Shopee. Untuk itu kalian harus membaca tutorial cara cancel pesanan di Shopee berikut ini.

Bagi kalian pasti tidak asing dengan marketplace satu ini, yang sangat digemari karena tersedia banyak pilihan toko serta harga barang yang dijual sangat ramah di kantong. Selain itu toko yang tersedia tidak hanya di dalam negeri saja tetapi banyak juga toko dari luar negeri.

Untuk kualitas barang jangan diragukan, banyak terdapat barang yang mempunyai kualitas hampir mirip dengan barang-barang branded tetapi harga sangat murah.

Ya, kalian pasti tahu Shopee, aplikasi belanja online yang sangat digemari saat ini dengan pengguna hampir 60% anak-anak muda dan sisanya beberapa kalangan usia diatasnya.

Shopee menyediakan layanan belanja online 24 jam jadi kalian bisa berbelanja dengan nyaman. Berbelanja di Shopee sangat menyenangkan bagi kalian yang terlalu malas keluar rumah untuk berbelanja atau banyak rutinitas harian yang tidak memungkinkan kalian untuk keluar rumah.

Selain itu banyak promo di Shopee juga sangat menarik untuk tidak berbelanja, Potongan harga di seller mulai dari 5-50 persen di tambah juga promo gratis ongkir menjadikan kita mengeluarkan uang yang tidak terlalu banyak. Siapa sih yang tidak tergoda?

Akan tetapi terkadang setelah kita melakukan pesanan di Shopee, kita ingin melakukan pembatalan pembelian atau pemesanan barang tersebut. Lalu bagaimana cara membatalkan pesanan di Shopee? Berikut akan kami berikan tutorial cara cancel pesanan di Shopee.

Pembatalan Pesanan Shopee

Pembatalan pesanan di Shopee bukanlah hal yang rumit dan hal yang sangat lumrah. Karena saat berbelanja kita harus memperhatikan seperti harga, kualitas atau beberapa hal yang lain.

Terkadang ketika kita sudah melakukan pembayaran barang yang kita pesan dan melawatkan sesuatu seperti alamat pengiriman barang atau kalian menemukan harga yang lebih ramah kantong di seller lain atau kalian merasa kurang cocok dengan barang yang sudah kalian beli.

Jika itu terjadi maka kita terpaksa harus melakukan pembatalan pesanan Shopee. Dan untuk cara membatalkan pesanan di Shopee kalian dapat membaca artikel kami di bawah.

Shopee memang sengaja memberikan fitur pembatalan pesanan dikarenakan beberapa hal. Fitur ini digunakan untuk memberikan kenyamanan pada pembeli Shopee. Alasan dari Shopee memberikan fitur ini adalah :

  1. Seller tidak menjawab chat kalian.
  2. Permintaan Seller.
  3. Kalian ingin mengubah rincian dan membuat pesanan baru.
  4. Produk yang kalian pilih memiliki ulasan buruk (Contoh: Bukan produk asli, berbeda dengan deskripsi, dll.).
  5. Seller membutuhkan waktu lama untuk mengirimkan pesanan kalian.
  6. Seller mencurigakan (Contoh: Mengajak untuk bertransaksi di luar Shopee).
  7. Berubah pikiran
  8. Menemukan produk dengan harga yang lebih rendah
  9. Dan mungkin masih banyak lagi alasan kalian melakukan pembatalan pesanan Shopee.

 Baca Juga : Cara Mengaktifkan ShopeePay Yang Dinonaktifkan

Sistem Pembatalan di Shopee

Sebenarnya Shopee mempunyai 3 sistem pembatalan pesanan. Jadi sebelum kalian mengetahui tentang cara membatalkan pesanan di Shopee, kalian perlu mengetahui sistem pembatalan Shopee berikut ini:

Pembatalan Instan

Pembatalan instan Shopee ini di lakukan dalam waktu satu jam setelah pembayaran terverifikasi oleh sistem. Kalian dapat melakukan pembatalan pesanan sebelum seller melakukan pengaturan pengiriman barang atau memasukkan nomor resi.

Contoh: misal pembayaran kalian terverifikasi pukul 09.30 WIB dan kalian membatalkan pesanan pukul 10.00 WIB sebelum seller mengatur pengiriman barang kalian atau memasukkan nomor resi maka pesanan kalian di batalkan secara instan tanpa perlu menunggu respon/konfirmasi dari seller.

Pembatalan Non Instan

Pembatalan non instan Shopee ini di lakukan dalam waktu lebih dari satu jam setelah pembayaran terverifikasi oleh sistem. Kalian dapat melakukan pembatalan pesanan dan menunggu respon/konfirmasi seller dalam waktu 1×24 jam. Namun apabila seller tidak memberikan respon/konfirmasi maka sistem secara otomatis akan membatalkan pesanan dalam waktu 1×24 jam berikutnya. Tetapi seller juga di berikan hak untuk menolak pembatalan dan barang pesanan tetap di kirimkan.

Contoh : misal pembayaran kalian terverifikasi pukul 11.00 WIB dan kalian membatalkan pesanan pada pukul 14.00 WIB maka kalian harus menunggu respon/konfirmasi dari seller.

Pembatalan Otomatis

Pembatalan otomatis Shopee adalah pembatalan yang secara otomatis dibatalkan apabila terjadi hal-hal berikut : Seller tidak mengirimkan pesanan barang hingga Dikirim dalam habis, Seller tidak masuk dalam aplikasi 7 hari sejak costumer membayar pesanan, Penjual tidak menyerahkan barang ke kurir penjemput/ mengantarkan barang ke counter jasa kirim dan resi pengiriman tidak terverifikasi dalam 2 hari sejak Dikirim dalam habis/berakhir.

Contoh : kalian melakukan pemesanan barang dengan masa pengemasan sampai 8 Maret 2021. Jika seller tidak mengirim barang sampai masa pengemasan berakhir maka di hari berikutnya (9 Maret 2021) pesanan akan otomatis dibatalkan oleh sistem.

Catatan : kalian tidak dapat melakukan pembatalan pemesanan karena pembatalan pesanan ditentukan secara otomatis oleh sistem. Sistem akan memproses pembatalan pesanan kalian berdasarkan waktu pengajuan dan kriteria di atas.

Selain itu ada cara yang lain untuk membatalkan pesanan di aplikasi Shopee selain pembatalan secara otomatis. Tapi apabila kalian sudah melakukan pembayaran, bagaimana cara membatalkan pesanan di Shopee? Di sini saya akan berbagi cara membatalkan pembelian di Shopee.

Baca Juga : Cara Mengubah Username Shopee 

Cara Membatalkan Pesanan di Shopee

Setelah kalian mengetahui pengertian dan sistem pembatalan pesanan di Shopee. Kini saatnya kalian mengetahui cara membatalkan pesanan di Shopee.

Kami akan memberikan tutorial kepada kalian tentang cara membatalkan pesanan di Shopee yang belum dibayar dan sudah dibayar. Untuk lebih lengkapnya baca caranya di bawah ini.

Cara Membatalkan Pesanan di Shopee yang Belum Dibayar

Jika kalian sudah melakukan pemesanan barang dan memasukkan keranjang, tetapi ingin mebatalkan sesuatu hal, kalian bisa melakukan pembatalan dengan cara berikut:

  1. Buka aplikasi Shopee.
  2. Tab menu Profil Saya.
  3. Pilih menu Pesanan Saya.
  4. Pilih tab menu Belum Dibayar.
  5. Pilih pesanan yang ingin dibatalkan

Cara Cancel Pesanan di Shopee Yang Belum Dibayar

  1. Untuk membatalkan pesanan, pilih Batalkan Pesanan
  2. Kemudian kalian akan disuruh untuk memilih alasan pembatalan, setelah memilih alasan pembatalan, lanjut dengan klik Konfirmasi

Cara Membatalkan Pesanan di Shopee

  1. Pesanan kalian akan otomatis masuk pada menu Dibatalkan
  2. Selesai

Cara Membatalkan Pesanan di Shopee yang Sudah Dibayar

Ketika kalian sudah menstanfer uang untuk pesanan online tetapi ingin membatalkannya karena suatu hal, kalian persiapkan dulu alasan kenapa pesanan tersebut dibatalkan. Kemudian ikuti cara berikut :

  1. Buka Aplikasi Shopee kalian.
  2. Pilih menu Profil Saya.
  3. Pilih tab menu status barang sudah di bayar pada opsi Dikemas

Cara Membatalkan Pesanan di Shopee Yang Sudah Dibayar

  1. Pilih barang yang ingin kalian batalkan.
  2. Lanjutkan dengan menekan Batalkan Pesanan.
  3. Kemudian kalian akan disuruh untuk memilih alasan pembatalan, setelah memilih alasan pembatalan, lanjut dengan klik Konfirmasi

Pembatalan Pesanan di Shopee

  1. Pesanan kalian akan otomatis masuk pada menu Dibatalkan
  2. Selesai

Setelah ini kalian harus menunggu konfirmasi persetujuan dari seller, disetujui atau tidak kalian bisa menghubungi seller untuk memproses pembatalan pesanan kalian.

Apabila seller tidak mengkonfirmasi pembatalan pesanan kalian maka barang pesanan kalian tetap dikirimkan dan jika seller mengkonfirmasi pembatalan pesanan kalian maka pesanan juga akan dibatalkan.

Untuk uang yang sudah kalian kirim, tenang pasti akan dikembalikan secara utuh beserta biaya admin jika pihak Shopee sudah menyetujui pembatalan pesanan sesuai persetujuan seller.

Tetapi kalian harus bersabar dulu karena prosesnya tidak cepat langsung selesai dalam waktu singkat. Proses pengembalian dana sekitar 1×24 jam.

Dana akan dikembalikan dalam bentuk Shopeepay atau sesuai dengan metode pembayaran yang kalian pilih.

Baca Juga : Cara Mengaktifkan Fitur COD di Shopee

Cara Membatalkan Pesanan di Shopee yang Sudah Dikirim

Cara batalkan pesanan di Shopee yang sudah dikirim ini sebenarnya tidak terdapat pada fitur Shopee. Akan tetapi kalian masih bisa membatalkan pesanan tersebut dengan cara menghubungi pihak penjual.

Dalam hal ini penjual mempunyai hak untuk menolak pembatalan pesanan yang sudah dikirim. Jadi apabila penjual tidak mau untuk melakukan pembatalan, kalian harus menerima barang tersebut.

Terkecuali jika barang yang kalian beli tersebut ternyata cacat atau tidak sesuai dengan deskripsi pada toko. Maka kalian dapat melakukan pembatalan pesanan dengan cara mengirimkannya barang kembali ke penjual dengan ongkos kirim ditanggung oleh pembeli.

Nah itu tadi cara pembatalan pesanan di Shopee, semoga dapat membantu kalian. Jika artikel cara membatalkan pesanan di Shopee ini membantu dan bermanfaat bagi kalian silahkan share ke teman-teman kalian. Kalau ada yang kurang dipahami atau ditanyakan silahkan tinggalkan komentar kalian di kolom ya sudah di sediakan. Terima Kasih.

Tinggalkan komentar