Cara Membersihkan RAM HP Android

Sering ngehang atau tiba-tiba lemot saat main game online? sepertinya ada masalah dengan RAM-nya dan berikut ini adalah cara membersihkan ram hp yang full atau overload.

Memori atau RAM HP Android yang kelas bawah biasanya memang disupport dengan kapasitas tidak besar, yang membuat kinerjanya jadi terbatas (tidak bisa menggunakan aplikasi atau game online seperti Mobile Legend, PUBG dan lainnya.

Berbeda dengan yang kelas atas atau hp Android yang khusus untuk main game itu bisa mencapai 8GB. Tentunya menginstal banyak aplikasi besar tidak akan membuat masalah kinerja HPnya jadi lambat.

Cara Bersihkan RAM HP Dengan Benar

cara membersihkan ram hp android samsung oppo xiaomi realme

Penyebab HP jadi lemot itu banyak sekali dan salah satu penyebab yang paling umum dan sering terjadi adalah masalah di kapasitas RAM dan memori internal yang terlalu kecil.

Jika masalah memori internal yang penuh, kamu bisa mengatasinya dengan cara mengosongkan ruang penyimpanan tanpa menghapus aplikasi. Sedangkan untuk masalah RAM yang kecil dan terlalu banyak aplikasi yang berjalan bisa dengan cara membersihkan RAM Hp tersebut dengan benar, agar kinerja hpnya bisa kembali normal.

Untuk yang yang mengalami masalah RAM yang terlalu kecil dan sering muncul notifikasi peringatan untuk segera mengosongkan memori RAM, kamu bisa coba beberapa cara membersihkan RAM HP android tanpa aplikasi untuk semua tipe seperti Samsung, Xiaomi, Oppo, Realme, Vivo dan brand lainnya.

Cara 1: Bersihkan Cache

Cara yang pertama ini adalah cara yang paling sering orang lakukan, yaitu membersihkan cache. Contohnya saja ketika kamu baru saja menggunakan Google Chrome di HP Android kamu untuk browsing materi pelajaran disekolah/kampus. Atau kamu baru saja nonton film drama korea di situs-situs penyedia film, itu semua membuat file cache yang lumayan besar tersimpan di RAM.

Nah, kamu bisa menggunakan cara berikut ini untuk membersihkan file cache tersebut :

  • Buka aplikasi Google Chrome
  • Masuk ke Setting dengan cara klik tiga titik dibagian pokok kanan atas
  • Setelah itu pilih “History”
  • Kemudian klik “Clear Browsing Data” untuk menghapus file cache yang tersimpan

Hapus cache juga bisa kamu lakukan ke aplikasi yang terinstal di Hp Androidmu, Contohnya saja aplikasi Facebook, Instagram, Youtube, Whatsapp dan Marketplace seperti Shopee, Lazada danlainnya itu semuanya menyimpan file cache yang lumayan besar.

Adapun cara menghapus cache dari setiap aplikasi ini adalah sebagai berikut :

  • Buka hp Android dan masuk ke menu Setting/Pengaturan
  • Kemudian, masuk ke menu “RAM dan Ruang Penyimpanan”
  • Pilih yang RAM dan kamu bisa lihat disitu total RAM yang telah digunakan dan total yang kosong (semakin besar yang kosongnya, maka akan semakin bagus kinerja hp Androidnya).
  • Setelah itu kembali ke menu sebelumnya dan pada bagian “Penyimpanan Telepon” pilih yang Aplikasi
  • Akan muncul daftar aplikasi yang biasanya akan langsung diurutkan dengan kapasitas penggunaannya.
  • Pilih aplikasi paling atas, disitu akan muncul informasi Penggunaan memori penyimpanan (data pengguna) dan total size Cachenya.
  • Pilih “Hapus Cache” untuk membersihkan sambah tersebut dari RAM
  • Lakukan ke semua aplikasi yang sering kamu gunakan, cek kembali pada bagian RAM, maka total penggunaannya akan langsung berubah (semakin banyak yang kosong).

Cara 2 : Nonaktifkan Animasi dan Tansisi Tema

Selain menghapus file cache yang tersimpan, kamu juga bisa menonaktifkan animasi dan transisi tampilan hp android kamu.

Kamu bisa melihat sekarang banyak sekali tema dengan tampilan yang menarik dan efek visual yang sangat menakjubkan. Tapi, dibalik semua itu ada yang dikorbankan yaitu penggunaan RAM yang cukup besar.

Tema bawaan android juga banyak membawa efek seperti animasi dan transisi ini. Untuk mematikannya, kamu bisa menggunakan cara berikut ini :

  • Buka menu Setting
  • Kemudian scroll hingga menemukan menu “Efek Dinamis”
  • Kemudian pada bagian tingkatkan efek dimanis, pilih Off
  • Cek juga pengaturan lainnya

Nah, Dengan 2 cara membersihkan RAM Hp ini saja, kamu sebenarnya akan merasakan efek dari kinerja Androidnya yang semakin lancar. Oiya, kamu juga harus memahapi penyebab RAM Hp cepat penuh agar kamu bisa menjaga kinerja Handphonenya agar tetap stabil.

Leave a Comment

error: This content is protected by DMCA