Cara Mudah Membuat Absensi Online di Google Form

Saat ini Google Form dapat menggantikan berbagai kegiatan, salah satunya adalah absensi. Kita dapat dengan mudah membuat absen secara online melalui Google Form. Bagi kalian yang belum mengetahuinya, kami akan memberikan cara membuat absen di Google Form.

Di masa pandemi ini, semua kegiatan diubah menjadi daring atau sistem online. Termasuk untuk absensi juga dibuat secara online untuk memudahkan mendata kehadiran siswa atau karyawan.

Sebenarnya tidak sebelum pandemi saja, sebelumnya pasti banyak yang sudah menggunakan Google Form untuk absensi tetapi karena masa pandemi lebih banyak lagi yang menggunakannya.

Dalam hal teknologi sekarang sudah ada aplikasi yang bisa digunakan untuk membuat absensi secara online. Absensi sendiri lebih sering digunakan untuk para siswa ataupun mahasiswa untuk mencatatkan kehadiran kegiatan belajar mengajar. Selain itu juga bisa digunakan untuk para pegawai ataupun karyawan kantor.

Absensi melalui Google Form juga sangat mudah sekali dan hanya dengan menggunakan link kalian bisa langsung menuju Google Form dan bisa langsung memproses absensi diri kalian.

Tetapi sebelum itu, tahukah kalian bagaimana cara membuat absen di Google Form? Jika belum tahu berikut saya akan membagikan kepada kalian cara membuat absensi online di Google Form. Ada dua versi yang bisa kalian coba.

Cara Membuat Absen di Google Form

Untuk absensi ini saya akan menjelaskan membuatkan absensi untuk siswa sekolah, untuk cara yang lain hampir sama tinggal menyesuaikan saja untuk digunakan absensi apa. Berikut langkah-langkah  cara membuat absensi online di Google Form.

  1. Buka Google Form terlebih dahulu di Laptop, PC atau bisa menggunakan smartphone. Kalian bisa membuka melalui https://docs.google.com/forms/
  2. Jika kalian belum login, maka login terlebih dahulu dengan akun Google kalian.
  3. Buat Formulir baru dengan klik tombol tambah + atau pilih opsi formulir kosong (Blank).
  4. Setelah itu beri Judul dan Deskripsi Formulir dengan klik pada tulisan Formulir Tanpa Judul (Untitled Form) dan Deskripsi Formulir. Misalnya kalian membuat judul : Kelas 8A MTsN Model Trenggalek dan Deskripsi : Absensi Mata Pelajaran Bahasa Inggris.

Cara Membuat Google Form Absensi

  1. Buat Kolom Nama dengan klik pada kolom dibawah judul dan deskripsi. Ganti opsi jawaban berbentuk Jawaban Singkat (Short Answer) dan aktifkan fitur Wajib Diisi (Required).

Cara Membuat Absensi Online di Google Form

  1. Buat Kolom Nomor Absen klik tombol tambah + di sisi kanan. Buat sesuai dengan yang kalian butuhkan.

Cara Membuat Absen Di Google Form

  1. Buat Kolom Keterangan dengan klik tombol tambah + atau jika ingin membuat kolom yang sama dengan kolom sebelumnya kalian dapat mengklik Icon Duplikasi di bagian bawah, di samping icon tempat sampah.
  2. Setelah selesai membuat kolom, klik Kirim (Send) pada bagian atas formulir untuk membuat link.

Cara Membuat Absen Online di Google Form

  1. Klik pada Icon Link yang terletak ditengah, kemudian klik Perpendek Link (Shorten URL) setelah itu Salin Link (Copy Link) otomatis link akan tersalin.

Google Form Absensi

  1. Kalian bisa membagikan link yang sudah kalian copy tadi di berbagai platform sosial media lainnya misalnya yang sering dipakai adalah aplikasi WhatApps.

Dengan melakukan cara membuat absen di Google Form di atas, kalian dapat dengan mudah melakukan pendataan siswa atau karyawan yang hadir atau tidak hadir.

Kalian bebas untuk menambahkan pertanyaan di Google Form sesuai kebutuhan kalian. Atau kalian dapat menggunakan tipe pertanyaan lain yang mungkin mempermudah Google Form absensi yang telah kalian buat seperti menambahkan pilihan nomor absen atau yang lainnya.

Cara Membatasi Waktu Absensi di Google Form

Absensi adalah hal yang harus dilakukan tepat waktu. Dengan Google Form kalian dapat memberikan batas waktu Google Form Absensi yang telah kalian buat.

Pembatas waktu Google Form ini adalah menentukan kapan Google Form akan ditutup. Jadi Google Form akan otomatis tertutup sesuai dengan waktu yang telah kalian tentukan.

Dan jika ada yang ingin melakukan absensi melebihi waktu yang ditentukan, hal tersebut tidak dapat dilakukan karena Google Form sudah otomatis tertutup.

Untuk cara membatasi waktu Google Form absensi, kalian dapat melihat langkah-langkah di bawah ini:

  1. Buka Google Form dan login menggunakan akun kalian atau buka form yang sudah pernah kalian buat sebelumnya.
  2. Kemudian pada pojok kanan atas pilih titik tiga

Pengaya Google Form

  1. Pilih Pengaya atau Add-ons

Mencari Addons di Google Form

  1. Setelah itu cari add-ons atau pengaya bernama formLimiter
  2. Setelah ketemu, pilih formLimiter tersebut dan pilih Install

Cara Membatasi Google Form

  1. Setelah formLimiter terinstall maka izinkan formLimiter untuk mengakses Google Drive kalian, pilih Izinkan atau Allow
  2. Setelah itu kalian akan melihat formLimiter pada pojok kanan bawah Google Form kalian.
  3. Pada kolom Limit Type pilih Date and Time jika ingin membatasi Google Form berdasarkan waktu.
  4. Apabila kalian memilih Date and time, maka akan muncul “Stop accepting form responses when a due date is set on” tetapkan tanggal dan waktu akhir Google Form kalian.

Cara Menutup Google Form Otomatis

  1. Kalian juga dapat mengisikan pesan yang berisikan bahwa Google Form sudah ditutup.
  2. Setelah semua kalian setting, pilih Save and Enable

Dengan menerapkan cara di atas, bisa dipastikan siswa, mahasiswa, atau karyawan akan dituntut untuk melakukan absensi secara tepat waktu.

Cara Melihat Hasil Google Form Absensi

Setelah mengetahui cara membuat absen di Google Form, maka kalian juga harus mengetahui cara melihat hasil Google Form absensi yang telah dikirim. Berikut ini akan kami berikan langkah-langkahnya:

  1. Buka Google form di https://docs.google.com/forms/
  2. Login menggunakan akun Google kalian. Setelah itu akan terbuka tampilan Google Form (Bagi yang menggunakan HP, gunakan tampilan situs desktop)
  3. Pilih Google Form yang ingin kalian lihat hasilnya.
  4. Setelah terbuka klik pada bagian Jawaban (Responses), lalu akan muncul jawaban atau respon yang telah dikirim oleh responden.
  5. Di sana akan ada pilihan Ringkasan (Summary), Pertanyaan (Question) dan Individual, yang masing – masing memiliki fungsi tersendiri. Untuk Ringkasan (Summary) kalian akan melihat jawaban/respon secara keseluruhan (ringkas) dari responden, pada Pertanyaan (Question) kalian akan melihat pertanyaan dari masing – masing soal, sedangkan pada Individual kalian akan melihat jawaban dari masing – masing peserta yang menjawab Google form kalian.

Cara Melihat Google Form Yang Telah Dikirim

  1. Jika kalian ingin melihat jawaban di Google Spreadsheet maka kalian harus mengklik logo Google Spreadsheet, lalu akan muncul pop up Pilih Tujuan Tanggapan, silahkan isi sesuai keinginan kalian. Jika sudah memilih silahkan klik Buat atau Create.
  2. Otomatis membuka tab baru google spreadsheets yang berisi jawaban, tanggapan atau respon berupa tabel yang telah dikirimkan oleh responden.
  3. Atau jika kalian ingin mengunduh hasil Google Form yang telah dikirim tersebut, pilih icon titik tiga, setelah itu pilih Download Responses (.csv) file akan berbentuk rar yang dapat kalian extract untuk mendapatkan excelnya.

Dengan menerapkan cara di atas, kalian dapat dengan mudah melihat hasil dari Google Form Absensi yang sudah kalian buat. Dan kalian dapat melihat siapa saja yang melakukan absensi.

Itu tadi cara membuat Google Form absensi yang sangat mudah. Sangat mudah sekali hanya memerlukan akun Google saja kalian sudah bisa membuat absensi secara online.

Selain itu kami juga memberikan cara memberikan batas waktu dan melihat hasil pada Google Form absensi yang kalian buat.

Semoga artikel cara membuat absen di Google Form ini bisa membantu dan jika bermanfaat silahkan bagikan kepada teman-teman kalian melalui tombol share yang sudah kami sediakan.

Apabila ada yang kurang dipahami, kalian data meninggalkan komentar di kolom yang sudah kami sediakan.

Tinggalkan komentar