3 Cara Membuat Cover Highlight Instagram Paling Keren

Sebelumnya saya sudah mengulas tentang cara membuat sorotan di Instagram. Untuk kali ini saya akan membahas tentang cara membuat cover highlight instagram.

Cover atau sampul sorotan instagram ini sangat berguna sekali buat kalian yang suka dengan Instagram, atau mungkin kalian punya bisnis di Instagram seperti online shop, sangat berguna sekali, misalnya untuk membuat testimoni.

Untuk membuat foto cover sampul sorotan Instagram ini sangat mudah. Kalian bisa membuat di hp android tinggal sentuh usap jadi. Banyak sekali aplikasi yang bisa kita gunakan, seperti picsart, canva dan sejenisnya.

Tapi buat kalian yang ingin menggunakan komputer atau laptop, akan saya berikan tutorialnya juga dengan menggunakan software adobe photoshop.

Cover highlight biasanya digunakan untuk mempercantik sebuah Instagram stories yang di sorot. Selain mempercantik profil Instagram, ini digunakan juga sebagai kategori-kategori stories yang di sorot. Ok langsung saja ke caranya sob.

3 Cara Membuat Cover Highlight Instagram

Cara Membuat Cover Highlight Instagram Dengan Canva

Buat kalian yang belum mengunduh aplikasi canva bisa siapkan dulu aplikasinya. Kalian bisa mengunduhnya di play store buat pengguna android dan di app store buat pengguna ios/iphone. Aplikasi ini bisa kalian gunakan untuk membuat sampul sorotan ig yang menarik.

  1. Pertama kalian unduh dan install aplikasi Canva ( Play Store / App Store )
  2. Jika sudah kalian buka dan buat akun canva menggunakan facebook atau dengan email google
  3. Di canva banyak sekali template yang bisa di gunakan. Untuk membuat cover wattpad juga bisa. Tapi kali ini kita akan membuat cover sorotan Instagram story. Kalian pilih “Cerita Instagram”. Atau kalian klik icon ( + )
  4. Terdapat latar putih yang bisa kalian tambakan icon, ilustrasi, teks, gambar. Untuk menambahakan klik icon ( + ) atau kalian tab latar putih tersebut
  5. Silahkan tab latar putih tersebut, dan tab menu warna. Silahkan ganti warna background yang akan di jadikan cover sorotan Instagram. Jika sudah tab kembali latar tersebut
  6. Pilih icon ( + ) geser ke kanan dan pilih ilustrasi, geser lagi dan pilih ikon. Silahkan pilih icons yang menarik. Kalian juga bisa menambahkan gambar yang berada di galeri

cara membuat cover highlight instagram dengan canva

  1. Selanjutnya atur posisi yang pas. Tambahkan teks biar tambah menarik. Tab icon ( + ) pilih teks
  2. Jika sudah selesai menambahkan ini itu. Untuk menyimpannya kalian klik icon di pojok kanan atas. Kemudian pilih “Simpan sebagai gambar”,

cara membuat cover highlight instagram

  1. Selesai

Cara Membuat Cover Highlight(Sorotan) Instagram Dengan Picsart

Selain menggunakan canva, untuk membuat foto sampul sorotan Instagram ini bisa menggunakan aplikasi picsart. Berikut cara membuat cover highlight Instagram dengan picsart.

  1. Pertama siapakan dulu aplikasi picsart bisa kalian unduh di play store bagi pengguna android dan app store bagi pengguna ios/iphone
  2. Jika sudah terinstall buka aplikasinya dan silahkan kalian buat akun picsart
  3. Setelah selesai buat akun, di halaman awal tab icon + pas di tengah menu bawah
  4. Kemudian scroll ke bawah cari menu “Pilih Kanvas”
  5. Akan muncul beberapa ukuran yang dapat kalian gunakan. Saya sarankan kalian memakai ukuran 1024 x 1024 atau kalian bisa baca ukuran foto dan video di Instagram yang sudah saya bahas sebelumnya. Jangan lupa juga untuk memilih backgroundnya ya sob, lalu tab panah di pojok kanan atas.

cara membuat cover highlight instagram dengan picsart

  1. Selanjutnya akan muncul lembar editan yang sudah kalian pilih tadi. Jangan mulai edit di lembar ini. Saya sarankan kalian klik ikon panah di pojok kanan atas dan pilih Edit Gambar
  2. Nah di situ kalian mulai mengedit apa saja yang akan kalian masukkan untuk membuat cover highlight Instagram. Kalian bisa memasukkan gambar, teks, stiker dan lainnya

cara membuat cover highlight instagram dengan picsart

  1. Scrool ke samping dan cari menu Tambahkan foto. Oh iya, saya sudah menyiapkan ikon yang akan saya gunakan. Kalian bisa mencari dulu ikon yang ingin digunakan.

cara membuat cover highlight instagram

  1. Selesai memasukkan gambar, selanjutnya akan saya beri sebuah teks. Scroll ke samping dan cari menu teks.cara membuat cover highlight instagram di picsart
  2. Jika sudah edit-edit untuk menyimpan hasilnya klik ikon panan di pojok kanan atas kemudian pilih Simpan->Simpan foto di perangkat anda->Selesai. 

Saya juga akan memberikan tutorial membuat cover sorotan Instagram di photoshop. Berikut cara membuat cover highlight(sorotan) di Instagram.

Cara Membuat Cover Highlight(Sorotan) Instagram di Photoshop

  1. Pertama kalian buka laptop/komputer dan buka software photoshopnya. Disini saya menggunakan Adobe Photoshop CC 2019.
  2. Kemudian buat document baru dan tentukan ukurannya yaiitu 1024 x 1024 pixel. Jangan lupa untuk memberikan background color juga ya sob. Kemudian klik Create

cara membuat cover highlight instagram dengan photoshop

  1. Sebelumnya saya sudah menyiapkan icon yang akan digunakan. Cari ikon atau gambar yang akan di masukkan, klik tahan gambarnya dan seret ke dalam photoshop
  2. Jangan lupa memberikan teks. Klik ikon T di menu bar kiri. Klik di bawah gambar dan berikan teks sedikit biar tambah sip. Atur ukuran teks, jenis teks dan warna sesuai keinginan kalian.
  3. Jika Sudah selesai edit edit ini itu. Selanjutnya tinggal menyimpannya klik File kemudian pilih Save. Berikan nama file dan ganti ekstensinya menjadi JPEG atau

cara membuat cover highlight instagram di photoshop

  1. Selesai

Mungkin untuk cara membuat sampul sorotan(highlight) ig di photoshop ini saya tidak banyak mengedit. Cuma saya memasukkan gambar dengan ekstensi PNG dan saya berikan teks sedikit.

Kalian bisa menggunakan canva, piscart atau photoshop. Menurut saya lebih mudah membuat cover sorotan ini di hp saja lebih simple dan mudah di gunakan.

Sudah  jadi membuat bahan yang akan di gunakan jadi foto sampul, selanjutnya tinggal upload ke Instagram. Untuk mengganti foto sampul di highlight instagtam sangatlah mudah sekali. Berikut Langkah-langkahnya.

Cara Edit Sampul Sorotan Instagram.

Sebelumnya kami juga pernah mengulas cara membuat sorotan di Instagram. Untuk menggantinya kalian dapat melihat langkah-langkah berikut.

  1. Buka aplikasi Instagram
  2. Pilih profil dan pilih sorotan mana yang akan di berikan sampul (cover)
  3. Klik lainnya kemudian pilih Edit Sorotan
  4. Selanjutnya pilih Edit Sampul
  5. Kemudian tab ikon galery dan masukkan gambar cover yang sudah di buat tadi
  6. Jika sudah pilih Selesai di pojok kanan atas. 

Semoga pembahasan kali ini membantu kalian yang sedang mencari cara membuat cover highlight untuk Instagram ini. Untuk lebih mudah menentukan ukuran ukuran di Instagram saya sudah membahas tentang ukuran foto dan video di Instagram.

 

Tinggalkan komentar