Cara Membuat File RAR dan ZIP di Laptop & Hp

Dalam dunia komputer, sudah banyak orang yang menggunakan program file rar agar file menjadi lebih kecil. Sehingga fungsi penyimpanan tidak cepat penuh. Membuat file menjadi rar ini juga mempercepat proses menstransfer data, karena ukuran filenya menjadi kecil. Cara membuat file rar di laptop juga tidak sulit, dengan hitungan menit kalian dapat membuat file rar di laptop. Tapi jika kalian tidak mempunyai laptop, sekarang kalian juga bisa membuat file rar di hp android kalian.

Sebelum memulai cara membuat file rar, kalian harus tau dulu apa itu WinRAR. WinRAR merupakan sebuah perangkat lunak shareware pengarsipan dan kompresi yang dibuat oleh Eugen Roshal. WinRAR dapat mengarsipkan berkas-berkas menjadi format rar atau zip. Kalian juga bisa membuat file menjadi rar dan kalian dapat memberi password agar tidak semua orang bisa membuka berkas penting kalian.

Mungkin kalian sudah paham tentang apa itu WinRAR, jadi langsung saja bagaimana cara membuat file rar. Ikuti langkah-langkah dibawah ini.

Cara Membuat File ZIP & RAR di Laptop dan di Android

  1. Cara Membuat File Rar / ZIP di LapTop

Untuk yang cara pertama ini menggunakan laptop. Membuat file bentuk rar di laptop sangat-sangat mudah. Cuma klik dan klik tunggu proses gak sampai 5 menit udah jadi.

  • Yang Pertama pertama-tama kalian harus install aplikasi WinRAR. Tapi biasanya laptop sudah terinstall saat kalian membeli dan menginstall windows berserta driver-drivernya.
  • Yang Kedua Siapkan file yang ingin kalian buat menjadi WinRAR. Kalian dapat membuat file rar 1 file, kalian juga bisa membuat file rar dalam beberapa file dijadikan satu folder. Cukup kalian buat folder dan masukan berkas-berkas file ke dalam folder.

cara membuat WinRAR

  • Yang Ketiga Pilih file atau folder yang mau dijadikan WInRar. Kemudian klik kanan dan pilih Add to archive.

cara membuat file rar

  • Yang Ketiga ketika muncul PopUp kalian pilih RAR pada Archive format.

membuat file rar

  • Yang Keempat pilih OK dan tunggu sampai selesai.

Untuk membuat file rar kalian tinggal pilih format pada Archive format lalu pilih ok. Tapi jika kalian ingin membuat file rar dan membagi menjadi beberapa bagian kalian dapat memilih opsi Split to Volumes. Oh iya hampir lupa, kalian juga bisa membuat password pada file yang kalian jadikan WinRAR tadi.

  1. Cara Membuat File RAR dengan Password

Membuat file RAR dengan memberi password disini caranya hampir sama dengan yang diatas, hanya saja kita memberi kunci untuk mengamankannya.

  • Yang Pertama Siapkan dulu file yang ingin dikompress menjadi RAR.
  • Yang Kedua Klik kanan pada touchpad atau mouse dan pilih Add to Archive.

cara membuat file rar

  • Yang Ketiga Pilih RAR pada Archive format.

membuat file rar

  • Yang Keempat Jika ingin memberi password kalian pilih Sett Password… dan isikan password jika sudah pilih Ok.

cara membuat file zip atau rar

cara membuat file rar dengan password

  • Yang Kelima Pilih Ok dan tunggu sampai selesai

Mudah bukan cara rar diatas. Jika kalian masih bingung bisa bertanya dikolom komentar. Mungkin beberapa dari kalian ingin membuat file rar tapi tidak memiliki laptop atau laptop sedang rusak. Kalian bisa membuat file rar di hp dengan sangat mudah dan simple.

  1. Cara Membuat File RAR / ZIP di Android

Sebelum memulai caranya alangkah baiknya kalian menyiapkan dulu alat tempurnya hehe. Kalian unduh dulu aplikasi yang bernama RAR di Play Store kalian. Di aplikasi ini kalian juga bisa membuat file Zip juga tinggal merubah ektensinya menjadi zip.

  • Yang Pertama Siapakan file dan aplikasi RAR jika belum punya unduh disini.
  • Yang Kedua Buka dan jalankan aplikasinya. Kemudian cari file yang ingin kalian jadikan WinRAR.
  • Yang Ketiga JIka sudah ketemu lalu centang filenya kemudian pilih tanda garis tiga dan +.

cara membuat file rar di android

  • Yang Keempat Pilih Jelajahi  untuk lokasi penyimpanan dan jangan lupa pilih extensi RAR atau Zip.
  • Yang Kelima Pilih Ok dan tunggu prosesnya sampai selesai.

Begitulah langkap-langkah membuat file rar di hp. Cukup mudah dan kalian pasti berhasil. Selamat mencoba :D. oh iya jadi bukan cuma di laptop saja kalian dapat memberi password pada file rar, kalian juga bisa memberi password pada file rar yang kalian buat di aplikasi rar ini.

  1. Cara Membuat File RAR di Android dengan Password

Dalam membuat file zip dan rar di hp disini caranya sama dengan cara yang sebelumnya, hanya saja kalian menambah password pada file WinRAR yang kalian buat.

  • Yang Pertama Siapkan dahulu aplikasi membuat RAR di hp kalian jika belum punya bisa kalian dapatkan disini.
  • Yang Kedua Buka dan jalankan aplikasinya. Cari file yang ingin kalian jadikan RAR.
  • Yang Ketiga jika sudah ketemu centang filenya dan pilih tanda garis 3 dengan +.
  • Yang Keempat Pilih Jelajahi untuk lokasi penyimpanan yang ingin kalian gunakan.

cara membuat file rar di android

  • Yang Kelima Pilih Atur Sandi untuk memberi password.

membuat rar

  • Yang Kelima Jika sudah pilih ok dan ok lagi tunggu prosesnya selesai.

Cara membuat file ZIP kalian tinggal pilih ektensinya menjadi zip. Jadi cara membuat file rar dan cara membuat file zip mungkin sama tinggal merubah ektensi pada Archive format. Oh iya lupa, jadi RAR dan ZIP itu berbeda ya sob. Mungkin sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar