Cara Membuat Judul Tabel di Excel Tidak Bergerak Saat di Scroll

Pernah buka file excel yang judulnya tetap muncul saat kamu scroll sampai bahwa? Nah, itu menggunakan fitur Freeze dan jika kamu ingin membuat model seperti itu, berikut ini adalah tutorial bagaimana cara membuat judul tabel di excel tidak bergerak saat di scroll.

Fitur Freeze di Microsoft Excel ini sering digunakan oleh orang-orang yang biasanya membuat tabel laporan kerja ataupun membuat tabel absensi karyawan. Fungsi dari Freeze Panes Excel itu adalah membuat sebagian Baris atau kolom di worksheet atau file excel tidak bergerak alias membeku saat kamu scroll kebawah ataupun geser kesamping.

Tentunya dengan membuat judul tabel di excel atau sebagian baris / kolom tidak bergerak akan memudahkan pencocokan data didalam tabel tersebut. Jadi kita bisa melihat baris tertentu itu adalah bagian dari data kolom yang dicari.

Lalu bagaimana cara membuat judul tabel di excel tidak bergerak? apakah harus menggunakan rumus excel lagi atau harus menggunakan aplikasi tambahan? Tentu saja cara membuatnya sangatlah mudah, kamu bisa membuatnya hanya dalam hitungan detik saja. Penasaran? yuk simak tutorialnya berikut ini.

Tutorial Membuat Judul Tabel di Excel Tidak Bergerak

Fitur Freeze Panes Excel ini bisa biasanya ada di Toolbar Microsoft Excel bagian atas. Dengan fitur ini kamu bisa membuat Header atau judul tabel di file Excel jadi tidak bergerak atau Freeze/membeku saat di scroll kebawah ataupun digeser kesamping.

Fitur Freeze Panes di Excel

Ada 3 pilihan menu dari fitur Freeze Panes ini, yaitu :

  1. Freeze Panes : Keep rows and colums visible while the rest of the worksheet scrolls (based on current selection)
  2. Freeze Top Row : Keep teh top row visible while scrolling through the rest of the worksheet
  3. Freeze First Column : Keep the first column visible while scrolling throuh the rest of the worksheet

Jika diartikan dalam versi bahasa indonesia adalah sebagai berikut :

  • Fungsinya bisa mempertahankan atau membuat baris atau kolom tidak bergerak/membeku yang fungsinya agar tetap terlihat saat menggulirkan worksheet lainnya.
  • Berfungsi agar baris paling atas tetap terlihat saat di scroll hingga ke bawah atau ke samping
  • Fungsinya untuk membuat data di kolom pertama tidak bergerak/membeku agar bisa tetap dilihat saat discroll ke worksheet lainnya.

Langkah-langkah cara membuat judul tabel di excel tidak bergerak bisa disimak berikut ini :

Karena disini ingin memnuat judul tabel yang tidak bergerak, maka kita akan menggunakan fitur “Freeze Top Row”. Cara membuatnya adalah sebagai berikut :

  1. Pertama kamu pastikan terlebih dahulu bahwa Judul dibuat pada top row atau kolom pertama
  2. Setelah itu arahkan kursor ke judul dan klik di kolom pertama tersebut atau bisa juga dengan mengarahkan kursor ke worksheet saja.
  3. Langsung klik menu “View” yang ada menu utama bagian atas
  4. Setelah menu View, pilih /klik tool Freeze Panes yang ada di samping Tools New WIndows atau Arrange All
  5. Klik Freeze Panes dan muncul 3 pilihan. Klik “Freeze Top Row”
  6. Selesai, Judul tabel di excel yang kamu buat sudah tidak bergerak saat discroll kebawah ataupun kesamping.

Sebaliknya, jika kamu ingin menonaktifkan fitur freezenya, maka bisa langsung klik tool Freeze panes tadi lalu pilih “UnFreeze”. Dengan klik itu makan judul tabel kamu akan ikut terscroll.

Demikianlah pembahasan lengkap tentang bagaimana cara membuat judul tabel tetap tampil di excel saat di scroll kebawah ataupun kesamping.

error: This content is protected by DMCA