Cara Mudah Membuat Link Share File Google Drive [+Gambar]

Google Drive merupakan penyimpanan milik Google yang dapat kalian gunakan secara gratis. Selain itu kalian juga dapat membagikan file tersebut kepada orang lain. Tentunya cara membagikannya adalah dengan memberikan link file Google Drive kalian. Untuk itu kalian harus mengetahui cara membuat link Google Drive.

Google Drive merupakan layanan penyimpanan gratis yang disediakan oleh Google. Dimana setiap pengguna mendapatkan penyimpanan sebesar 15GB. Apabila kalian ingin mendapatkan penyimpanan tak terbatas (unlimited), kalian dapat melakukan upgrade ke Google Drive Premium.

Google Drive menjadi penyimpanan file yang sangat baik. Selain disediakan secara gratis oleh Google, sistem keamanan pada Google Drive ini terbilang cukup bagus. Jadi kalian tidak perlu khawatir untuk menyimpan file di Google Drive ini.

Pada Google Drive ini kalian dapat menyimpan file apapun dapat berupa foto, video, dokumen, presentasi, dan berbagai file lainnya. Dengan menyimpannya di Google Drive kalian dapat dengan mudah membagikan file kalian kepada orang lain.

Cara membagikan file yang sudah kalian unggah di Google Drive adalah dengan memberikan link file Google Drive kalian. Untuk mendapatkan link tersebut, kalian terlebih dahulu harus membuatnya. Untuk itulah kami ingin membagikan cara membuat link share Google Drive.

Yang perlu kalian ketahui adalah cara ini membutuhkan koneksi internet. Karena untuk cara buat link share Google Drive ini, kalian harus mengakses Google Drive terlebih dahulu, dimana harus membutuhkan koneksi internet.

Cara Membuat Link Share Google Drive

Membuat link Google Drive merupakan hal yang sangat mudah apabila kalian mengetahuinya. Bagi yang belum mengetahui, segeralah kalian memahami artikel ini karena ini sangatlah penting kedepannya.

Mengingat Google Drive dapat digunakan untuk menyimpan beraneka ragam jenis file, berarti cara membuat link ini dapat digunakan untuk foto, video, dokumen, dan masih banyak lagi.

Cara buat link di Google Drive dapat dilakukan dengan berbagai perangkat seperti laptop, komputer, atau bahkan hanya bermodalkan ponsel. Untuk setiap perangkat mempunyai cara yang hampir sama. Akan tetapi agar kalian mudah memahami, kali ini kami akan memberikan tutorial cara membuat link Google Drive pada laptop, komputer, dan HP.

Cara Membuat Link Google Drive Lewat HP

Perlu kalian ketahui, ketika kalian ingin membuat link di Google Drive, terlebih dahulu kalian harus mengupload filenya. Untuk caranya kalian pergi ke cara memindahkan file ke Google Drive ini. Setelah mengupload filenya kalian dapat menerapkan cara membuat link di Google Drive melalui HP berikut ini:

  1. Pertama buka aplikasi Google Drive yang ada di ponsel kalian
  2. Setelah itu cari file di Google Drive yang ingin kalian bagikan
  3. Setelah menemukan file tersebut, pilih opsi titik tiga
  4. Setelah itu akan terbuka opsi menu untuk file tersebut, pilih saja Bagikan atau Share
  5. Lalu kalian akan diarahkan ke halaman lain, pilih gambar gembok

Cara Membuat Link Google Drive

  1. Kemudian kalian dapat memilih untuk opsi pengaturan pembagian file, dengan cara pilih Ubah atau Change
  2. Akan muncul beberapa pilhan yang dapat kalian pilih sesuai kebutuhan. Pilihan tersebut diantaranya
  • Dibatasi atau Restricted: Apabila kalian memilih opsi ini, maka setiap orang yang ingin mengakses file yang kalian bagikan harus meminta akses terlebih dahulu kepada kalian dan kalian harus melakukan konfirmasi atas permintaan akses tersebut untuk mengizinkan pengaksesan file.
  • Pengakses LihatSaja atau Viewers: Apabila kalian memilih opsi ini, maka setiap orang yang memiliki link kalian dapat melihat file yang kalian bagikan tanpa melalui persetujuan kalian terlebih dahulu.
  • Pemberi Komentar atau Commenter: Apabila kalian memilih opsi ini, maka setiap orang yang memiliki link kalian dapat memberi komentar file yang kalian bagikan tanpa melalui persetujuan kalian terlebih dahulu.
  • Editor: Apabila kalian memilih opsi ini, maka setiap orang yang memiliki link kalian dapat mengedit file yang kalian bagikan tanpa melalui persetujuan kalian terlebih dahulu.
  1. Setelah kalian memilih opsi tersebut sesuai kebutuhan kalian, pilih Salin link atau Copy Link untuk membuat linknya dan membagikan kepada orang lain.

Cara Membuat Link Download Google Drive

Bagi kalian yang memanfaatkan Google Drive sebagai alat untuk mengumpulkan tugas, maka saya menyarankan untuk memilih opsi pengakses lihat-saja. Karena apabila kalian memilih opsi dibatasi, maka hal tersebut akan sangat merepotkan bagi guru atau dosen kalian.

Itulah cara membuat link share Google Drive lewat HP, sangat mudah bukan. Hanya membutuhkan waktu kurang dari 5 menit, kalian sudah dapat membuat link Google Drive dan sudah dapat dibagikan kepada orang yang kalian kehendaki.

Cara Membuat Link Google Drive Lewat Laptop atau Komputer

Membuat link di Google Drive juga dapat dilakukan menggunakan PC (Laptop dan Komputer). Untuk membuatnya, terlebih dahulu kalian harus mengupload atau mengunggah filenya di Google Drive. Bagi kalian yang belum mengetahui cara menguploadnya, baca terlebih dahulu cara menyimpan file di Google Drive ini.

Setelah file yang ingin kalian bagikan berada di Google Drive, maka kalian dapat melakukan cara membuat link Google Drive lewat laptop atau komputer berikut ini:

  1. Hal pertama yang perlu kalian lakukan adalah membuka Google Drive pada link berikut https://drive.google.com/drive/
  2. Setelah terbuka Google Drive, login menggunakan akun Google kalian.
  3. Kemudian akan terbuka tampilan awal Google Drive.
  4. Cari file yang ingin kalian bagikan tersebut pada penyimpanan Google Drive kalian, apabila kalian belum mengupload filenya, maka kalian harus mengupload terlebih dahulu
  5. Setelah file ditemukan, klik kanan pada file yang ingin kalian bagikan tersebut.
  6. Kemudian akan terbuka beberapa pilihan, untuk membuat link Google Drive pilih Dapatkan Link atau Get Link

Cara Membuat Link Google Drive Lewat Laptop atau Komputer

  1. Kemudian akan terbuka pengaturan share link kalian. Terdapat 2 opsi yang dapat kalian pilih sesuai kebutuhan kalian.
  • Dibatasi atau Restricted: Apabila kalian memilih opsi ini, maka setiap orang yang ingin mengakses file yang kalian bagikan harus meminta akses terlebih dahulu kepada kalian dan kalian harus melakukan konfirmasi atas permintaan akses tersebut untuk mengizinkan pengaksesan file.
  • Siapa saja yang memiliki link atau Anyone with the link: Apabila kalian memilih opsi ini, maka setiap orang yang memiliki link kalian dapat melihat file yang kalian bagikan tanpa melalui persetujuan kalian terlebih dahulu.

Cara Membuat Bikin Google Drive

  1. Setelah kalian memilih opsi tersebut sesuai kebutuhan kalian, pilih Salin link atau Copy link untuk menyalin linknya dan membagikannya kepada orang lain.
  2. Setelah itu pilih Selesai atau Done

Cara Membuat Link Sharing Google Drive

Itulah cara membuat link download Google Drive melalui laptop atau komputer. Semoga dengan membaca Langkah-langkah diatas, kalian sudah dapat membuat link Google Drive untuk pengumpulan tugas, membagikan ke teman atau keperluan lainnya.

Cara Membuat Direct Download Google Drive

Setelah kalian melakukan cara membuat link download Google Drive di atas. Maka apabila link tersebut kalian akses, maka yang tertampil adalah halaman view untuk file kalian. Tampilannya akan seperti ini:

Perbedan Tampilan View Dan Download di Google Drive

Apabila kalian ingin membuat tampilan link Google Drive terlihat mudah didownload seperti gambar di atas, maka perhatikan langkah-langkah berikut ini :

  1. Salin link Google Drive kalian.
  2. Setelah itu rubah format menjadi https://docs.google.com/uc?export=download&id=ID isilah ID tersebut menggunakan ID Link Google Drive kalian.
  3. Misalnya link Google Drive kalian adalah https://drive.google.com/file/d/1pJo6H1UUT1Aqv6rWw69F_O6XLfpN3QUV
  4. Maka cara membuat link direct download Google Drivenya menjadi https://docs.google.com/uc?export=download&id=1pJo6H1UUT1Aqv6rWw69F_O6XLfpN3QUV

Dengan membuat link menjadi seperti tersebut, akan sangat memudahkan bagi penerima file kalian. Karena tidak perlu repot masuk ke browser atau google drive untuk mengunduhnya, tinggal sekali klik link tersebut sudah otomatis mendwonload.

Cara Memperpendek Link Google Drive

Link bawaan (default) yang kalian dapatkan ketika membuat link Google Drive biasanya akan sangat panjang. Hal tersebut sangatlah terllihat kurang bagus. Untuk mempercantik link Google Drive tersebut kalian dapat memperpendeknya.

Sebenarnya banyak tempat yang dapat kalian gunakan untuk memperpendek link, kali ini kami menggunakan bit.ly Untuk cara memperpendek link Google Drive, kalian dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Hal pertama yang harus dilakukan adalah membuka website bit.ly pada browser kalian
  2. Setelah itu salin link Google Drive kalian yang ingin dipendekkan link URL nya
  3. Tempelkan link kalian pada kolom yang disediakan
  4. Setelah itu pilih Shorten

Cara Membuat Link Bitly Google Drive

  1. Kemudian dibawah kolom tersebut akan terdapat hasil link versi pendek dari link Google Drive kalian. Pilih Copy untuk menyalin hasilnya dan gunakan sesuai kebutuhan kalian

Cara Bikin Link Bitly Google Drive

Itulah cara membuat link bitly Google Drive yang sangat mudah untuk dilakukan bahkan pemula sekalipun.

Cara membuat link Google Drive untuk dishare ini dapat kalian gunakan untuk berbagai hal seperti untuk pengumpulan tugas, membagikan ke teman, mengirim ke perangkat lain, menempelkanya di website, dan masih banyak lagi.

Demikianlah yang dapat saya sampaikan pada artikel cara membuat link share untuk download di Google Drive ini. Setelah kalian mendapatkan link Google Drive, kalian dapat membagikannya kepada siapapun yang kalian kehendaki.

Apabila artikel cara bikin link Google Drive ini bermanfaat, kalian dapat berbagi kepada orang lain melalui tombol share yang sudah kami sediakan. Atau jika terdapat sesuatu yang belum kalian pahami, kalian dapat bertanya melalui kolom komentar yang sudah kami sediakan.

Tinggalkan komentar