Cara Membuat QRIS Merchant Dengan Mudah dan Cepat

Pernah lihat QR Code Qris di meja restoran atau Cafe? itu merupakan metode pembayaran QR non-tunai. Jika kamu punya usaha kuliner dan menggunakannya juga, bisa langsung ikuti panduan cara membuat qris merchant secara online dengan mudah.

Saat ini bukan hanya restoran atau cafe aja yang menggunakan QRIS sebagai pembayaran non-tunai. Banyak perusahaan milik BUMN juga menggunakan ini. Kenapa? tentunya ini akan mempermudah dan mempercepat pembayaran. Keunggulan dari QR Code QRIS ini adalah bisa digunakan langsung dari aplikasi Bank Mobile, ataupun dari emoney seperti Shopeepay, Dana, Gopay hingga OVO.

Perlu kamu ketahui bahwa proses cara membuat qris merchant ini bisa dilakukan secara online. Nah, disini laciusang.com akan membagikan tips dan langkah-langkah proses daftarnya agar kamu bisa mengikutinya dengan benar.

Cara dan Syarat Daftar QRIS Merchant

Syarat Daftar QRIS Merchant

Ketika kamu ingin mengajukan pembuatan Qris merchant, ada beberapa ketegori yang harus diketahui seperti seperti kelompok perorangan (sering digunakan oleh pelaku usaha mikro), badan usaha, pendidikan, SPBU, dan yayasan atau donasi.

Tapi, sebelum lanjut pada cara membuat qris merchant, ada baiknya mengenal lebih dalam tentang apa itu Qris yang akan digunakan sebagai cara pembayaran non-tunai. Berikut ini adalah definisinya.

Dikutip dari situs resmi mereka, Qris.id, pengertian Qris adalah QR Code standar nasional yang bisa digunakan untuk fasilitas pembayaran non-tunai (Kode QR) di Indonesia. Bank Indonesia (BI) dan Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI) adalah yang mengeluarkan sistem ini.

Nah, para pelaku usaha yang ingin memiliki QRIS Merchant, harus mendaftar terlebih dahulu dan wajib memenuhi persyaratan yang diminta. Adapun persyaratan daftar membuat Qris merchant sesuai kategori adalah sebagai berikut.

Syarat untuk Perorangan (Usaha Mikro)

  • Foto atau scan KTP pemilik usaha.
  • Nomor kartu keluarga (KK) sesuai dengan KTP.

Syarat untuk Badan Usaha

  • Scan KTP pemilik usaha
  • Nomor kartu keluarga sesuai KTP yang terdaftar.
  • Foto akta perusahaan sesuai nama badan usaha.
  • Foto NPWP Perusahaan sesuai badan usaha.
  • Foto Surat Kuasa Asli (jika Anda merupakan wakil yang ditunjuk oleh badan usaha tersebut).

Syarat untuk Kategori Pendidikan

  • Scan KTP pemilik usaha.
  • Nomor KK sesuai KTP yang terdaftar.
  • Foto akte pendirian lembaga sesuai nama lembaga.
  • Foto NPWP Perusahaan sesuai badan usaha.
  • Foto Surat Kuasa Asli (jika Anda merupakan wakil yang ditunjuk oleh badan usaha tersebut).

Syarat untuk Kategori Yayasan / Donasi

  • File scan NPWP/ Akta Pendirian Yayasan/ Surat Yayasan Resmi/ Surat ketetapan dari pemerintah.
  • File scan KTP PIC (pihak yang diberi kuasa).
  • Nomor KK sesuai KTP yang didaftarkan.
  • Mengunduh Form registrasi InterActive QRIS (harus bertandatangan basah).
  • Surat kuasa yang harus ada nama PIC (pihak yang diberi kuasa) dan tanda tangan di atas materai. Surat tersebut harus diisi manual kemudian ditanda tangan basah. Foto surat tersebut lalu unggah bersama file lainnya.

Langkah-Langkah Membuat QRIS Merchant

cara daftar dan membuat QRIS Merchant untuk usaha

  1. Buka browser dan masuk ke link daftar resmi : m.qris.id/register
  2. Setelah itu baca terlebih dahulu panduan pengisian formnya, seperti pada saat upload foto KTP harus fokus dan tulisan terbaca.
  3. Setelah itu pilih jenis usaha yang didaftarkan. (Perorangan/Badan Usaha/Pendidikan/SPBU/Yayasan Non-Profit)
  4. Lanjut dibawahnya mengisi form sesuai dengan data yang benar seperti Nama pemilik usaha, nomor hp, email dan nama usaha.
  5. Ikuti hingga proses selesai.
  6. Sistem akan melakukan verifikasi data dokumen yang dikirim dan jika lolos akan langsung didaftarkan ke PT. Penyelesaian Transaksi Elektronik Nasional (PTEN).
  7. Proses selanjutnya adalah menunggu National Merchant ID (NMID) QRIS yang dikeluarkan oleh PTEN.
  8. Nah, jika NMID sudah keluar, sistem akan mengirimkan data username dan password ke email yang kamu daftarkan.
  9. QRIS nantinya akan dicek terlebih dahulu oleh tim InterActive agar memastikan QR Codenya berfungsi sebagaimana mestinya.
  10. Jika semuanya sudah lulus kontrol, maka QRIS aka muncul di dashboard dan kamu bisa download file tersebut untuk digunakan transaksi.

Seperti itulah langkah-langkah cara membuat qris merchant secara online. Memang proses daftarnya ini tidak bisa langsung jadi, karena akan di verifikasi secara manual oleh sistemnya. Jadi kamu harus harus bersabar ya.

error: This content is protected by DMCA