Cara Membuat Tabel Absen di Excel Yang Sederhana

Bingung disuruh buat absensi karyawan oleh bos kamu? tenang saja, kamu bisa pelajari panduan bagaiamana cara membuat tabel absen di excel dengan mudah dan cepat.

Absensi dan jadwal masuk kerja sangatlah penting dalam sebuah perusahaan, dengan menggunakan sistem absen dan jadwal masuk yang benar, semua karyawannya jadi mudah diatur dan bisa mengerjakan pekerjaan sesuai job descnya.

Selain memudahkan pembagian pekerjaan, absen juga bisa membantu untuk penghitungan gaji diakhir bulan. Bagian Hrd atau accounting bisa dengan mudah menghitung jumlah hari kerja setiap karyawan dan jika ada tidak masuk bisa dengan cepat mengkalkukasikan gaji yang akan diterimanya.

Lalu, bagaimana cara membuat tabel absen di excel? apakah pemula atau yang belum mahir menggunakan microsoft excel bisa membuatnya? Tentu saja bisa, kamu bisa mulai mempraktekkan panduannya berikut ini.

Cara Membuat Absensi Karyawan Dengan Excel

Absensi karyawan itu banyak sekali modelnya dan pada panduan kali ini, laciusang.com ingin berbagi format absensi kehadiran karyawan perbulan menggunakan microsoft Excel.

Cara Membuat Tabel Absen di Excel Sederhana

Berikut ini adalah langkah-langkah mulai membuat absen karyawannya :

  1. Langkah pertama adalah buka Microsoft Excel di komputer atau laptop
  2. Setelah muncul Sheet 1, mulai mengedit nama sheet tersebut dengan nama-nama bulan (untuk awal, berarti kita mulai dari bulan Januari)
  3. Mulailah dengan membuat nomor urut, data nama karyawan, jabatan dan kolom jumlah hari setiap bulannya
  4. Dibagian belakang buatlah jumlah kehadiran, izin, sakit, atau keterangan lainnya
  5. Untuk contohnya kamu bisa lihat gambar diatas.

Jika jumlah staff atau karyawannya banyak, kamu bisa mengaktifkan fitur Freeze Panes seperti pada artikel cara membuat judul tabel di excel tidak bergerak. Cukup mengaktifkan freeze pane pada kolom nama dan tanggal, maka kamu akan mudah saat mengisi absensinya (tidak salah tanggal).

Download Absensi Karyawan Format Excel

Untuk yang masih kebingunan bagaimana cara membuat tabel absen di excel, kamu bisa download format absensi karyawan seperti contoh diatas tadi melalui link berikut ini :

Link download tabel absen karyawan format Excel : Klik Disini

Seperti itulah tutorial cara membuat tabel absel di excel yang sederhana dengan mudah dan cepat. Perlu kalian ketahui bahwa, cara membuat tabel absen atau daftar hadir itu tidaklah sulit. Oleh karena itu, kamu bisa pelajari cara membuatnya secara pelan-pelan.

error: This content is protected by DMCA