3 Cara Membuat Tabel di Canva dengan Mudah

Canva merupakan aplikasi yang cukup menarik untuk membuat tabel. Pada artikel ini kami akan memberikan informasi bagaimana cara membuat tabel di Canva yang menarik.

Biasanya kalau akan membuat tabel kebanyakan menggunakan microsoft excel yang memang menyediakan tabel tetapi tidak tersedia desain yang banyak.

Tetapi memang ada banyak juga aplikasi desain yang bisa dipakai untuk membuat tabel. Membuat tabel memang terlihat seperti sedikit membosankan bagi beberapa orang, tetapi jika kalian menemukan desain yang unik tidak akan bisa menolak untuk mengerjakannya.

Salah satu aplikasi yang menyediakan banyak pilihan desain adalah Canva. Ingat Canva menyediakan banyak desain bukan template tabel. Jika di aplikasi lain sudah tersedia beberapa pilihan template tabel maka di Canva kalian bisa membuatnya sendiri dan dapatkan desain tabel yang keren yang kalian mau.

Tidak adanya template atau elemen yang langsung berbentuk tabel bukanlah masalah, kalian bisa mencoba membuat tabel di Canva dengan beberapa pilihan cara berikut ini.

Bagi pemula, kami akan memberikan cara membuat tabel di Canva ini dengan sangat mudah.

Cara Membuat Tabel di Canva Manual

Cara membuat tabel di Canva pertama ini mungkin akan membutuhkan waktu sedikit lebih lama, karena memang kalian akan membuat tabel secara manual dengan memanfaatkan elemen-elemen yang disediakan oleh Canva.

Kedengarannya memang agak sulit, tetapi jika kalian belum mencobanya tidak akan tahu kalau sebernarnya ini juga mudah untuk kalian coba.

Berikut langkah-langkah cara membuat tabel di Canva.

  1. Buka halaman utama Canva lalu di sebelah kiri layar Canva kalian tab Elemen.
  2. Cari subbagian Bentuk dan kalian cari bentuk persegi boleh persegi panjang atau persegi lainnya sesuai yang kalian mau.
  3. Setelah kalian memilihnya, kalian bisa mengubah bentuk dengan cara menarik bilah putih di sudut persegi yang kalian pilih. Jika tidak terlihat karena ukurannya kecil kalian bisa memperbesar layar jendela proyek kalian.
  4. Setelah sel pertama selesai kalian buat, buat duplikatnya sebanyak yang kalian butuhkan. Tentukan berapa kolom yang kalian butuhkan.
  5. Duplikat sel kalian atur dalam barisan kemudian kalian susun bentuk tabel yang kalian inginkan.
  6. Setelah selesai membuat tabelnya, selanjutnya kalian buat baris Header dengan memberi warna baris tabel pertama lalu tambahkan label yang kalian mau.
  7. Berikutnya untuk menghindari elemen sel berpindah-pindah kalian bisa menyorot semua elemen yang ada kemudian tab ikon Kunci pada toolbar.
  8. Namun jika kalian ingin bisa mengeditnya, tab elemen tersebut lalu tab ikon Kunci sekali untuk membuka sisa templatenya.
  9. Selesai dan untuk menyimpannya kalian bisa tab toolbar Save As lalu pilih rekomendasi bentuk file dan tab Download

Sebenarnya cara membuat tabel di Canva ini sedikit lebih mudah karena kalian tidak perlu mengedit atau menghapus elemen yang tidak kalian inginkan. Hanya perlu membuat baris kolom kemudian duplikat dan tambahkan label.

Baca Juga: Aplikasi untuk Membuat Desain Banner di HP

Cara Membuat Tabel di Canva Menggunakan Template Kalender

cara membuat tabel di aplikasi canva

Secara tidak langsung sebenarnya pilihan template ini bukanlah yang paling ideal, tetapi jika kalian tidak ingin membuat tabel secara manual dari awal maka template kalender bisa menjadi pilihan kalian.

Kalian tidak akan terlalu mengalami kesulitan dan juga waktu yang cukup lama untuk membuat tabel. Meskipun mudah kalian juga akan tetap mengedit beberapa elemen sampai mendapatkan desain yang kalian mau.

Berikut langkah-langkah cara membuat tabel di Canva dengan template kalender.

  1. Masuk terlebih dahulu ke akun Canva kalian, pada halaman utama ketik pada kolom pencarian Calendar
  2. Setelah itu tunggu sampai semua template ditampilkan lalu pilih template yang kalian inginkan dengan tab template tersebut.
  3. Kemudian akan muncul jendela proyek dimana kalian bisa membuat tabel disana dengan memindahkan atau mengedit template yang sudah kalian pilih tadi.
  4. Kalian bisa menghapus beberapa elemen yang tidak kalian butuhkan, dengan tab elemen tersebut.
  5. Lalu jika ada elemen yang beegabung kalian tab Calendar atau Elemen agak lama dan pada toolbar kalian tab Ungrup Namun jika elemen tidak saling bergabung kalian bisa melewati langkah ini.
  6. Setelah kalian mengelompokkan elemen yang kalian inginkan, kalian bisa mendesain tabel yang kalian inginkan. Hapus elemen yang tidak kalian butuhkan.
  7. Selesai dan untuk menyimpannya kalian bisa tab toolbar Save As lalu pilih rekomendasi bentuk file dan tab Download

Meskipun cara membuat tabel di Canva ini kalian langsung menggunakan template yang ada, tetapi jika kalian perlu mengubah atau mengedit desain template juga akan memakan waktu yang cukup lama.

Cara Membuat Tabel di Canva Menggunakan Template Bagan

Untuk cara buat tabel di Canva ini sebenarnya juga hampir sama dengan menggunakan template kalender, tetapi kalian juga bisa menggunakan template Grafik di Canva. Cara membuat tabel di Canva ini juga sangat mudah sekali seperti langkah-langkah berikut ini :

  1. Pada halaman utama Canva lalu di sebelah kiri kalian tab menu Grafik
  2. Temukan desain template Grafik yang kalian butuhkan dan temukan yang bisa diedit.
  3. Jika sudah menemukan kalian tab pilihan tempalte kalian dan kalian bisa mengubah atau mengeditmya sesuai dengan yang kalian mau.
  4. Jika sudah selesai mengedit kalian bisa menyimpannya dengan tab toolbar Save As lalu pilih rekomendasi bentuk file dan tab Download

Ini juga bisa menjadi pilihan ideal kalian meskipun untuk mengeditnya juga membutuhkan waktu yang agak lama.

Cara Membuat Tabel di Canva dengan Ukuran Sel Sama

Untuk membuat tabel dengan ukuran sel yang sama caranya juga sangat mudah sekali, langkah-langkahnya kalian bisa mengikuti saat membuat tabel menggunakan kalender hanya saja saat ke langkah mengedit sel atau elemen, buat ukuran elemen sama satu dengan lainnya. Sehingga ukuran sel pada tabel kalian tidak akan ada yang berbeda.

Cara Membuat Tabel di Canva dengan Ukuran Sel Bervariasi

Untuk membuat cara membuat tabel di Canva dengan sel tabel yang bervariasi, caranya juga sama dengan langkah-langkah membuat tabel dengan bentuk sel sama. Hanya saja pada ukuran setiap sel atau elemen kalian bisa membuatnya berbeda-beda antara sel satu dengan yang lainnya. Caranya dengan menarik bilah putih di ujung setiap elemen.

Untuk bisa menambahkan tulisan atau teks di setiap sel caranya kalian tab elemen kemudian pada toolbart kalian tab ikon T untuk menuliskan kata yang kalian butuhkan. Semua design template yang kalian pilih tadi jika kalian sudah selesai mengerjakannya file design kalian akan tersimpan di menu Designs.

Setelah kalian mengetahui beberapa cara membuat tabel di Canva di atas, selanjutnya kalian bisa untuk mencoba mempraktikkan di akun Canva kalian.

Jika belum punya Canva kalian bia mengunduhnya di toko aplikasi Playsotre atau Appstore. Buat design dan pilih template yang desediakan secara gratis oleh Canva, jika ingin lebih banyak menikmati lebih banyak design template serta fitur-fitur baru kalian bisa berlanggan menggunakan Canva Pro.

Selamat mencoba dan buat design unik versi kalian sendiri. Jangan lupa share artikel cara membuat tabel di Canva ini supaya bisa bermanfaat untuk orang-orang disekitar kalian.

Jika ada yang kalian tanyakan tinggalkan komentar di kolom yang kami sediakan. Terima Kasih sudah membaca.

error: This content is protected by DMCA