Cara Membuat Video Literasi dengan Mudah

Akhir akhir ini video literasi cukup trend di berbagai sosial media. Misalnya saat kita membuka Instagram, kita akan menemukan banyak sekali video literasi dari berbagai akun Instagram. Tak hanya di Instagram, pasti kalian juga pernah menemui video literasi di whatsapp misalnya seperti story teman kalian. Dengan trendingnya video literasi, pasti kalian pernah terlintas untuk membuatnya. Lalu bagaimana cara membuat video literasi yang mudah? kali ini kami akan memberikan beberapa cara yang pastinya mudah digunakan. Tak perlu ribet menggunakan pc, karena cara yang kami sajikan dibawah ini hanya menggunakan smartphone.

Cara Membuat Video Literasi

Cara membuat video sebenarnya susah susah gampang, karena diperlukan ide kreatif untuk membuatnya bagus. Tak hanya itu, pemilihan aplikasi yang digunakan juga sangat berpengaruh. Karena setiap aplikasi mempunyai kegunaan dan keunggulan yang berbeda-beda.

  • Jika ingin membuat video literasi puisi atau lagu dengan background foto atau video, kami lebih menyarankan menggunakan
  • Jika ingin membuat video literasi yang digunakan untuk Instagram, kami merekomendasikan menggunakan Zeotropic, Unfold dan InShot.

Cara Membuat Video Literasi Menggunakan Kinemaster

Kinemaster merupakan salah satu aplikasi edit video yang cukup banyak digunakan, karena mempunyai fitur yang lengkap dan cara penggunaanya mudah. Video literasi juga dapat dibuat dengan menggunakan aplikasi ini, berikut Langkah-langkahnya :

  1. Install Kinemaster melalui Google Play Store
  2. Pilih rasio video yang kalian inginkan, bisa landscape (16:9), Potrait (9:16) atau persegi (1:1)
  3. Setelah itu import video atau foto yang ingin kalian jadikan background
  4. Potong durasi video yang kalian inginkan, jika gambar tinggal tarik ujung gambar pada tracking video untuk menentukan durasinya.

Cara Membuat Video Literasi dengan Kinemaster

  1. Masukkan music yang ingin kalian gunakan sebagai backsound dengan cara pilih icon music dan klik tombol +. Jangan lupa potong music yang tidak dibutuhkan
  2. Jika kalian menggunakan video sebagai background dan ingin menggunakan music yang berbeda dari video asli, kalian harus mute atau hilangin music dari video aslinya terlebih dahulu dengan cara pilih video pada track dan cari icon speaker dan ubah volumenya dari 100% menjadi 0%
  3. Tambahkan teks yang kalian inginkan dengan pilih layer (lapisan) teksketikkan teks yang kalian inginkan. Kalian dapat mengatur durasinya dan juga beberapa opsi untuk memperindah teks seperti gaya tulisan, efek animasi, opacity, bayangan dan masih banyak pengaturan lainnya yang dapat kalian pelajari sendiri agar video kamu terkesan menarik.

Cara Membuat Video Literasi dengan Kinemaster

  1. Setelah selesai mengedit, kalian dapat menyimpan dengan pilih tombol keluarpilih project kalianpilih tombol berbagi
  2. Akan disajikan beberapa pengaturan, atur resolusi FHD 1080 dan frame rate 30. Kalian dapat melakukan setting bitrate video. Semakin tinggi bitrate video maka kualitas video akan bagus dan file akan berukuran besar, berlaku sebaliknya.
  3. Setelah itu pilih tombol export dan video kalian akan otomatis tersimpan di smartphone.

Cara Membuat Video Literasi dengan Kinemaster

Cara Membuat Video Literasi Untuk Instagram

Instagram menjadi sosial media yang paling sering digunakan nomer 2 setelah whatsapp. Dengan pengguna yang begitu banyak, Instagram semakin hari semakin berkembang antara lain munculnya trend video literasi. Ternyata masih banyak pengguna Instagram yang belum mengetahui cara membuat video literasi untuk Instagram. Oleh karena itu kami disini akan memberikan beberapa rekomendasi aplikasi yang harus  diinstall beserta caranya.

Sebelum itu alangkah baiknya kalian mengetahui ukuran gambar dan video untuk instagram agar video kalian tidak terpotong. Jika terdapat foto yang mungkin akan kalian gunakan sebagai bahan membuat video literasi, kalian dapat menemukannya dengan cara mengembalikan foto yang terhapus di Instagram.

  1. Menggunakan InShot

Salah satu aplikasi yang ringan untuk membuat video literasi yaitu InShot. Pada aplikasi ini kalian dapat memberikan teks, menambahkan music, dan masih banyak lagi. Berikut cara membuat video literasi menggunakan InShot yang cocok untuk Instagram :

  1. Instal InShot melalui Google Play Store
  2. Buka aplikasinya dan Create New Video
  3. Pilih video atau foto yang ingin kalian jadikan background
  4. Jika mengimport video, potong durasi video yang kalian inginkan (dapat langsung mengimport beberapa file sekaligus)
  5. Setelah selesai memilih file, pilih tombol centang
  6. Kalian akan disajikan beberapa tool, pilih tool canvas terlebih dahulu untuk menentukan besar video kalian. Dalam tool canvas terdapat pengaturan rasio dan frame, tentukan pilihan kalian sendiri.

Menggunakan InShot

  1. Masukkan music yang ingin kalian gunakan sebagai backsound dengan cara pilih tool music dan klik tombol tracks +. Terdapat 3 tab yaitu featured, my music, dan effect. Jika ingin mengimport music dari penyimpanan kalian, pilih my musictentukan lagupilih use. Jangan lupa potong music yang tidak dibutuhkan dengan split
  2. Jika kalian menggunakan video sebagai background dan ingin menggunakan music yang berbeda dari video asli, kalian harus mute atau hilangin music dari video aslinya terlebih dahulu dengan cara pilih track video kalian dan ubah volumenya dari 100% menjadi 0%

Menggunakan InShot

  1. Tambahkan teks yang kalian inginkan dengan pilih tool teksketikkan teks yang kalian inginkan. Kalian dapat mengatur beberapa opsi untuk memperindah teks seperti ukuran tulisan, gaya tulisan, warna, serta efek animasi in dan out. Setelah selesai, pilih tombol centang
  2. Atur durasinya teks dengan menarik icon < dan >. jika ingin menambahkan teks lagi pilih tool T+.
  3. In Shot mempunyai beberapa tool lain yang dapat membuat video kalian lebih menarik seperti memperlambat video agar terlihat cinematic, rotate video, flip video dan masih banyak lagi.
  4. Setelah dirasa video kalian terlihat bagus dan sudah sesuai keinginan, simpan video dengan pilih tombol save pada pojok kana atas. Pilih kualitas video, kami merekomendasikan 1080p. Tunggu prosesnya karena InShot akan melakukan converting video kalian. Setelah selesai, pilih tombol centang

Menggunakan InShot

  1. Menggunakan Zeotropic

Zeotropic merupakan salah satu aplikasi yang cukup menarik, aplikasi ini dapat membuat seolah-olah objek dalam foto bergerak. Belakangan ini aplikasi ini cukup trending terutama pada pengguna inistagram, karena banyak penggunanya yang membuat insta story dari hasil aplikasi ini. Bagi kalian yang belum mengetahui, berikut adalah Langkah-langkahnya :

  1. Install Zeotropic melalui Google Play Store
  2. Masuk ke aplikasi tersebut lalu tekan pada bagian tengah dan pilih galeri kemudian pilih foto yang ingin kalian edit
  3. Setelah itu beri nama pada memori baru kalian. Nama memori baru disini maksudnya adalah nama project zeotropic kalian.

Menggunakan Zeotropic

  1. Kalian akan masuk ke halaman pengeditan gambar, pilih tool yang sudah disediakan dan gerakkan sesuai keinginan kalian.
  2. Apabila telah selesai mengedit gerakan, kalian dapat menekan tombol play untuk memainkan video. Jika video masih belum sesuai keinginan, kalian dapat mengedit gerakan lagi. Ulangi cara tersebut hingga mendapatkan gerakan video yang bagus.
  3. Kalian juga dapat menambahkan teks dan lagu dengan pilih tool Teks atau Audio

Menggunakan Zeotropic

  1. Apabila dirasa sudah bagus dan sesuai keinginan, kalian dapat menyimpannya dengan pilih tombol titik tiga di pojok kanan atas – Simpan/Ekspor Video
  2. Pada halaman Simpan/Ekspor Video, kalian dapat melakukan pengaturan video seperti kecepatan, perulangan, waktu video, dan resolusi. Atur hal tersebut sesuai keinginan.
  3. Jika sudah selesai mengatur, pilih simpan dan akan disajikan 2 pilihan format file gif atau mp4. Gif adalah format untuk foto yang bisa bergerak, sedangkan mp4 adalah format untuk video.
  4. Setelah memilih format file, tunggu zeotropic merender project kalian. Setelah proses selesai file akan otomatis tersimpan di galeri kalian.

Menggunakan Zeotropic

  1. Menggunakan Unfold

Unfold adalah sebuah aplikasi untuk grid Instagram agar telihat lebih keren, berbagai grid dapat kalian dapatkan disini. Jadi aplikasi ini sebenarnya bukan untuk membuat video literasi, melainkan hanya memperindah video agar terlihat lebih menarik. Berikut Langkah-langkah menggunakan unfold :

  1. Install Unfold melalui Google Play Store
  2. Setelah masuk ke aplikasi langsung saja pilih tombol +
  3. Lanjutkan dengan memberi nama story kalian, dan pilih create story
  4. Akan ditampilkan lembaran putih kosong, pilih tombol + dan tentukan desain layout yang menurut kalian paling bagus. Kami merekomendasikan layout yang mempunyai satu teks dan satu video atau gambar

Menggunakan Unfold

  1. Setelah itu impor foto atau video dengan menekan pada kotak yang disediakan
  2. Piih foto atau video kalian
  3. Edit teks sesuai keinginan dengan double tap pada teks. Kalian juga dapat mengganti jenis font, ukuran font, warna font dan masih banyak lagi.
  4. Tak hanya itu, Unfold mempunyai fitur preview (icon mata) dan edit (icon pensil). Pada icon pensil kalian dapat mengedit seperti warna background, menambahkan text box, sitcker, dan masih banyak lagi.
  5. Setelah dirasa cukup bagus, kalian dapat melakukan save dengan pilih icon save pada pojok kanan atas, dan pilih story lalu to device. Gambar akan otomatis tersimpan di hp kalian dan siap digunakan untuk story Instagram.

Menggunakan Unfold

Sebenarnya masih banyak aplikasi lain yang dapat kalian gunakan untuk membuat video literasi, akan tetapi kami lebih merekomendasikan menggunakan aplikasi diatas yang sudah terbukti dapat membuat video literasi dan cara penggunaanya cukup mudah dan tidak terlalu rumit.

Itulah tutorial tentang cara membuat video literasi dengan mudah. Sekarang kalian dapat membuat video literasi yang diinginakan, dan menjadikan postingan kalian di sosial media terlihat lebih keren. jika terdapat hal yang kurang jelas, kalian dapat menanyakan melalui kolom komentar dibawah ini.

Tinggalkan komentar