Cara Membuka Word Yang Terkunci

Untuk mengamankan sebuah file word, kalian bisa menguncinya dengan beberapa cara, terlebih jika file tersebut berisi tentang informasi penting yang tidak ingin diketahui oleh orang lain. Jika kalian ingin membuka kunci dari file tersebut, saya akan memberikan cara membuka word yang terkunci.

Mungkin banyak dari kalian yang ingin membuka file tersebut karena lupa dengan password dan sebagainnya. Untuk itu baca artikel ini agar kalian bisa membuka file yang terkunci.

Apakah Bisa Membuka Word yang Terkunci?

Berdasarkan pengalaman saya, sampai saat ini saya masih tidak dapat membuka file word yang terkunci. Akan tetapi teman saya bilang bahwa dia pernah membuka file word yang terkunci.

Setelah mendengar hal tersebut saya langsung pergi ke internet dan mencari cara membuka file word yang terkunci. Ternyata setelah saya mencobanya, tetap tidak dapat membuka file word yang terkunci tersebut.

Akan tetapi saya mencoba membagikan cara membuka word yang terkunci yang saya dapatkan. Mungkin saja cara ini tidak bisa saya gunakan, sedangkan kalian dapat membuka file word dengan cara dibawah ini.

Cara Membuka Word Yang Terkunci

Bagi kalian yang menjadi Mahasiswa, Guru, atau profesi yang lainnya, pasti pernah mengunci sebuah  file. Hal tersebut bertujuan untuk mencegah orang lain agar tidak melihat atau tidak di plagiasi isi dari file tersebut. Namun kalian pasti bingung, jika membutuhkan file tersebut tetapi file tidak bisa dibuka karena lupa password atau masalah lainnya. Untuk itu, saya akan memberikan tips cara membuka word yang terkunci. Berikut adalah langkah-langkahnya.

Baca Juga : Cara Membuat Bagan Organisasi

Cara Membuka Word yang Terkunci Menggunakan Wordpad

Wordpad merupakan sebuah software yang bisa digunakan untuk menulis dan membuat teks yang sudah dilengkapi dengan berbagai fitur. Perhatikan langkah ini agar kalian bisa membuka word yang terkunci.

  1. Buka file word kalian yang terkunci tersebut pada laptop atau komputer
  2. Kemudian “save as” dan ubah format menjadi “rtf” atau “rich text format”

Cara Membuka Word yang Terkunci

  1. Jika sudah, cari kembali file yang sudah tersimpan dengan format rtf atau rich text format kemudian klik kanan dan pilih “open with wordpad”
  2. Otomatis file kalian yang terkunci tadi sudah bisa terbuka kembali
  3. Selesai

Apakah kalian mengalami kesulitan? Baca dengan seksama agar kalia bisa memahaminya dengan baik dan benar.

Cara Membuka Word yang Terkunci Menggunakan Google Drive

Cara selanjutnya tidak kalah mudah dengan yang di atas, yaitu dengan menggunakan google drive. Hanya dengan beberapa langkah saja kalian sudah bisa membuka file word yang terkunci. Dan pastikan laptop atau komputer kalian sudah tersambung pada internet.

  1. Sambungkan laptop atau komputer kalian pada wifi maupun data
  2. Masuk pada website google dive atau drive.google.com
  3. Setelah selesai login, pilih menu “new” kemudian dilanjutkan dengan “file upload”

Cara Membuka Word yang Terkunci lewat drive

  1. Cari file yang terkunci, kemudian klik dua kali, maka file tersebut otomatis sudah di upload pada google drive
  2. Jika sudah selesai cari file yang terkunci tersebut dalam drive google kalian, selanjutnya klik kanan pada file tersebut, kemudian pilih “open with” dan dilanjutkan dengan pilih “google docs”

Cara Membuka Word yang Terkunci menggunakan drive

  1. Secara otomatis file akan terbuka, selanjutnya pilih “file” yang ada di pojok kiri atas
  2. Pilih “download as” kemudian pilih “microsoft word (docx)”
  3. File akan terdownload, kemudian buka kembali file tersebut
  4. File yang terkunci sudah bisa dibuka kembali
  5. Selesai

Sangat simpel bukan? Itulah cara kedua sekaligus cara terakhir dalam membuka word yang terkunci. Hanya saja cara kali ini membutuhkan kuota internet, berbeda ketika menggunakan wordpad, kalian hanya membutuhkan laptop atau komputer saja. Intinya langkah pertama maupun langkah kedua semuanya sangat mudah untuk dipahami.

Itulah 2 cara membuka file word yang terkunci, yaitu dengan menggunakan wordpad dan google drive. Jika kalian gagal dalam percobaan pertama kalian bisa menggunakan cara yang kedua. Semua langkah yang tertulis sangat mudah, kalian bisa memilih mana saja yang diinginkan. Jangan lupa untuk share artikel ini jika menurut kalian bermanfaat. Dan untuk kritik sarannya, bisa kalian tulis pada kolom komentar yang telah tersedia di bawah ini. Terimakasih, selamat mencoba dan semoga bermanfaat!!

Tinggalkan komentar