Cara Memindahkan File dan Aplikasi ke Kartu SD

Masalah yang satu ini merupakan masalah yang sering dihadapi para pengguna android. Apalagi bagi mereka yang mempunyai hp dengan penyimpanan yang tidak terlalu besar. Penyimpanan yang penuh sangat berpengaruh bagi performa hp kalian. Biasanya hal yang terjadi pada hp dengan penyimpanan yang penuh adalah sering blank, lemot, dan beberapa aplikasi sering crash. Kartu SD hadir sebagai solusi bagi penyimpanan kalian yang penuh. Untuk itu kalian perlu mengetahui cara memindahkan file ke kartu sd agar dapat mengurangi kapasitas memori internal kalian.

Kartu SD merupakan penyimpanan eksternal yang dapat di gunakan untuk perangkat android sebagai penambah kapasitas memori. Kartu  SD sangat berguna bagi smartphone yang mempunyai sedikit memori internal. Agar tidak memberatkan memori internal beberapa file seperti video, foto, lagu, dan lainnya dapat kalian pindahkan ke kartu SD. Bahkan beberapa aplikasi dapat dipindah datanya ke Kartu SD.

cara Memindahakan file ke Kartu SD

Bagaimana Cara Memindahkan File ke Kartu SD?

Sebenarnya mudah saja, saat memindah file kalian cukup melakukan cut atau pindah. Sedangkan saat memindah data aplikasi cukup memanfaatkan fitur di pengaturan. Untuk cara yang lebih detailnya, perhatikan beberapa cara di bawah ini.

Cara Memindahakan File dari Internal ke Kartu SD

Cara memindahkan file ke kartu SD merupakan sebuah hal yang sangat gampang. Kalian hanya perlu menggunakan file manager bawaan hp kalian. Berbeda merek hp, penamaannyapun berbeda. Nama lain dari file manager adalah pengelola file, penyimpanan file, file explore, dan lain lain. Meskipun mempunyai nama yang berbeda, fungsi dari aplikasi tersebut sama yaitu mengelola penyimpanan telepon baik internal maupun eksternal. Kalian juga dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga dari play store yang mempunyai fungsi hampir sama dengan file manager.

Pada aplikasi file manajer kalian dapat melakukan memindah, menyalin, ganti nama, dan masih banyak lagi. Tapi pada kesempatan kali ini, kami akan memberitahu cara memindahkan file dari Internal ke Kartu SD dengan benar. Pada tutorial kali ini gambar yang kami sematkan berasal dari hp OPPO. Jadi mungkin tampilannya akan sedikit berbeda dengan smartphone kalian. Tapi kalian dapat memahami maksud dari langkah demi langkah dan menerapkannya pada smartphone kalian. Berikut adalah caranya:

  1. Masuk pada aplikasi File Manager.
  2. Pada tampilan awal, kalian akan melihat pengelompokan file seperti video, foto, zip, audio, dan lain lain. Jika kalian masuk pada pengelompokan file tersebut kalian tidak dapat mendeteksi apakah file tersebut berada di Internal atau eksternal. Untuk itu kalian masuk pada Penyimpanan Internal yang menampilkan seluruh file yang berada pada memori internal.
  3. Cari file yang ingin kalian pindah. Jika kalian tidak tau pada file apa kalian menyimpannya, kalian dapat masuk pada pengelompokan file tadi dan lihat info pada file tersebut. Maka akan ditampilkan lokasi file. Cari lokasi file tersebut.
  4. Tandai jika kalian ingin memindahkan file lebih dari satu.
  5. Setelah file tertandai, Pilih Potong atau Pindahkan (Cut).
  6. Kalian akan disuruh untuk meletakkan lokasi file yang dipindahkan. Masuk ke Penyimpanan Kartu SD dan tentukan lokasi file yang diinginkan.
  7. Jika kalian sudah menemukan lokasi file yang kalian inginkan, pilih tempel (Paste)
  8. Setelah file kalian tempel, maka hp akan melakukan proses pemindahan. Jika file yang kalian pindahakan mempunyai ukuran besar, maka proses pemindahan akan memakan sedikit waktu.

Kalian dapat memindahakan semua ekstensi file dalam memori internal, kecuali sistem. Terdapat beberapa file jika dipindah di Kartu SD akan mengalami kerusakan.

Cara Memindahkan Aplikasi ke Kartu SD

Apakah kalian resah dengan penyimpanan internal yang penuh? Biasanya saat penyimpanan internal mulai penuh terdapat notifikasi yang mengharuskan penggunanya untuk menghapus beberapa file. Hal itu pasti sangat mengganggu. Mungkin salah satu penyebab memori internal penuh adalah banyaknya aplikasi yang terinstall pada hp kalian. Apakah aplikasi tersebut dapat dipindahkan ke kartu SD? Tentu saja bisa dengan mengetahui cara memindahakan aplikasi ke Kartu SD. Akan tetapi perlu dicatat bahwa tidak semua aplikasi dapat dipindahkan ke Kartu SD, terdapat beberapa aplikasi yang harus ditempatkan pada memori internal.

Perlu diketahu saat aplikasi ditempatkan di Kartu SD, akan terjadi beberapa penurunan performa aplikasi tersebut. Dan data yang pindahkan tidak 100 persen terpindah ke Kartu SD. Meskipun tidak terpindah secara full, akan tetapi hal tersebut dapat membantu mengurangi penuhnya kapasitas memori. Sebelum kalian mengerti cara memindahkan aplikasi ke Kartu SD, terlebih dahulu kalian harus mengunduh aplikasi di Play Store bernama AppMgr III untuk mengetahui aplikasi mana saja yang dapat dipindah ke Kartu SD. Setelah kalian mengunduhnya, berikut adalah caranya:

  1. Buka Settings atau Pengaturan.
  2. Pilih Manajemen Aplikasi.
  3. Cari dan pilih aplikasi yang ingin dipindahkan.
  4. Masuk pada pilihan Penyimpanan atau Storage.
  5. Klik pada pilihan Ganti atau Change, kemudian pilih pindah ke Kartu SD.
  6. Klik Pindah.
  7. Tunggu prosesnya sebentar, dan aplikasi akan terpindah dari internal ke Kartu SD.

Bagaimana? Mudahkan cara memindahkan aplikasi ke Kartu SD. Segera terapkan pada hp kalian, agar penyimpanan internal kalian longgar.

Cara Memindahkan Data Aplikasi ke Kartu SD

Aplikasi yang digunakan terus menerus akan menyimpan data yang banyak. Tidak dipungkiri hal tersebut merupakan salah satu penyebab penuhnya memori internal kalian. Biasanya data yang besar ditemukan pada aplikasi social media dan game. Untuk itu jika kalian menginginkan penyimpanan internal yang longgar, kalian harus mengetahui cara memindahkan data aplikasi ke Kartu SD.

Memindahkan data aplikasi ke Kartu SD harus menggunakan apllikasi pihak ketiga, aplikasi tersebut adalah  AppMgr III. Aplikasi ini membantu kalian untuk memindahkan data aplikasi yang berada di internal menuju ke Kartu SD. Kalian dapat mengunduhnya secara gratis di Play Store. Untuk cara menggunakannya sebagai berikut:

  1. Unduh dan Install Apliksi AppMgr III (App 2 SD)
  2. Setelah selesai proses instalasi, buka aplikasinya.
  3. Buka aplikasi pada tab Movable. Pilih aplikasi yang ingin kalian pindahkan datanya. Note: jika terdapat tanda silang kartu sd pada icon aplikasi, hal tersebut berarti aplikasi tidak dapat dipindahkan ke kartu sd.
  4. Pilih Pindahkan Apl.
  5. Pilih tombol segitiga pada bagian bawah, jangan lupa centang aplikasinya.
  6. Masuk pada pilihan Penyimpanan atau Storage.
  7. Klik pada pilihan Ganti atau Change, kemudian pilih pindah ke Kartu SD.
  8. Klik Pindah.
  9. Tunggu prosesnya sebentar, dan aplikasi akan terpindah dari internal ke Kartu SD.

Demikianlah ulasan tentang cara memindahkan file dan aplikasi ke Kartu SD. Dengan mengetahui cara ini, kalian dapat menurunkan kapasitas penggunaan memori internal. Cara ini dapat diterapkan pada semua merek smartphone, seperti Samsung, Oppo, Vivo, Xiaomi, dan lainnya.

Tinggalkan komentar