Penyebab dan Cara Memperbaiki Blender Keluar Percikan Api

Bagi kalian yang mempunyai blender yang mengeluarkan percikan api, baca artikel tips cara memperbaiki blender keluar percikan api berikut ini.

Saat kalian menggunakan blender untuk menghaluskan buah, kopi, kelapa atau benda lainnya pernah pada waktu mengganti kecepatan blender tetapi malah muncul percikan api.

Karena muncul percikan api itu membuat kaget dan juga takut, takutnya blender rusak sehingga tidak bisa dipakai lagi.

Padahal bisa jadi munculnya percikan api tersebut dikarenakan ada komponen pada blender yang bermasalah. Atau bisa juga karena usia pemakaian blender yang sudah lama.

Lalu apa penyebab dan bagaimana cara memperbaiki blender keluar percikan api? Berikut penjelasan detailnya.

Penyebab Blender Keluar Percikan Api

Berputarnya mesin pada blender didasarkan pada prinsip gaya tarik menarik dan tolak menolak antar magnet yang terbentuk pada kumparan rotor dan stator.

Pemicu blender muncul percikan api ketika digunakan untuk memblender adalah ketika posisi carbon brushed tidak tegak lurus dengan permukaan komutator atau permukaan komutator yang sudah tidak rata lagi.

Atau juga bisa disebabkan karena longgarnya carbon brushed atau bagian per pada carbon brushed yang kurang menempel.

Akibatnya jika hal ini terjadi maka blender akan menjadi panas akibat putarannya yang tersendat. Kondisi lainnya juga disebabkan karena sikat yang sudah lelah (fatigue) atau getas.

Setelah mengetahui penyebabnya, lalu bagaimana cara memperbaiki blender keluar percikan api?

Cara Memperbaiki Blender Keluar Percikan Api

Jika percikan api muncul dikarenakan carbon brushed bermasalah maka kalian harus mengganti carbon brushed yang baru.

Jika untuk bagian per pada carbon brushed kurang menempel karena longgar maka juga perlu diganti dengan yang baru.

Carbon brushed dan per dijual sepaket, jadi kalau beli salah satu tidak bisa. Untuk harganya sekitar Rp.70.000-Rp.80.000. Jika kalian tidak bisa memperbaiki sendiri, jangan pernah coba-coba lebih baik dibawa ke teknisi service ahli.

Untuk menghindari munculnya percikan api pada blender kalian bisa melakukan pengecekan pada blender, seperti dibawah ini :

  1. Untuk carbon brushed pastikan kodisi pada sikat-sikatnya dalam kondisi yang baik, tidak terasa getas atau ada retakan pada permukaan sikat.
  2. Posisi permukaan sikat harus tegak lurus dengan komutator, jika ada sedikit pergeseran atau perubahan posisi maka kalian harus melakukan pembenahan posisinya dengan hati-hati. Jangan sampai dudukan sikat patah.
  3. Permukaan komutator seharusnya halus, jika ditemukan cekungan atau gompalan pada permukaan komutator maka harus dilakukan penggantian komutator agar blender tetap berfungsi dengan baik.

Selain melakukan cara memperbaiki blender keluar percikan api dengan pengecekan pada komponen di atas. Untuk mencegah munculnya percikan api, kalian juga harus merawat blender dengan baik serta selalu memberaihkannya ketika selesai dipakai. Jangan lupa juga cek pada bagian motor listrik blender.

Demikian pembahasan cara memperbaiki blender keluar percikan api kali ini, semoga bermanfaat. Jangan lupa share pada platform sosial media yang kalian miliki. Jika ada yang kurang paham tinggalkan komentar di kolom yang telah kami sediakan.

Leave a Comment

error: This content is protected by DMCA