Penyebab dan Cara Memperbaiki Blender Yang Tidak Bisa Berputar

Blender yang tidak bisa berputar merupakan sebuah masalah yang sering terjadi pada blender. Berikut ini cara memperbaiki blender yang tidak bisa berputar.

Siapa yang tidak memiliki Blender? Saat ini blender menjadi alat kebutuhan dapur yang sangat diperlukan para ibu rumah tangga.

Banyak bumbu-bumbu dapur yang harus diuleg dahulu menggunakan cobek sebelum adanya blender. Kebanyakan bahan yang bertekstur keras yang bisanya harus dihaluskan dahulu.

Tetapi keberadaan blender tidak hanya untuk itu saja, blender juga bisa digunakan untuk membuat jus buah sehat atau berbagai bumbu halus masakan.

Penggunaannya yang praktis dan mudah, membuat para ibu rumah tangga sangat menyukai alat ini.

Jika terlalu sering dipakai yang namanya barang elektronik pasti ada tanda-tanda kerusakan, terlebih pemakaiannya yang terkesan sembrono dan kurang hati-hati. Salah satu kerusakan yang sering terjadi adalah blender tidak bisa berputar.

Lalu kenapa blender yang tidak bisa berputar? Berikut akan kami jelaskan secara detail dan bagaimana cara memperbaiki blender yang tidak bisa berputar.

Penyebab Blender Tidak Bisa Berputar

Blender sendiri terdiri dari 3 macam komponen utama yaitu kabel, bagian atau wadah untuk meletakkan bahan dan motor listrik yang menggerakkan mata pisau. Penyebab rusaknya kebanyakan adanya kemacetan dari motor listrik sehingga tidak mau berputar.

Terkadang juga karena motor listrik yang terkena air juga bisa menyebabkan kerusakan. Terlalu memaksa untuk menghaluskan bahan yang terlalu keras juga bisa merusak mata pisau maupun motor listrik blender.

Ada juga dikarenakan banyaknya kotoran yang menempel menyebabkan bagian terminal blender mengalami kemancetan, seharusnya mesin dapat berputar karena tersumbat kotoran jadi tidak berputar seperti biasanya.

Baca juga: Cara Memperbaiki Blender Philips

Cara Memperbaiki Blender Tidak Bisa Berputar

Lalu bagaimana cara memperbaiki blender yang tidak bisa berputar? Apakah ada solusi untuk memperbaikinya lagi supaya bisa digunakan seperti biasanya? Berikut beberapa cara yang bisa kalian coba:

  1. Periksa Kabel Blender

Biasanya saat kabel blender bermasalah saat di tekan tombol on tentu saja blender tidak akan berputar. Maka dari itu periksalah bagian kabel blender apakah ada yang putus atau konslet. Terkadang saat akan menyolokkan di stopkotak tidak kelihatan atau spontan saja sehingga tidak sadar.

Jika ditemukan indikasi bahwa kabel putus atau konslet maka perbaiki dahulu ganti dengan yang baru. Namun jika sudah diganti tetapi tetap tidak berputar bisa kalian ganti dicolokkan di stopkontak yang lain. Jika tetap saja tidak berputar maka daya listrik di rumah kalian sedang down atau turun sehingga peralatan elektronik tidak akan bisa dinyalakan.

  1. Perbaiki Dinamo Blender

Jika dinamo blender yang bermasalah, itu bisa menyebabkan mata pisau tidak bisa berfungsi. Karena Dinamo yang terletak pada motor listrik berfungsi sebagai pusat energi yang menggerakkan mata pisau blender.

Jika dinamo mengalami kerusakan maka cara memperbaiki blender yang tidak bisa berputar dengan membuka mesin motor blender untuk mengeceknya.

Jika masih bisa diberpaiki maka bisa diperbaiki dinamonya, namun jika sudah diperbaiki tetap tidak bisa maka harus diganti dengan yang baru.

  1. Bersihkan Kotoran pada Terminal atau Bilah Blender

Saat memblender bahan makanan terkadang ada beberapa sisa bahan makanan tersebut masuk ke dalam terminal atau bilah blender. Sisa tersebut akhirnya menjadi kotoran yang menyebabkan mesin macet.

Untuk membersihkannya kalian harus membuka pelat plastik yang menutupi rumah blender dan tombol saklar sehingga sekrup yang menahan penutup rumah saklar terbuka.

Lepaskan sekrup yang memasang pelat rumah. Bersihkan kotoran yang berada di kotak, lubang dan terminal blender. Bersihkan kotoran dengan benar-benar bersih.

Baca Juga: Cara Memperbaiki Blender Keluar Percikan Api

  1. Periska Sekring Blender Rusak atau Tidak

Jika sekring blender yang mengalami kerusakan, maka kalian bisa melakukan pengecekan dan pengujian sekring pada tukang service yang lebih berpengalaman.

Dari hasil pengecekan jika harus mengganti sekring baru maka carilah yang ukurannya sesuai dengan blender kalian. Terkadang meskipun beda merk tetapi cocok tidak masalah tetap dipakai.

  1. Ganti Mata Pisau dengan yang Baru

Mata Pisau pada blender memiliki batas waktu penggunaanya, semakin sering digunakan mata pisau akan semakin berkurang ketajamannya dan bisa juga mengalami karat.

Saat mata pisau mengalami karat tentu saja akan seret atau terhambat dalam berputar.

Jika mata pisau sudah seperti itu maka cara memperbaiki blender yang tidak bisa berputar  adalah kalian harus segera menggantinya dengan mata pisau yang baru.

  1. Ganti Gerigi Kopel yang Sudah Aus

Jika dinamo blender tetap bisa berputar, tetapi kenapa mata pisau tidak berputar? Hal ini bisa disebabkan karena gerigi kopel sudah aus karena saking seringnya digunakan. Ausnya gerigi kopel bisa menyebabkan mata pisau tidak nyangkut pada gerigi kopel akhirnya tidak bisa berputar.

Maka dari itu perlu dilakukan penggantian gerigi kopel yang baru, bawa saja pada tukang service agar diperbaiki.

Saat menemui indikasi bahwa blender mengalami kerusakan, maka hal pertama yang harus dilakukan tentu saja cek bagian kabel. Jika kabel tidak bermasalah tentu komponen lainnya yang mengalami masalah dan jangan panik dahulu.

Jika kalian bisa memperbaiki blender yang tidak bisa berputar sendiri maka coba untuk diperbaiki dahulu, jika tidak bisa langsung saja kalian bawa pada tukang service ahli.

Cara memperbaiki blender yang tidak bisa berputar juga perlu membutuhkan waktu yang tidak sebentar jadi kalian harus menunggu untuk beberapa hari sampai selesai di service.

Selesai sampai disini ya pembahasan tentang cara memperbaiki blender tidak bisa berputar kali ini, semoga bisa membantu dan bermanfaat untuk kalian.

Jangan lupa bagikan melalui platform sosial media yang tersedia dibawah ini. Tinggalkan komentar atau pertanyaan di kolom yang telah disediakan jika ada yang kurang kalian pahami.

Leave a Comment

error: This content is protected by DMCA