Panduan Lengkap Cara Memperbaiki Kipas Angin Mati Total atau Rusak

Kipas angin yang mati total ternyata dapat kalian perbaiki sendiri lo. Baca artikel cara memperbaiki kipas angin mati total atau rusak berikut ini untuk info lengkapnya.

Sebagai negara tropis dengan suhu yang hangat dan panas, jika musim kemarau tidak salah jika kipas angin masih banyak ditemukan hampir di setiap rumah tangga.

Kipas angin menjadi pilihan karena memang tidak membutuhkan daya listrik yang besar jadi lebih hemat daripada menggunakan AC.

Perawatannya yang mudah, bentuknya yang praktis dengan berbagai macam ukuran yang cocok dengan bentuk ruangan apapun. Kecepatan putaran baling-baling kipas yang bisa diatur sesuai kebutuhan juga menjadi alasan kenapa kipas angin masih banyak yang memakai.

Untuk keawetannya jangan salah, banyak kipas bisa bertahan sampai 10 tahunan lo asalkan dirawat dengan baik. Tetapi jika sudah tiba masanya, kerusakan yang terjadi pada kipas angin tidak bisa dihindari. Terlepas kipas dari merk apapun pasti akan mengalami masa ini.

Lalu apa penyebab kipas angin mati total? Pastinya kipas angin yang mati total disebabkan oleh komponen yang rusak. Berikut ini cara memperbaiki kipas angin mati total atau rusak.

Baca Juga: Cara Memperbaiki Kipas Angin Tanpa Kapasitor

Cara Memperbaiki Kipas Angin Mati Total

Cara memperbaiki kipas angin mati total berikut ini dapat kalian terapkan pada beberapa merek seperti cosmos, miyako, sekai dan masih banyak lagi.

  1. Periksa Kerusakan Menggunakan AVO

Kipas angin yang mati total memang biasa sering terjadi dan bisa disebabkan karena ada permasalahan pada kabelnya yang putus.

Jadi cara memperbaiki kipas angin mati total atau rusak tersebu perlu dilakukan pemeriksaan dan pengukuran terlebih dahulu sebelum itu dengan menggunakan alat bernama multimeter atau AVO meter.

Alat ini akan membantu dengan menjadi acuan menemukan bagian kipas angin mana yang mengalami kerusakan.

Sebelum itu lakukan pemerikasaan pada bagian kabel instalasi listrik, kemungkinan pada steker listrik kabelnya ada yang terputus. Pastikan juga dengan cek kondisi saklar atau selector switch untuk memilih kecepatan kipas angin masih berfungsi dengan baik.

  1. Periksa Motor Dinamo

Jika pemeriksaan tidak ditemukan kerusakan sama sekali, dipastikan yang mengalami kerusakan pada motor dinamo ada coilnya yang putus atau thermofuse bisa juga disebut sekring yang rusak.

Untuk kerusakan pada coil dinamo karena putus juga maka cara memperbaiki kipas angin mati total tersebut harus ganti dinamo yang baru.

Tetapi hal ini juga sangat jarang terjadi, karena motor dinamo dilindungi thermofuse saat terjadi overheat sehingga arus listrik akan langsung terputus jika thermofuse rusak.

  1. Periksa Thermofuse

Kalau motor dinamo pasti sering kalian dengar fungsinya, bagaimana dengan thermofuse? Masih asing mungkin bagi beberapa orang.

Jadi Thermofuse itu memiliki fungsi sebagai pengaman dari suhu berlebih (overheat) yang bekerja mirip dengan sekring pengaman hanya saja jika sekring akan memutus aliran listrik jika suhu berlebih namun thermofuse akan putus dan rusak ketika menerima suhu melebihi batas yang ditentukan.

Thermofuse ini hanya bisa dipakai satu kali saja, jadi jika sudah putus dan rusak wajib diganti dengan yang baru. Thermofuse terletak di sekitar gulungan coil pada bodi motor dinamo dipasangkan juga coil sehingga jika terjadi overheat akan langsung terputus.

Karena berada di dalam motor dinamo, untuk membuka covernya diperlukan alat khusus karena memang tidak mudah untuk membukanya. Kalian bisa menggunakan obeng plus untuk membukanya.

Setelah berhasil kalian buka, lakukan pengukuran pada thermofuse menggunakan multimeter yang sebelumnya sudah kalian pakai untuk cek kabel instalasi. Caranya dengan atur posisi saklar x1 atau x10 langsung posisikan kedua probe pada masing-masing kaki thermofuse.

Kondisi thermofuse yang baik bisa dilihat jika jarum pada multimeter bergerak dan muncul bunyi. Namun, jika jarum pada multimeter tidak bergerak bisa dipastikan thermofuse mengalami kerusakan dan harus diganti dengan yang baru.

Harga thermofuse sendiri tidak mahal, jadi tenang saja. Harganya mulai dari 3000-saja dengan arus yang paling kecil 2A. Untuk penggantian thermofuse kalian harus menyesuaikan suhu, tegangan dan kapasitas arusnya supaya tidak terjadi kerusakan yang sama dan merembet ke komponen lain yaitu dinamo.

Itu tadi cara memperbaiki kipas angin mati total, jika kalian tidak bisa memperbaiki sendiri lebih baik dibawa ke tukang service saja yang lebih ahli.

Cara Merawat Kipas Angin Agar Awet

Keawetan barang elektronik bisa kalian lakukan dengan menggunakan dan merawatnya dengan baik agar panjang umur dan tidak rusak. Berikut beberapa tips yang bisa kalian coba:

  1. Bersihkan Kipas Angin Secara Berkala

Kotoran seperti dan debu sangat sering sekali ditemukan pada kipas angin. Kalian paling tidak membersihkannya seminggu sekali agar tidak menebal. Cukup dengan menggunakan kuas kecil dam serbet.

  1. Gunakan Jeda Pemakaian Kipas Angin

Dalam pemakainnya gunakan jeda ya, misal dipakai dalam 2 jam matikan dahulu tunggu sampi mesin motor dingin kembali. Lalu bisa kalian pakai kembali.

  1. Jangan Gunakan Terlalu Kasar

Penggunaan secara kasar juga bisa membuat kipas angin menjadi macet, hal ini bisa diakibatkan karena sering mengganti kecepatan kipas.

  1. Pastikan Kondisi Kabel Instalasi

Pastikan kondisi kabel kipas angin kalian dalam kondisi baik ya. Jika ada yang mengelupas segera ganti dengan yang baru. Lakukan pengecekan minimal 1 minggu sekali.

  1. Hindari Terkena Air

Barang elektronik sangat rawan rusak jika terkena air, jadi hindarkan dari tempat yang ada airnya misalnya dari rembesan air hujan di plafon.

Pastikan kalian menjalankan tips di atas agar kipas tidak mudah rusak sehingga bisa awet dan tahan lama. Juga jika terlanjur mengalami kerusakan, maka kalian dapat melihat panduan cara mengatasi kipas angin mati total di atas.

Sampai disini pembahasan kita kali tentang cara memperbaiki kipas angin mati totalĀ  beserta tips merawat kipas angin agar awet. Semoga bermanfaat dan bisa membantu kalian.

Jangan lupa bagikan artikel ini. Tinggalkan komentar jika ada yang ingin kalian tanyakan pada kolom komentar yang tersedia.

Leave a Comment