Penyebab dan Cara Memperbaiki Kipas Angin Tidak Berputar [Mudah]

Kipas angin yang tidak bisa berputar tentu saja tidak dapat digunakan. Untuk itu kalian perlu mengetahui cara memperbaiki kipas angin tidak berputar.

Sebagai alat elekronik kipas saat ini masih banyak dipakai kalangan masyarakat. Kipas angin menjadi pilihan utama karena lebih hemat dan lebih murah dari AC. Meskipun udara yang dihasilkan tidak sesejuk AC ,kipas angin tetap menjadi primadona.

Selain itu kelebihannya tagihan listrik lebih murah daripada ketika menggunakan AC. Ukuran wattnya juga tidak terlalu besar jadi bagi yang menggunakan watt listrik 450 kipas angin adalah pilihan yang tepat.

Banyak merk yang sudah tersebar di pasaran Indonesia mulai dari dalam negeri sampai luar negeri. Tetapi untuk awet tidaknya tentu saja bagaimana kalian dalam memakainya.

Yang namanya barang elektronik tentu saja akan tiba masanya mengalami kerusakan dan salah satunya yang sering terjadi kipas angin tidak berputar.

Lalu apa penyebab kipas angin tidak berputar? Dan bagaimana cara memperbaiki kipas angin tidak berputar. Berikut ini akan kami berikan penjelasannya secara detail.

Baca Juga: Cara Memperbaiki Kipas Angin Tanpa Kapasitor

Penyebab Kipas Angin Tidak Berputar

Saat sedang gerah-gerahnya dan kalian menyalakan kipas angin tetapi tidak bisa berputar tentu akan sangat jengkel sekali. Seharusnya baling-baling bisa berputar ternyata hanya muncul dengung padahal tombol on offnya berfungsi. Ada beberapa penyebab kipas angin tidak berputar.

  • Bearing atau Bushing Aus

Bushing yang aus disebabkan karena usia pemakain kipas yang sudah sangat lama. Semakin lama ukurannya akan berkurang akhirnya aus.

  • Kapasitor Kipas Anging Melemah

Hal ini disebabkan karena usia kipas, melemahnya kapasitor ditandai cairan elektrolit yang mengering pada bagian fisik mengembung. Tetapi secara fisik kapasitor tidak mengembung.

  • Dinamo atau As Motor Kotor

Semakin lama dipakai maka akan banyak debu yang menempel pada bagian dinamo sehingga menghambat berputarnya baling-baling. Tidak hanya debu terkadang juga gumpalan rambut juga.

Mengeringnya pelumas pada dinamo juga menjadi sebab kipas angin sulit berputar.

  • As Motor dengan Stator Tidak Tengah-Tengah

Ini ditandai karena bagian depan dan belakang motor sudah penyok sehingga akhirnya menempel pada stator.

Itulah penyebab kipas angin tidak berputar. Setelah kalian menemukan penyebabnya, kalian dapat mengatasi dengan panduan cara memperbaiki kipas angin tidak berputar berikut ini.

Cara Memperbaiki Kipas Angin Tidak Berputar

Saat kipas angin kalian tidak bisa berputar maka kalian harus segera mengecek kondisi kipas, setelah diketahui penyebabnya lalu bisa menentukan langkah untuk memperbaikinya.

Berikut ini cara memperbaiki kipas angin tidak berputar :

  1. Tentu saja kalian siapkan alat yang dibutuhkan yaitu obeng.
  2. Siapkan juga kain, kuas kecil, dan pelumas.
  3. Bongkar kipas angin, baik bagian baling-baling dan bagian penutup dinamo.
  4. Lepaskan semua baut dengan hati-hati.
  5. Setelah selesai membuka penutup dinamo, selanjutnya buka baut lalu keluarkan as motor dan stator.
  6. Lakukan secara perlahan dan hati-hati agar gulungan tidak terlepas.
  7. Lakukan pengecekan pada dinamo apakah bushing mengalami aus. Caranya dengan kalian lihat secara langsung dengan mata atau bisa juga dengan memasukkan as motor pada bushing lalu goyang-goyangkan ke kanan dan ke kiri secara bergantian.
  8. Jika longgar berarti buring sudah aus dan waktunya ganti dengan yang baru.
  9. Lepaskan bushing yang sudah longgar, lalu ganti dengan yang baru kemudian pasangkan kembali pada motor dinamo.
  10. Selesai mengganti bushing, berikutnya bersihkan kotoran-kotoran disrkitar bearing baik debu atau gumpalan rambut menggunakan kain bisa juga memakai kuas kecil untuk menjangkau tempat yang tersembunyj.
  11. Sebelumnya berikan juga pelumas pada dinamo yang sudah kering. Beri secukupnya saja. Dan kalian bisa memasang kembali komponen kipas lainnya pada tempatnya.
  12. Cek kipas terlebih dahulu apakah sudah bisa berputar kembali.
  13. Jika sudah berputar dengan normal maka perbaikan kalian berhasil.

Jika kapasitor yang rusak maka harus dilakukan penggantian kapasitor yang baru, begitu juga dinamo. Caranya juga hampir sama dengan diatas.

Namun jika kalian sudah melakukan cara memperbaiki kipas angin tidak berputar di atas dengan benar tetapi tetap tidak mau berputar, kemungkinan memang sudah tidak bisa diperbaiki lagi atau harus ganti dengan kipas angin yang baru.

Itu tadi cara memperbaiki kipas angin tidak berputar, cukup mudah sekali asalkan kalian teliti dan telaten. Semoga bisa membantu dan bermanfaat untuk kalian. Jangan lupa bagikan ke teman-teman kalian.

This content is protected by DMCA