Cara Memperkuat Sinyal Indosat Terbukti

9 Cara Memperkuat Sinyal Indosat 100% Terbukti

Masalah jaringan merupakan sesuatu yang banyak terjadi diantaranya sinyal lemot, tidak terdaftar di jaringan, kode MMI tidak valid dan masih banyak lagi. Kecepatan internet merupakan sesuatu yang cukup penting saat ini. Bagi kalian pengguna provider Indosat, jika kalian mengalami internet lelet, kalian wajib mengetahui cara memperkuat sinyal indosat.

Indosat merupakan salah satu provider besar di Indonesia yang mempunyai pengguna cukup banyak. Sering kali kecepatan internet yang dialami oleh para pengguna indosat lemot bahkan hanya pada beberapa waktu hanya mampu berjalan 20kbps saja, dan pastinya hal itu akan mengganggu kalian dalam bermedia sosial seperti pada saat membuka Instagram, Facebook, Twitter, dan yang lainnya.

Alasan internet menjadi lemot mungkin disebabkan karena adanya suatu alasan yang terjadi, seperti memiliki pengguna yang sangat banyak, tentu sedikit banyaknya pengguna akan berpengaruh pada kecepatan koneksi internet. Maka kalian perlu mengetahui cara mempercepat sinyal indosat ini.

Biasanya penyebab internet Indosat lelet terletak pada server Indosat yang sedang bermasalah. Akan tetapi kalian masih dapat memperkuat sinyal Indosat dengan berbagai cara di bawah ini.

Cara Memperkuat Sinyal Indosat

Beberapa orang mengeluh tentang sinyal indosat yang lemot, hal tersebut terjadi mungkin karena beberapa faktor.

Sebenarnya faktor yang mempengaruhi kekuatan sinyal Indosat ini cukup beragam. Faktor lokasi berpengaruh, karena masih terdapat beberapa tempat yang susah dijangkau oleh sinyal Indosat.

Selain itu faktor perangkat juga berpengaruh. Jika kalian mempunyai hp yang mampu menangkap sinyal lebih besar, maka hp kalian akan mudah menangkap sinyal meskipun pada lokasi yang susah sinyal.

Jika kekuatan sinyal rendah, misalnya hanya ada 1 atau 2 bar saja pada indikator sinyal, tentunya akan sangat berpengaruh pada kecepatan internet. Jadi cara untuk memperkuat sinyal indosat ini wajib kalian coba agar bisa menggunakan internet dengan lancar tanpa adanya kendala jaringan yang lemot.

Ada beberapa hal lainya yang perlu diperhatikan agar bisa mengatasi koneksi internet indosat yang lemot. Mulai dari setting APN, memaksimalkan slot kartu, pemilihan mode jaringan, dan yang lainnya. Untuk lebih jelasnya, baca terus artikel ini sampai selesai.

Baca Juga : Cara Memperkuat Sinyal Smartfren

Ganti Jenis Sinyal Hp

Nah, untuk cara memperkuat sinyal Indosat pertama kali ini kalian bisa mengganti jenis sinyal yang ada di ponsel kalian. Misalkan, jika kalian biasa memakai indosat di jaringan 4G namun sinyalnya kurang bagus, maka kalian bisa memindahkan pengaturannya ke jaringan 3G.

Setiap kualitas jaringan yang ada di berbagai daerah itu berbeda-beda, mungkin dengan mengganti jenis sinyal bisa mengubah sinyal menjadi lebih baik dan tidak mengalami lemot lagi.

Untuk mengganti jenis sinyal, kalian juga bisa merubahnya menggunakan kode dial up. Berikut adalah tutorialnya:

  1. Buka menu telepon pada ponsel kalian
  2. Ketik kode *#*#4636#*#*
  3. Setelah itu tunggu beberapa saat. Kemudian secara otomatis akan muncul jendela baru
  4. Masuk pada menu pengaturan Informasi Telepon
  5. Kemudian atur jenis jaringan ke WCDMA Only
  6. Setelah loading selesai, jenis sinyal yang ada di ponsel kalian akan berubah secara otomatis.

Cara Memperkuat Sinyal Indosat

Gunakan Aplikasi Penguat Sinyal

Cara mempercepat sinyal Indosat kedua yaitu dengan menggunakan aplikasi penguat sinyal. Ada berbagai aplikasi penguat sinyal yang bisa kalian gunakan seperti  HSPA+ tweaker, PINGER, dan Connection Stabilizer Booster. Dan untuk aplikasi tersebut kalian bisa mendapatkannya di Play Store maupun App Store.

Aplikasi tersebut dapat membantu kalian untuk memperkuat sinyal Indosat, karena aplikasi tersebut mampu menganalisa kekuatan sinyal kalian dan memperbaikinya. Sehingga dengan memasang aplikasi tersebut dapat membantu permasalah sinyal kalian.

Aktifkan Mode Airplane

Mungkin banyak yang belum mengetahui bahwa mode Airplane bisa kalian gunakan untuk me-refresh jaringan yang sedang mengalami gangguan, seperti sinyal lemot atau gangguan sinyal lainnya.

Caranya sangat mudah kalian hanya mengaktifkan mode Airplane, tunggu dan beri jeda kira-kira 6 detik setelah mode Airplane menyala kemudian matikan kembali. Setelah itu jaringan akan restart, dan sinyal yang semula lelet biasanya akan menjadi lebih bagus.

Saat kalian melakukan merestart jaringan menggunakan mode Airplane, maka IP jaringan kalian akan berganti dan mencari IP yang mempunyai kekuatan sinyal bagus. Hal tersebut mampu memperkuat sinyal Indosat dan mengatasi permasalah sinyal lelet yang terjadi pada kalian.

Setting APN Indosat

Apabila kalian mengalami sinyal yang lemot mungkin dengan cara menyetting APN, sinyal lemot tersebut bisa teratasi. Karena itulah, kalian bisa memanfaatkan beberapa pilihan APN yang masih bekerja untuk kartu baik indosat ooredoo dan im3. Setting APN ini merupakan salah satu dari beberapa cara memperkuat sinyal Indosat yang biasanya dilakukan. Karena sudah terbukti banyak sekali, dengan mengubah APN Indosat sinyal menjadi lebih baik.

Sebelum kami memberikan daftar APN Indosat, terlebih dahulu kami akan memberitahu tentang cara mengubah dan membuat APN.

  1. Masuk ke aplikasi Pengaturan yang ada di ponsel kalian
  2. Kemudian pilih pengaturan Dual SIM
  3. Pilih pada SIM yang kalian gunakan untuk data seluler
  4. Setelah itu pilih menu Nama Titik Akses (APN).
  5. Untuk membuat APN baru pilih tombol +, dan untuk mengubah APN pilih APN yang sedang kalian gunakan

Setting APN untuk Memperkuat Sinyal Indosat

Setelah kalian mengetahui cara mengubah dan membuat APN, berikut akan kami berikan beberapa APN yang mungkin dapat kalian coba :

APN Default Indosat

Ini merupakan APN Default Indosat atau APN Standart Indosat yang banyak dipakai orang. Mungkin jika kalian pernah mengubah APN dan ingin mengembalikannya ke Aslinya berikut adalah settingannya.

Name: Indosat Default

APN : indosatgprs

Proxy : Not set

Port : Not set

Username : indosat

Password : indosat

MMS proxy : Not set

MMS port : Not set

MCC : 510

MNC : 01

Authentication type : Not set

APN type : default,supl

APN protocol : ipv4/ipv6

APN roaming protocol : ipv4/ipv6

APN Indosat Internet

Menurut kami ini adalah APN yang cocok untuk digunakan berbagai aktfitas seperti bermain game, bermain sosial media, streaming film, dan masih banyak lagi. ini adalah APN yang kami rekomendasikan untuk kalian dalam memperkuat sinyal Indosat.

Name : Indosat Internet

APN : Indosatgprs

Proxy : 10.19.19.19

Port : 8080

Username : indosat

Password : indosat

MMS proxy : Not set

MMS port : Not set

MCC : 510

MNC : 01

Authentication type : None

APN type : default,supl

APN protocol : ipv4

APN roaming protocol : ipv4

APN Indosat 4G

APN ini sangat cocok bagi kalian yang sedang dalam area 4G. Sebaliknya jika kalian berada pada lokasi area yang belum terjangkau 4G, maka jangan gunakan APN ini.

Name : Indosat 4G

APN : internet

Proxy : Not set

Port : Not set

Username : Not set

Password : Not set

MMS proxy : Not set

MMS port : Not set

MCC : 510

MNC : 01

Authentication type : Not set

APN type : default,supl

APN protocol : ipv4

APN roaming protocol : ipv4

Gunakan Aluminium Foil

Pernyataan aluminium foil mampu memperkuat sinyal sudah banyak terdengar oleh masyarakat luas. Akan tetapi apakah hal tersebut benar atau sekedar mitos? Ternyata hal tersebut benar, hp dengan aluminum foil mampu menangkap sinyal lebih besar dibandingkan hp tanpa aluminium foil.

Untuk cara menggunakan aluminium foil sangat bermacam-macam. Ada yang ditempel pada bagian belakan hp, ada juga yang menggunakan logam magnet. Dengan cara yang cukup simpel ini kalian mampu memperkuat sinyal Indosat.

Berada Di Luar Ruangan

Setiap kualitas jaringan pada setiap daerah memang berbeda-beda, apalagi jika di daerah pelosok yang mungkin jaringan akan lebih susah dan mengakibatkan sinyal menjadi lemot. Untuk itu kalian bisa mencari sinyal di tempat yang berada di luar ruangan.

Biasanya jaringan yang berada di luar ruangan itu lebih baik dibandingkan jaringan yang berada di dalam ruangan. Atau kalian bisa pergi ke tempat yang tinggi untuk mendapatkan sinyal yang kuat, karena pada saat di dalam rumah terkadang sinyal tiba-tiba menjadi hilang.

Sedikit tips dari kami, cari tower pemancar sinyal Indosat yang ada di tempat kalian, semakin dekat dengan tower tersebut, maka kalian akan mendapatkan sinyal yang lebih bagus. Hal tersebut mampu memperkuat sinyal Indosat.

Menukar Slot Kartu ke SIM 1

Pada setiap smartphone tertentu, slot 1 bisa berada pada jaringan 4G sedangkan di slot 2 hanya untuk 3G, jadi kalian bisa menukar kartu kalian pada slot kartu yang memiliki jaringan 4G. Setelah itu jangan lupa untuk melakukan setting internet untuk kartu yang ingin kalian pakai dalam keperluan internet.

Meskipun hp kalian mempunyai dua slot SIM yang semuanya sudah mendukung jaringan 4G, alangkah baiknya menempatkan slot kartu yang digunakan sebgai jaringan internet pada SIM 1. Karena sepengalaman kami, SIM 1 mampu menangkap sinyal lebih baik dibandingkan SIM 2.

Ganti Perangkat Yang Mempunyai Penangkap Sinyal Lebih Baik

Setiap smartphone mempunyai daya tangkap sinyal yang berbeda-beda. Biasanya semakin mahal harga smartphone, maka semakin baik pula daya tangkap sinyalnya.

Maka dari itu jika dirasa smartphone kalian mempunyai daya tangkap sinyal yang kurang baik, maka kalian dapat mengganti smartphone yang mempunyai kulaitas lebih baik.

Optimalkan  Jam Waktu Non Sibuk

Biasanya jaringan menjadi lemot karena banyaknya pengguna di waktu tersebut. Jadi kalian bisa menghindari menggunakan internet di waktu tersebut untuk menghindari jaringan yang susah.

Seperti misalkan pada jam 12 malam sampai subuh, apabila kalian menggunakan internet pada jam tersebut mungkin internet kalian bisa sangat lancar karena tidak banyak orang yang menggunakannya.

Akan tetapi jika kalian terpaksa menggunakan internet pada jam sibuk maka pakai cara memperkuat sinyal Indosat lainnya agar sinyal kalian baik.

Nahh, itulah artikel kami mengenai cara memperkuat sinyal indosat dengan menggunakan berbagai metode yang sangat mudah untuk dilakukan. Jika kalian sudah menggunakan cara di atas namun sinyal kalian tetap lemot mungkin karena daerah kalian yang memiliki kualitas sinyal yang buruk untuk kartu indosat. Jadi kalian bisa mengganti kartu lain yang mempunyai kualitas sinyal bagus di daerah kalian.

Share artikel ini untuk memberitahu yang lainnya juga, atau berikan komentar di bawah ini jika ada yang ingin di tanyakan. Semoga cara memperkuat sinyal indosat di atas tadi bisa membantu kalian semua dalam menggunakan kartu indosat agar bisa internetan dengan lancar dan nyaman.

Tinggalkan komentar