Cara Memperkuat Sinyal XL 100% Terbukti

Sinyal XL merupakan sinyal yang bisa dibilang cukup baik. Akan tetapi pada beberapa daerah, sinyal XL akan melemah atau mengalami penurunan. Oleh karena itu jika kalian bermasalah pada jaringan XL, kalian perlu mengetahui cara memperkuat sinyal XL.

Sinyal yang kuat memang hal yang sangat dibutuhkan di zaman yang sekarang ini, apalagi pada siswa maupun mahasiswa, dan pekerja yang mengharuskan untuk menggunakan teknologi dan jaringan internet.

Seringkali jaringan atau sinyal tiba – tiba saja melemah, terlebih lagi pada saat turun hujan dan mati lampu. Bahkan jika sampai parah, sinyal XL akan hilang. Untuk mengatasi hal tersebut kalian perlu mengetahui cara mengatasi sinyal XL hilang. Sedangkan untuk cara mengatasi sinyal XL yang lemah, kalian bisa dilakukan dengan sangat gampang. Kalian hanya tinggal mengikuti tutorial cara memperkuat sinyal XL Axiata yang kami tulis di bawah ini.

Apa penyebab sinyal menjadi lemot? Dan bagaimana cara mengatasi sinyal XL yang menjadi lemot? Ketika internet mendadak lemot, pasti kalian sering merasa kesal bukan? Jaringan lemot seperti ini terjadi karena banyak faktor, seperti gangguan masal, ada perbaikan, cuaca buruk, sampai jauh dari Base Transceiver Station. Selain faktor dari layanan yang provider berikan kurang baik, penyebab lainnya bisa juga dikarenakan ada setingan yang salah di smartphone kalian.

Jika kalian salah satu pengguna kartu XL dan mengalami masalah seperti di atas, kalian bisa mencoba cara untuk memperkuat sinyal XL. Untuk tutorialnya, silahkan baca dengan cermat dan teliti di bawah ini.

Cara Memperkuat Sinyal XL

Sebenarnya provider XL Axiata telah menggunakan frekuensi 2.100 MHz sebagai penguat sinyal mereka, namun sepertinya masih banyak pengguna XL yang mengeluhkan kualitas sinyal XL yang tidak stabil. Dan untuk cara memperkuat sinyal XL sendiri juga bisa dilakukan sangat mudah, dengan berbagai metode.

Meskipun jaringan XL kalian sudah 4G, tetapi masih ada juga jaringan yang masih lemot. Hal tersebut di sebabkan oleh beberapa faktor. Seperti misalnya karena wilayahnya sendiri yang  tidak mendapatkan jangkauan 4G yang kuat atau dari faktor smartphone yang kurang mendukung untuk koneksi internet 4G.

Tetapi jangan khawatir, karena kami akan memberikan tutorial untuk cara memperkuat sinyal XL secara lengkap dan jelas. Jadi, pastikan untuk membacanya sampai habis yaa.

Mengganti APN

Salah satu upaya yang bisa kalian lakukan untuk mempercepat sinyal XL adalah dengan mengubah atau menyetting APN kalian.

Cara memperkuat sinyal XL dengan mengubah APN pada pengaturan merupakan termasuk cara yang paling umum dan sering di gunakan oleh kebanyakan orang. Lalu seperti apa caranya? berikut ini adalah tutorial lengkapnya:

  1. Untuk melakukan setting APN XL pada smartphone Android, kalian bisa langsung masuk ke menu SettingKoneksiJaringan SelulerNama Poin Akses.
  2. Untuk nama poin akses, silahkan isi sesuai dengan keinginan kalian. Dan berikut ini adalah nama – nama poin akases yang bisa digunakan:
  • XL Stabil
  • XL Cepat
  • Xl Unlimited
  1. Kemudian pilih salah satu dari nama poin akses di atas, dan APN yang baru telah di buat.
  2. Selanjutnya isikan konfigurasinya untuk setting 4G XL, misalnya sebagai contoh berikut ini:
  • Nama : xl 4G LTE
  • APN : LTE
  • Proxy : kosongkan
  • Port : kosongkan
  • Nama pengguna : kosongkan
  • Kata sandi : kosongkan
  • Tipe autentikasi : kosongkan

Mungkin untuk setiap merk smartphone terdapat beberapa perbedaan letak menu tersebut, namun tidak perlu khawatir karena tutorialnya hampir sama. Biasanya hanya bertambah atau berkurang satu langkah pilihan menu, namun untuk konfigurasinya tetap sama.

Jika APN di atas, dirasa masih lemot kalian dapat mencari APN internet XL lainnya dan menggantinya. Cari APN yang menurut kalian cepat dan stabil.

Mengunci Jaringan 4G LTE Only

Selain mengganti APN, kalian bisa mencobanya dengan memindahkan jaringan 3G ke 4G dan lihat apakah sinyal masih mengalami permasalahan yang sama. Terkadang kita juga lupa untuk setting mengaktifkan jaringan 4G sehingga menyebabkan internet sangat lemot. Kalian bisa melakukan cara memperkuat sinyal XL dengan mengubah jaringan menjadi 4G LTE Only yang melalui kode dial up:

  1. Buka menu Telepon pada ponsel kalian
  2. Ketik kode *#*#4636#*#* (Pada beberapa ponsel menggunakan kode *#*#4838#*#*)
  3. Kemudian akan muncul layar pengaturan jaringan
  4. Pilih SIM Card yang kalian gunakan sebagai data seluler
  5. kemudian geser pada bagian bawah dan rubah pada setel jenis jaringan yang disukai menjadi 4G LTE Only jika HP dan wilayah kalian tinggal sudah memiliki akses 4G

Cara Memperkuat Sinyal XL

Menggunakan Aplikasi Penguat Sinyal

Alternatif selanjutnya untuk cara memperkuat sinyal XL adalah dengan menggunakan Aplikasi. Di Google Play Store, ada banyak aplikasi yang bisa digunakan untuk optimasi pada sinyal XL Axiata, khususnya untuk snyal 4G. Bahkan kalian bisa menggunakannya secara gratis tanpa harus dipungut biaya berlangganan. Dengan menggunakan aplikasi penguat sinyal ini akan membantu kalian untuk meningkatkan kualitas sinyal 4G XL agar tetap lancar.

Inilah beberapa aplikasi yang bisa kalian gunakan untuk memperkuat sinyal XL:

Mencari Tempat Lain

Berpindah tempat atau mencari tempat terbuka bisa dilakukan sebagai metode untuk cara memperkuat sinyal XL. Karena bisa saja penyebab dari lemot itu karena lokasi kalian yang tidak terjangkau jaringan. Misalnya pada saat berada di tempat yang tertutup, atau di tempat yang sangat terpencil, dan sebagainya.

XL Axiata sendiri sangat lancar untuk digunakan di daerah Jawa – Bali. Selama menggunakan operator seluler yang satu ini belum pernah ngadat di pulau Jawa dan Bali. Selain itu akses 4G juga bisa diakses di beberapa tempat. Namun, biasanya jaringan XL juga memang lemot di beberapa tempat seperti pegunungan dan juga pantai yang sedikit jauh dari pemukiman penduduk.

Menghubungi Call Center

Cara terkahir ini juga bisa digunakan untuk memperkuat sinyal XL, dan sangat mudah untuk dilakukan. Apabila cara – cara di atas masih belum berhasil, kalian wajib mencoba metode yang terakhir ini.

Yaitu dengan menghubungi Customer Service, maka kalian akan langsung dicek mengenai penyebab sinyal lemot. Bisa saja masalah ada pada jaringan lokal atau masalah ada pada nomor anda atau juga penyebab yang lainnya.

Seperti yang sudah kami sampaikan bahwa ada baiknya mengetahui penyebab dari kenapa internet lemot. Jika kalian mengetahui penyebabnya maka mungkin akan lebih mudah untuk mengatasinya. Adapun beberapa customer service XL yang akan membantu menemukan cara menguatkan sinyal Operator XL adalah sebagai berikut:

Kebanyakan orang mengeluh karena sinyal XL lemot yang bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Dan semoga cara meningkatkan sinyal XL di atas bisa membantu untuk mengatasi sinyal XL kalian yang lemot.

Pada artikel kami yang membahas tentang cara memperkuat sinyal XL hari ini apakah menurut kalian membantu dan bermanfaat? Jika membantu, kalian bisa share kepada keluarga, teman dan yang lainnya agar mereka bisa mempercepat sinyal XL. Jangan lupa baca juga artikel kami yang lainnya, karena di sana ada banyak sekali informasi yang menarik.

Tinggalkan komentar