13 Cara Memperluas Jaringan atau Jangkauan Wifi 100% Terbukti

Setiap wifi pasti mempunyai jangkauan yang terbatas. Akan tetapi ternyata kalian dapat menambah jangkauan sebuah wifi. Untuk itu kami akan memberikan cara memperluas jaringan wifi.

Wifi pertama kali diperkenalkan pada tahun 1999 yang merupakan teknologi yang memanfaatkan peralatan atau perangkat elektronik yang digunakan untuk bertukar data secara nirkabel menggunakan gelombang radio melalui jaringan komputer termasuk jaringan internet berkecepatan tinggi.

Wifi atau Wi-Fi adalah kependekan dari Wireless Fidelity. Wifi menggunakan gelombang dengan frekuensi antara 2,4GHz – 5GHz.

Saat ini wifi menjadi kebutuhan primer dimana kita bisa menemukannya di berbagai jenis tempat mulai dari kantor, sekolah, cafe, hotel dan lain sebagainya.

Keberadaannya juga sangat memudahkan saat ini dimana semua yang serba menggunakan internet. Terlebih wifi sekarang dapat dijangkau dengan harga yang lumayan murah di kantong.

Akan tetapi terdapat sebuah masalah yang sering dialami pemilik wifi, yaitu jangkauan jaringan yang terbatas. Akan tetapi terdapat beberapa cara memperluas jaringan wifi.

Dengan menerapkan cara memperluas jangkauan sinyal wifi, maka wifi dapat dijangkau dengan jarak yang cukup jauh.

Akan tetapi meskipun jangkauan sudah diperluas, kami menyarankan untuk menggunakan wifi secara dekat dengan router. Karena semakin dekat dengan router, maka kalian akan mendapatkan sinyal yang banyak.

Dengan sinyal yang banyak, maka kecepatan koneksi internet akan cepat dan tidak lelet.

Cara Memperluas Jaringan Wifi

Jaringan Wifi memiliki titik akses jaringan yang bisa dijangkaunya hingga 20 meter. Bahkan jika di dalam ruangan bisa lebih dari itu. Wifi sendiri juga memiliki jangkauan yang terbatas dalam ruang maupun di luar ruangan.

Merk, kualitas, dan teknologi juga menjadi salah satu pengaruh dari kecepatan Wifi. Akan tetapi kalian bisa untuk mengoptimalisasi kecepatan dan memperluas jaringan wifi tersebut dengan mensetting perangkat.

Berikut beberapa cara memperluas jaringan wifi:

  1. Atur Posisi Router beserta Modem di Tempat yang Strategis.

Peletakan Router dan Modem menjadi pengaruh luasnya jangkauan dari wifi. Cara memperluas jangkauan wifi dapat dilakukan dengan meletakkan router di posisi yang strategis.

Yaitu seperti di tengah ruangan yang agak jauh dari dinding yang mengahalangi memancarnya sinyal wifi.

Supaya jaringan dapat menyebar secara merata, atur juga posisi anten wifi menjadi tegak lurus.

  1. Ganti Antena yang Memancarkan Sinyal Wifi

Router wifi biasanya dibekali dengan antena Bawaan yang memancarkan jaringan sinyal dalam berbagai arah. Sehingga jika hanya satu arah saja yang membutuhkan pancaran sinyal wifi, tentu saja itu akan menjadi penghalang dan tidak mampu mencover kebutuhan wifi.

Jadi cara memperluas jaringan sinyal wifi dapat kalian lakukan dengan mengganti antena yang bersifat omnidireccional menjadi antena yang memancarkan jaringan sinyal dalam satu arah.

Baca Juga: Cara Ganti Password Wifi First Media

  1. Tambahkan Access Point

Menambahkan Access Point di beberapa sudut ruangan bertujuan untuk memperluas jaringan Wifi di tempat yang ruanganya agak luas serta lebih banyak sekat/dinding.

Saat ini banyak penyedia pemasangan wifi yang juga menawarkan Access Point.

  1. Menggunakan Wireless Repeater

Cara Memperluas Jaringan Wifi dengan Wifi Repeater

Penggunaan Wireless Repeater bertujuan agar Wifi bisa menjangkau lebih banyar Area sehingga jangkauannya bertambah lebih luas.

Kalian dapat membeli Wireless Repeater ini di toko elektronik atau di berbagai marketplace online.

  1. Gunakan Perangkat dengan Fitur Wifi 6

Fitur ini bekerja lebih cepat yaitu empat kali lipat lebih baik dari fitur wifi sebelumnya dengan kinerja Access Point yang tinggi sehingga jangkauan menjadi lebih luas serta mampu memberikan jaringan yang stabil walaupun berada di lingkungan yang padat.

Standarisasi Wifi-6 ini juga di sebut sebagai high-efficiency wireless. Dengan wifi 6, kalian sudah dapat memperluas jaringan wifi.

  1. Tambahkan Wifi Range Extender

Cara Memperluas Jaringan Wifi

Wifi Range Extender merupakan unit yang berdiri sendiri dalam jangkauan area router nirkabel atau access point WiFi. Kamu bisa memanfaatkan funsi alat ini sebagai relay dua arah untuk menyalurkan sinyal wifi.

Wifi Range Extender adalah alat yang sudah terbukti dapat memperluas jaringan dan jangkauan wifi. Alat ini banyak dijual di toko elektronik atau marketplace online.

Jadi cara memperluas jaringan wifi dapat dilakukan dengan menambahkan wifi range extender.

  1. Periksa Apakah Ada Intervensi Sinyal Router dari Perangkat Lain

Ada beberapa perangkat yang bisa mengganggu router dalam menerima jaringan salah satunya adalah microwave. Perangkat itu memunculkan noise yang akhirnya mengganggu kinerja dari router wifi.

Untuk cara menambah jangkauan wifi pastikan router wifi dijauhkan dari perangkat tersebut dan perangkat lainnya yang juga bisa menimbulkan gangguan pada router wifi kalian.

  1. Tambahkan Amplifier Sinyal

Cara Memperluas Jangkauan Wifi

Amplifier merupakan salah satu alat untuk memperkuat sekaligus memperluas jaringan wifi. Jadi kami menyarankan kalian untuk menggunakan Amplifier ini.

Pada umumnya wifi menggunakan transmisi sinyal dua arah (bi-directional) sehingga penggunaan amplifier bisa meningkatkan fungsi sinyal yang lebih optimal.

Jadi cara memperluas jangkauan wifi dapat dilakukan dengan menambahkan amplifier sinyal.

  1. Update Firmware

Update firmware harus dilakukan secara berkala agar kinerja dari wireless router lebih optimal. Kunjungi situs produsen router atau acces point yang digunakn pada wifi kalian untuk mengupdate firmware.

Pengupdatean harus dilakukan pada driver sistem informasi yang digunakan oleh windows maupun Mac.

  1. Menggunakan 2 Frekuensi yang Berbeda

Cara memperluas jaringan wifi dapat kalian lakukan dengan menggaktifkan 2 frekuensi secara bersamaan. Frekuensi yang dapat digunakan adalah frekuensi 2,4GHz dan 5GHz.

Frekuensi 5GHz akan membantu membuat jangkauan sinyal jaringan menjadi lebih jauh. Akan tetapi tidak semua perangkat HP atau laptop saat ini mendukung wifi dengan frekuensi 5GHz, jadi pastikan perangkat kalian support wifi 5GHz.

Baca Juga: Cara Melihat Password Wifi Yang Sudah Terhubung

  1. Kontrol Bandwidth

Kontrol Bandwidth dilakukan untuk mengatasi wifi yang lemot. Wifi lemot dapat disebabkan karena pengguna dalam satu area yang terlalu banyak. Dan masing masing dari pengguna tersebut menggunakan bandwith yang cukup banyak.

Beberapa kegiatan yang memakan banyak bandwith adalah mengunduh file, bermain game, menonton film di aplikasi online, dan beberapa hal lain. Hal itu menjadikan bandwidth menjadi cepat terkuras habis dan akhirnya wifi menjadi lemot.

Jadi cara memperluas jangkauan wifi adalah dengan menggunakan Quality of Service (Qos) yang bisa mengatur serta menentukan prioritas aplikasi diatas aplikasi supaya bandwidth tidak cepat terkuras habis.

  1. Sesuaikan Channel Wireless

Salah memilih channel dapat menyebabkan koneksi menjadi lemot atau lelet. Channel pada wireless berfungsi agar sinyal jaringan menjadi lebih spesifik dan mudah ditangkap oleh perangkat karena sinyal dari router yang berbeda dengan posisi yang berdekatan dapat mengganggu konektivitas.

Maka dari itu memilih chanel yang tepat dapat membuat konektivitas menjadi lancar dan sinyal bisa ditangkap dengan optimal.

  1. Auto Reboot Router Wifi secara Berkala

Agar sinyal yang dipancarkan stabil kalian bisa menjadwalkan secara berkala untuk Auto Reboot Router dengan menggunkan DD-WRT maupun menggunakan stopkontak timer.

Namun apabila setelah dilakukan Auto Reboot, sinyal yang dipancarkan belum stabil mungkin ada penyebab lainnya seperti router terlalu panas atau banyak yang melakukan download secara serentak.

Cara memperluas jaringan wifi ini dapat kalian lakukan pada semua wifi seperti Indihome, ZTE, Totolink, TP Link, Huawei, Tenda  dan masih banyak lagi.

Manfaat Menggunakan Wifi

Wifi sendiri dicipatakan untuk memudahkan kinerja manusia. Selain digunakan untuk bertukar data, wifi sendiri ternyata juga mempunyai fungsi yang lain. Apa saja fungsi dari wifi tersebut? Berikut beberapa fungsi dari Wifi.

  1. Tanpa Kabel

Berbeda dengan perangkat LAN yang memerlukan kabel untuk menghubungkan perangkat ke internet. Wifi tidak perlu menambahkan banyak kabel untuk menghubungkan perangkat ke dalam jaringan internet.

  1. Berbagi Data antar Perangkat Berbeda

Wifi bisa digunakan untuk berbagi data antar perangkat tanpa perlu menambahkan atau menggunakan perangkat tambahan. Misal jika kita akan memindah data dari WhatsApp ke komputer.

Kalian tidak perlu menggunakan kabel data, cukup buka saja WhatsApp Web di komputer atau laptop. Kemudian hubungkan ke Smartphone kalian dan kalian bisa langsung mengunduh data yang ingin kalian pindah langsung dari WhatsApp Web.

  1. Kecepatan Internet yang lebih Cepat

Kecepatan Internet wifi lebih cepat dibandingkan dengan Paket Data, sehingga kebanyakan orang akan lebih memilih menggunakan wifi daripada Paket Data. Wifi juga jarang terjadi kendala dan sinyal jaringan yang dihasilkan dari wifi cenderung stabil.

Sedikit pengetahuan bagi kalian, wifi ini bekerja dengan memanfaatkan gelombang radio di udara untuk berbagai data baik yang diminta ataupun dikirim oleh pengguna Wifi.

Data yang dikirim melalui gelombang radio perlu diterjemahkan dahulu agar bisa dibaca maka dari itu komputer menggunakan adaptor wireless sehingga bisa terhubung dengan wifi.

Gelombang radio kemudian dikirim ke router yang berfungsi sebagai penerjemah kode. Setelah diterjemahkan data tersebut kemudian akan dikirimkan ke jaringan internet dengan memanfaat koneksi internet.

Itulah cara memperluas jaringan wifi yang dapat kami sampaikan. Serta kami memberikan fungsi atau manfaat dari wifi. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian.

Apabila terdapat sesuatu yang kurang dipahami, kalian dapat bertanya melalui kolom komentar yang sudah kami sediakan.

Atau jika artikel cara memperluas jangkauan wifi ini dirasa bermanfaat, kalian dapat membagikan melalui tombol share yang sudah kami sediakan.

Tinggalkan komentar