Cara Menabung di Bank BRI Termudah dan Terbaru 2021

Bagi kalian nasabah Bank BRI, kalian dapat dengan mudah menabung uang kalian. Akan tetapi apakah kalian sudah mengetahui bagaimana caranya? Jika belum perhatikan cara menabung di Bank BRI berikut ini.

Menabung merupakan salah satu aktivitas pengelolaan keuangan yang memiliki banyak manfaat. Selain untuk mendisiplinkan diri dengan berhemat, menabung juga dapat menjaga menjadi perlindungan hari tua.

Beragam produk tabungan disediakan Bank BRI untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di Indonesia, bank BRI memiliki beberapa pilihan antara lain Tabungan BritAma, Simpedes, Tabungan Haji BRI, dan Tabungan BRI Junior untuk para pelajar dan beberapa jenis lainnya.

Cara menabung uang di Bank BRI dapat dilakuakan dengan banyak cara seperti melalui ATM, Teras BRI, atau langsung datang ke kantor cabang BRI. Hal ini sangat memudahkan nasabah untuk dapat menabung kapanpun dan dimanapun.

Menabung adalah memasukkan sejumlah nominal uang ke dalam rekening tabungan dengan tujuan agar keamanan uang yang kalian miliki terjamin aman tersimpan pada rekening bank.

Menyimpan uang di rekening tabungan juga memudahkan kalian dalam melakukan berbagai transaksi tanpa perlu memegang uang tunai terlalu banyak.

Syarat Menabung Di Bank BRI

Sebelum kalian mengetahui bagaimana cara menabung di Bank BRI, kalian harus mengetahui apa saja syarat menabung di Bank BRI. Beberapa syarat yang harus kalian penuhi yaitu:

  1. Mempunyai Rekening BRI. Kalian dapat membuka rekening tabungan BRI melalui CS BRI, eform.bri, aplikasi Brimo ataupun melalui bukarekening.bri.co.id.
  2. Mempunyai kartu tanda pengenal seperti KTP atau data pribadi lainnya yang mendukung.
  3. Mempunyai uang tunai

Setelah memenuhi persyaratan yang sudah kami sebutkan di atas, maka kalian dapat melakukan cara menyimpan uang di Bank BRI berikut ini.

Cara Menabung di Bank BRI

Berbagai cara dapat kalian lakukan untuk menyimpan uang di Bank BRI. Kalian dapat menggunakan ATM, Teller Bank, Teras BRI, dan masih banyak lagi. Kalian dapat memilih cara yang kalian inginkan dan menurut kalian paling mudah untuk dilakukan.

Cara Menabung Di Bank BRI Melalui Teller

Cara ini adalah yang paling sering dilakukan oleh nasabah dengan datang ke kantor cabang BRI terdekat. Ketika akan menabung uang di Bank BRI, kalian akan disediakan 2 formulir yaitu form besar dan form kecil yang terdapat 2 lembar yang nantinya satu untuk arsip bank dan satunya bisa kalian simpan sendiri.

Dan yang terpenting dalam mengisi form tersebut ada bberapa hal yang harus kalian perhatikan. Berikut langkah-langkah untuk cara menabung uang di Bank BRI dengan Setor Tunai melalui Teller Bank.

  1. Datanglah ke kantor cabang bank BRI terdekat dengan membawa uang tunai yang akan kalian tabung.
  2. Ambil slip untuk setor tunai yang biasanya berwarna biru baik kertas maupun tulisannya. Ambil sesuai ukuran form yang disediakan oleh bank. Baik slip besar atau slip kecil sama saja.
  3. Tuliskan Nama Cabang BRI yang kalian datangi (misal BRI Unit Trenggalek) beserta Tanggal/Bulan/Tahun kalian melakukan transaksi tepat di sebelahnya.
  4. Tuliskan nama bank tujuan, tentu saja bank tujuannya BRI. Sebenarnya tidak ditulis juga tidak apa-apa.
  5. Centang pada mata uang rupiah. Kalian perlu mencentang pada kotak yang bertuliskan rupiah jika menyetor uang dengan mata uang rupiah, jika kalian menyetor dengan mata uang yang lain kalian tinggal mencentang kotak sebelahnya.
  6. Sertakan data penyetor dengan menulis nama, alamat dan nomor telepon. Kemudian di bawahnya berikan keterangan setor tergantung kondisi kalian.
  7. Tuliskan nominal uangan yang akan disetor dengan angka kemudian menulisnya dalam bentuk tulisan (misal seratus ribu rupiah). Untuk slip kecil, kalian hanya perlu menuliskan nominal uang yang di setor dengan angka saja.
  8. Terakhir bubuhkan tanda tangan dan nama terang. Jangan lupa untuk mengecek kembali slip setoran supaya tidak terjadi kesalahan.
  9. Setelah itu kalian hanya perlu menyerahkan uang beserta slip setor kepada teller dan transaksi kalian akan diproses oleh Teller.
  10. Tunggu sampai transaksi selesai dan teller akan memberikan kertas yang berwarna kuning sebagai bukti setor.
  11. Jika kalian membawa buku rekening, kalian juga bisa sekalian minta teller untuk cetak transaksi di buku rekening.

Perlu diketahui tentang cara menabung di Bank BRI melalui Teller ini adalah saat pengisian slip setor tunai jangan sampai salah menulis atau menebali tulisan.

Diharapkan juga pada kertas jangan sampai ada coretan karena salah tulis. Karena teller akan langsung menolak jika slip setoran terdapat coretan atau menebali tulisan.

Baca Juga: Cara Mengecek Transfer Masuk BRI

Cara Menabung di ATM BRI

Bagi kalian yang tidak terlalu suka mengantri lama di kantor Bank BRI, kalian bisa menabung melalui ATM BRI.

Dahulu ATM BRI belum secanggih sekarang karena hanya bisa digunakan untuk tarik tunai. Tetapi sekarang sudah ada ATM BRI yang bisa digunakan untuk setor tunai.

Dimana kalian bisa menggunakannya untuk menabung tanpa harus ke kantor Bank BRI dan kalian dapat lakukan kapanpun waktunya karena ATM beroperasi selama 24 jam.

Untuk di kota-kota besar beberapa cabang dan unitnya sudah banyak tersedia ATM BRI yang menyediakan Setor Tunai. Tetapi di kota-kota kecil hanya beberapa unit saja yang tersedia

Tapi tenang, saat ini pasti sedang diusahakan untuk meratakan penempatan ATM Setor Tunai agar transaksi nasabah semakin dimudahkan. Berikut ini langkah-langkah untuk cara menabung uang lewat ATM BRI.

  1. Carilah dan datangi ATM BRI yang dapat melakukan Setor Tunai terdekat di daerah kalian.
  2. Setelah itu siapkan dahulu uang yang akan kalian tabung di rekening kalian.
  3. Masukkan kartu ATM kalian di mesin ATM. Pilih bahasa yang ingin kalian gunakan Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris.
  4. Masukkan 6 digit PIN ATM kalian. Pastikan terjaga kerahasiannya.
  5. Pilih menu Setor Tunai

Cara Menabung di Bank BRI

  1. Masukkan uang yang telah kalian siapkan tadi dan pastikan uang tersusun rapi dan tidak terlipat.

Cara Menabung di ATM BRI

  1. Tunggu beberapa saat, layar ATM akan menampilkan konfirmasi jumlah uang yang kalian masukkan tadi.
  2. Bila jumlahnya sudah sesuai, lanjutkan dengan memilih Setor untuk melanjutkan proses setor tunai.

Cara Menyimpan Uang di ATM BRI

  1. Layar ATM akan menampilkan detail transaksi kalian. Pilih Ya untuk melanjutkan proses transaksi

Cara Menabung di Bank BRI Melalui ATM

  1. Setelah itu mesin ATM akan mengeluarkan struk tanda setoran tunai berhasil. Uang yang kalian tabung sudah masuk ke rekening tabungan bank BRI kalian.
  2. Jangan lupa untuk mengambil kartu debit dan struk setor tunai sebelum meninggalkan ATM sebagai bukti setor tunai.
  3. Kemudian akan muncul menu Lanjutkan Transaksi Lain? silahkan pilih Tidak dan kartu ATM kalian akan keluar dari mesin ATM.

Untuk nominal yang bisa kalian setorkan hanya uang Rp.50.000 dan Rp.100.000 saja. Dan uang yang di masukkan di mesin ATM jangan sampai terlipat, sobek, dan lecek, agar sistem ATM dapat membaca jumlah uang yang kalian setorkan

Jika mesin ATM tidak membaca jumlah uang sesuai yang kalian setor, maka tempat setor tunai akan kembali terbuka dan beberapa lembar uang yang belum terhitung dan belum diterima oleh mesin ATM dapat kalian ambil lagi.  Masukkan kembali uang tersebut, dan ulangi langkahnya hingga semua uang terhitung oleh mesin ATM.

Sekedar informasi bagi kalian nasabah BRI, kalian harus sering mengganti PIN ATM BRI agar tetap aman. Untuk itu kalian harus mengetahui cara ganti PIN ATM BRI.

Atau jika kalian mengalami masalah kartu BRI disable, maka kalian harus mengetahui cara mengatasi kartu ATM BRI Disable agar kartu kalian dapat enable lagi.

Cara Menabung di Bank BRI melalui Agen BRILink

Agen BRILink adalah agen dari bank BRI yang biasa melayani berbagai transaksi perbankan BRI. Kalian juga bisa menabung tanpa perlu antri di kantor Bank BRI.

Saat ini Agen BRILink juga sudah tersebar di banyak tempat bahkan pelosok pelosok desa, jadi kalian tidak perlu khawatir. Berikut langkah-langkah cara menabung melalui Agen BRILink.

  1. Cari toko atau gerai yang terdapat banner atau logo Agen BRILink.
  2. Tidak perlu membawa kartu ATM . Cukup bawa uang yang akan kalian tabungkan.
  3. Sampaikan keperluan kalian kepada Agen BRILink dan berikan uang beserta nomor rekening.
  4. Agen BRILink akan memproses transaksi kalian, tunggu dan kalian akan menerima bukti transaksi.
  5. Jika kalian menggunakan SMS Banking, akan langsung masuk notifikasi SMS kalian di nomor handphone kalian dan uang kalian sudah masuk ke rekening tabungan.

Kalian akan dimintai biaya administrasi oleh Agen BRILink untuk biaya transaksi yang sudah kalian lakukan. Biaya administrasinya sekitar Rp.5000.

Dan untuk agen lainnya biayanya mungkin menyesuaikan tempat dimana agen tersebut berada. Cukup praktis dan mudah sekali untuk cara menabung uang melalui agen BRILink ini.

Cara Menabung melalui Teras BRI Keliling

Tahukah kamu setiap Cabang BRI mempunyai 1 mobil yang siap berkeliling. Mobil tersebut biasa disebut dengan Teras BRI Keliling. Teras BRI melayani semua jenis transaksi termasuk menabung.

Biasanya Teras BRI berkeliling di pasar-pasar atau daerah-daerah terpencil. Cara menabung di Teras BRI juga cukup mudah. Berikut penjelasannya:

  1. Siapkan uang dan buku rekening tabungan.
  2. Kalian akan diberikan slip setoran dan diminta untuk mengisi slip.
  3. Serahkan slip, uang, dan buku rekening kepada teller.
  4. Transaksi akan diproses oleh teller Teras BRI Keliling
  5. Setelah transaksi selesai diproses, teller akan menyerahkan bukti setoran dan mengembalikan buku rekening kalian.

Teras BRI biasanya berkeliling sesuai jadwal yang di siapkan pihak Bank BRI. Jadi Teras BRI tidak akan diam di tempat, melainkan akan berkeliling.

Ada juga Teras BRI yang berhenti di tempat dan tidak berpindah, biasanya itu disediakan di tempat yang di daerah tersebut terdapat lumayan banyak nasabah Bank BRI.

Keuntungan Menabung di Bank BRI

Menabung sendiri mempunyai banyak keuntungan yang bisa kalian dapatkan. Terlebih lagi setiap jenis program tabungan memiliki keuntungan yang berbeda-beda. Berikut keuntungan yang bisa kalian dapatkan jika menabung di BRI.

  1. BRI memiliki Jangkauan yang Luas. Jangakaun itu meliputi hampir seluruh negeri yang memberikan kemudahan bagi nasabah. Bahkan kalian bisa mengakses dengan mudah secara online melalui Internet Banking BRI.
  2. Menjangkau Berbagai Macam Nasabah. Nasabah Bank BRI terdiri dari berbagai macam lapisan di masyarakat yang berbeda-beda, dan juga menyediakan program perbankan sesuai kondisi masyarakat yang ada.
  3. Fitur EBanking yang Berkualitas. Internet Banking dan Mobile Banking yang disediakan di harapkan dapat memberikan kenyamanan dan kemudahan bagi nasabah dalam bertransaksi.

Itulah cara menabung di Bank BRI melalui ATM, Teller Bank, BRILink dan Teras BRI. Kami juga sudah menyertakan syarat menabung di Bank BRI beserta keuntungan yang kalian dapatkan.

Apabila cara menyimpan uang di Bank BRI ini dirasa bermanfaat, kalian dapat membagikannya melalui tombol share yang sudah kami sediakan.

Atau jika terdapat sesuatu yang kurang dipahami, kalian dapat bertanya melalui kolom komentar di bawah yang sudah kami sediakan.

Tinggalkan komentar