16 Tips Cara Cepat Menabung Untuk Membeli HP bagi Pelajar

Mengumpulkan uang atau menabung untuk membeli hp adalah suatu hal yang banyak dialami oleh pelajar. Untuk itu kami akan memberikan tips dan cara menabung untuk membeli HP bagi pelajar SD, SMP, atau SMA.

Menabung merupakan salah satu kegiatan positif yang bisa dijalankan oleh pelajar saat ini. Dengan menabung juga bisa mengajarkan bahwa jika menginginkan sesuatu harus berjuang terlebih dahulu.

Karena memang tidak semua orang dilahirkan dari keluarga yang secara finansial tercukupi. Sehingga menabung dahulu untuk membeli barang yang diinginkan adalah salah satu solusinya.

Saat ini kebutuhan yang sangat diperlukan untuk menunjang lancarnya kegiatan belajar daring di era pandemi adalah handphone atau smartphone atau HP. Semua tugas serta kegiatan belajar mengajar dialihkan ke online melalui Whatsapp Grup, Zoom atau Google Meet dimana ketiganya hanya bisa diakses menggunakan handphone.

IPhone menjadi HP yang cukup digemari bagi pelajar. Untuk mendapatkan HP tersebut, kalian perlu menabung dengan jangka waktu yang cukup lama. Akan tetapi pada artikel ini kami akan memberikan tips cara menabung untuk beli hp iphone bagi pelajar SMP dan SMA.

Sebagai seorang pelajar, tentu jika kalian bekerja tidak akan ada yang menerima karena usia yang masih dibawah umur. Maka dari itu solusi terbaik adalah dengan menabung lalu hasil dari menabung bisa kalian belikan HP.

Namun bagaimana cara menabung dengan cepat untuk beli HP bagi pelajar agar bisa memenuhi target untuk membeli handphone?

Banyak cara menabung untuk membeli HP bagi pelajar yang bisa kalian terapkan. Dalam hal menabung bagi pelajar bisa dimulai dengan menabung mulai dari nominal 1000, 2000, 5000, 10.000 sampai 20.000 dan bisa juga dengan nominal 50.000 sampai dengan 100.000.

Untuk lebih lengkapnya, kalian dapat melihat beberapa tips dan cara cepat menabung untuk membeli HP bagi pelajar berikut ini.

Cara Menabung Untuk Membeli HP bagi Pelajar

Meskipun masih banyak mengharapkan pemberian atau jatah uang dari orangtua, tidak masalah asalkan kalian tetap bisa dalam mengelola uang pemberian orang tua kalian. Sehingga pasti ada cara untuk menabung uang berapapun sisa uang yang telah diberikan.

Berikut adalah tips cara menabung cepat untuk membeli hp bagi pelajar agar mudah tercapai target dengan jangka waktu yang tidak terlalu lama.

  1. Niat Dalam Menabung

Hal pertama yang harus kalian lakukan sebelum memulai cara menabung untuk membeli HP bagi pelajar adalah niat yang sungguh-sungguh. Karena jika tidak didasari niat, pasti di tengah-tengah menabung akan goyah dan masih belum terkumpul sesuai target uangnya diambil untuk membeli barang lainnya.

Dan memupuk niat agar tetap disiplin dan konsisten bagi seorang pelajar juga tidaklah mudah, harus selalu didampingi atau diingatkan orang tua agar selalu menanamkan kesungguhan.

  1. Targetkan Harga Handphone yang Akan Dibeli

Saat ini harga handphone bermacam-bermacam tergantung dari merk dan spesifikasi hp. Semakin bagus spesifikasinya, maka akan bertambah mahal. Bagi pelajar minimal space ram yang dibutuhkan adalah 2 GB dengan harga mulai dari 1 juta rupiah.

Tetapi setiap merk harganya yang ditawarkan juga berbeda, tetapi dengan uang mulai 1 juta sudah bisa untuk membelinya. Tetapi jika ingin ada tambahan beberapa fitur seperti kamera, ketahanan baterai dan lainnya harganya akan bertambah mahal sekitar 1,5 juta sampai 2 juta.

Jadi bisa diambil kesimpulan target menabung pelajar adalah dengan harga handphone sekitar 2 juta rupiah.

Atau jika kalian menginginkan HP dengan harga lain, kalian dapat menentukan harganya terlebih dahulu. Agar dapat menentukan target uang yang harus dikumpulkan.

Dalam membeli handphone pilihlah yang benar-benar kalian butuhkan untuk merk menyesuaikan saja.

Baca Juga: Cara Hidup Hemat Agar Bisa Menabung

  1. Targetkan Lama Waktu Menabung

Menargetkan waktu menabung juga merupakan cara menabung untuk membeli HP bagi pelajar.

Kalian dapat menggunakan asumsi perhitungan berikut.

Misalnya dengan target menabung 2 juta maka jika akan menabung selama 6 bulan maka 2.000.000 : 156 hari = 12820 dibulatkan menjadi 13000 per hari.

Jadi untuk menentukan berapa nominal menabung perharinya kalian juga harus menentukan terlebih dahulu jangka waktu menabung.

Semakin sebentar atau sedikit waktunya, maka nominal menabung akan banyak dan jika nominal menabung sedikit itu berarti jangka waktu akan lama.

  1. Prosentasekan Nominal Uang yang Akan Ditabung

Dalam satu hari pasti dijatah berapa uang saku kalian, misal dalam sehari kalian diberikan uang saku 20000 maka buatlah prosentasenya berapa persen yang akan ditabung dan yang akan digunakan.

Misalkan prosentase yang paling aman adalah 50% dari total uang saku yang diberikan, atau jika terlalu berat kalian bisa menguranginya sesuai kemampuan kalian.

Bisa juga jika memang diberikan uang saku tapi tidak kalian gunakan sama sekali kalian bisa menabungkan seluruh uang saku tersebut.

Cara menabung untuk membeli HP bagi pelajar ini terbukti efektif untuk mencapai target yang direncanakan.

  1. Buat Catatan Keuangan Baik Pemasukan dan Pengeluaran

Membuat catatan juga menjadi salah satu cara cepat menabung untuk beli HP. Meskipun masih seorang pelajar, tidak ada salahnya jika kalian belajar mencatatkan setiap pemasukan dan pengeluaran kalian. Dengan ini juga kalian bisa belajar cara mengatur keuangan pribadi pelajar yang baik.

Bagi seorang pelajar pengeluaran yang dilakukan biasanya memang sudah menjadi kebutuhan pribadinya, dan untuk kebutuhan lainnya masih ditanggung orang tua. Sehingga cenderung bisa lebih banyak menyisihkan untuk ditabung.

 

  1. Membawa Bekal Makanan dan Minuman dari Rumah

Orangtua yang anaknya masih pelajar cenderung sering membawakan bekal untuk anaknya karena dinilai akan lebih menghemat pengeluaran dan dijamin makanan lebih hiegenis daripada membeli di luar.

Maka dari itu untuk mendukung menabung untuk membeli HP bagi pelajar kalian segera tercapai, bisa dengan selalu membawa bekal baik makanan dan minuman dari rumah. Sehingga uang jajan bisa kalian masukkan kedalam tabungan.

  1. Membawa Uang Secukupnya

Kebiasaan ini susah gampang untuk diterapkan. Akan tetapi setelah kami berfikir cara menabung untuk membeli HP bagi pelajar dengan membawa uang secukupnya ini sangatlah bagus dan perlu diterapkan.

Misal kalian diberikan uang saku dari rumah dan kalian hanya memerlukan untuk membayar kas sekolah atau membeli ATK atau membeli bbm, maka bawa saja untuk itu dan sisanya langsung ditabungkan saja.

Memang terkadang bisa terjadi sesuatu yang tak terduga sehingga harus ada uang jaga-jaga. Maka caranya adalah kalian menabung setelah selesai kegiatan dari sekolah.

  1. Ajukan Beasiswa

Bagi kalian yang berprestasi maka bisa mengajukan beasiswa untuk membayar keuangan sekolah kalian sehingga bisa mengurangi beban pengeluaran orangtua.

Saat ini banyak beasiswa baik dari pemerintah maupun lembaga yayasan swasta. Dan dengan beasiswa tersebut bisa mengcover semua kebutuhan sekolah kalian.

Syaratnya kalian harus berprestasi di bidang akademik ataupun nonakademik, baik berasal dari keluarga mampu atau tidak itu tidak masalah yang terpenting kalian masuk dalam kriteria sebagai calon penerima beasiswa.

  1. Beli Buku Materi Bekas

Cara menabung untuk membeli HP bagi pelajar yang sangat penting adalah dengan berhemat. Untuk menghemat pengeluaran, maka kalian dapat membeli buku bekas. Beli yang bekas saja tidak masalah asalkan materi di dalamnya sesuai yang kalian butuhkan.

Jika buku baru harganya tidak boleh ditawar, maka buku bekas bisa kalian dapatkan dengan harga yang lebih murah dari buku baru dan bahkan bisa kalian tawar juga.

Yang terpenting kalian jangan gangsi jika membeli dan memakai buku bekas. Lebih penting lagi jika kalian bisa memahami setiap materi di buku.

Baca Juga: Cara Mengatur Keuangan Pribadi Remaja

  1. Memaksimalkan Pemakaian Fasilitas

Saat ini dinas pendidikan menyediakan fasilitas transportasi gratis bagi pelajar. Cara menabung untuk membeli HP bagi pelajar juga dapat dilakukan dengan memanfaatkan fasilitas tersebut.

Juga di sekolah juga disediakan wifi gratis yang bisa kalian manfaatkan untuk mengerjakan tugas dari guru tanpa harus ke warnet sehingga bisa lebih hemat.

Masih banyak fasilitas yang disediakan dan juga gratis yang bisa kalian akses, sehingga manfaatkan dengan maksimal fasilitas tersebut.

  1. Menjual Barang yang Sudah Tidak Terpakai Tetapi Kualitas Masih Bagus

Cara menabung buat beli HP selanjutnya adalah menjual barang bekas yang tidak terpakai.

Jika kalian memiliki barang-barang yang sudah tidak kalian pakai lagi tetapi kualitas masih baik, bisa untuk kalian coba jual saja. Lumayan bisa menambah uang tabungan kalian. Kalian bisa menjualnya melalui sosial media atau menjualnya langsung pada pengepul barang bekas.

Jangan menjual barang tersebut terlalu mahal, tetapi jual dengan harga yang sesuai kualitas barang sehingga bisa menarik pembeli.

  1. Buka Rekening Tabungan Khusus Pelajar

Cara menabung untuk membeli HP bagi pelajar yang paling bisa membantu selain menabung sendiri adalah membuat tabungan khusus pelajar dimana tabungan ini diwajibkan setiap anak sekolah dasar.

Dan nominal menabungnya adalah 10.000 dan maksimal nominal tidak dibatasi. Tabungan khusus pelajar ini juga biasanya dibantu orangtua yang setiap hari akan menitipkan uang untuk ditabung di rekening khusus ini.

Dan jangka waktunya sangat lama atau bisa untuk diambil sewaktu-waktu tetapi demi keamanan lebih baik diambil ketika akan lulus sekolah saja.

Dan kelebihan dari tabungan ini adalah tidak adanya potongan biaya admin sama sekali. Sehingga uang tabungan akan tetap utuh.

Baca Juga: Cara Menabung 1 Juta Per Bulan untuk Anak Sekolah

  1. Kurangi Jajan Makanan

Jajan makanan memang hobby bagi pelajar, terlebih jika banyak tersedia pedagang kali lima di pinggir jalan. Sebenarnya tidak masalah mau jajan, akan tetapi lebih baik dikurangi saja dan uangnya bisa untuk ditabung.

Cara menabung untuk membeli HP bagi pelajar dengan mengurangi pengeluaran pada jajan ini sangat kami rekomendasikan, karena meskipun membeli jajan harganya murah hal itu jika dilakukan berulang kali akan menghabiskan uang yang cukup banyak.

Jika biasanya setiap hari membeli bisa dikurangi menjadi setiap akhir weekend atau seminggu sekali. Jika sewaktu-waktu tergoda untuk membeli ingatkan diri kalian bahwa ada target yang sedang kalian kejar.

  1. Jangan Sungkan Untuk Mengatakan Tidak

Jika ada teman yang mengajak kalian jajan atau berpergian, maka jangan sungkan untuk mengatakan tidak. Berikan juga alasan mengapa kalian menolak supaya mereka memahami bagaimana kondisi kalian.

Memang terkadang mereka bisa saja tersinggung karena ada penolakan dari kalian, tetapi jika mereka mau menerima alasannya tentu mereka akan memaklumi saja dan tidak akan memberi paksaan pada kalian.

  1. Gunakan Waktu untuk Membantu Orang Tua

Bagi kalian yang memiliki banyak waktu senggang, gunakan waktu tersebut untuk membantu orang tua kalian.

Terkadang orang tua jarang meminta bantuan kepada anaknya karena mereka tahu anaknya juga memiliki kesibukan sendiri. Sehingga jika kalian yang tiba-tiba mau membantu mereka tentu mereka akan sangat senang. Dan orang tua biasanya akan memberikan uang kepada kalian.

Uang tersebut diberikan kepda kalian sebagai ucapan terima kasih. Dan uang tersebut bisa kalian pakai untuk menabung agar target kalian cepat tercapai.

Baca Juga: Bisnis Online Tanpa Modal Untuk Pelajar

  1. Menabung Dengan Nominal Uang yang Diterima

Cara menabung untuk membeli HP bagi pelajar ini tidak harus dengan nominal yang banyak, sedikit sesuai kemampuan kalian juga bisa. Memang akan membutuhkan jangka waktu yang lama. Akan tetapi itu tidak menjadi masalah.

Misalkan kalian akan menabungkan setiap kali mendapatkan uang 2000 rupiah, maka jika mendapatkan uang atau kembalian 2000 langsung saja masukkan ke dalam tabungan.

Memang setiap pelajar tidak mendapatkan uang saku yang sama, jadi tips atau cara menabung untuk membeli HP bagi pelajar di atas bisa kalian sesuaikan saja dengan kondisi.

Meskipun kalian hanya hisa menabung 2000 saja itu tidaklah masalah asalkan kalian konsisten dan disiplin dalam menabungnya.

Serta kalian harus menerapkan kesabaran juga, jangan mudah putus asa tetap semangat dalam menabung.

Itulah tadi tips cara nabung untuk membeli HP bagi pelajar yang bisa kalian coba. Semoga bermanfaat dan bisa membantu kalian. Jangan lupa share ke teman-teman kalian jika membantu. Tinggalkan komentar atau pertanyaan di kolom yang kami sediakan jika ada yang tidak kalian pahami.

Leave a Comment

error: This content is protected by DMCA