Cara Mengaktifkan Fitur COD Di Shopee Terbaru

COD atau Cash On Delivery merupakan suatu fitur yang saat ini sudah terdapat dalam marketplace Shopee. Akan tetapi, sebagian orang masih belum dapat menggunakannya karena tidak mengetahui cara mengaktifkannya. Untuk itu kami akan memberikan tutorial cara mengaktifkan COD di Shopee.

COD Shopee adalah metode pembayaran di tempat setelah pesanan diterima oleh pembeli. Di Shopee, pembayaran COD bisa dilakukan dengan pilihan kurir J&T, Shopee Express dan JNE (Pengiriman dari luar negeri). Tentu saja hal tersebut sangatlah diminati oleh pengguna Shopee, karena sebagai pembeli tidak akan takut tertipu.

Shopee sendiri merupakan marketplace yang berkantor pusat di Singapura di bawah SEA Group, yang didirikan pada 2009 oleh Forrest Li. Shopee pertama kali diluncurkan di Singapura pada tahun 2015, dan sejak itu memperluas jangkauannya ke Malaysia, Thailand, Taiwan, Vietnam, Filipina dan termasuk Indonesia.

Shopee saat ini telah memberikan fitur COD atau pembayaran di tempat yang lebih memudahkan bagi penjual ataupun pembeli. Dengan adanya fitur COD ini akan memberikan pilihan pembayaran lain selain metode pembayaran melalui transfer dan lainnya. Lalu bagaimana cara mengaktifkan fitur COD di Shopee?

Cara Aktifkan COD di Shopee

Setelah melakukan cara mengaktifkan COD di Shopee, sebagai penjual kalian akan mendapat keuntungan yang lebih banyak. Mengapa demikian? Karena banyak sekali pembeli yang menginginkan sistem pembayaran COD. Jadi secara tidak langsung dampaknya akan meningkatkan kredibilitas toko kalian. Menurut kami tidak ada salahnya juga jika kalian mengaktifkan metode pembayaran COD.

Sebagai pembeli, fitur COD merupakan fitur yang sangat diinginkan. Karena sebagai pembeli fitur COD mampu meminimalisir kecurangan. Karena pembeli mendapatkan barangnya terlebih dahulu kemudian membayarnya. Jadi pembeli dapat melihat barangnya terlebih dahulu, apakah sudah sesuai atau tidak.

Baik bagi penjual atau pembeli kini dapat menikmati layanan metode pembayaran COD (bayar di tempat) saat belanja di Shopee. Sebuah keuntungan yang memudahkan pembelian barang. Berikut ini adalah tutorial cara mengaktifkan sistem COD di Shopee.

Cara Mengaktifkan COD di Shopee Sebagai Penjual

Bagi penjual untuk mengaktifkan fitur COD atau bayar di tempat pada aplikasi Shopee terdapat 2 pilihan, yaitu menggunakan aplikasi Shopee atau website Shopee.

Cara Mengaktfikan COD di Shopee Menggunakan Aplikasi

Untuk cara mengaktifkan fitur Cash on Delivery (COD) di Shopee untuk penjual melalui aplikasi adalah sebagai berikut:

  1. Pastikan koneksi internet sudah tersambung
  2. Buka aplikasi Shopee yang ada di ponsel kalian
  3. Pada halaman utama, pilih menu Saya kemudian dilanjutkan dengan pilih menu Toko Saya
  4. Pada halaman menu toko, pilih Jasa Kirim Saya. Aktifkan ekspedisi pengiriman J&T Express, lalu akan muncul fitur untuk mengaktifkan COD
  5. Klik Aktifkan COD dengan merubah tombol ke warna hijau dan kemudian Simpan

Cara Mengaktifkan Fitur COD di Shopee

Sangat mudah bukan? ternyata hanya dengan menggunakan lima langkah saja kalian sudah bisa melakukan cara mengaktifkan fitur COD di Shopee untuk penjual.

Baca Juga : Cara Mengubah Username Shopee

Cara Mengaktifkan COD di Shopee Menggunakan Website

Berbeda dengan cara aktfikan COD Shopee sebelumnya, cara ini tidak perlu menggunakan aplikasi Shopee melainkan menggunakan website Shopee. Berikut ini adalah tutorial untuk cara mengaktifkan COD di Shopee dengan menggunakan website:

  1. Pastikan koneksi internet sudah tersambung
  2. Buka Browser pada ponsel kalian, lalu buka alamat website di https://seller.shopee.co.id/
  3. Lakukan Login dengan memasukkan Username dan Password Shopee kalian
  4. Setelah selesai login, pilih menu Pengaturan Pengiriman pada halaman utama Shopee Seller Centre

Fitur COD di Shopee

  1. Pada bagian Jasa Kirim pilih pengirimanyang didukung untuk aktivasi COD seperti J&T Express. Kemudian klik icon arah ke bawah untuk memunculkan opsi pengiriman COD.
  2. Untuk mengaktifkan fitur COD, klik aktifkan sampai tombol berubah menjadi berwarna hijau.

Cara Mengaktifkan COD di Shopee

Setelah mengikuti tutorial cara aktifkan COD Shopee menggunakan website tersebut dengan baik dan benar, maka permintaan kalian akan berhasil di proses.

Kunci dari aktivasi sistem pembayaran COD adalah di pengaturan ekspedisi saja sebenarnya. Dengan mengaktifkan menu COD di ekspedisi terpilih, maka sistem COD kalian telah aktif.

Cara Menonaktifkan COD Di Shopee Sebagai Penjual

Selain memberikan tutorial cara aktifkan COD di Shopee, kami juga memberikan tutorial untuk menonaktifkannya. Karena fitur COD ini tidak semua memiliki dampak yang baik, jadi sebagian orang mungkin ingin menonaktifkannya saja. Berikut ini adalah tutorialnya:

  1. Pastikan koneksi internet sudah tersambung
  2. Buka aplikasi Shopee yang ada di ponsel kalian
  3. Pilih Pengaturan Toko dan dilanjutkan dengan pilih Jasa Kirim Saya
  4. Masuk pada pengaturan ekspedisi J&T Ekspress atau ekspedisi lain yang mendukung COD
  5. Untuk menonaktifkan, klik aktifkan COD menjadi putih atau menggesernya ke kiri, lalu kemudian Simpan

Nyatanya untuk menonaktifkan tutorialnya lebih mudah dibandingan mengaktifkan COD di Shopee. Jadi kalian bisa menggunakan tutorial ini jika sewaktu-waktu ingin menonaktifkan fitur COD pada Shopee kalian.

Cara Menggunakan Fitur COD Di Shopee Sebagai Pembeli

Setelah adanya fitur COD atau bayar di tempat ini, kebanyakan orang memilih untuk membeli suatu produk dengan pembayaran via COD. Hal tersebut terbilang lebih aman karena kita bisa membayarnya setelah produk yang kita pesan sampai di rumah. Berikut ini adalah cara menggunakan fitur COD pada Shopee:

  1. Pastikan koneksi internet sudah tersambung
  2. Buka aplikasi Shopee yang ada di ponsel kalian
  3. Temukan produk yang kalian inginkan dengan mengetikkan nama produk di kolom pencarian aplikasi Shopee
  4. Klik opsi COD untuk memfilter produk dengan metode pembayaran di tempat
  5. Masukkan produk ke keranjang atau selesaikan belanjaan
  6. Pada bagian Opsi Pengiriman, pilih ekspedisi yang mendukung COD Bayar di Tempat  seperti J&T Express
  7. Pada menu opsi Metode Pembayaran, pilih COD Bayar di Tempat
  8. Permintaa segera di proses dan kalian tinggal menunggu barang belanjaan sampai ke tempat tujuan dengan pembayaran secara cash di tempat

Saya pribadi juga lebih memilih menggunakan fitur COD ini ketika berbelanja online. Karena menurut saya-pun lebih mudah dan aman karena tidak perlu repot-repot transfer uang terlebih dahulu.

Kelebihan dan Kekurangan Sistem COD Shopee

Sebelum kalian ingin mengikuti cara mengaktifkan layanan COD di Shopee, sebelumnya harus kalian ketahui bahwa hal tersebut terdapat dampak baik maupun buruknya. Untuk itu, kami akan memberikan penjelasan kelebihan dan kekurangan sistem COD Shopee.

Kelebihan

Fitur COD atau bayar di tempat Shopee ini memberikan keuntungan untuk dua pihak sekaligus, yaitu penjual dan pembeli. Dari sisi pembeli, ini akan membuat mereka merasa lebih aman saat bertransaksi sekaligus menjadi solusi untuk mereka yang tidak mempunyai rekening bank.

Dari sisi penjual, aktivasi fitur bayar di tempat akan meningkatkan kredibilitas dan penjualan. Pasalnya, toko lebih bisa mengcover semua jenis calon pelanggan. Mulai dari mereka yang sudah terbiasa untuk berbelanja online, sampai mereka yang masih ragu-ragu apakah barang benar- benar sampai atau apakah toko ini terpercaya. Adapun keuntungan lainnya adalah:

  1. Menjangkau lebih banyak pembeli yang menginginkan pembayaran melalui COD (Bayar di tempat).
  2. Meningkatkan omset penjualan toko Shopee hingga 30%.
  3. Meningkatkan layanan pengiriman toko agar lebih professional.

Kekurangan

Meskipun memiliki banyak kelebihan, sistem COD bagi penjual ternyata juga memiliki beberapa kekurangan yang mungkin belum kalian ketahui. Adapun kekurangannya antara lain:

  1. Resiko produk dikembalikan (return product) karena berbagai alasan, misalnya penerima paket tidak berada di tempat atau alamat penerima yang tidak valid.
  2. Pembeli menolak menerima paket karena beberapa alasan seperti tidak ada uang, order fiktif (fake order) atau bahkan produk yang tidak sesuai dengan keinginan pembeli.
  3. Resiko produk rusak lebih saat dikembalikan ke penjual.

Itulah tutorial cara mengaktifkan metode pembayaran COD di Shopee, selain itu kami juga sudah memberikan tutorial untuk menonaktifkannya juga. Dan mungkin ada beberapa kelebihan dan kekurangan fitur COD bisa kalian baca agar kalian lebih memahaminya.

Hanya ini saja yang bisa kami sampaikan pada artikel hari ini yang berjudul cara mengaktifkan COD di Shopee. Semoga bisa bermanfaat dan membantu untuk kalian semua. Jangan lupa untuk membaca artikel kami yang lain, karena di sana ada banyak sekali informasi yang tidak kalah menarik dari ini.

Tinggalkan komentar